Fakta baru! Kesaksian Joddy usai kecelakaan: Vanessa masih sadar, Bibi…


Hingga kini kecelakaan maut yang menewaskan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah masih diusut oleh pihak berwajib. Si sopir, Tubagus Joddy sudah ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan kelalaian yang menewaskan nyawa seseorang.

Laporan polisi menyebut kalau Vanessa dan Bibi meninggal dunia di lokasi kecelakaan. Kondisi keduanya sesaat setelah kecelakaan sempat disampaikan Joddy ke ayah Bibi, H. Faisal.

Sesudah kecelakaan Vanessa masih sadar

H. Faisal mendengar kabar kecelakaan tersebut dari adik Bibi, Frans. Dia pun langsung menghubungi Joddy untuk mencari tahu kondisi anak dan menantunya. “Langsung saya telepon si Joddy sopir, ‘halo’ dia nangis, Gala nangis ada suara Gala. ‘Itu kenapa itu, kecelakaan om’,” kenang ayah mertua Vanessa dalam acara Hotman Paris Show yang diunggah di Youtube 18 November 2021.

Saat itu Joddy menjawab dengan kalut dan tidak jelas saat Faisal menanyakan keadaan yang lain. “Bagaimana keadaan Si Febri? ‘Belum kelihatan om’. Saya bingung waktu itu. Dia bilang ‘belum kelihatan om, terus belum kelihatan bagaimana?’, ungkapnya.

Joddy melaporkan kalau saat itu Vanessa masih sadar, “Vanessa bagaimana? ‘Sadar om, sadar om. Sadar bagaimana? parah banget?’”, timpal Faisal dengan kalut. Perasaannya semakin berkecamuk ketika menerima foto kecelakaan. “Saya pas ngomong begitu langsung masuk satu foto, wah parah banget saya lemas.”

Sempat tidak mau ceritakan keadaan

Setelah memberi kabar istrinya, Faisal mencoba kembali menghubungi Joddy. “Saya telepon lagi Joddy. ‘Joddy kamu ngomong yang jelas bagaimana keadaana anak saya’? Dia enggak bisa ngomong,” katanya.

Saat itu Joddy menyebut Vanessa dalam keadaan pingsan, “’Ibu pingsan? Iya om pingsan’. Terus Gala bagaimana, dia ngomong tidak jelas. Jadi saking paniknya tidak jelas omongannya.” Faisal lalu berkesimpulan keadaan Vanessa dan Bibi saat kecelakaan pasti parah. “Saya berkesimpulan ini musibah, foto masuk satu saya lihat tangan itu tangan Febri (Bibi).”

Dia kembali mencoba menghubungi Joddy tapi tidak berhasil, “Jadi saya telepon lagi enggak diangkat, telepon lagi enggak diangkat beberapa kali.” Faisal mengaku baru pertama kali menghubungi Joddy saat kecelakaan. “Sebelum kecelakaan tidak pernah nanya dia. Pas kecelakaan, beberapa menit setelah kecelakaan (telepon). Terus terang saat itu saya marah sama dia, dia bilang nangis-nangis, ‘ada apa kamu, kenapa kamu. Om kecelakaan, iya bagaimana keadaan si Febri, bagaimana keadaan Vanes dan si Gala?’.”

Ketika itu Joddy berbicara tidak jelas, “Tolong kamu ceritakan kok kamu ngomongnya seperti ini, saya bilang kan. ‘Iya om, iya om, nanti om’. Dia jadi tidak mau ceritakan keadaan. Tapi suara yang di situ saya dengar, di antaranya Gala nangis terus dia panik. Saya dengar semuanya. Itu membuat saya lemas, pas begitu foto masuk satu. Saya lemas, makin lemas.”

Bantuan tulus Nirina Zubir ke Vanessa Angel saat hamil tua, Bibi: Nangis aku

Nirina Zubir tinggal berdekatan dengan mendiang Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah. Bibi pernah menceritakan kebaikan si aktris Keluarga Cemara tersebut saat almarhumah sedang hamil besar dan menghadapi kasus hukum.

Nama Nirina akhir-akhir ini sedang menghiasi pemberitaan. Mantan VJ MTV itu sedang berurusan dengan hukum perkara mafia tanah. Gegara itu, dia merugi hingga Rp17 miliar. Nah, apa yang dilakukan Nirina Zubir untuk mendiang Vanessa dan Bibi, yuk simak.

Alami kesulitan saat akan melahirkan Gala

Saat berbincang dalam kanal Youtube TS Media beberapa bulan lalu, Bibi membenarkan pemberitaan yang menyebut kalau dia hanya punya uang Rp38 ribu saat Vanessa akan melahirkan. “Karena suatu peristiwa saat itu jadi uang tinggal segitu. Aku harus siapin uang untuk lahiran dia,” kata Bibi.

Bibi rela menahan malu demi istri dan Gala yang saat itu masih berada di kandungan Vanessa. “Sedihnya kita keliling Jakarta cari rumah sakit yang mau endorse. Itu malu banget aku. Aku paling anti pinjem uang ke orang. Dia (Vanessa) mau pinjem, aku bilang ‘enggak kamu udah punya suami jangan pinjem sama orang’.” Sampai-sampai Bibi terpikir untuk membayar biaya persalinan dengan kartu kredit tapi dilarang oleh ayahnya.

Bersyukur, mereka mendapat rezeki di saat tidak terduga. Saat Gala mau lahir dan uang Bibi ludes dibawa lari orang, endorse justru mengalir kencang. “Somehow 3 hari Gala mau lahir endorse-an kenceng, orang sana sini nelfon nawarin kerjaan. Sebelum Gala lahir uang tinggal segitu, uang dia dibawa lari orang,” sambung Bibi. Hingga akhirnya biaya untuk melahirkan bisa terkumpul.

Bantuan Nirina untuk Vanessa sampai bikin Bibi menangis

Jelang melahirkan Gala, bantuan juga datang dari Nirina Zubir. “Aku dipinjemin mobil sama kak Nirina Zubir. Terima kasih banyak kak Nirina,” kata Bibi. Rupanya rumah Nirina hanya berjarak tiga rumah dari mereka.

Bibi menyebut itu adalah rezeki anak, “Waktu itu aku enggak punya mobil, terpaksa harus jual. Jadi kak Nirina, ‘udah pake aja buat kontrol’,” ungkap dia. Bibi kembali mengenang bantuan Nirina saat itu. “Itu benar-benar kak Nirina yang nawarin, ‘Bi lo pake aja mobil gue jangan pake Grab, lagi covid ini’.”

Mendapat tawaran tulus itu, Bibi dan Vanessa terharu. “Nangis aku kak. ‘Ini beneran boleh pake mobil? Udah pake aja suka-suka kamu’. Nangis gue sama Vanes.” Ada kejadian lucu, rupanya mobil yang dipinjamkan Nirina bertransmisi manual sementara Bibi tidak paham cara mengendarainya. “Terus mobilnya manual, enggak bisa gue tapi dibisain demi dia,” tutup Bibi.

Mobil itu tidak hanya digunakan Vanessa untuk memeriksakan kandungan tapi juga bolak-balik ke kantor polisi. “Terus waktu itu aku juga wajib lapor polisi Senin Kamis abis itu kontrol rumah sakit,” beber almarhumah.