Genius! Ayah Ini Dapat Ide Unik Agar Anaknya Mau Menyusu dan Tidak Rewel Saat Ditinggal Ibunya


Genius! Ayah Ini Dapat Ide Unik Agar Anaknya Mau Menyusu dan Tidak Rewel Saat Ditinggal Ibunya

Ada-ada saja tingkah orangtua untuk menjaga anaknya.

Contohnya seorang ayah dari lima orang anak menjadi viral di media sosial setelah triknya untuk dapat menyusui anaknya ia bagikan.

Anthony Favors yang berusia 31 tahun, dari Buffalo, New York, telah memikat orangtua di seluruh dunia dengan sebuah trik untuk mengelabuhi putrinya Lily yang masih berusia 10 bulan.

Ia melakukan ini agar Lily mau menyusu dan tidak rewel karena ditinggal bekrja oleh ibunya, Shalanda.

Anthony mengatakan ia dan istrinya kesulitan mencari cara agar anaknya mau menyusu pada botol karena Lily terbiasa minum ASI langsung dari ibunya sejak lahir.

“Anak saya selalu menginginkan minum ASI langsung dari ibunya karena itu benar-benar menenangkannya,” cerita Anthony kepada Metro.co.uk.

“Saya selalu merasa sangat tidak berdaya dan berharap ada sesuatu yang bisa saya lakukan untuk membantunya.”

“Saat saya merawatnya, dia akan selalu meraih dadaku dan menggelengkan kepalanya ke botolnya.”

“Saya akan mengatakan kepadanya maafkan ayah sayang, tapi ayah tidak punya dada seperti ibumu. Itu membuatku tertawa,” ujarnya seperti dilansir dari Metro.co.uk.

Lalu ayah genius ini akhirnya membuat rancangan cerdas dengan membuat lubang kecil pada kaosnya tepat di bagian dada dan memasukkan botol ke dalamnya.

Botol yang berisi ASI tersebut seolah-olah menjadi payudara lengkap dengan ‘putingnya’.

Istrinya bahkan tidak percaya bahwa Anthony benar-benar melubangi kaosnya dan ‘menyusui’ anak mereka.

Anthony mengatakan putrinya juga awalnya kebingungan, tapi saat dia sudah merasakan susunya, dia kemudian menjadi tenang.

Ia juga mengatakan bisa menyusui putrinya adalah perasaan yang menakjubkan dan sekarang ia mengaku lebih dekat dengan Lily daripada sebelumnya.

Meskipun beberapa ayah lain menganggapnya pria yang aneh, tapi Anthony mengatakan pria sejati harus melakukan apapun untuk dapat merawat anak-anak mereka.

“Saya merasa lega karena dapat melakukan sesuatu. Saya merasa seperti ayah terbaik di seluruh dunia,” begitu pungkasnya.

======

Lebih Jauh Mengenal Sakit Dada Sebelah Kanan

Sakit dada sebelah kanan sering kali dianggap sepele jika dibandingkan nyeri dada di sisi sebelahnya. Padahal, sakit di bagian kanan dada juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang serius.

Sakit dada sebelah kanan bisa saja berkaitan dengan serangan jantung, meski serangan jantung umumnya terasa pada dada sebelah kiri. Tak hanya jantung, rasa nyeri di bagian kanan dada juga berkaitan dengan beberapa penyakit, terutama pada orang lanjut usia.

Berbagai Tanda dan Gejala Sakit Dada Sebelah Kanan

Ada beberapa gejala penyerta yang bisa dirasakan saat seseorang mengalami sakit dada sebelah kanan, di antaranya:

  • Nyeri dada saat mengubah posisi tubuh
  • Sensasi perih di dalam rongga dada atau di belakang tulang dada
  • Nyeri dada terasa tajam dan menusuk
  • Dada terasa seperti diremas dan ditekan
  • Sesak dan sakit saat bernapas, terutama ketika berbaring

Kondisi Terkait Sakit Dada Sebelah Kanan

Ada beberapa penyebab timbulnya rasa sakit pada dada sebelah kanan, antara lain:

1. Gangguan jantung

Meski bukan satu-satunya penyebab sakit dada sebelah kanan, tetapi gangguan jantung bisa menjadi pencetusnya. Beberapa jenis gangguan pada jantung, meliputi serangan jantung, penyakit jantung koroner, perikarditis, kardiomiopati hipertrofi atau penebalan otot jantung, angina, dan diseksi aorta.

2. Gangguan paru-paru

Masalah paru juga bisa menyebabkan sakit dada bagian kanan. Berikut ini adalah beberapa gangguan pada paru yang bisa memicu munculnya sakit dada:

  • Pneumonia atau infeksi jaringan paru
  • Pleuritis atau radang selaput paru
  • Pneumothorax
  • Emboli paru
  • Hipertensi paru
  • Asma
  • Penyakit paru obstruktif kronis

3. Gangguan pencernaan

Masalah pada saluran pencernaan juga bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan, misalnya penyakit asam lambung, radang pankreas, hernia hiatal, dan tukak lambung.

4. Stres

Gangguan kecemasan atau stres dapat menimbulkan serangan panik yang mirip dengan serangan jantung. Kondisi ini bisa terjadi secara tiba-tiba atau dipicu oleh kejadian traumatis dalam hidup dan dapat menyebabkan sakit dada sebelah kanan atau di keduanya.

5. Otot tegang

Aktivitas fisik atau olahraga yang melibatkan kerja otot dada secara berlebihan bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan. Sakit ini biasanya berasal dari nyeri otot dan kian memburuk saat otot dada sebelah kanan digerakkan.

6. Peradangan hati

Kondisi ini juga menjadi salah satu masalah kesehatan yang dapat memicu munculnya sakit dada sebelah kanan. Letak organ hati yang berdekatan dengan dinding rongga dada kanan adalah penyebab mengapa dada bagian kanan terasa sakit saat hati mengalami masalah serius.

7. Cedera di bagian dada

Cedera pada tulang, otot, dan saraf di dada bisa juga bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kanan. Tulang iga kanan yang patah akibat cedera juga bisa memicu dada sebelah kanan terasa sakit, terutama saat bernapas dan batuk.

Otot dan tendon yang berada di antara tulang rusuk kanan pun bisa mengalami cedera karena batuk yang terlalu keras atau karena pergerakan tubuh, sehingga menyebabkan sakit dada sebelah kanan.

Hal-Hal yang Perlu Diwaspadai Saat Sakit Dada Sebelah Kanan

Di dalam dada terdapat berbagai organ yang sangat vital bagi tubuh. Oleh karena itu, janganlah menganggap remeh jika dada terasa sakit.

Segera pergi ke dokter atau unit gawat darurat di rumah sakit terdekat jika Anda mengalami sakit dada sebelah yang disertai oleh beberapa kondisi berikut ini:

  • Susah menelan
  • Sesak napas yang terjadi cukup lama
  • Demam, menggigil, atau batuk berdahak berwarna kuning kehijauan
  • Rasa sakit terasa parah dan tidak kunjung membaik
  • Rasa nyeri menyebar ke rahang, lengan kiri, atau punggung
  • Denyut jantung atau tekanan darah sangat rendah
  • Detak jantung kian cepat, pusing, mual, pucat, dan keringat berlebih

Penanganan yang cepat akan sangat membantu keberhasilan pengobatan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda merasakan sakit dada sebelah kanan, agar penyebabnya bisa diketahui dan segera ditangani.

======

7 Khasiat Buah Nangka untuk Ibu Hamil

Selain memiliki rasa yang manis dan aroma khas, buah nangka memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil yang sayang bila dilewatkan. Khasiat buah nangka untuk ibu hamil tidak lain karena kandungan nutrisi buah ini yang memang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Buah nangka tentu sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain nikmat disantap langsung, buah ini juga bisa dikreasikan menjadi berbagai hidangan, seperti campuran es buah, kripik, hingga opor nangka.

Di dalam 100 gram buah nangka, terkandung sekitar 100 kalori dan beragam nutrisi yang penting untuk Bumil dan janin, seperti karbohidrat, serat, protein, magnesium, tembaga, kalium, mangan, kalsium.

Selain itu, buah nangka mengandung antioksidan, folat, serta beragam vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E.

Sederet Khasiat Buah Nangka untuk Ibu Hamil

Karena kandungan nutrisinya tersebut, buah nangka bisa memberikan berbagai khasiat untuk kesehatan ibu hamil dan janin, di antaranya:

1. Mencegah dan mengatasi sembelit

Sembelit saat hamil adalah hal yang biasa terjadi pada sebagian ibu hamil. Keluhan ini bisa terjadi karena beberapa hal, misalnya perubahan hormon selama kehamilan atau kurangnya asupan serat. Nah, untuk menghindari dan mengatasi sembelit saat hamil, Bumil dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan berserat.

Asupan serat bisa diperoleh dari sayur dan buah-buahan, termasuk nangka. Kandungan serat pada buah berwarna kuning ini mampu melancarkan pencernaan dan membuat Bumil BAB lebih teratur, serta mendukung pertumbuhan bakteri baik (probiotik) di saluran cerna.

2. Mengendalikan tekanan darah

Buah nangka merupakan sumber kalium dan antioksidan yang baik. Kedua zat tersebut berperan penting dalam mengontrol tekanan darah, sehingga dapat mencegah ibu hamil terkena komplikasi kehamilan, seperti hipertensi saat hamil dan preeklamsia.

Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, yakni dengan mengonsumsi makanan bergizi, mengurangi stres, beristirahat yang cukup, dan rutin berolahraga.

3. Memberikan energi

Agar tetap bugar dan bertenaga, Bumil perlu mencukupi kebutuhan kalori dan nutrisi, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Asupan tersebut bisa diperoleh dari makanan bergizi, seperti nasi, daging, telur, dan aneka buah-buahan, termasuk nangka.

Oleh karena itu, jika selama ini Bumil merasa mudah lelah atau lesu, cobalah untuk mengonsumsi buah nangka sebagai penambah energi. Dengan energi yang cukup, Bumil bisa kembali bersemangat dan kuat untuk untuk beraktivitas.

4. Mengurangi keluhan kram kaki

Khasiat lain buah Nangka untuk ibu hamil adalah meredakan keluhan kram kaki. Pasalnya, kram kaki merupakan salah satu keluhan yang cukup sering dirasakan ibu hamil, terutama pada trimester kedua dan ketiga.

Untuk mencegah dan meringankan keluhan tersebut, Bumil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalium, misalnya buah nangka, kiwi, pisang, atau melon.

5. Mendukung proses tumbuh kembang janin

Karena mengandung nutrisi yang cukup lengkap, buah nangka baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan tubuh ibu hamil dan janinnya. Buah ini juga baik untuk mendukung tumbuh kembang janin.

Namun, di samping buah nangka, Bumil juga perlu melengkapi asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi lainnya, seperti susu, telur, ikan, daging, sayur, kacang-kacangan, serta aneka ragam buah.

6. Mengontrol berat badan selama hamil

Kenaikan berat badan saat hamil adalah hal yang normal terjadi dan penting untuk mendukung tumbuh kembang janin. Namun, peningkatan berat badan saat hamil ada patokannya, ya, Bun. Jika berat badan naik terlalu banyak, hal ini justru tidak baik untuk kesehatan Bumil dan janin.

Nah, untuk mengontrol kenaikan berat badan, Bumil harus rutin berolahraga dan menjaga pola makan tetap sehat.

Bumil bisa menjadikan buah nangka sebagai camilan sehat. Kandungan serat pada buah ini bisa memberikan rasa kenyang lebih lama pada ibu hamil, sehingga dapat menurunkan keinginan Bumil untuk ngemil makanan yang tidak sehat.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan, protein, vitamin, A dan vitamin C pada buah nangka bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan imunitas tubuh yang kuat, tubuh Bumil akan lebih kuat melawan kuman dan virus penyebab penyakit, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Itulah beberapa khasiat buah nangka untuk ibu hamil. Walau bermanfaat, sayangnya buah ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yang memiliki penyakit diabetes. Hal ini karena buah nangka mengandung gula dan indeks glikemik yang cukup tinggi, sehingga dapat membuat kadar gula darah lebih cepat melonjak.

Jika Bumil memiliki kondisi medis tertentu dan ragu untuk mengonsumsi buah nangka, cobalah berkonsultasi dulu dengan dokter untuk memastikan apakah buah ini aman dikonsumsi oleh Bumil atau tidak.

Tags: #ide unik ayah agar anaknya mau menyusu #khasiat buah nangka untuk ibu hamil #mengenal sakit dada sebelah kanan