Hukum Akad Nikah 2 Kali Seperti yang Dilakukan Lesti dan Rizky Billar, Ternyata Begini Hukumnya


Hukum akad nikah dua kali seperti yang dilakukan Lesti Kejora dan Rizky Billar ramai diperbincangkan masyarakat. Lalu apa hukumnya, berikut penjelasan Yahya Zainul Ma’arif atau Buya Yahya, pengasuh Lembaga Pengembangan Da’wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah yang berpusat di Cirebon.

“Nikah hanya sekali, tidak dianjurkan mengulang pernikahan. Kalau sudah di akad kan secara agama, selesai,” katanya di Channel YouTube Buya Yahya yang dikutip IsuBogor.com pada Kamis 23 September 2021.

Lebih lanjut, Buya Yahya menegaskan tidak masalah akad nikah pertama dihadapan penghulu saja cukup, selanjutanya silahkan laporkan ke Kantor Urusan Agama (KUA).

“(Kalau diulang dua kali) nggak ada artinya. Tidak merusak, ini bukan takbiratul ikhram dalam solat, ndak-ndak ada apa-apa,” kata Buya Yahya.

Buya Yahya menegaskan hukumnya bukan ada kesunnahan dalam hal ini, karena tidak ada istilah pengukuhan nikah, selesai.

“Tidak ada nikah diatas nikah, (karena nanti disaksikan orang banyak), makanya menikahkan sebelumnya, sudah sah tinggal resepsi saja,” kata Buya Yahya.

Kalau harus ada pernikahan ulang, itu tidak ada dalam hukum Islam. “Itu bukan nikah, masa orang sudah suami istri dinikahkan lagi, mana ada,” ungkapnya.

Menurut Buya Yahya, jika hanya untuk sebatas legalitas dan disaksikan orang banyak akad nikah atau ijab kabul diulang itu tidak ada artinya.

“Bukan mengesahkan sebuah jalinan, kan sudah sah (secara agama). Adakah pernikahan di atas pernikahan. Baru kalau di atas diduga khurj minal khilaf, ada kesalahan dipernikahan yang lalu diduga ada apa baru sah,” kata Buya Yahya.

Buya Yahya kembali menegaskan bahwa akad nikah ini bukan takbiratul ikhram dalam salat.

“Yang kedua jadinya kayak nikah-nikahan. Nggak ada menikah dua kali, kecuali ada sebab. Ada diduga dia mengucapkan kalimat cerai, ada diduga pernikahan yang pertama tidak memenuhi syarat,” jelas Buya Yahya.

Bahkan, kata Buya Yahya jika pada saat akad nikah atau pernikahan yang kedua tetap dilakukan, selain nikah-nikahan didalamnya juga ada mahar-maharan.

“Mahar itu sendiri kalau tidak disebut itu tidak membatalkan pernikahan. Mahar itu kewajiban tapi tidak disebut juga tidak apa-apa karena bukan bagian daripada rukun nikah,” paparnya.

Seperi diketahui, baru-baru ini publik dibuat heboh dengan pengakuan pasangan selebriti Lesti Kejora dan Rizky Billar yang menikah secara siri (agama) pada awal tahun 2021.

Namun keduanya kembali menggelar akad nikah di acara resepsinya pada 19 Agustus 2021.

Publik pun dibuat bertanya-tanya dan terpecah pendapatnya soal hukum akad nikah dilakukan dua kali.

======

4 Manfaat Bakuchiol untuk Kesehatan Kulit Wajah

Bakuchiol mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Padahal, bakuchiol memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kulit wajah, terutama jenis kulit sensitif. Nah, apa saja manfaat bakuchiol bagi kesehatan kulit?

Bakuchiol merupakan ekstrak biji dan daun dari tumbuhan Psoralea corylifolia atau babchi. Tumbuhan asli dari India ini dikenal dengan bunganya yang berwarna ungu dan kerap menjadi alternatif penggunaan retinol pada kulit wajah.

Retinol sendiri adalah jenis retinoid yang dapat mencegah penuaan dini. Namun, bahan ini dianggap terlalu keras dan bisa membuat kulit kering.

Sementara itu, bakuchiol memiliki manfaat yang serupa dengan retinol, tetapi tidak menyebabkan eritema, sensasi terbakar, atau perih pada kulit wajah, sehingga lebih aman digunakan.

Manfaat Bakuchiol untuk Kesehatan Kulit Wajah

Bakuchiol bisa Anda temukan dalam bentuk serum atau sebagai kandungan dalam produk perawatan kulit yang dijual di pasaran. Berkat kandungan antioksidan dan antimikroba yang terdapat di dalamnya, bakuchiol memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

1. Membuat wajah tampak awet muda

Salah satu manfaat bakuchiol yang paling populer adalah membuat wajah tampak awet muda. Sebuah studi menunjukkan bahwa bakuchiol dapat mengurangi keriput dan garis halus pada kulit wajah.

Selain itu, bakuchiol juga dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat kulit wajah tetap kencang dan terlihat awet muda.

2. Memudarkan bintik hitam

Bintik hitam atau hiperpigmentasi ditandai dengan bercak kulit yang berwarna lebih gelap daripada kulit sekitarnya. Kondisi ini terjadi ketika paparan sinar matahari memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen alami kulit.

Nah, bakuchiol diketahui dapat memudarkan bintik hitam pada wajah. Hal ini berkat kandungan antioksidan dan kemampuan bakuchiol dalam menghambat proses produksi melanin.

Meski telah menggunakan bakuchiol, jangan lupa untuk selalu mengoleskan tabir surya setiap Anda beraktivitas di luar ruangan, ya.

3. Merawat kulit berjerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat umum terjadi. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi jerawat dan mencegahnya datang kembali. Salah satunya adalah menggunakan bakuchiol.

Sebuah studi menunjukkan bahwa bakuchiol memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan, yang dapat mengurangi jerawat ringan hingga sedang.

4. Memperkuat lapisan terluar kulit

Lapisan terluar kulit (skin barrier) memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari paparan berbagai jenis racun, seperti debu dan polusi udara, sekaligus menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Jika lapisan tersebut rusak, kulit bisa kering, gatal, dan rentan mengalami peradangan.

Penggunaan produk yang mengandung bakuchiol, apalagi yang dikombinasikan dengan bahan lain, terbukti dapat memperkuat lapisan terluar kulit.

Studi menunjukkan bahwa kombinasi antara bakuchiol, melatonin, dan ascorbyl tetraisopalmitate mampu meningkatkan fungsi lapisan terluar kulit dan menghidrasi kulit.

Cara Aman Menggunakan Bakuchiol

Bakuchiol aman digunakan untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif. Bahkan, ibu hamil yang tidak disarankan untuk menggunakan retinol, bisa saja diperbolehkan untuk menggunakan bakuchiol sebagai alternatif bahan yang lebih aman.

Namun, jangan lupa konsultasikan kondisi kesehatan dan kehamilan Anda ke dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan bakuchiol.

Jika Anda menderita eksim atau rosacea, cobalah untuk menggunakan sedikit produk bakuchiol di kulit. Jika produk bereaksi negatif terhadap tubuh, sebaiknya hindari penggunaan bakuchiol atau konsultasikan ke dokter.

Saat ini, bakuchiol banyak terdapat dalam produk perawatan kulit yang dijual di pasaran, mulai dari serum wajah hingga krim malam. Anda dapat memilih salah satu dari produk tersebut untuk mendapat manfaat bakuchiol bagi kesehatan kulit wajah.

Namun, pastikan Anda memilih produk yang sudah terdaftar di BPOM untuk memastikan keamanannya. Jika Anda ingin menggunakan bakuchiol sebagai pengobatan masalah kulit tertentu, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

======

Ini Ciri-Ciri Jerawat Batu dan Cara Efektif untuk Mencegahnya

Jerawat batu umumnya ditandai dengan benjolan besar berisi nanah, yang sekilas tampak mirip seperti bisul. Jerawat ini sering kali terasa menyakitkan dan menimbulkan bekas di kulit. Kenali ciri-ciri jerawat batu dan ketahui cara mencegahnya.

Jerawat dapat muncul akibat bakteri, minyak, atau sel kulit mati yang terjebak di pori-pori wajah. Saat bakteri menginfeksi area yang berada jauh di bawah permukaan kulit, inilah yang disebut dengan jerawat batu.

Jerawat batu biasanya rentan dialami oleh pemilik kulit berminyak, remaja, wanita, dan orang dewasa dengan hormon yang tidak seimbang.

Ciri-Ciri dan Penyebab Jerawat Batu

Jerawat batu mudah dikenali karena ukurannya yang relatif lebih besar dibandingkan jerawat pada umumnya. Selain itu, ada beberapa ciri jerawat batu lain yang bisa dengan mudah Anda kenali, seperti:

  • Terdapat benjolan besar berwarna putih
  • Muncul kemerahan pada benjolan
  • Benjolan berisi nanah
  • Terasa nyeri saat disentuh

Jerawat batu tidak hanya muncul di area wajah, tetapi juga di dada, leher, punggung, lengan, bahu, hingga belakang telinga. Jika jerawat batu pecah, infeksi bakteri dapat menyebar dan menyebabkan lebih banyak jerawat.

Penyebab jerawat batu masih belum diketahui secara pasti. Namun, hormon androgen diketahui memengaruhi pertumbuhan jerawat, terutama pada usia remaja, saat kadar hormon androgen dalam tubuh meningkat.

Hormon tersebut menyebabkan perubahan pada kulit yang mengakibatkan pori-pori tersumbat, sehingga muncul jerawat.

Selain itu, ada beberapa kondisi yang dapat memicu munculnya jerawat batu, antara lain:

  • Kehamilan
  • Siklus menstruasi
  • Menopause
  • Sindrom polikistik ovarium (PCOS)

Penggunaan obat-obatan dan produk kecantikan tertentu, peningkatan hormon testosteron dalam tubuh, konsumsi makanan pedas dan manis, hingga faktor keturunan juga dipercaya dapat memicu munculnya jerawat batu.

Langkah Penanganan untuk Menghilangkan Jerawat Batu

Jerawat batu sering kali membandel dan sulit dihilangkan. Hal ini dikarenakan jerawat batu biasanya tidak bisa disembuhkan secara tuntas hanya dengan menggunakan obat jerawat yang dijual bebas di pasaran.

Setelah melakukan pemeriksaan, dokter akan memberikan pengobatan dan perawatan untuk mengontrol jerawat, mencegah kerusakan kulit, serta menyamarkan bekas jerawat.

Ada beberapa jenis pengobatan dan perawatan yang umumnya digunakan untuk mengatasi jerawat batu, antara lain:

  • Pemberian obat oles, seperti retinoid, antibiotik, dapsone, dan asam salisilat
  • Pemberian obat minum, seperti antibiotik, kombinasi pil kontrasepsi, dan isotretinoin
  • Terapi, seperti terapi cahaya, chemical peeling, ekstraksi komedo, dan suntik kortikosteroid

Namun, perlu diingat bahwa pemberian obat dan terapi untuk mengatasi jerawat batu harus sesuai dengan resep dokter. Oleh karena itu, konsultasikan lebih dulu ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Cara Mencegah Jerawat Batu

Menjaga kebersihan dan kesehatan kulit adalah cara terbaik untuk mencegah munculnya jerawat batu. Selain itu, ada beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mencegah jerawat batu, yaitu:

  • Bersihkan tubuh setidaknya 2 kali sehari, terutama setelah berkeringat.
  • Hindari menggosok kulit terlalu keras saat membersihkannya.
  • Gunakan sabun pembersih yang lembut dan air hangat untuk membersihkan kulit.
  • Hindari penggunaan kosmetik yang berlebihan.
  • Pilihlah kosmetik yang berlabel oil-free atau nonkomedogenik.
  • Bersihkan sisa make up sebelum tidur.
  • Hindari memencet jerawat karena dapat menyebabkan bekas jerawat.
  • Cucilah rambut secara teratur guna mencegah perpindahan bakteri dari rambut ke kulit.
  • Gunakan tabir surya setiap hari untuk mencegah efek buruk sinar matahari terhadap kulit.

Selain itu, Anda juga dapat mencegah jerawat batu dengan menghindari makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi, berolahraga secara rutin, dan mengelola stres dengan baik.

Namun, jika beberapa cara di atas tidak efektif untuk mencegah munculnya jerawat batu, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Tags: #cara mengatasi jerawat batu #ciri-ciri jerawat batu #hukum akad nikah 2 kali #manfaat bakuchiol untuk kesehatan wajah