Inilah 10 Tanda Kelelahan Istri yang Jarang Diketahui Suami

892 views


Jangan anggap remeh kelelahan. Sejumlah penyakit bisa menyerang saat tubuh terus menerus kekelahan. Bahkan pada sejumlah kasus, kekerasan ibu pada anak dipicu oleh kelelahan yang ia alami. (foto cover; ilustrasi, sumber)

Sayangnya, banyak wanita yang ketika kelelahan, ia tidak mau menyampaikan kepada suaminya. Pada kondisi demikian, sang suami perlu peka.

Agar hal-hal negatif dan berbahaya tidak terjadi, para suami perlu mengetahui ciri-ciri kelelahan istri, lalu mengambil peran untuk mengurangi atau menghilangkan kelelahan itu.

1. Kurang Keseimbangan

Jika suami melihat gula atau kopi berceceran, cobalah amati istri Anda. Jangan-jangan ia kehilangan keseimbangan yang dulu. Jika iya, ketahuilah itu ciri kelelahan.

2. Uring-uringan

Jika istri uring-uringan, mungkin ia sedang kelelahan. Suami perlu peka dan berupaya mendekatinya dan memberikan bantuan.

3. Mendadak Pemarah

Misalnya anak habis main tidak mau merapikan, istri marah. Anak terlambat pulang sekolah, istri marah. Padahal biasanya dia wanita yang sabar.

4. Mendadak Jadi Pelupa

Biasanya istri ingatannya tajam. Tapi belakangan ini menaruh dompet lupa, menaruh kunci motor lupa. Bisa jadi itu tanda kelelahan.

Dulu ia adalah seorang yang bening dan ceria. Tapi akhir-akhir ini wajahnya kusut, penampilannya agak lusuh. Mungkin ia kelelahan sehingga tak ada waktu untuk melakukan perawatan.

6. Tak Bisa Konsentrasi

Diajak bicara kurang nyambung, ditanya anak tidak menjawab. Ini juga tanda kelelahan.

7. Mudah Tertidur

Suami mengajak istrinya berhubungan. Eh, tahu-tahu waktu suami sedang bersih-bersih diri untuk persiapan, istri sudah ketiduran. Ini juga ciri kelelahan.

8. Gelisah, Tidak Tenang

Jika istri terlihat tiba-tiba diam, sikapnya tidak tenang, bisa jadi ia kelelahan. Kelelahan memicu stres dan tanda-tanda awalnya adalah gelisah.

9. Suhu Tubuh Sering Panas

Jika istri sering panas, coba evaluasi akatifitasnya. Mungkin terlalu padat dan berat sehingga ia kelelahan.

10. Kesehatan Menurun

Ciri umum kelelahan adalah kondisi fisik menurun. Selain panas, ia mudah flu dan batuk. Itu gejala awal yang tak boleh diremehkan.

Jika suami melihat 10 tanda ini, ia perlu melakukan instrospeksi. Mungkin tugas istri terlalu berat, aktifitasnya terlalu padat. Suami perlu memastikan istri cukup istirahat.

Ia juga perlu melakukan evaluasi dengan membantu istrinya berbagi pekerjaan rumah tangga. Jika kemampuan finansial mencukupi, ia perlu mencarikan khadimat alias asisten rumah tangga.

======

Tekan 5 Titik Pada Tubuh Ini, Tekanan Darah Tinggi dan Sakit Kepala pun Akan Reda

Tekanan darah tinggi memang kerap menjadi salah satu masalah kesehatan yang mengganggu.
Dan masalah ini dapat menyerang secara tak terduga menyebabkan pening, ketidaknyamanan yang parah hingga mengacu pada risiko penyakit jantung dan stroke.
Jadi apa yang harus Anda lakukan ketika Anda atau orang terdekat sedang kelelahan, cemas, atau sakit kepala?
Dilansir dari Brightside, Anda dapat menemukan 5 titik ini untuk menekan dan memijatnya:

1. Liver 3 (LV 3)

Titik antara jempol kaki ini tidak boleh diabaikan dalam perawatan hipertensi.
Anda hanya harus menekannya selama satu menit untuk meredakan beberapa permasalahan mulai dari tekanan darah hingga nyeri haid dan kecemasan.
Secara umum, kaki Anda memiliki berbagai titik tekanan, yang ketika dipijat, dapat membawa peningkatan besar bagi kesehatan Anda.

2. Large Intestine 4 (LI 4)

Titik ini sangat mudah dijangkau dan ditemukan. Anda dapat menekannya dengan ibu jari tangan yang lain untuk beberapa waktu.
Memberi tekanan di titik ini dapat mengobati rasa sakit kronis dan meningkatkan kekebalan tubuh serta menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Pericardium 6 (PC 6)

Titik ini berada di lengan Anda bagian bawah. Ia berada pada jarak 3 lebar jari dihitung dari pergelangan tangan.
Dengan memberi tekanan pada titik ini, maka dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, ia juga dapat meredakan mual, sakit kepala, dan mabuk perjalanan.

4. Gallbladder 20 (GB 20)

Anda perlu menekan 2 titik di leher Anda pada kedua sisi ini selama sekitar satu menit. Pertahankan tangan Anda dalam posisi stabil dan jangan campur aduk dengan gerakan lain.
Ketika melakukannya untuk diri sendiri, gunakan jempol Anda. Ini dapat melepaskan ketegangan leher.

5. Governing Vessel 20 (GV 20)

Titik ini terdapat pada bagian atas kepala Anda. Anda dapat menemukannya di bagian tengah kepala Anda dengan membayangkan sebuah garis dari telinga ke telinga.
Anda bisa memijat atau menekan titik ini untuk menurunkan tekanan darah, mengobati pusing, atau sekadar untuk mencari keadaan rileks.

======

Inilah Pengganti Nasi Putih, 4 Makanan Ini Bisa Membantu Program Diet Kamu

Ada beragam upaya untuk mengendalikan berat badat. Satu di antaranya adalah menjalani program diet dengan mengganti makanan yang biasa disantap dengan pilihan lain yang lebih bersahabat.

Nasi seringkali dihindari ketika sedang menjalani diet.

Sumber karbohidrat pada nasi dinilai tidak bersahabat dengan tubuh karena mengandung banyak gula hingga dapat menumpuk banyak lemak.

Anda tengah dalam program diet? Nasi dapat diganti dengan empat makanan berikut.

Apa saja? Yuk, simak rangkuman lengkapnya seperti di bawah ini.

1. Kentang

Kentang kerap dijadikan makanan alternatif ketika seseorang menjalani program diet.

Hal ini dikarenakan kentang mengandung lebih banyak vitamin dan nutrisi. Saat dimakan bersama sayuran bakal jadi santapan yang mengenyangkan.

2. Beras Merah

Beras merah mengandung lebih sedikit gula dan lebih banyak protein juga serat.

Mengonsumsi beras merah akan membuat lebih kenyang dan porsi makan dapat dikendalikan.

3. Quinoa

Quinoa menjadi salah satu makanan yang cukup populer dalam menu diet.

Quinoa mengandung sembilan asam amino esensial, bebas gluten, tinggi serat, mengandung magnesium, vitamin B, kalium, zat besi, vitamin E, dan fosfor yang memiliki sangat bermanfaat untuk tubuh.

4. Shirataki

Shirataki cukup akrab dengan lidah orang Indonesia karena teksturnya mirip nasi. Shirataki rendah kalori, mengandung banyak air dan serat.

Mengonsumsu shirataki bakal membuat rasa kenyang bertahan lebih lama dan sangat cocok untuk diet.

======

Inilah Resep Memperkuat Ginjal Ala Resep dr. Zaidul Akbar

Ginjal adalah salah satu bagian organ yang punya fungsi sangat penting. Fungsi penting dari organ yang terletak di bagian bawah rusuk ini adalah menyaring limbah beracun dan kotoran-kotoran lain dari dalam darah. Produk limbah ini nantinya akan diteruskan ke kandung kemih lalu dikeluarkan berupa urine. Selain fungsi utama tersebut, ginjal juga bertugas untuk menjaga dan mengatur kadar pH, garam, serta kalium dalam tubuh. Organ penting ini juga bertanggung jawab untuk mengatur tekanan darah serta produksi sel darah merah. Dengan segudang fungsi tersebut, ginjal menjadi salah satu organ vital yang nyaris tak tergantikan. Sayangnya, ginjal juga menjadi organ yang rentan terkena berbagai masalah.

Namun, tak perlu khawatir, setidaknya ada 8 cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga ginjal tetap sehat. Apa saja?

1. Minum air yang cukup, tapi jangan berlebihan

Terkait fungsi utama ginjal yang menyaring kotoran dari darah dan membuangnya menjadi urine lewat kandung kemih, cara terbaik menjaga organ ini tetap sehat adalah memastikan diri terhidrasi.

Saran ini mungkin terdengar klise, tapi asupan air sangat penting untuk membantu ginjal membersihkan natrium dan racun dari darah Anda.

Jika kita tidak cukup minum air, maka saringan kecil dalam ginjal bisa terhenti dan menyebabkan batu ginjal hingga infeksi.

Orang sering tidak sadar mengalami dehidrasi ringan. Sekilas, dehidrasi ringan tidak berbahaya.

Tapi, bila keadaan ini terjadi cukup sering makan bisa mempegaruhi fungsi ginjal.

Dalam keadaan normal, orang dewasa membutuhkan minum sekitar 2 liter sehari. Meski begitu, kebutuhan minum setiap orang berbeda bergantung pada banyak faktor.

Namun, perlu digarisbawahi, minum berlebihan pun juga bisa merusak ginjal.

Hal ini diungkap oleh Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia Aida Lydia.

“Banyak minum air putih bisa sebabkan gangguan elektrolit di darah. Kadar natrium dan kalium dalam darah berkurang, sedangkan kadar cairan di tubuh meningkat sel tubuh jadi membengkak,” ujar Aida saat ditemui dalam temu media Peringatan Hari Ginjal Sedunia di Jakarta pada Rabu (7/3/2018).

Kerja ginjal menjadi semakin berat karena harus menyaring cairan berlebih. Aida menyebut, glomerulus pada ginjal tidak akan kuat melakukan fungsi filtrasi.

Jika sudah begitu, bisa saja terjadi gangguan pada ginjal.

2. Makan makanan sehat

Lagi-lagi, mungkin Anda berpikir saran ini sangat klise. Namun, yang perlu disadari, kebanyakan masalah pada tubuh memang bersumber dari makanan yang kita konsumsi.

Lalu, seperti apa sih sebenarnya yang disebut makanan yang baik untuk ginjal?

Merangkum dari Healthline, makanan segar yang rendah sodium baik untuk ginjal. Misalnya saja kembang kol, blueberry, ikan, biji-bijian, dan masih banyak lagi.

Makanan tersebut bisa membantu kita mengontrol berat badan agar terhindar dari obesitas.

Obesitas sendiri biasanya juga diikuti berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hingga penyakit kardiovaskular.

Penyakit-penyakit tersebut kerap kali menjadi pintu masuk untuk merusak ginjal.

Untuk menghindari masalah-masalah kesehatan tersebut, Anda juga bisa mengurangi makanan yang tinggi lemak, garam, dan gula.

3. Olahraga dan hindari gaya hidup tidak aktif

Kebanyakan manusia modern saat ini cenderung memiliki gaya hidup tidak aktif. Misalnya saja, seharian duduk di kantor tanpa beranjak.

Kabar buruknya, hal ini bisa berdampak buruk bagi ginjal.

Ini bukan berarti Anda harus mengganti pekerjaan atau kemudian mendaftar di gym untuk olahraga sangat keras.

Anda cukup melakukan olahraga ringan seperti berjalan, lari kecil, atau bersepeda untuk menjaga tubuh tetap aktif.

Memanfaatkan waktu luang untuk hobi beraktivitas di luar ruangan seperti berkebun juga bisa membantu ginjal Anda tetap sehat.

Ada baiknya, olahraga atau hobi Anda ini dilakukan secara teratur selama 30 hingga 60 menit sehari untuk memperoleh hasil maksimal.

4. Berhenti merokok

Bukan rahasia lagi, banyak tenaga medis maupun penelitian yang menunjukkan bahwa rokok memiliki efek buruk bagi kesehatan. Tak terkecuali untuk kesehatan ginjal.

Untuk ginjal, merokok bisa merusak pembuluh darah dalam tubuh. Hal ini menyebabkan aliran darah lebih lambat ke seluruh tubuh, termasuk ginjal.

Merangkum dari Cleveland clinic, ketika ginjal tidak mendapat aliran darah yang memadai, organ ini tidak dapat berfungsi secara optimal.

Selain itu, merokok juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi yang berbahaya untuk ginjal.

5. Jangan berlebihan minum obat warung

Di Indonesia, banyak orang yang sakit dengan mudah mengakses obat-obatan yang dijual bebas di warung hingga apotek. Mungkin tidak banyak yang berpikir kalau obat warung dapat menyimpan bahaya untuk ginjal.

Obat sakit kepala, demam, atau nyeri yang berisi ibuprofen dan naproxen bisa mengancam ginjal Anda jika dikonsumsi terlalu banyak atau terlalu sering.

Tak hanya obat warung, melansir dari WebMD, mengonsumsi antobiotik terlalu sering juga dapat merusak ginjal. Hal ini bahkan bisa terjadi pada ginjal yang benar-benar sehat.

Untuk itu, ada baiknya konsultasikan obat yang digunakan pada dokter keluarga Anda.

6. Hati-hati konsumsi suplemen maupun obat herbal

Banyak orang berpikir suplemen makanan ataupun obat herbal tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi ginjal.

Di Indonesia sendiri, obat herbal seperti jamu atau jenis lainnya juga digemari. Sayangnya, tak banyak yang paham bagaimana aturan konsumsinya.

Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya komunikasikan jenis suplemen maupun obat herbal yang akan Anda konsumsi.

7. Jauhi alkohol

Sama seperti merokok, alkohol juga sudah diketahui memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Mengonsumsi alkohol dalam jangka waktu lama sangat memungkinkan dapat menjadi penyebab masalah ginjal.

Alkohol akan membuat Anda dehidrasi. Ini membuat ginjal Anda harus bekerja keras.

Lebih lanjut, konsumsi alkohol juga kerap dihubungkan dengan obesitas, penyakit liver, tekanan darah tinggi, dan kondisi lain yang menempatkan stres.

Kondisi tersebut juga bisa memperberat kerja-kerja ginjal.

8. Lakukan pemeriksaan

Sangat penting untuk mengetahui risiko penyakit ginjal pada tubuh Anda. Untuk itu, cobalah lebih memperhatikan tubuh serta keluarga Anda.

Orang yang memiliki kerabat dengan riwayat penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau diabetes biasanya memiliki risiko lebih besar terkena penyakit ginjal.

Biasanya, dokter akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin terkait riwayat keluarga tersebut.

Di luar riwayat penyakit keluarga, orang dengan risiko tinggi mengalami kerusakan ginjal dan sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan adalah:

  • Berusia di atas 60 tahun
  • Dilahirkan dengan berat badan lahir rendah
  • Memiliki riwayat penyakit kardiovaskular
  • Mengalami obesitas
  • Pemeriksaan awal bisa membantu Anda mendapatkan pengobatan lebih awal pula.

Dan tidak perlu khawatir ada juga resep dr. Zaidul Akbar Untuk Ginjal Anda Supaya Kuat, Maka Rutinlah membuat minuman ini ”

Resep Memperkuat Ginjal Ala Resep dr. Zaidul Akbar

Bahan

  • 5 butir cengkeh
  • 5 butir kapulaga
  • 3 butir bunga lawang
  • 200 ml air panas

Cara:

Seduh semua bahan dengan air panas segera minum setelah hangat .
Konsumsi setiap hari setiap pagi

Tags: #pengganti nasi putih membantu program diet #resep memperkuat ginjal #tanda istri kelelahan #titik tekan agar tekanan darah turun