Ernest Prakasa murka gara-gara Baim Wong mau patenkan Citayam Fashion Week masuk perusahannya: Gak tahu malu!


Komika sekaligus sutradara, Ernest Prakasa ikut angkat bicara terkait langkah artis dan YouTuber, Baim Wong yang mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI).

Ernest Prakasa geram dengan upaya Baim Wong tersebut yang terkesan ikut-ikutan fenomena Ciyatam Fashion Week yang booming di Jakarta sejak beberapa waktu lalu.

Kegeraman Ernest Prakarsa terhadap Baim Wong ditumpahkan melalui akun Twitternya @ernestprakarsa. Menurutnya, klaim Baim Wong terhadap Citayam Fashion Week adalah sebuah bentuk keserakahan.

“Daftarin OPEN MIC ke HAKI. Daftarin ROASTING ke HAKI. Daftarin CITAYAM FASHION WEEK ke HAKI. Serakah banget jadi manusia,” cuit Ernest Prakarsa, seperti dikutip Hops.ID pada Minggu, 24 Juli 2022.

Kegeraman Ernest Prakarsa tak hanya sampai di sana. Menurutnya, Baim Wong tidak ada kontribusi apa pun terhadap gelaran Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas, Jakarta.

Karena itulah, menurut Ernest, Baim Wong sebenarnya tidak layak untuk mematenkan merek Citayam Fashion Week.

“HAKI itu H-nya adalah Hak. Kok bisa-bisanya merasa berhak atas sesuatu yang bukan ciptaan mereka sendiri. Gak tahu malu,” lanjut Ernest Prakarsa.

Ia menambahkan, Hak Atas Kekayaan Intelektual, atau HAKI, dibuat untuk melindungi para kreator atas ide, gagasan dan perbuatannya.

Dengan adanya perlindungan tersebut, sambung Ernest, para pekerja kreatif akan sejahtera dari ide dan karya mereka sendiri.

Sementara itu, jika ada seseorang yang tiba-tiba mengklaim sesuatu yang telah diciptakan oleh orang lain, tanpa ada kontribusi sebelumnya, menurut Ernest, itu tidak memakai akal sehat dan hati nurani.

“HAKI itu dibuat untuk melindungi kreator, agar pekerja kreatif bisa sejahtera dari ide & karya mereka sendiri. Bukannya dulu-duluan maen sikat mumpung belum ada yang daftarin. Tolonglah dipake akal sehat & hati nuraninya,” tulis Ernest.

Cuitan Ernest tersebut mendapatkan beragam tanggapan dari para netizen. Sebagian ada yang pro dengan Ernest, tetapi ada juga yang kontra.

“Lebih tepatnya sihhh kayak semacam kurang duit tapi ga merasa kurang, wkwk dalam artian kaya ga kaya akan duit,” cuit netizen yang setuju dengan Ernest Prakarsa.

“Namanya kemaruk ciri-ciri pengen nebeng tenar tanpa usaha. Disrespect bener sama si wong,” sambung netizen lainnya.

Sementara netizen yang kontra dengan Ernest menuliskan komentar yang bernada membela sosok Baim Wong.

“Baim wong kalo punya hati nurani ga bakalan ngoten ngasih-ngasih orang miskin Koh Ernest,” tulis seorang netizen.

“Apa sih Pak Ernest, tujuannya ‘kan belum ada yang tahu. Mana tahu mau bantu anak CFW,” timpal netizen lainnya.

Sebelumnya, artis sekaligus YouTuber, Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI), melalui perusahaannya, PT Tiger Wong Entertainment.

Langkah tersebut diambil Baim Wong setelah Citayam Fashion Week menjadi fenomena baru di Kota Jakarta.***

Baim Wong daftarkan Citayam Fashion Week di PDKI agar masuk perusahaannya, Ernest Prakasa sebut serakah

Citayam Fashion Week Tengah Viral di berbagai sosial media, hal ini membuat beberapa kalangan penasaran dan ingin ikut mencoba berpartisipasi.

Fenomena Citayam Fashion Week memang mencuri perhatian masyarakat, tak terkecuali para publik figur Indonesia hingga pejabat negara.

Citayam Fashion Week ini diramaikan di kawasan Sudirman Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Dikabarkan yang memicu keviralan Citayam Fashion Week adalah Bonge dan Jeje slebew melalui video TikTok.

Setelah beberapa artis Indonesia dan pejabat pemerintah ikut serta menunjukkan aksinya di Citayam Fashion Week, kini Baim Wong ramai kritikan di media sosial.

Sebelumnya Paula Verhoeven beberapa waktu lalu juga melakukan aksi catwalk bersama Bonge di zebra cross Dukuh Atas.

Diketahui Baim Wong telah mendaftarkan brand Citayam Fashion Week kepada Direktorat Jenderal HAKI pada 21 Juli 2022.

Dilansir dari laman Pikiran Rakyat, 25 Juli 2022, pendaftaran Citayam Fashion Week di PDKI atas nama PT. Tiger Wong Entertainment dengan nomor Jid2022052181 saat ini berstatus sedang dalam proses.

Diduga, Baim Wong menginginkan merek Citayam Fashion Week sebagai hiburan peragaan busana.

Keterangan yang ada di situs PDKI adalah “hiburan dalam sifat peragaan busana, layanan hiburan yaitu menyediakan podcast di bidang mode, layanan pelaporan berita di bidang fashion”.

Berbagai kritikan netizen atas tindakan Baim Wong itu sedang ramai diperbincangkan hingga trending di Twitter.

Komedian Ernest Prakasa juga tidak lupa ikut memberikan sebuah sindiran kepada suami Paula Verhoeven itu.

“Daftarin OPEN MIC ke HAKI, daftarin ROASTING ke HAKI. Daftarin Citayam Fashion Week ke HAKI. Serakah banget jadi manusia,” kata Ernest Prakasa.

Ernest juga menambahkan, “HAKI itu H-nya adalah HAK. Kok bisa-bisanya merasa berhak atas sesuatu yang bukan ciptaan mereka sendiri. Gak tau malu.”

Beberapa netizen juga ikut membalas tweet Ernest Prakasa “CFW (Citayam Fashion Week) d daftarin HAKI buat apa? Itu ‘kan cuma anak-anak yang nongkrong gabut iseng bikin ala-ala fashion show,” tulis @ju*i57**

Di sisi lain, saat ini buah dari viralnya Citayam Fashion Week, banyak anak-anak muda di beberapa kota juga mengadakan acara serupa, contohnya seperti Purwokerto Fashion Show. ***

Baim Wong daftarkan Citayam Fashion Week ke HAKI, Ernest Prakarsa: Kok bisa-bisanya merasa berhak!

Citayam Fashion Week, belakangan ini menjadi sangat viral hingga diperbincangkan masyarakat ibu kota.

Sejumlah artis seperti Paula Verhoeven, Zaskia Sungkar dan anaknya Ukkasya hingga Gubernur Jawa Barat juga turut meramaikan Citayam Fashion Week dengan berlenggak lenggok layaknya seorang model.

Bahkan baru-baru ini Baim Wong diketahui mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI).

Citayam Fashion Week sendiri didaftarkan perusahaan milik Baim Wong sebagai hak barang jasa hiburan di bidang fashion, mode, dan pameran kebudayaan.

Hal tersebut menjadikannya trending topik di Twitter, tetapi masyarakat malah menanggapi negatif apa yang dilakukan Baim Wong karena menganggap istilah tersebut tidak diciptakan oleh Baim Wong.

Diketahui jika PT Tiger Wong Entertainment yang dimiliki oleh Baim Wong telah mendaftarkan Citayam Fashion Week untuk mematenkan hak kekayaan intelektual (HAKI) Citayam Fashion Week kepada Direktorat Jenderal HAKI.

Perusahaan Baim Wong telah mendaftarkan merek Citayam Fashion Week pada Rabu, 20 Juli 2022 lalu dengan nomor JID2022052181 dilansir dari Pikiran Rakyat pada 24 Juli 2022.

Beberapa netizen memberi komentar sinis pada Baim Wong dan menganggap bahwa ayah dua anak ini hanya memanfaatkan orang dengan ekonomi lemah untuk mengisi kontennya saja.

“Satu alasan lagi ga mau jadi orang miskin: Biar ga dikontenin Baim Wong,” tulis akun @indr*****.

“Oh si Baim Wong? Yang doyan nyari cuan dari orang-orang susah? Ga heran. ‘Kan emang doi norak,” tulis akun @chaa*****.

Bahkan salah satu komika Indonesia, Ernest Prakasa dalam unggahannya ikut memberikan komentarnya terkait pendaftaran Citayam Fashion Week oleh Baim Wong.

“Daftarin open mic ke HAKI. Daftarin roasting ke HAKI. Daftarin Citayam Fashion Week ke HAKI,” tulis Ernest Prakasa di media sosialnya pada Minggu, 25 Juli 2022.

Ernest Prakarsa bahkan menyebut Baim Wong manusia serakah dan tak tahu malu karena merasa berhak atas sesuatu yang bukan ciptaannya sendiri.

“HAKI itu H-nya adalah Hak. Kok bisa-bisanya merasa berhak atas sesuatu yang bukan ciptaan mereka sendiri. Gak tahu malu,” sebut Ernest Prakarsa lagi.

Bahkan salah satu warganet ada yang menawarkan cara bagaimana membatalkan pendaftaran yang dilakukan Baim Wong atas Citayam Fashion Week.

“Jika tertarik kami bisa share cara membatalkan pendaftaran merek Citayam Fashion Week oleh perusahaan Baim Wong ini,” tulis seorang warganet.***

Baim Wong dan Paula Verhoeven mau patenkan Citayam Fashion Week, netizen: Ganggu hidup orang miskin terus

Fenomena Citayam Fashion Week belakangan memang mencuri perhatian, termasuk pasangan selebriti Paula Verhoeven dan Baim Wong.

Bermula dari anak muda Jabodetabek yang jadikan jalanan di trotoar sebagai catwalk berhasil buat istri Baim Wong, Paula Verhoeven juga menjajal Citayam Fashion Week.

Serunya ide baru anak-anak muda jadikan jalanan trotoar sebagai catwalk hingga mendapat julukan Citayam Fashion Week justru hendak dimanfaatkan untuk keuntungan pribadi Baim Wong dan Paula Verhoeven.

Ya, kabar yang beredar, perusahaan milik Baim Wong dan istrinya, Tiger Wong Entertainment diduga ingin memiliki merek berlabel Citayam Fashion Week.

Sebagai informasi, dilansir dari Instagram @rumpi_gosip, perusahaan Baim Wong telah mendaftarkan brand Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI).

Dugaan Baim Wong akan ambil kepemilikan nama Citayam Fashion Week berarti akan membuat anak-anak muda Jabodetabek kesulitan menggunakan nama tersebut secara bebas.

Saat brand Citayam Fashion Week sudah jadi milik perusahaan Baim Wong, maka siapapun yang hendak menggunakan nama tersebut harus membayar royalti.

Lalu, apabila ada yang menggunakan nama Citayam Fashion Week tanpa izin, maka akan dikenai denda.

Sontak saja hal itu membuat masyarakat geram, lantaran Baim Wong dinilai mengambil hak orang-orang kecil yang ingin berkarya lewat Citayam Fashion Week.

Tak hanya itu, masyarakat juga menuding Baim Wong dengan sengaja mengambil ide anak-anak muda Citayam untuk memperkaya diri sendiri.

“Orang kaya kenapa sih ganggu hidupnya orang miskin terus. Nggak di mana-mana begitu mulu,” tulis akun @na***.

“Emang! kaya kurang duit banget apa gimana dah mereka,” tulis salah satu warganet.

“Idenya dari orang biasa, dicuri sama yang punya banyak duit,” tulis akun @yel***.

“Anak-anak itu mengisi perut keluarga dari sana, bukan menambah koleksi mobil mewah, mau dicuri juga?” tulis akun lainnya.

“Ide orang miskin pun dilahap juga, kayak kekurangan duit aja takut baper miskin,” tulis akun warganet lain.***