Ini 6 Cara Mengatasi Bayi Sungsang Tanpa Bantuan Medis

403 views


6 cara berikut ini bisa membantu Bunda mengembalikan posisi bayi sungsang ke normal. Bunda bisa melakukannya di rumah dengan bantuan suami.

Bayi sungsang adalah kondisi ketika bagian bawah tubuhnya yakni pantat atau kaki berada di jalan lahir, dimana seharusnya kepalanyalah yang lebih dulu keluar.

Bayi sungsang bisa membuat proses melahirkan menjadi sulit, sehingga harus melalui operasi caesar. Untuk mengatasi hal ini, biasanya posisi bayi dibalikkan melalui bantuan dokter atau bidan yang berpengalaman.

Akan tetapi, Bunda juga bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk mengembalikan posisi bayi menjadi normal tanpa bantuan medis. Juga menghindari operasi caesar.

1. Posisi telentang

Berbaringlah di lantai yang telah dialasi karpet atau matras yoga. Letakkan sebuah bantal di bawah pinggul Bunda agar posisi perut lebih tinggi dari kepala.

Bila kepala bunda terasa tak nyaman, bisa juga menggunakan bantal di kepala, dengan catatan menambah jumlah bantal di bawah pinggul agar posisinya tetap lebih tinggi dari kepala.

Kemudian bernapaslah dalam-dalam dan perlahan. Usahakan badan menjadi serileks mungkin, tahan posisi ini selama 15 menit.

Lakukan sebanyak tiga kali setiap hari. Hasilnya akan lebih efektif jika perut Bunda dalam keadaan kosong dan bayi sedang aktif.

2. Posisi berlutut dengan kedua tangan

Letakkan kedua lutut dan telapak tangan di lantai, kemudian doronglah bagian panggul ke atas sehingga rahim lebih tinggi dari kepala (posisi seperti bersujud).

Dalam posisi ini, bergoyanglah ke depan dan ke belakang secara pelan. Lakukan selama 5-15 menit.

Pastikan Bunda memakai alas yang nyaman agar tangan dan lutut tidak langsung bersentuhan dengan lantai. Bunda juga bisa memakai penyangga agar lebih nyaman. Lakukan sebanyak dua kali dalam sehari.

3. Posisi push-up

Posisi ini lebih sulit dilakukan, karena itu Bunda harus minta bantuan suami atau asisten rumah tangga untuk menolong bunda. Caranya, luruskan badan menghadap ke lantai. Letakkan kaki lebih tinggi dari kepala, di atas kursi atau bantal yang disusun tinggi.

Minta bantuan pada pendamping Bunda untuk memegangi agar Bunda tidak terjatuh, letakkan juga bantalan di bawah perut Bunda agar perut tidak langsung menyentuh lantai saat Bunda merasa lelah menahan posisi ini.

Tahan posisi ini selama 30 detik, lalu ulangi sampai tiga kali.

4. Posisi duduk

Duduk tegak dengan memeluk kedua lutut akan membuka area pelvis sehingga memudahkan bayi untuk bergerak mendekati jalan lahir.

5. Menggunakan suara musik atau suara ayah

Saat bayi sudah siap lahir, dia akan merespon suara yang didengarnya dari dalam kandungan. Pasanglah musik klasik yang bisa merangsang bayi anda bergerak ke arah suara.

Meminta suami untuk berbicara kepada sang bayi juga bisa membantu. Pastikan suami Bunda berbicara dekat dengan bagian bawah rahim Bunda sehingga kepala bayi akan bergerak mendekatinya.

6. Menggunakan benda dingin

Beberapa ahli menganggap jika bayi merasakan sensasi dingin ia akan merasa tidak nyaman dan bergerak menjauhinya. Oleh karena itu, ambillah sayuran beku atau es batu yang dibungkus kain.

Tempatkan di bagian atas rahim Bunda, hal ini akan membuat bayi berputar ke arah sebaliknya.

Sebelum memasuki ruang bersalin, Bunda harus memastikan posisi bayi sungsang atau tidak. Kemudian diskusikanlah dengan dokter cara terbaik untuk melahirkan si buah hati.

Bunda masih bisa melahirkan secara normal meski bayi dalam posisi sungsang. Tentu saja dengan catatan dokter yang menangani cukup berpengalaman dan kondisi Bunda dan bayi juga memungkinkan untuk melahirkan secara normal.

======

Oleskan Masker Gula Merah Ini Sebelum Tidur Untuk Membuat Wajah Lebih Muda

Oleskan masker gula merah ini sebelum tidur, diamkan selama 15 menit. Hasilnya akan bikin anda Kagum wajah nampak seperti gadi usia 19 tahun lho. Banyak para wanita yang belum mengetahui akan manfaat dari bula merah tersebut untuk kesehatan kulit. Umumnya pada setiap wanita tentu ingin memiliki wajah yang bersih putih dan cerah berseri lalu apakah sebenarnya manfaat gula merah bagi kulit wajah?

Saat ini dikalangan kaum wanita rela mengeluarkan uang untuk melakukan perawatan kulit mereka agar membuat wajahnya menjadi bersih putih dan cerah berseri. Misalnya yaitu dengan rajin membasuh wajah dengan menggunakan krim pencuci wajah, perawatan ke dokter, perawatan kesalon bahkan melakukan perawatan ketempa-tempat khusus perawatan kulit yang tentu memiliki biaya yang tidak sedikit.

Untuk melakukan perawatan kulit wajah, anda pun dapat melakukannya dengan jauh lebih ekonomis dan dapat dilakukan sendiri dirumah kapanpun anda inginkan.

Melakukan perawatan kulit wajah yang bisa dilakukan anda sendiri dirumah yaitu dengan memanfaatkan khasiat gula merah, hal ini sebaiknya anda lakukan hanya 2 kali setiap minggu.

Anda cukup memerlukan bahan-bahan sebagai berikut ini.

Untuk melakukan perawatan mingguan untuk kulit wajah anda yaitu anda harus mempersiapkan, 1 buah gula merah dan 3 sendok makan minyak zaitun.
Jika anda kesulitan menemukan minyak zaitun asli anda dapat menggantinya dengan minyak untuk perawatan bayi seperti baby oil, namun lebih baik menggunakan minyak zaitun karena memiliki banyak manfaat untuk kulit anda.

Cara Penggunaan

  1. Haluskan gula merah yang telah anda siapkan barusan.
  2. Setelah kula merah anda haluskan, langsung saja campurkan 3 sendok makan minyak zaitun kedalam gula merah yang telah bubuk / halus.
  3. Selanjutnya langsung saja diaplikasikan kepada wajah anda dan diamkan selama 10-15 menit.
  4. Setelah tiba waktunya langsung saja bilas menggunakan air hangat.

Apa saja manfaat gula merah untuk wajah?

Jika anda sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan gula merah sebagai salah satu perawatan kulit wajah dengan menggunakan gula merah ini cocok untuk segala jenis kulit, maka anda tidak perlu khawatir dengan jenis apapun kulit anda, apapun jenis kulit anda, anda dapat melakukannya dengan perawatan gula merah ini setiap minggunya.

Gula merah yang sudah anda haluskan memiliki banyak kandungan yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati, menghilangkan kotoran diwajah, membentuk dan menjaga kelembutan dan kelenturan kulit wajah anda, sehingga wajah anda pun terasa lebih cerah dan berseri. Selamat mencoba. Semoga artikel di atas bermanfaat.

======

Manfaat Pap Smear Bagi Wanita yang Sudah Menikah

Pap smear adalah sebuah langkah pengujian medis untuk mendeteksi ada tidaknya gangguan pada leher rahim, biasa berkaitan perihal kanker serviks pada wanita. adapun wilayah kewanitaan yang diperiksa meliputi sel-sel dari leher rahim hingga panggul.

Langkah tes pap smear memberikan fakta medis keberadaan virus papiloma yang notabene adalah virus yang bertanggung jawab menyebabkan kanker serviks.

Pap smear memberikan anda kesempatan untuk melakukan deteksi dini dan mengambil langkah yang dibutuhkan sebelum terlampau parah.

Para dokter menyarankan para wanita yang setidaknya berusia 21 tahun, yang sudah menikah atau sudah aktif berhubungan sėksual untuk melakukan tes pap smear, karena biasanya pada usia tersebut alat reproduksi pada wanita telah berkembang sempurna.

Hal ini boleh dilakukan lebih awal jika ada riwayat kanker serviks dari ibu, seusai menjalani transplansi organ, kemoterapi dan atau bila memiliki gaya hidup sering berganti pasangan.

Dikutip meetdoctor, kanker serviks memang dapat ditularkan melalui hubungan sėksual, tapi bukan berarti orang-orang yang belum pernah berhubungan sėksual tidak akan terkena kanker serviks. Kanker serviks dapat terjadi pada setiap wanita.

Pap smear merupakan langkah awal deteksi sekaligus langkah pencegahan dini bagi penyakit kanker serviks sebelum semakin parah.

Berikut ini adalah saran para ahli tentang kapan tepatnya harus melakukan tes pap smear:

Telah Menikah

Pap smear hanya boleh dilakukan pada wanita yang sudah menikah. atau bisa juga dilakukan pada wanita yang telah aktif secara s*ksual.

Pap smear tidak boleh dilakukan pada gadis yang masih perawan, dikarenakan pada prosedur pemeriksaannya, pap smear memasukkan alat pemeriksaan ke rongga vagina.

Di Atas 30 Tahun

Para dokter meyakini pada usia di atas 30 tahun perempuan justru lebih beresiko terkena kanker serviks, jadi perlu dilakukan tes pap smear secara teratur.

Biasanya dokter akan menganjurkan pemeriksaan dilakukan minimal setahun sekali. Sebaiknya diskusikan jadwal pemeriksaan anda dengan dokter demi menjaga kesehatan leher rahim anda.

Fungsi dan Manfaat dari Pap Smear

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pap smear ini dilakukan sebagai upaya dini mendeteksi adanya sel-sel yang tidak normal yang selanjutnya dapat mengetahui apakah seorang wanita menderita kanker serviks atau tidak.

Penderita kanker serviks stadium 1 pada umumnya tidak akan merasakan gejala-gejala tertentu. Sehingga dikhawatirkan, kanker serviks tanpa pap smear akan didiagnosa saat sel-sel kanker sudah memasuki stadium yang lebih lanjut.

Pada saat kanker serviks stadium 4, pengobatan biasa akan menjadi kurang efektif karena seperti kita ketahui, penyakit kanker belum ada obatnya.

Dengan melakukan pap smear, seorang akan lebih cepat mengetahui apakah ia memiliki sel-sel serviks yang abnormal atau tidak.

Pap smear ini adalah metode yang paling akurat seperti yang dikatakan oleh Organisasi Kanker Amerika meskipun hasilnya tidak dapat secara 100%.

Tetapi, ketelitian serta keakuratan dari pap smear mencapai lebih dari 90% yang menandakan pap smear dapat menjadi sumber referensi valid terhadap kondisi sel serviks di dalam tubuh seorang wanita.

Untuk itu, seperti yang dianjurkan oleh Organisasi Kanker Amerika, wanita berusia 21 tahun atau lebih unutk melakukan pap smear segera.

Sehingga dia bisa terhindar dari gsnasnya kanker serviks yang jelas dapat merugikan banyak hal dalam hidup seorang wanita sampai dapat menyebabkan kematian.

Segeralah berkonsultasi pada dokter anda. Lakukan pap smear dan anda pun akan terhindar dari kemungkinan besar terserang penyakit kanker serviks.

Inilah yang diharapkan menjadi perhatian bagi setiap wanita agar dapat mengupayakan pencegahan kanker serviks. Karena kanker serviks seperti kanker lainnya, menjadi penyebab tinggi kematian banyak wanita.

Tags: #bayi sungsang #cara alami membuat wajah lebih muda #kanker serviks #manfaat pap smear #mengatasi bayi sungsang #mengatasi bayi sungsang tanpa medis #mengatasi kanker serviks