Hotman Paris Hutapea resmi dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Forum Batak Intelektual: Padahal ibunya kan …


Setelah diadukan ke Peradi beberapa waktu lalu, kini Hotman Paris Hutapea harus berhadapan dengan Forum Batak Intelektual (FBI) yang melaporkannya ke Polda Metro Jaya.

Laporan yang ditujukan kepada Hotman Paris Hutapea terkait dengan dugaan tindakan asusila.

Pasalnya, Hotman Paris Hutapea kerap kali mengekspos kebersamaan dengan para asisten pribadinya melalui sosial media miliknya.

Leo Situmorang selaku ketua umum Dewan Pimpinan Pusat Forum Batak Intelektual didampingi dengan rekan sesama organisasi, melaporkan pengacara kondang itu.

Pelaporan itu dibenarkan oleh perwakilan dari LBH yang menyinggung mengenai tindakan asusila yang dilakukan oleh Hotman.

“Sudah dijelaskan kepada pihak kepolisian bahwa memang muatan asusila yang di upload selama ini, kalaupun sudah diketahui publik malah ditantangi, merasa benar asusila,” ungkap Direktur LBH dengan tegas, dikutip Hops.ID melalui kanal YouTube KH Infotainment pada Minggu, 03 April 2022.

Pihak dari LBH berharap dengan adanya laporan ini tidak dikaitan dengan masalah iri atau sekadar mencari panggung di atas nama kondang sang pengacara.

Baca Juga: Akan tampil di Grammy Awards 2022, tempat duduk BTS jadi sorotan ARMY

“Kita mau membuktikan unsur-unsur pidana dalam akun @hotmanparisofficial dengan centang biru,” ungkapnya menegaskan.

Direktur LBH tersebut menuturkan bahwa tindakan yang dilakukan oleh Hotman telah banyak merugikan, baik untuk Forum Batak Intelektual maupun masyarakat secara umumnya.

Seperti yang dilansir dari PikiranRakyat.com, bahwa laporan untuk Hotman Paris Hutapea telah terdaftar di Polda Metro Jaya dengan nomor LB/1698/IV/SPKT/POLDA METRO JAYA pada Sabtu, 02 April 2022 terkait dugaan pelanggaran Pasal 27 (1) Juncto Pasal 45 (3) tentang UU ITE.

Tidak hanya itu, pelapor lain dari Forum Batak Intelektual yang melapokan Hotman pun berujar bahwa apa yang dilakukannya selama ini masuk dalam kategori yang tidak senonoh serta sudah menuai keresahan.

“Perbuatan yang dilakukan Pak Hotman Paris ini sudah merupakan biadab,” ujar perwakilan dari Forum Batak Intelektual menambahkan.

Tidak seharusnya Hotman melakukan tindakan tersebut, lantaran seorang penegak hukum serta seorang public figure.

Menurut penuturan dari salah satu pelapor, tujuannya melaporkan pengacara kondang tersebut yaitu untuk memberikan efek jera, mengingat Hotman sudah cukup lama melakukannya.

“Padahal ibunya perempuan, anaknya perempuan,” ujarnya.

“Kalau mau sepuluh istri, sepuluh perempuan yang dijamahnya silakan, tapi jangan diumbar, disiarkan dimana-mana, di akun, seolah-olah bangga,” ujar perwakilan Forum Batak Intelektual menambahkan.

Pelapor tersebut lantas menuturkan kesedihannya sebagai seorang perempuan sekaligus sebagai seorang ibu atas perilaku Hotman tersebut.

Dengan begitu, para pelapor begitu berharap kepada pihak kepolisian dapat mengambil sikap terkait dengan kasus ini.***

Hotman Paris Akan Dipanggil Polda terkait Pelaporan Dugaan Asusila, Razman Arif Ikut Andil

Tim penyidik Polda Metro Jaya akan memanggil pengacara kondang Hotman Paris Hutapea atas pelaporan dugaan asusila yang termuat dalam akun media sosial pribadinya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, pemanggilan itu dilakukan untuk melakukan klarifikasi terhadap Hotman Paris atas pelaporan yang dilayangkan kepadanya.

“Iya dong untuk klarifikasi dulu kan. Akan ada itu pemanggilan ke Hotman. Tapi yang jelas laporannya ada, sudah diterima polda tgl 2 april yang melaporkan,” kata Zulpan kepada awak media, di Jakarta, Minggu (3/4/2022).

Kendati begitu, kata Zulpan, polisi akan terlebih dahulu memanggil pelapor dalam hal ini termasuk rekan seprofesi pengacara yakni Razman Arif Nasution.

“Iya pertama kan si pelapor dulu yang akan kita panggil,” ucap Zulpan.

Hanya saja, Zulpan belum memberikan detail waktu secara pasti kapan pemanggilan itu akan dilakukan.

Terpenting kata dia, pelaporan yang dilayangkan kepada Hotman Paris didasarkan pada adanya penyebaran informasi elektronik yang bermuatan asusila.

“(Pelaporannya) menyebarkan informasi dan dokumen elektronik yang bermuatan asusila dengan pemilik nama akun hotmanparisofficial,” tukas Zulpan.

Diketahui, Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea dilaporkan ke pihak kepolisian dalam hal ini Polda Metro Jaya atas dugaan tindak pidana asusila yang dimuat dalam konten media sosialnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan membenarkan adanya pelaporan terhadap pengacara tersohor tanah air itu.

“Iya (ada laporan) laporannya diterima,” kata Zulpan kepada awak media di Jakarta, Minggu (3/4/2022).

Untuk saat ini, tim dari penyidik Polda Metro Jaya kata Zulpan, masih mendalami terkait pelaporan yang diketahui dilayangkan oleh rekan seprofesi pengacara.

Dirinya hanya memastikan, dalam waktu dekat baik pihak pelapor maupun terlapor dalam hal ini Hotman Paris akan dipanggil untuk diperiksa.

“Nanti dipelajari dahulu lewat penyidik. Tapi saya pastikan laporannya ada,” tukas Zulpan.

Sebelumnya diberitakan, Organisasi masyarkat Forum Batak Intelektual (FBI) telah melaporkan akun Instagram yang diduga milik pengacara Hotman Paris, @hotmanparisofficial ke Polda Metro Jaya.

Akun tersebut dilaporkan lantaran diduga telah menyebarkan informasi dan dokumentasi elektronik, berkaitan dengan asusila yang diposting ke akun tersebut.

Ketua Umum Forum Batak Intelektual, Leo Situmorang, menyebut pihaknya telah resmi melaporkan akun medsos tersebut ke SPKT Polda Metro Jaya.

“Laporan kali ini terkait perkara menyebarkan informasi dan dokumen elektronik yang bermuatan asusila,” kata Leo Situmorang di Polda Metro Jaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (2/4/2022) dikutip dari Wartakotalive.com.

Laporan tersebut juga telah teregister dengan nomor LP/B/1698/IV/SPKT/POLDA METRO JAYA Tertanggal 2 April 2022.

Diduga laki-laki yang kerap disapa bang Hotman itu telah melanggar pasal 27 ayat 1 Junco pasal 45 ayat 3 tentang UU ITE.

Untuk diketahui, postingan dari pengacara kondang itu bersama dengan para wanita sudah sejak lama dibagikan oleh akun tersebut.

Razman Arif Nasution selaku pengacara yang ikut melaporkan Hotman, menilai bahwa orang-orang saat ini cukup gerah melihat postingan seperti itu di media sosial.

“Orang gerah sekarang, makin gerah dan fotonya makin jadi loh. Selama ini dia masih agak jaga jarak, belakangan udah engga benar,” kata Razman

Tak hanya itu, Bintomawi Sumurung selaku pelapor menegaskan kepada pengacara kondang itu, agar Hotman Paris kedepannya tak mengalihkan isu.

“Jadi ke depannya kami berharap kepada doktor Hotman Paris tidak mengalihkan isu ada orang iri, mau naik panggung, tidak, kita mau membuktikan unsur-unsur pidana dalam akun @hotmanparisofficial dengan centang biru,”pungkasnya.

Cerita di Balik Layar Tuduhan Konten Asusila Hotman Paris

Pengacara kondang tanah air, Hotman Paris Hutapea angkat bicara terkait dugaan konten bernuansa asusila di akun Instagram miliknya. Dari hal itu, Hotman telah dilaporkan ke pihak yang berwajib oleh pelapor.

Adapun dari dugaan konten bernuansa asusila tersebut, Hotman mengatakan terdapat cerita dalam laporan itu. Hal itu dikatakannya pada sebuah video di media sosial Instagram miliknya @hotmanparisofficial.

“Apa cerita di balik laporan tersebut, ceritanya adalah begini. Beberapa waktu lalu de Richard Lee yang terlibat kasus pidana di Polda Metro Jaya memakai jasa seorang pengacara. Pengacara dia ini, kemudian putus hubungan hukumnya dengan dr Richard Lee. Artinya si dr Richard Lee tidak memakai lagi oknum pengacara ini,” jelas Hotman, Minggu 3 April 2022.

Hotman melanjutkan setelah putus hubungan antara Richard Lee dengan pengacara Razman. Dia mengatakan, dr Richard mendatangi kantornya bersama tim untuk membahas jual beli saham skincare.

“Karena saya pernah menawar saham dr Richard Lee di perusahaan skincarenya. Anda tahu kan aku pengen jadi konglomerat. Jadi saya waktu itu menanyakan kepada dr Richard Lee aku mau beli saham kamu. Pertemuan dengan dr Richard Lee tersebut di posting di Instagram saya,” terangnya.

“Pertemuan tersebut ada di posting di IG, ketahuan semua orang termasuk oknum pengacara tadi yang sudah tidak dipakai dr Richard Lee,” lanjutnya.

Dari postingan tersebut, Razman menanyakan kepada Hotman, apakah dia (Hotman) merebut kliennya. “Saya bilang saya tidak merebut klien Anda. Tetap dia tidak percaya, akhirnya mulailah dia menemui oknum-oknum yang selama ini bermusuhan dengan saya,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan polisi terkait dugaan konten asusila yang menyeret nama Hotman Paris, pada Sabtu, 2 April 2022.

Mengenai hal tersebut, Polda Metro Jaya berencana memanggil pelapor. Setelah pelapor diperiksa, penyidik baru akan memanggil Hotman. Namun, Zulpan belum dapat memastikan kapan persisnya Hotman Paris akan diperiksa dalam kasus ini.