Hati – Hati… Tidak Berniat Merebut Tapi Tetap Saja Melayani Candaannya, Maka Sama Saja Kamu Memberi Jalan Sel*ngkuh


Perempuan hendak jadi sebaik – baiknya perhiasan dan juga hendak jadi sebesar – besarnya fitnah di dunia ini, bila ia tidak dapat melindungi kehormatan dan juga tanggung jawabnya dengan baik.

hingga dari itu, siapapun kalian dan juga whatever gelarmu dikala ini jangan sempat kurang ingat buat senantiasa melindungi dirimu dengan baik. terlebih bila kalian sudah berhadapan dengan pria yang sudah berkeluarga, jangan caper dengan terus melayani candaannya.

karena banyak peristiwa, katanya tidak bernazar merebut, tidak bernazar menggoda, tetapi terus aja melayani candaannya, sampai pria terasa tergantung kepada pribadinya.

sementara itu, bila hingga kalian terus melayani candaannya, bila terus melenakan nafsumu, hingga sama aja kalian berikan jalur selingkuh terhadapnya.

jadi perempuan itu wajib mempunyai pengendalian diri yang kokoh, supaya kehormatanmu bagaikan perempuan senantiasa utuh

oleh karena itu, jadi perempuan itu wajib betul – betul menyadari tanggung jawabnya, wajib betul – betul mempunyai pengendalian diri yang kokoh, supaya kehormatanmu bagaikan perempuan senantiasa utuh.

jangan ingin digoda oleh lelaki yang tidak jelas, terlebih benar sudah jelas tetapi ia mempunyai istri dan juga anak, jangan hingga kalian terkecoh olehnya.

jangan ingin diajak bercanda oleh lelaki yang sudah mempunyai istri, karna kerasa aman sering – kali hendak mengecoh hati

proteksi dirimu dengan baik, jangan ingin diajak becanda oleh lelaki yang sudah mempunyai istri, karna lazimnya berawal dari bercanda seperti itu hendak mencuat benih – benih kerasa aman.

kerasa aman seperti itu yang nantinya hendak mengecoh hati, sampai – sampai pada kesimpulannya yang katanya bergaul hingga hendak berbeda jadi ikatan tanpa status.

perempuan wajib ketahui, pria benar lihai dalam menggoda, hingga jangan mudah terbuai oleh godaannya

lalu perempuan juga wajib ketahui, pria itu benar amat lihai dalam menggoda, hingga jangan ingin kalian digoda olehnya, jangan mudah terbuai oleh perkataan manisnya.

awal mulanya bisa jadi yang ia ingini cuma sahabat curhat, cuma sahabat berbagi keluh kesah, tetapi pada kesimpulannya kondisi dan juga kerasa aman hendak mengganti hasrat.

terlebih pria yang sudah mempunyai tanggung jawab dirumah, jangan hingga kalian mengecoh kedamaian keluarganya

terlebih pria yang sudah mempunyai tanggung jawab dirumah, jangan hingga kalian membuka atensi kepadanya, karna dapat jadi kebaikanmu seperti itu yang jadi hubungannya dengan keluarga tidak baik.

intinya, jangan hingga kalian mengecoh kedamaian keluarganya dengan terus menawarinya atensi dan juga mencandainya dengan perkata manis.

jangan berikan kesempatan untuk dirimu jadi perempuan penggoda, begitu kalian hendak jadi tidak terhormat nanti

ingat, jangan berikan kesempatan untuk dirimu jadi perempuan penggoda, jangan berikan kesempatan untuk dirimu jadi perempuan penyelingkuh, begitu kalian hendak jadi tidak terhormat nanti apabila kalian manjakan dirimu dengan nafsu.

lagipula, ingatlah perempuan yang saat ini tengah jadi tanggung jawabnya, tentu ia tidak hendak terima bila mengenali kalian terus melayani candaan suaminya, walaupun ya cuma sebatas normal menurutmu.

======

Penyebab dan Gejala Kecemasan Saat Hamil yang Perlu Diwaspadai

Mengenali penyebab dan gejala kecemasan saat hamil merupakan hal penting yang tidak boleh Bumil lewatkan. Pasalnya, jika hal ini terjadi dan dibiarkan, bisa timbul dampak negatif pada pertumbuhan dan perkembangan janin.

Masa kehamilan merupakan momen yang membahagiakan bagi setiap ibu hamil. Akan tetapi, tak jarang ibu hamil merasa cemas dan khawatir karena memikirkan kesehatan janin atau persalinan. Ini merupakan hal wajar dan umumnya dapat reda dengan sendirinya.

Akan tetapi, sebagian ibu hamil bisa mengalami kecemasan yang berkelanjutan. Hal ini dapat meningkatkan risiko ibu hamil mengalami preeklamsia dan depresi pasca melahirkan. Di samping itu, kondisi ini juga meningkatkan risiko kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, skor APGAR rendah, dan gangguan pernapasan pada bayi.

Penyebab Kecemasan Saat Hamil

Kecemasan saat hamil umumnya disebabkan oleh perubahan kadar hormon di dalam tubuh. Perubahan kadar hormon saat hamil bisa berpengaruh pada kadar zat kimia di otak yang berperan pada pengaturan perasaan. Inilah sebabnya mengapa ibu hamil cenderung mudah cemas, gelisah, dan khawatir.

Selain itu, ada beberapa faktor risiko yang bisa memicu kecemasan saat hamil, di antaranya:

  • Memiliki riwayat gangguan suasana hati, seperti kecemasan atau depresi
  • Memiliki riwayat gangguan disforik pramenstruasi (PMDD)
  • Memiliki komplikasi kehamilan
  • Memiliki trauma pada kehamilan sebelumnya
  • Memiliki konflik dalam rumah tangga
  • Mengalami peristiwa traumatis dalam 1 tahun terakhir
  • Hamil pada usia di bawah 20 tahun
  • Hamil anak kembar
  • Tidak mendapatkan dukungan sosial
  • Memiliki lebih dari tiga anak
  • Menyalahgunakan obat-obatan
  • Mengalami kehamilan yang tidak direncanakan

Waspadai Gejala Kecemasan Saat Hamil

Gejala kecemasan saat hamil bervariasi. Namun, umumnya ibu hamil yang mengalami kecemasan akan menunjukkan tanda-
tanda berikut:

  • Merasa cemas, khawatir, dan gelisah yang berlebihan serta sulit dikendalikan
  • Mudah marah dan tersinggung
  • Sulit berkonsentrasi
  • Otot-otot tubuh terasa nyeri dan tegang
  • Tidak berenergi
  • Pola tidur tertanggu
  • Nafsu makan terganggu
  • Merasa tidak berharga, bersalah, atau gagal menjadi seorang ibu atau calon ibu

Selain gejala kecemasan di atas, ibu hamil juga kadang kala bisa merasakan gejala obsessive compulsive disorder (OCD) dan serangan panik. OCD dapat membuat ibu hamil memikirkan atau melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang.

Sementara jika terjadi serangan panik, ibu hamil bisa tiba-tiba mengalami kesulitan bernapas, merasa akan gila, merasa terpisah dari dunia nyata, dan merasa sesuatu yang sangat buruk akan terjadi.

Meski merupakan hal yang normal, gejala kecemasan saat hamil tidak boleh dianggap remeh, ya, Bumil. Oleh karena itu, penting bagi Bumil untuk mengenali penyebab dan gejala kecemasaan saat hamil agar dapat mengantisipasinya serta mengatasinya sedini mungkin

Ketika Bumil mendapati gejala kecemasaan saat hamil, cobalah untuk meluapkan segala ketakutan yang dirasakan pada orang yang dapat dipercaya. Bumil juga bisa mencoba meditasi dengan arahan yang tersedia di kelas kehamilan atau video yang tersebar online. Hal ini bisa membantu menenangkan pikiran dan perasaan Bumil.

Selain itu, pastikan juga Bumil mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, dan tidur yang cukup agar kesehatan Bumil tetap terjaga dan tumbuh kembang janin lebih optimal. Mengatasi kecemasaan saat hamil pun perlu didukung oleh pasangan, keluarga, atau orang terdekat.

Jika kecemasan Bumil sulit dikendalikan dan gejalanya cukup mengganggu, sebaiknya Bumil berkonsultasi dengan dokter atau psikolog untuk mengatasinya.

======

Rekomendasi Makanan Tinggi Serat yang Baik Dikonsumsi Anak

Serat merupakan nutrisi yang penting bagi pencernaan anak. Untuk mencukupi asupan serat pada anak, ada banyak pilihan makanan yang bisa disajikan. Beragam makanan tinggi serat yang baik untuk anak ini mudah ditemukan dan rasanya pun lezat.

Serat dikenal karena khasiatnya untuk menyehatkan sistem pencernaan. Asupan serat yang cukup dapat menghindarkan anak dari gangguan pencernaan, seperti diare dan sembelit. Dalam jangka panjang, serat juga berperan dalam mencegah obesitas, penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

Mencukupi asupan serat juga merupakan upaya untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil, lho. Ketika saluran cerna sehat, keseimbangan bakteri baik di usus akan terjaga. Bakteri ini akan berinteraksi dengan sistem kekebalan tubuh dan membantu mengendalikan respons sistem imun yang sehat, Bun.

Pilihan Makanan Tinggi Serat untuk Anak

Ada cara mudah untuk menghitung jumlah asupan serat yang dibutuhkan oleh anak. Caranya adalah dengan menambahkan usia anak dengan 5 atau 10. Misalnya, jika Si Kecil berusia 5 tahun, ia harus mendapatkan sekitar 10–15 g serat per hari. Jika usianya 10 tahun, ia butuh 15–20 g serat per hari.

Makanan tinggi serat sebenarnya tidak sulit ditemukan, kok. Serat bisa diperoleh dari buah, sayur, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan. Namun, ada beberapa pilihan makanan berserat yang cocok dikonsumsi oleh anak, baik karena kandungan nutrisinya maupun rasanya. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Oatmeal

Selain kaya akan serat, oatmeal juga mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan lemak sehat, yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Agar lebih nikmat disantap Si Kecil, Bunda bisa menyajikan oatmeal bersama kayu manis, susu, atau buah-buahan segar.

2. Roti atau pasta gandum utuh

Roti gandum utuh yang kaya akan serat bisa diolah dengan mudah menjadi sandwich lezat dan sehat. Bunda bisa mengoleskan selai kacang, stroberi, nanas, atau rasa apa pun yang Si Kecil sukai. Selain selai, sandwich juga bisa disajikan dengan potongan buah, sayuran, telur, atau daging.

Pasta gandum utuh juga bisa pilihan makanan berserat untuk anak. Dibandingkan dengan pasta biasa, pasta gandum utuh lebih banyak mengandung serat, mangan, selenium, tembaga, dan fosfor. Umumnya, pasta gandum juga diperkaya dengan vitamin B dan zat besi.

3. Pir

Dalam 1 buah pir ukuran sedang, terkandung sekitar 5 gram serat. Buah ini juga rendah kalori dan kaya akan vitamin C. Selain menyehatkan sistem pencernaan, nutrisi pada pir juga dapat mendukung proses pembekuan darah, memperbaiki sel-sel tubuh, serta mencegah penyakit kronis.

4. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang digemari anak karena memiliki rasa manis dan tekstur lembut. Buah ini sangat cocok dijadikan camilan sehat untuk Si Kecil. Selain melancarkan pencernaan, pisang juga bisa menjadi sumber energi, serta menjaga kesehatan dan fungsi ototnya.

5. Wortel

Wortel merupakan salah satu sayuran yang terkenal kaya akan serat. Sayuran ini juga mengandung banyak vitamin A yang dapat mendukung kesehatan mata dan menjaga berat badan ideal Si Kecil. Bunda bisa mengolah wortel menjadi berbagai kreasi masakan, misalnya sup wortel, bakso wortel, atau nugget wortel.

6. Ubi jalar

Makan berserat lainnya yang cocok untuk anak adalah ubi jalar. Selain menyehatkan pencernaan, umbi-umbian yang manis ini juga kaya akan vitamin A dan vitamin C yang dapat menutrisi kulit, menjaga fungsi organ tubuh agar bekerja dengan optimal, serta mencegah risiko terjadinya penyakit kronis.

Itulah rekomendasi makanan tinggi serat yang bisa disajikan untuk anak. Selain makanan di atas, apel, stroberi, alpukat, raspberry, brokoli, kacang merah, kacang polong, dan biji chia juga termasuk dalam makanan kaya serat yang bisa Bunda berikan kepada Si Kecil.

Berilah makanan berserat yang bervariasi agar Si Kecil tidak cepat bosan, ya, Bun. Pastikan juga Bunda memberikan makanan sehat lain agar tumbuh kembangnya lebih optimal. Selain itu, selalu ajak Si Kecil untuk aktif bergerak setiap hari, karena ini juga berpengaruh pada kerja sistem pencernaannya.

Jika Bunda masih memiliki pertanyaan terkait makanan berserat atau makanan bernutrisi lainnya yang baik untuk diberikan kepada anak, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Tags: #makanan tinggi serat yang baik untuk anak-anak #melayani candaan sama saja membuka pintu selingkuh #penyebab kecemasan saat hamil