Eril Ditemukan! Mendagri Kasih Lampu Hijau, Ridwan Kamil Langsung Gas ke Swiss


Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akhirnya membuahkan hasil. Hal tersebut diumumkan melalui Press Briefing KBRI Bern yang berlangsung pada Kamis, 9 Juni 2022 pukul 19.30 WIB.

Melalui zoom, Elpi Nazmuzaman mengucapkan rasa terima kasihnya kepada beberapa pihak yang telah banyak membantu dalam pencarian anak Ridwan Kamil, Eril.

Meskipun belum mengetahui kapan tepatnya jenazah Eril akan dibawa pulang ke Indonesia, ia berharap anak Ridwan Kamil tersebut segera dipulangkan pada hari Sabtu atau Minggu.

Diketahui sebelumnya, Ridwan Kamil juga telah mengajukan cuti kembali dan bertolak ke Swiss atas permintaan keluarga perihal status pencarian Emmeril Kahn Mumtadz.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajukan cuti sebanyak 10 hari terhitung sejak tanggal 9 Juni 2022 hingga 19 Juni 2002 mendatang.

Diketahui jika surat permohonan cuti Ridwan Kamil telah diterima oleh pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan telah mendapat persetujuan.

“Alhamdulillah sudah mendapat persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri mulai tanggal 9 sampai 19 Juni 2022,” ujar Wahyu Mijaya selaku pihak Ridwan Kamil.

Wahyu juga mengutarakan jika kepergian Ridwan Kamil ke Swiss adalah berdasarkan permintaan keluarga yang telah berada di Swiss.

“Pak Gubernur sudah berangkat ke Swiss hari ini,” ujar Wahyu Mijaya dalam kanal YouTube Intens Investigasi yang dikutip Hops.ID dari Pikiran-Rakyat.com pada Kamis, 9 Juni 2022.

Namun ia belum bisa mengatakan tentang status teranyar tentang proses pencarian Eril dan hanya meminta doa terbaik.

“Jika ada perkembangan lebih lanjut, kami akan memberikan informasi terkait hal tersebut. Kami berharap dukungan doa atas pencarian ananda Eril,” ucapnya.

Lebih lanjut, melalui Press Briefing KBRI Bern pada Kamis, 9 Juni 2022 pukul 19.30 WIB tersebut, Elpi Nazmuzaman mengatakan jika pihaknya tengah berkoordinasi dengan rumah sakit untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

Elpi juga meminta doa dan dukungan dari warga Indonesia agar proses pemulangan Eril ke tanah air bisa berjalan dengan lancar.

Sebagai informasi, kepolisian Swiss telah menemukan satu jenazah yang berhasil di evakuasi di pintu air Engehalde, Bern pada Rabu, 8 Juni 2022 dan diketahui merupakan Warga Negara Indonesia yang hilang di Sungai Aare sejak 26 Mei 2022 lalu..***

Reaksi Atalia Praratya saat jasad Eril ditemukan, takbir sampai ungkap hasil DNA

Jasad putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akhirnya telah ditemukan usai 14 hari pencarian karena hanyut di Sungai Aare.

Kabar ditemukannya jasad Eril yang hanyut di Sungai Aare tersebut disampaikan oleh pihak kepolisian Bern dan ditemukan pada Rabu, 8 Juni 2022 pagi hari waktu setempat.

Mendengar kabar jasad sang anak telah ditemukan, meski Eril dinyatakan meninggal dunia, Atalia Praratya mengucap syukur serta bertakbir.

Ungkapan rasa syukur serta gema takbir tersebut Atalia Praratya sampaikan melalui unggahan story Instagramnya.

Tak hanya itu, Atalia Praratya juga sembari menampilkan foto terkait pemberitaan Eril telah ditemukan di bendungan Engehalde, Bern, Swiss.

“Alhamdulillah, Allahuakbar!” tulis Atalia, dikutip Hops.ID dari akun Instagram @ataliapr pada Kamis, 9 Juni 2022.

Sementara itu Atalia Praratya juga menyampaikan bahwa hasil tes DNA jasad Eril dinyatakan sama dengan dirinya.

Serta memastikan bahwa jasad yang ditemukan oleh pihak kepolisian tersebut merupakan jasad sang anak tercinta, Eril.

Melihat kenyataan pahit itu, Atalia Praratya ucap keikhlasan akan Eril telah berpulang kembali ke pangkuan Sang Pencipta.

“DNA sudah dinyatakan sama dengan saya. Innalillahi wainna ilaihi rajiun,” tulis haru Atalia.

Sementara itu, Atalia Praratya melalui unggahan feed akun Instagramnya juga menyebutkan sosok Eril berpulang sesuai dengan apa yang disukainya yakni air.

“Eril dan kecintaannya pada air yang mengantarkannya ‘pulang’,” tulis Atalia sembari bagikan sejumlah momen Eril saat berada di air.***

Jasad Eril sudah ditemukan, Atalia Praratya istri Ridwan Kamil: Alhamdulillah, Allahu Akbar!

Tim SAR di Bern, Swiss, berhasil menemukan jasad Emmeril Kahn Mumtadz, biasa disapa Eril, anak pertama Ridwan Kamil dan Atalia Praratya pada Rabu, 8 Juni 2022, sekitar pukul 7 pagi.

Setelah mencari secara intensif di darat maupun air, tim SAR yang melibatkan berbagai pihak dan metode pencarian seperti drone, perahu, penyelam dan juga anjing polisi, otoritas setempat memastikan bahwa penyelidikan selesai setelah jasad Eril ditemukan.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan forensik, polisi memastikan bahwa jasad yang ditemukan tersebut adalah Emmeril Kahn Mumtadz, warga negara Indonesia yang hilang di Sungai Aare sejak Kamis, 26 Mei 2022,” kata Juru Bicara Kepolisian Bern.

Setelah memastikan bahwa jasad yang ditemukan di Bendungan Engehalde itu adalah Eril anak Ridwan Kamil, KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) Swiss langsung melakukan konferensi pers.

“Menemukan jasad yang diduga ananda Eril pukul 06.50 waktu setempat. Sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian langsung melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan adalah benar ananda Eril,” kata Muliaman Hadad, Duta Besar Indonesia untuk Swiss, saat memberikan pernyataannya pada Kamis, 9 Juni 2022.

Mengetahui bahwa jasad anaknya telah ditemukan tim SAR, Atalia Praratya istri Ridwan Kamil mengungkapkan perasaannya di Instagram Story-nya.

Dia menuliskan rasa syukur setelah mendapat kabar bahwa putra pertamanya ditemukan otoritas setempat.

Atalia juga memastikan bahwa DNA jasad yang ditemukan sesuai dengan DNA miliknya.

“Alhamdulillah, Allahu Akbar! DNA sudah dinyatakan sama dengan saya.. Innalillahi wainna ilaihi raajiunnn…” tulis Atalia di akun Instagram pribadinya. ***

Eril ditemukan, Ridwan Kamil: Allahu Akbar, Engkau Maha Pengabul doa kami, kami tenang sekarang

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucap syukur jasad Eril telah ditemukan.

Ridwan Kamil menyampaikan terima kasih ke berbagai pihak atas penemuan jasad Eril putra pertamanya itu.

Merespons pengumuman penemuan jasad Eril, Ridwan Kamil bersyukur dengan bertakbir, Allahu Akbar.

Gubernur Jawa Barat itu bersyukur kepada Tuhan atas temuan jasad Eril.

“Allahu Akbar. Alhamdullah Ya Allah SWT, Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Jenazah Ananda Emmeril Kahn Mumtadz sudah ditemukan,” tulis Ridwan Kamil dikutip Hops.ID dari akun media sosialnya Twitter @ridwakamil, Kamis 9 Juni 2022.

Tak henti-hentinya Ridwan Kamil bersyukur atas kejelasan jasad Eril.

“Sungguh Tuhanku, kami tenang sekarang. Engkau sungguh Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Pengabul doa kami,” tulis Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jabar itu.

Ridwan Kamil menuliskan kemungkinan jenazah Eril akan tiba di Indonesia pada Minggu akhir pekan ini dan akan dikebumikan pada Senin 13 Juni 2022.

Dia menyampaikan terima kasih atas kerja keras semua pihak selama masa pencarian sampai penemuan jasad Eril.

“Terima kasih kepada KBRI Swiss, dan kepolisian Pemerintah Kota Bern atas kerja kerasnya,” tulisnya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak di luar KBRI dan otoritas Bern yang turut perhatian dalam musibah yang menimpa Eril.

“Jazakallah kepada semua pihak yang turut membantu dalam pencarian dan kepada yang ikhlas mendoakan Eril, semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikan dan keikhlasan Anda semua,” tulis Kang Emil.

Jasad Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, netizen Twitter ucapkan belasungkawa: Innalillahi

Sudah hampir dua minggu putra pertama Ridwan Kamil, Eril, dinyatakan hilang di Sungai Aare.

Pada 31 Mei 2022, pihak keluarga telah merelakan kepergian sang anak, Emmeril Kahn Mumtadz meski jasadnya belum ditemukan.

Adapun pada Rabu, 8 Juni 2022, jasad Eril ditemukan polisi wilayah Bern di Bendungan Engehalde, Bern.

Dilansir Hops.ID dari akun Twitter @PoliceBern dan situs police.be.ch pada Kamis, 9 Juni 2022, polisi wilayah Bern mendapat laporan ditemukannya seorang pria tak bernyawa berada di Bendungan Engehalde, Bern pada Rabu, 8 Juni 2022 sebelum pukul 06.50 waktu setempat.

Berdasarkan pemeriksaan forensik, korban tak bernyawa adalah Emmeril Kahn Mumtadz atau yang biasa dipanggil Eril, putra pertama Ridwan Kamil.

Eril dikabarkan hilang di Sungai Aare sejak Kamis, 26 Mei 2022.

Eril yang saat itu berenang, mengalami keadaan darurat hingga tenggelam di Sungai Aare.

Postingan tersebut telah dibagikan sebanyak 8 ribu kali dengan 19 ribu penyuka.

Atalia Praratya mengucapkan puji syukur atas ditemukannya jasad anak tercinta, Eril.

Dalam postingan Instagram Story miliknya, ibunda Eril itu mengatakan DNA jasad sama dengan DNA miliknya.

Warganet pun turut mengucapkan belasungkawa atas kepergian Eril dan puji syukur mereka ditemukannya jasad Eril.

Berikut adalah ucapan belasungkawa warganet di Twitter di kolom komentar akun @PoliceBern:

“Innalillahi, ikut berduka cita,” tulis akun @PolJoke***.

“Allahu Akbar. Sedih karena ditemukan dalam keadaan meninggal, tapi setidaknya pak Ridwan Kamil dan keluarga sudah tidak bertanya-tanya lagi ‘di mana anakku’,” ketik akun @pemujaseb***.

“Eril pulang, Eril pulang ke rumah ibu bapak, lalu pulang ke rumah Tuhan,” ketik akun @akunmisuho***.

“Alhamdulillah. Meskipun bukan akhir bahagia yang kita harapkan, tapi ditemukannya jenazah almarhum pasti bikin keluarganya tenang dan lega banget, akhirnya mereka bisa mengantar kepulangan almarhum sebagaimana mestinya, jujur bahagia banget dengernya, turut berduka cita buat keluarga,” tulis akun @Syauqidecla***.

“Alhamdulillah ya Allah, kabar yang ditunggu. Thank you for your hardwork police Bern (terima kasih kerja kerasnya polisi Bern). Akhirnya pak Ridwan Kamil dan keluarga gak akan bertanya-tanya lagi dimana keberadaan A’ Eril, Insya Allah husnul khotimah,” tulis akun @happiereal***.

“Innalillahi A’ Eril ya Allah. Semoga husnul khotimah aaminn, pak Ridwan Kamil dan bu Cinta, Zara, Arka semoga selalu diberi ketabahan. Terima kasih kerja kerasnya polisi Bern,” ketik akun @May***.***