Haramkan Nonton Di Bioskop, Begini Penjelasan Khalid Basalamah: Ada Musik..

67 views


Ustaz Khalid Basalamah kembali menjadi perbincangan publik. Pasalnya, ia mengatakan jika menonton film di bioskop hukumnya haram.

Hal itu bermula dari seorang penanya yang ingin tahu apa hukum menonton film bioskop menurut agama Islam.

“Apakah hukumnya menonton bioskop, filmnya religi ustaz?,” kata ustaz Khalid Basalamah membacakan pertanyaan jemaahnya.

“Haram, tetap haram. Karena masuk bioskop ada musik, ada campur baur laki-laki dan perempuan, gelap, duduk bersebelahan,” kata ustaz Khalid Basalamah menjelaskan hukum nonton film di bioskop.

Menurut Khalid Basalamah, aktivitas menonton film merupakan sesuatu yang kurang baik. Sebab, yang ditampilkan itu hanya rekayasa saja.

“Kadang-kadang kita ditipu oleh aktor yang memiliki seratus film. Disini jadi penjahat, disini jadi orang yang baik, bodohnya kita ikutin,” katanya ustaz lulusan universitas di Arab Saudi ini.

“Coba antum mulai tinggalkan kebiasaan itu pelan-pelan. Awal-awal mungkin berat, tapi lama-lama antum akan sadar. Banyak jemaah saya begitu, akhirnya mereka mengatakan apa yang ustaz sampaikan tentang masalah tinggalkan kemaksitan ada tekanan-tekanan,” kata Khalid Basalamah menguji logika jamaahnya.

Ia juga mengungkapkan rasa herannya mengapa orang ingin belajar dari sebuah film.

“Misalnya nonton film ini supaya saya bisa belajar bela diri. Bagaimana caranya bela diri dari film. Harusnya belajar panggil guru, belajar depan mata. Itu alasan setan,” kata Khalid Basalamah.

Pernyataan Ustaz Khalid Basalamah itu menuai reaksi dari netizen. Tak sedikit dari mereka yang kontra sekaligus minta bukti berupa dalil.

“Gak nyalahin tapi kita cuman mau cari hiburan, lagian duduk sebelahan belum tentu juga kita buat macem-macem. Toh kan cuman duduk doang,” ucap akun @sv_40**.

“Ah demi Allah salafi ini lain pemahaman,” kata akun @arrafiqfiss**.

“Cantumkan juga dong dalilnya dari mana, kalau kayak gitu haram. Misal lihat film cerita perjuangan perang-perang dalam Islam dahulu itu juga ada di bioskop,” kata akun @salma_ah**.

“Lah? sama aja kayak sekolah dong? di sekolah laki laki sama perempuan duduk sebelahan dalam 1 ruangan,” imbuh akun @ridhomaxi**.

“Pantesan ayahku selalu ngelarang aku buat nonton bioskop. Tapi bodohnya aku gak tanya kenapa gak boleh nonton bioskop malah aku kekeh buat nonton,” kata akun @lathifa**. ***

Ustaz Khalid Basalamah haramkan orang nonton film bioskop: Gelap duduknya bersebelahan

Ceramah Ustaz Khalid Basalamah kembali mendapat sorotan. Setelah menyebut wayang dan sungkeman di lebaran haram, kali ini Ustaz Khalid Basalamah mengharamkan nonton bioskop.

Unggahan video itu viral setelah diunggah di media sosial salah satunya dari akun TikTok @hyungandina.

Dalam video singkat itu, ada seorang jemaah yang bertanya kepada Ustaz Khalid Basalamah perihal hukum menonton bioskop dalam agama Islam.

“Apakah hukumnya menonton bioskop, filmnya religi ustaz?,” kata Ustaz Khalid membacakan pertanyaan jemaahnya.

“Haram tetap haram. Karena masuk bioskop ada musik, ada campur baur laki-laki dan perempuan, gelap, duduk bersebelahan,” ujarnya dikutip Hops.ID Rabu 11 Mei 2022.

Ustaz Khalid Basalamah menilai, kegiatan menonton sesuatu hal yang kurang baik. Karena apa yang tampilkan di sebuah film hanya rekayasa semata.

“Kadang-kadang kita ditipu oleh aktor yang memiliki seratus film. Disini jadi penjahat, disini jadi orang yang baik bodohnya kita ikutin,” katanya.

“Coba antum mulai tinggalkan kebiasaan itu pelan-pelan. Awal-awal mungkin berat, tapi lama-lama antum akan sadar. Banyak jemaah saya begitu, akhirnya mereka mengatakan apa yang ustaz sampaikan tentang masalah tinggalkan kemaksiatan ada tekanan-tekanan,” lanjutnya.

Selain itu, Ustaz Khalid Basalamah mengaku heran dengan alasan orang-orang yang nonton bioskop untuk belajar dari sebuah film.

“Misalnya nonton film ini supaya saya bisa belajar bela diri. Bagaiman caranya bela diri dari film. Harusnya belajar panggil guru, belajar depan mata. Itu alasan setan,” katanya.

Sontak unggahan video Ustaz Khalid Basalamah itu pun langsung dibanjiri komentar warganet. Sebagian besar dari dari mereka ramai memberikan beragam tanggapan.

“Gak nyalahin tapi kita cuman mau cari hiburan, lagian duduk sebelahan belum tentu juga kita buat macem-macem. Toh kan cuma duduk doang,” kata warganet.

“Ah demi Allah salafi ini lain pemahaman,” kata warganet.

“Cantumkan juga dong dalilnya dari mana, kalau kayak gitu haram. Misal lihat film cerita perjuangan perang-perang dalam Islam dahulu juga kita ada bioskop,” kata warganet.

“Lah? Sama aja kayak sekolah dong? Di sekolah laki-laki sama perempuan duduk sebelahan dalam 1 ruangan,” kata warganet.***

Belum kelar polemik Wayang, Ustaz Khalid Basalamah sebut pajak itu Haram karena perkara ini…

Lagi-lagi ceramah dai kondang Ustaz Khalid Basalamah tuai kontroversi. Setelah menyatakan wayang haram, Nabi Muhammad gauli istrinya saat sedang haid, yang terbaru menyebutkan pajak negara haram.

Ceramah Ustaz Khalid Basalamah yang kembali viral ini setelah diunggah akun Twitter @RonaldLampard8.

“Pajak negara dianggap haram oleh Ustaz Khalid Basalamah, Waduh!” tulis akun itu dikutip Hops.ID, Selasa 22 Februari 2022.

Ustaz Khalid Basalamah berani mengatakan pajak itu haram lantaran dilakukan secara paksa. Ustaz berusia 46 tahun ini beralasan cara pengenaan pajak secara paksa bagi setiap warga itu mutlak sama artinya dengan menzalimi.

“Teman-teman sekalian, dalam Islam ini tidak boleh mengambil sesuatu dengan cara paksa, zalim namanya,” katanya.

“Pajak ini kalau kita bicara apa adanya, realitasnya kalau kita tanya setiap warga, disuruh pilih bayar pajak atau tidak, kira-kira apa yang dipilih, tidak kan?” ujarnya.

“kalau orang bayar pajak itu dipaksa, ini tidak boleh mengambil harta seorang muslim secara paksa. Ini sebabnya sebagian besar ulama mengharamkan, tidak boleh,” ujarnya.

“Kecuali jika stateginya sama dengan Nabi Sallallahu’alaii wasallam. Beliau iklankan, nih ada saudara kita yang sedang butuh si Fulan, menyumbanglah,” ujarnya.

“Sukarela, tidak ada penentuan persentasenya tidak ada paksaan nah ini lain, ini boleh dalam islam,” ujarnya.

Dan bisa ditebak, ceramah Ustaz Khalid Basalamah ini pun ramai-ramai diserbu warganet.

“Ini sudah provokasi melawan negara. Kalau gak mau bayar pajak, minggat dari NKRI!!.. Tapi bagusnya diciduk dulu,” ujar netizen.

“Suruh naik ojek ke timteng, atau jaln kaki sambil olahraga,” ujar lainnya.

Seperti diketahui, dalam beberapa hari ini nama Ustaz Khalid Basalamah berseleweran di berbagai media Tanah Air. Hal ini terkait isi ceramahnya yang kontroversi menurut berbagai pihak.

Seperti saat menyatakan bahwa kesenian wayang itu haram lantaran dilarang dalam ajaran islam.

“Kalau memang ini (wayang) peninggalan nenek moyang kita, mungkin kita bisa kenang dulu toh ini tradisi orang dulu seperti ini. Tapi kan bukan berarti itu harus dilakukan sementara dalam Islam dilarang. Harusnya kita tinggalkan,” kata Ustaz Khalid dalam video ceramahnya yang dibagikan pegiat media sosial, Eko Kuntadhi di Twitter.

Lalu, beberapa waktu lalu juga beredar isi ceramah Ustaz Khalid Basalamah yang kembali mendapat komentar pedas netizen.

Dia menyebut Nabi Muhammad SAW tetap menggauli istrinya meski sang istri sedang haid. Video tersebut viral usai diunggah pengguna Twitter @HurryKoRn, pada Rabu 16 Februari 2022 lalu.***