Gak Sulit Kok, Ini 5 Tips Cara Menghilangkan Bunga Es di Freezer Kulkas

609 views


Setiap orang pasti memiliki kulkas atau lemari pendingin di rumah, bukan? Fungsi kulkas memang cukup penting untuk menyimpan bahan-bahan makanan agar lebih awet. Namun, problematika dari memiliki kulkas adalah bunga es yang membandel di freezer.

Lalu, kira-kira bagaimana cara membersihkannya? Untuk kamu yang penasaran bagaimana cara membersihkan bunga es, berikut lima caranya.

1. Mencabut colokan kulkas pada listrik

Sebelum membersihkan kulkas, kamu dapat mulai mencabut bagian listriknya. Cara ini dilakukan untuk alasan keamanan agar menghindari konsleting. Oleh sebab itu, pastikan sudah tak ada arus listrik lagi, ya.

2. Mengeluarkan isi kulkas

Sebelum memulai proses pencairan, kamu dapat mengeluarkan isian kulkas terlebih dahulu. Hal ini untuk membantu proses pengamanan pada makanan. Apabila kamu memiliki makanan beku, kamu dapat menutupnya dengan lap dan letakkan pada cooler bag.

3. Tunggu bunga es mencair

Jika semua sudah dilakukan, kamu dapat membiarkannya hingga mencair. Cukup tunggu saja hingga benar-benar mencair dan hindari mencongkel bunga es karena akan merusak evaporatornya. Jangan sampai kulkasmu rusak hanya karena tak sabar menunggu bunga es mencair, ya.

4. Mengelap freezer hingga bersih

Setelah bunga es sudah mulai bersih, kamu dapat langsung mengelapnya hingga bersih. Pastikan bahwa kamu telah menyiapkan lap dan ember untuk menghindari cipratan air yang ke mana-mana. Kamu juga dapat mencampurkan air dengan baking soda pada saat membersihkan freezer.

5. Memerhatikan penyekat kulkas

Hal selanjutnya yang dapat menyebabkan bunga es pada freezer membandel adalah karena efek penyekat kulkas yang rusak. Apabila ternyata baik-baik saja, maka kamu dapat mengoleskannya dengan minyak zaitun agar lebih awet. Sehingga penyekat kulkas akan lebih baik dan maksimal.

Nah, itulah beberapa tips untuk menghilangkan bunga es pada kulkas. Sangat mudah dan praktis, bukan? Selamat mencoba!

======

8 Penyakit yang Bisa Sembuh Dengan Berjalan Kaki

Berjalan kaki ternyata manfaatnya banyak sekali. Jika selama ini anda belum terbiasa atau malam untuk berjalan, maka sebaiknya anda pikirkan kembali.

Menurut satu penelitian, berjalan bisa mengurangi 8 jenis penyakit. Bahkan bisa menyembuhkan penyakit tersebut tanpa harus mengeluarkan uang.

Mulai sekarang rajin-rajinlah berjalan dan rasakan manfaatnya. Berikut 8 jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan berjalan kaki:

1. Serangan Jantung

Berjalan dapat mengurangi risiko serangan jantung. Otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner) agar menjadi segar dan berfungsi normal memompa darah tanpa henti.

Berjalan dengan cepat bisa mengalirkan darah ke dalam jantung. Dengan sering berjalan, kolesterol baik (HDL) yang bekerja sebagai spans penyerap kolesterol jahat (LDL) akan meningkat dengan berjalan kaki agak cepat. Minimal lakukan jalan kaki agak cepat ini 5 kali seminggu.

Tidak banyak cara di luar ini yang dapat mengobati penyakit seperti ini. Berjalan dengan cepat bisa menurunkan risiko serangan jantung.

2. Stroke

Satu penelitian dilakukan kepada 70 ribu pasien di Harvard School of Public Health yang bekerja sambil berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu. Hasilnya resiko terserang stroke menurun hingga dua pertiga.

3. Membakar Lemak

Rutin berjalan kaki akan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain sejumlah kalori terbuang oleh aktivitas berjalan kaki, kelebihan kalori yang tersimpan di dalam tubuh akan ikut terbakar, kemudian kenaikan berat badan tidak terjadi.

4. Melangsingkan Badan

Jika Anda kelebihan berat badan, mulailah untuk rutin berjalan. Pergerakan kaki hingga seluruh tubuh mampu menurunkan berat badan dan lemak yang ada terutama diperut. Lemak anda akan terkikis. Lakukan berjalan kaki secara rutin selama satu jam.

5. Kanker

Gejala kanker akan lenyap dengan sendirinya jika kita rajin jalan kaki. Kanker yang dimaksud adalah jenis kanker usus besar (colorectal Carcinoma).

Kita tahu, pergerakan badan ikut melancarkan peristaltik usus, sehingga buang air besar lebih lancar.

Kanker usus terjadi karena kotoran yang tertahan lama dalam saluran pencernaan. Sementara dalam satu studi lain, berjalan bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara.

6. Osteoporosis

Sering berjalan bukan hanya menyebabkan otot-otot tubuh menjadi sehat, kerangka atau tulang di dalam tubuh Anda juga akan menjadi sehat dan kuat.

Osteoporosis tidak cukup hanya dengan rutin mengkonsumsi vitamin D dan kalsium yang banyak, tubuh juga membutuhkan pergerakan dan memerlukan waktu paling kurang 15 menit di bawah sinar matahari pagi dan Anda akan terhindar dari osteoporosis.

7. Diabetes

Dengan rutin berjalan sekitar 6 km per jam, dalam tempuh sekitar 50 menit, mampu mencegah berkembangnya diabetes, khususnya pada mereka yang bertubuh gemuk (National Institute of Diabetes and Gigesive dan Kidney Diseases).

Selama gula darah bisa terkontrol hanya dengan cara gerak badan (brisk walking), obat tidak diperlukan. Anda hanya membutuhkan berjalan secara rutin untuk terus menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari diabetes.

8. Depresi

Berjalan kaki dengan cepat bisa menggantikan obat anti depresan yang biasanya diminum secara rutin oleh penderita depresi. Mulai sekarang, rajinlah berjalan kaki akan menyembuhkan pasien yang tengah depresi.

Itulah manfaat berjalan kaki yang bisa mencegah bahkan bisa menyembuhkan berbagai penyakit. So, mari kita berjalan kaki.

======

Pahit Rasanya, Tapi Ini 7 Manfaat Besar Air Rebusan Pare Untuk Kesehatan

Sayuran yang satu ini terkenal akan rasanya yang pahit dan tidak banyak diminati oleh orang, akan tetapi di indonesia pare kaya akan kandungan dan nutrisi.

Tidak hanya itu pare kerap menjadi alternatif makanan maupun minuman yang berkhasiat, dan kamupu tidak tahu bahwa pare juga memiliki manfaat.

Rendaman pare di dalam air panas mengandung alkali yang baik untuk tubuh manusia hal ini di ungkapkan oleh ahli pengobatan asal Beijing, Tiongkok.

Jika kamu rutin mengkonsumsi air rebusan pare kamu akan merasakan beberapa manfaat berikut.

1. Mengobati Diabetes

Rutin mengkonsumsi air rebusan pare dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh dikarena kandungan nutrisi pada pare, dan kamu tidak usah lahi khawatir akan masalah diabetes.

2. Bisa Bikun Kurus

Beberapa kandungan yang ada pada pare mampu mempercepat dan melancarkan metabolisme tubuh jadi kamu bisa menurunkan berat badan kamu dengan mengkonsumsi air rebusan pare.

3. Melancarkan Pencernaan

Punya masalah dengan pencernaa? air rebusan menjadi salah satu solusi karena pare mengandung protein dan serat yang tinggi yang dapat merangsang pergerakan peristaltik pada saluran cerna.

4. Memperlambat Penuaan Kulit

Rasa pahit pada pare mengandung vitamin C yang dapat menangal radikal bebas, jika kamu rutin minum air perasan pare segelas setiap hari dapat memperlmbat penuaan pada kulit.

5. Meredakan Asma

sayuran ini sangat disarankan untuk orang yang mengidap peradangan pada saluran pernapasan alias asma, karena pare mengandung anti inflamasi, anti virus dan anti histamin yang membantu saluran pernapasan lebih luas.

6. Menurunkan Kolestrol

Air perasan pare juga dapat membantu seseorang yang memiliki kolesterol tinggi, karena rasa pahit sebagai anti inflamasi yang akan mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Semasa pandemi kamu bisa memanfatkan air rebusan pare untuk meningkatkan imunitas tubuh., karena kandungan antioksidan yang tinggi mampu melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri.

Tags: #manfaat air rebusan pare untuk kesehatan #penyakit yang bisa sembuh dengan jalan kaki #tips cara menghilangkan bunga es