Ini Dia, Ciri-Ciri Bayi Cerdas, Orang Tua Wajib Tahu Agar Tak Salah Arah

807 views


Siapa yang tak ingin punya bayi cerdas? Tentu ini jadi harapan semua orang tua, bukan? Karena itu, memerhatikan ciri-ciri kecerdasan si kecil sangat diperlukan untuk bisa membantu mereka mengembangkannya.

Ya Moms, orang tua dapat menilai kecerdasan anak mereka dengan mengamati tanda-tanda sejak masih bayi.

Bicara soal bayi atau anak cerdas, sebenarnya, tidak ada ukuran pasti soal ini. Kecerdasan adalah konsep yang cukup subjektif. Namun secara keseluruhan, anak yang cerdas adalah anak-anak yang memiliki kemampuan untuk berpikir dan belajar lebih baik dan lebih cepat daripada yang lain.

Dengan kemampuan otak yang jauh lebih kuat daripada orang kebanyakan, Anda akan dapat menemukan keunikan pada anak-anak seperti itu, sejak masih bayi. Keunikan ini bisa jadi merupakan ciri-ciri atau tanda si kecil adalah bayi cerdas. Mengutip Parenting First Cry, berikut 15 tanda yang paling mudah diamati:

5 Tanda Yang Menunjukkan Bayi Cerdas

1.Mencapai Milestone Sebelum yang Lain
Apakah bayi Anda jauh di depan saat mencapai milestone atau tonggak tumbuh kembangnya? Apakah dia bisa duduk tanpa bantuan, sebelum kebanyakan bayi bisa melakukannya di umur empat bulan? Atau melambaikan tangan pada anggota keluarga lain sebelum usia 6 bulan? Jika ya, ini juga ciri-ciri bayi cerdas

2.Lebih Dulu Bicara
Terutama sejak usia 4-5 bulan, bayi suka sekali mengeluarkan berbagai jenis suara. Mulai dari ocehan, kekeh atau cekikikan hingga tangisan.

Kelak pada usia 12 bulan, umumnya bayi akan mengucapkan kata-kata pertama mereka dan bisa menyusun kalimat sederhana pada 18 bulan.

Nah Moms, bila bayi Anda menunjukkan minat pada kata-kata dan buku saat dibacakan cerita, atau menyusun kalimat sederhana sebelum usia 14 bulan, ini adalah ciri-ciri ia bayi yang cerdas.

Beberapa bayi yang sangat cerdas juga dapat dengan mudah mengikuti arahan lisan orang dewasa, misalnya untuk mencapai tempat tertentu di rumah atau memahami instruksi untuk melakukan sesuatu.

3.Tanggap dan Peka
Setelah dilahirkan, sebagian besar waktu bayi dihabiskan untuk mengamati lingkungan, orang, dan berbagai gerakan mereka. Namun bayi yang cerdas tidak hanya memerhatikan namun juga akan kerap melakukan kontak mata dengan orang yang memegang atau berbicara dengannya. Ia pun akan dengan tanggap menoleh ke arah seseorang dan segera menanggapi suara atau tindakan di sekitarnya.

Tanggapnya si kecil mungkin juga akan membuat ia lebih peka terhadap perubahan apa pun di lingkungan terdekatnya. Bayi yang sangat cerdas bahkan mungkin saja tergerak menyentuh wajah atau air mata Anda hingga memeluk Anda erat-erat, jika ia melihat perubahan dalam susunan emosi Anda.

4.Fokus!
Bayi memiliki rentang perhatian yang pendek dan mudah terganggu oleh suara atau gerakan baru yang terjadi di sekitarnya. Mereka mungkin hanya dapat fokus pada kegiatan tertentu selama sekitar 10 hingga 15 menit saja.
Namun, bayi yang cerdas bisa fokus lebih lama. Anda juga akan melihat mereka menunjuk gambar dan bahkan membalik halaman saat Anda membacakan buku cerita.

5.Hanya Tidur Sebentar
Bayi yang cerdas umumnya punya tingkat energi yang lebih tinggi, dibandingkan dengan sebayanya. Mereka hanya tidur sebentar atau tidak mudah ngantuk, tetapi tidak jadi rewel seperti anak-anak lain bila kurang tidur.

Apa alasannya? Otak yang bergerak cepat membuat mereka butuh lebih banyak waktu untuk ‘mematikan’-nya. Inilah kenapa ia lebih lama terjaga dibandingkan bayi lain seusia mereka.

Apakah Anda Punya Potensi Penyakit Jantung? Cek Dengan Cara Sederhana Ini

Mempunyai tubuh sehat tentu dambaan semua orang. Namun, pola hidup sehat yang terlihat mudah dilakukan, ternyata sulit saat dikerjakan.

Alhasil, berbagai penyakit pun datang. Baik itu yang langsung terasa atau ‘diam-diam’ menggerogoti tubuh seseorang.

Cara yang dilakukan banyak orang untuk memeriksakan apakah tubuhnya sehat atau tidak adalah dengan pergi ke dokter dan melakukan check up.

Langkah tersebut memang bagus dan memberikan hasil yang spesifik, namun membutuhkan biaya.

Terkait hal itu, ternyata ada cara mudah untuk mendeteksi penyakit mematikan seperti jantung, stroke, dan darah tinggi lewat gerakan sederhana.

Melansir dari Kompas Health, pertama, cobalah duduk bersandar di dinding. Luruskan dan rapatkan kedua kaki Anda.

Cobalah membungkuk dan ulurkan tangan Anda untuk menyentuh jemari kaki.

Bila Anda kesulitan menggapai ujung kaki atau jarak antara tangan dan kaki terpisah jauh, maka Anda berisiko terkena penyakit kardiovaskular seperti darah tinggi, stroke, dan jantung.

Terdapat penelitian tentang tes lewat gerakan sederhana ini. Peneliti di University of North Texas menemukan bahwa tubuh yang fleksibel adalah cerminan pembuluh darah yang juga fleksibel.

Atau sebaliknya, orang yang tidak fleksibel (salah satu tandanya adalah tidak dapat menyentuh jari kaki mereka) memiliki arteri yang kaku atau kurang elastis dibanding mereka yang bertubuh lebih lentur.

Diketahui, bila arteri tidak elasstis, berarti jantung harus bekerja ekstra saat memompa darah. Pada akhirnya, risiko penyakit jantung dan stroke pun meningkat.

Kekakuan pembuluh arteri bisa disebabkan oleh racun di dalam rokok, terlalu banyak penyumbatan lemak jenuh atau kurang aktivitas fisik.

Bila hasil tes sederhana di atas mengecewakan, maka sebaiknya Anda mengubah pola hidup jadi lebih baik mulai dari sekarang.

Ini 6 Cara Mudah Mencerahkan Wajah Kusam Pakai Bahan Alami

Wajah yang kusam menjadi salah satu masalah pada wajah yang mampu menurunkan tingkat rasa pecaya diri pada wanita, karena wajah akan terlihat kumel.

Akan tetapi kamu tida perlu berckecil hati karena kamu bisa kembali mencerahkan wajah kamu yang kusam dengan bahan alami, berikut beberapa yang bisa kamu coba.

1. Gunakan Lidah Buaya
Lidah bauay bukan lagi hal yang tabu, karena manfaatnya yang sudah terkenal dapat merawat kecantikan pada wajah, kamu bisa mencoba mencerahkan wajah menggunakan lidah buaya.

Akan tetapi perlu kamu tahu bahwa tidak semua cocok, untuk menemukan kecocokan kamu bisa mencoba oleskan padalengan selama 24 jam jika tidak ada reaksi berarti aman di wajah kamu.

2. Jauhi Asap rokok
Mungkin selama kamu menganggap asap rokok maslah sepele, perlu kamu tahu asap rokok bisa menjadi racun bagi kulit, karena stres oksidan dapat meningkat sel-sel kulit dan memicu terjadinya penuaan.

3. Aplikasikan Minyak Kelapa Bumi
Minyak ini ampuh dalm melembapkan kulit yang kering karena memiliki sifat antiradang, sifat antioksidan, bahkan efek pemulihan, kamu bisa melakukan pijatan halus pada wajah selama beberapa menit.

4. Air Putih
Memenuhi asupan air memang menjadi keharusan untuk menjaga kelembapan pada kulit karena kulit kita pun terdiri dari sel-sel yang membutuhkan air agar berfungsi dengan baik.

5. Konsumsi Makanan Sehat
Selain bahan alami kamu juga bisa menjaga pola makan, kamu harus memenuhi asupan makanan yang Kandungan vitamin dan molekul antioksidannya seperti buah-buahan dan sayuran.

6. Hindari Mandi Terlalu Lama
Mandi dengan air hangat dapat membuka pori-pori dan mengeluarkan racun, akan tetapi jika terlalu lama, kulit akan tampak lelah dan kusam.

Tags: #cara mengetahui penyakit jantung #ciri ciri bayi cerdas #mencerahkan wajah kusam dengan cara alami #orang tua wajib tahu