Ini Adalah Tips Supaya Melahirkan Normal Tidak Ada Jahitan

399 views


Apapun jenis persalinannya, seringkali meninggalkan keluhan setelahnya, termasuk melahirkan normal. Salah satu yang banyak dikeluhkan adalah jahitan pada area perineum. Pasti terpikir, apakah jahitan pada area kemaluan setelah melahirkan itu menyakitkan? Bagaimana agar vagina tidak robek saat melahirkan normal?

Saat melahirkan normal, area perineum atau dinding yang berada di antara vagina dan anus mampu meregang ketika bayi lahir. Meski demikian, masih ada kemungkinan perineum robek. Tidak semua perineum yang robek saat melahirkan membutuhkan jahitan untuk pemulihan.

Kadang ibu yang baru melahirkan senang bila ia tidak diberi jahitan untuk pemulihan karena tidak perlu merasakan nyeri saat proses jahit. Selain itu, tindakan menggunting perineum oleh dokter, yaitu episiotomi, juga umumnya perlu jahitan untuk menutupnya.

Daripada sakit dan perlu perawatan ekstra, lebih baik Mama mengetahui cara untuk melenturkan perineum dan mencegah agar robek tidak meluas jadi tidak perlu dijahit saat melahirkan.

Berikut Popmama.com bagikan tips melahirkan normal tanpa dijahit:

1. Memerhatikan posisi saat melahirkan

Posisi saat melahirkan sangat menentukan semuanya, termasuk kecepatan proses persalinan, durasi kontraksi, atau luka karena robekan di vagina dan perineum. Posisi yang berbeda saat melahirkan dapat menghasilkan tekanan yang berbeda pada perineum.

Beberapa posisi melahirkan yang bisa Mama lakukan antara lain berbaring dengan posisi miring, duduk, atau berlutut dengan menaruh dua tangan ke arah depan di antara kedua paha.

2. Menerapkan pola hidup sehat selama hamil

Ada empat hal paling penting yang bisa memengaruhi kelancaran saat persalinan. Ini perlu diperhatikan agar bisa melahirkan normal tanpa jahitan.

  • Dengan mengatur pola makan sehat dan vitamin yang cukup sesuai kebutuhan ibu hamil, maka kulit dan jaringan
    tubuh lain akan berfungsi secara optimal.
  • Lengkapi dengan olahraga untuk ibu hamil dan senam kegel untuk membentuk tubuh yang kuat.
  • Lakukan relaksasi demi mengurangi stres selama hamil.
  • Lakukan pijat perineum dua kali dalam seminggu.
  • Gerakan memijat pada jaringan di sekitar vagina akan membuatnya lebih fleksibel, sehingga dapat memperbesar
  • Kemungkinan melahirkan normal tanpa jahitan. Pijat perineum dapat dimulai sejak kehamilan berusia 34 minggu.

3. Menjaga perineum tetap hangat

Kondisi hangat akan membuat aliran darah meningkat dan melemaskan otot sekitar perineum. Tempatkan handuk atau kain hangat di sekitarnya. Lakukan saat proses persalinan.

Jika memungkinkan, mintalah seseorang untuk menekan bagian perineum dengan handuk hangat untuk menjaganya tidak robek ketika kepala bayi mendorong keluar. Meski jarang dilakukan, tapi sebenarnya cara ini cukup efektif.

4. Memakai pelumas

Mama bisa manfaatkan pelumas dengan bahan dasar minyak mineral yang dihangatkan untuk mengurangi gesekan dan mempermudah keluarnya bayi.

Pastikan Mama tidak memiliki elergi pada obat apapun agar tidak menyisakan rasa gatal atau kulit kemerahan seperti terbakar jika memakai pelumas.

5. Mengatur pernapasan saat melahirkan

Umumnya, dokter atau perawat akan memberitahu kapan Mama harus mengejan. Biasanya itu dilakukan saat kontraksi datang.

Bila kontraksi sudah datang mengejanlah sekuat tenaga dengan cara yang benar. Saat kontraksi hilang, minta bantuan perawat untuk memberikan stimulasi agar kontraksi kembali datang.

Mengejan lah sesuai arahan dokter atau bidan. Atur napas dengan mengikuti panduan yang diberikan, agar bayi bisa terlahir dengan lebih mudah.

Hal ini juga akan membuat kepala bayi keluar dengan lembut dan perlahan, sehingga otot dan kulit perineum dapat meregang secara alami tanpa robek.

Itulah lima cara yang bisa Mama lakukan untuk melahirkan normal tanpa jahitan. Jangan sungkan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan mama ya.

======

5 Tips Menghilangkan Bunga Es di Freezer Kulkas, Gak Sulit Kok

Setiap orang pasti memiliki kulkas atau lemari pendingin di rumah, bukan? Fungsi kulkas memang cukup penting untuk menyimpan bahan-bahan makanan agar lebih awet. Namun, problematika dari memiliki kulkas adalah bunga es yang membandel di freezer.

Lalu kira-kira bagaimana cara membersihkannya? Untuk kamu yang penasaran bagaimana cara membersihkan bunga es, berikut lima caranya.

1. Mencabut colokan kulkas pada listrik

Sebelum membersihkan kulkas, kamu dapat mulai mencabut bagian listriknya. Cara ini dilakukan untuk alasan keamanan agar menghindari konsleting. Oleh sebab itu, pastikan sudah tak ada arus listrik lagi, ya.

2. Mengeluarkan isi kulkas

Sebelum memulai proses pencairan, kamu dapat mengeluarkan isian kulkas terlebih dahulu. Hal ini untuk membantu proses pengamanan pada makanan. Apabila kamu memiliki makanan beku, kamu dapat menutupnya dengan lap dan letakkan pada cooler bag.

3. Tunggu bunga es mencair

Jika semua sudah dilakukan, kamu dapat membiarkannya hingga mencair. Cukup tunggu saja hingga benar-benar mencair dan hindari mencongkel bunga es karena akan merusak evaporatornya. Jangan sampai kulkasmu rusak hanya karena tak sabar menunggu bunga es mencair, ya.

4. Mengelap freezer hingga bersih

Setelah bunga es sudah mulai bersih, kamu dapat langsung mengelapnya hingga bersih. Pastikan bahwa kamu telah menyiapkan lap dan ember untuk menghindari cipratan air yang ke mana-mana. Kamu juga dapat mencampurkan air dengan baking soda pada saat membersihkan freezer.

5. Memerhatikan penyekat kulkas

Hal selanjutnya yang dapat menyebabkan bunga es pada freezer membandel adalah karena efek penyekat kulkas yang rusak. Apabila ternyata baik-baik saja, maka kamu dapat mengoleskannya dengan minyak zaitun agar lebih awet. Sehingga penyekat kulkas akan lebih baik dan maksimal.

Nah, itulah beberapa tips untuk menghilangkan bunga es pada kulkas. Sangat mudah dan praktis, bukan? Selamat mencoba!

======

Jangan Malu Jika Orang Tuamu Bukan Orang Kaya, Mereka Berjuang Untuk yang Halal Demi Masa Depanmu

Jangan malu terlihat miskin malulah ketika kita pura pura kaya, dan jangan pernah menjalani hidup dengan selalu melihat “ke atas”, tapi cobalah untk melihat kebawah.

Maka jika hal itu kamu lakukan, nikmat hidup itu akan jauh lebih terasa indah walaupun kamu berasal dari keluarga yang sederhana. Mereka yang bergaya dengan harta orang tua bukanlah suatu banggaan, mereka yang punya gadget mahal dengan harta orang tua merupakan seorang yang lemah.

Jika kamu tahu, nikmat kehidupan bukan didasari oleh harta yang melimpah. Tetapi rasa syukur, jauh lebih berharga dari hal-hal kecil tersebut.

Orang yang bersyukur akan selalu terhindar dari masalah hasutan duniawi. Gak percaya?,,, coba kamu pikirkan, kenapa para pejabat doyan KORUPSI?.

Karena mereka tidak bersyukur dengan seluruh fasilitas yang pernah/sudah mereka miliki. Sehingga tanpa rasa syukur, mereka selalu merasa masih lebih kurang tanpa memikirkan orang yang lebih susah dari kehidupannya.

1. Kejujuran Adalah Langkah Mencari Rezki yang Halal, Walaupun Itu Dimulai Dari Pekerjaan yang Kecil

Kejujuran itu tidak memandang besar atau kecilnya sesuatu. Menjadi pribadi yang jujur merupakan suatu yang wajib untuk siapa saja. Jika orang tuamu bekerja dengan penuh kejujuran, maka kamu patut berbangga pada mereka.

Walaupun itu kecil, tapi berkah, walaupun itu sedikit, dengan keberkahan dan label halal telah melekat didalamnya. Sehingga menjadikannya sangat cukup untuk kehidupan.

2. Singkirkan Segala Bentuk Gengsi, Karena Hidup Bukan Masalah Harta Atau Pekerjaan Mewah. Tetapi Masalah Moral Yang Menjadikan Semuanya Jauh Lebih Terhormat

Tuhan tidak pernah memandang seseorang dari hartanya, dari pekerjaannya, atau dari bentuk fisiknya, di mata-Nya semua manusia itu sama. Yang menjadi pembeda diantara kita dari manusia yang lain adalah Iman dan Takwa.

Ketika kamu hadir dikehidupan dengan peran menjadi orang yang “kecil”, tapi dengan iman, takwa dan moral yang baik akan menepis segala bisikan yang merusak dalam perjalanan hidupmu.

Singkirkan segala gengsi dari mereka yang berlenggak lenggok dengan hartanya, mulai lah berusaha dan tetap bantu serta hormati orang tuamu dalam mencari rezki yang halal. Karena tidak ada yang patut dimalukan selama kamu berjuang untuk sesuatu yang halal.

3. Jangan Pernah Malu Pada Orang Tuamu Walaupun Mereka Cuma Seorang Petani, Pedagang Kecil Atau Pun Tukang Becak. Selama Mereka Berjuang Untuk Yang Halal, Maka Kamu Patut Berbangga Pada Mereka

Jika orang tuamu adalah seorang petani kecil, seorang pedagang kaki lima atau pun hanya memiliki kedai kecil-kecilan, atau bisa juga orang tuamu adalah seorang pengayuh becak.

Tapi selama mereka bercucuran keringat dalam mencari rezki yang halal, itu jauh lebih “kaya” ketimbang mobil mewah, rumah mewah, gadget mahal, yang kadang didapat dari hasil kecurangan.

Sesuatu yang didapat dengan cara yang baik-baik, maka hasilnya pasti akan baik pula. Jadi kenapa kamu mesti malu, yang patut kamu malukan adalah jika orang tua adalah orang-orang yang melakukan pekerjaan dengan penuh penipuan dan kecurangan.

Walaupun hasilnya adalah menjadi orang yang kaya, tapi cuma kaya yang ada didalam kata saja, namun jauh di dalam hati mereka. Segala bentuk keluh kesah dan ketakutan akan terus menghantui mereka.

4. Cobalah Sekali-Kali Pandangi Mereka Saat Itu Tidur, Maka Kamu Akan Rasakan Betapa Letihnya Mereka, Tetapi Dengan Bantuan Dan Semangat Yang Kamu Berikan, Maka Jiwa Mereka Tetaplah Kuat

Ketika orang tuamu sedang tidur, coba pandangilah wajahnya. Pandangilah dan resapi dengan hati, maka kamu bisa rasakah kepenatan yang mereka rasakan sepanjang hari.

Tetapi, ketika kamu adalah anak yang berbakti, suka menolong dan tidak pernah malu terhadap mereka. Maka sesungguhnya mereka memiliki jiwa yang sangat kuat.

Karena mereka yakin, dengan segala upaya yang mereka lakukan, mereka yakin bahwa kamu akan menjadi orang yang berhasil, orang yang akan membawa perubahan pada keluargamu sendiri.

5. Jangan Pernah Malu, Ketika Mereka Berusaha Mencari Yang Halal Agar Kamu Bisa Sekolah, Kuliah Dan Mendapatkan Pekerjaan Atau Pun Membangun Usaha Yang Lebih Baik

Mereka berusaha mencari yang halal agar kamu bisa bersekolah atau pun kuliah. Maka pada saat itu kamu akan memiliki tanggung jawab yang besar, maka jalanilah pekerjaan mu sebagai siswa ataupun mahasiswa/wi dengan baik.

Tugas utamamu hanyalah menjadi siswa atau mahasiswa/wi yang berpendidikan, sehingga suatu saat kelak. kamu lulus dan bisa mendapatkan pekerjaan atau pun membangun sebuah usaha yang jauh lebih baik, maka jangan pernah lupakan mereka yang sudah mengantarkanmu pada titik tersebut.

6. Jangan Pernah Malu, Karena Mereka Yakin Padamu. Bahwa Kamu Akan Menjadi Orang Yang Berhasil, Yang Bisa Membawa Perubahan Pada Keluarga Dan Bangsamu

Setiap orang tua selalu menaruh harapan yang besar pada anaknya. Maka perjuanganmu untuk bisa menjadi orang yang berhasil adalah bentuk rasa syukur dan terima kasihmu pada mereka.

Walaupun orang tua tidak pernah meminta, tapi kamu harus tau, bahwa itu hanya akan timbul dari kesadaran diri sendiri saja. Mereka selalu berdo’a agar kamu bisa menjadi orang yang hebat, orang yang akan membawa perubahan pada keluarga.

7. Saat Kamu Berhasil, Dan Ingin Menikah Dengan Kekasih Pujaan Hatimu, Maka Jangan Pernah Malu Memperkenalkan Dia Pada Orang Tuamu

Keberhasilan seorang anak itu bukan cuma hasil dari usaha dia sendiri. Tetapi, tidak akan pernah lepas dari peran orang tua. Ketika kamu berhasil dan bersiap untuk menikah, maka jangan pernah malu memperkenalkan kekasihmu pada orang tuamu.

Cukup cuma 1 kisah malin kundang yang ada di dunia ini. Jangan sampai kamu menjadi penerus dari perjuangan malin kundang.

Jika kekasihmu tidak suka dengan orang tuamu, maka campakkanlah dia dan carilah seseorang yang lebih baik, seseorang yang bisa menyayangi orang tuamu dengan hati tulus ikhlas.

8. Tetaplah Menjadi Orang Yang Pandai Bersyukur Terhadap Apa Yang Kamu Dan Orang Tuamu Miliki. Karena Dengan Syukur, Rezki Itu Akan Terus Bertambah

Walaupun orang tuamu bukanlah orang kaya, tetapi kalian selalu bersyukur terhadap rezki yang diberikan. Maka yakinlah bahwa rezki itu akan terus ditambah.

Syukur akan membuat yang sedikit terasa cukup, akan membuat yang biasa menjadi luar biasa, akan membuat suatu yang sempit menjadi lapang. Jadilah orang yang pandai bersyukur, dengan syukur maka rasa kaya sesungguhnya bisa kamu miliki dalam setiap langkah kehidupanmu.

Tags: #jangan malu jika orangtua mu bukan orang kaya #melahirkan normal tanpa jahitan #menghilangkan bunga es di freezer #tips melahirkan normal tanpa jahitan