Inilah 20 Perilaku Durhaka Suami yang Sangat Dibenci Allah, No 7 Paling Sering Dilakukan Suami


Dewasa ini banyak perilaku-perilaku suami yang menyimpang dari ketentuan Allah SWT dan telah melanggar hak-hak isterinya. Oleh karena itu perlu sekali para suami mengetahui perbuatan-perbuatan durhaka terhadap istri.

Adapun beberapa perilaku yang sering suami lakukan adalah sebagai berikut:

1. Menjadikan Istri sebagai Pemimpin Rumah Tangga

Dari Abu Bakrah, ia berkata, “Rasulullah bersabda, ‘Tidak akan beruntung suatu kaum yang dipimpin oleh seorang wanita’,” (HR.Ahmad n0.19612).

2. Menelantarkan Belanja Istri

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ia berkata, “Rasululluah bersabda, ’Seseorang cukup dipandang berdosa bila ia menelantarkan belanja orang yang menjadi tanggung jawabnya’,” (HR.Abu Dawud no.1442, Muslim, Ahmad dan Thabarani).

3. Tidak Memberi Tempat Tinggal yang Aman

“Tempatkanlah mereka (para istri) di tempat kalian bertempat tinggal menurut kemampuan kalian dan janganlah menyusahkan mereka untuk menyempitkan (hati) mereka. Jika mereka (istri yang di thalaq) itu sedang hamil, berikanlah kepada mereka nafkahnya sampai mereka melahirkan,” (QS.Ath-Thalaaq (65):6).

4. Tidak Melunasi Mahar

Dari Maimun Al-Kurady,dari bapaknya,ia berkata, “Saya mendengar nabi bersabda, ’Siapa saja laki laki yang menikahi seorang perempuan dengan mahar sedikit atau banyak, tetapi dalam hatinya bermaksud tidak akan menunaikan apa yang menjadi hak perempuan itu, berarti ia telah mengacuhkannya. Bila ia mati sebelum menunaikan hak perempuan itu, kelak pada hari kiamat ia akan bertemu dengan Allah sebagai orang yang fasiq’,” (HR. Thabarani, Al-Mu;jamul, Ausath II/237/1851).

5. Menarik Mahar Tanpa Keridhaan Istri

وَإِنْ أَرَدتُّمُ اسْتِبْدَالَ زَوْجٍ مَّكَانَ زَوْجٍ وَآتَيْتُمْ إِحْدَاهُنَّ قِنطَارًا فَلَا تَأْخُذُوا مِنْهُ شَيْئًا ۚ أَتَأْخُذُونَهُ بُهْتَانًا وَإِثْمًا مُّبِينًا () وَكَيْفَ تَأْخُذُونَهُ وَقَدْ أَفْضَىٰ بَعْضُكُمْ إِلَىٰ بَعْضٍ وَأَخَذْنَ مِنكُم مِّيثَاقًا غَلِيظًا

“Jika kalian (para suami) ingin mengganti istri dengan istri yang lain,sedang kalian telah memberikan kepada salah seorang diantara mereka itu mahar yang banyak,janganlah kalian mengambilnya kembali sedikitpun. Apakah kalian kalian akan mengambilnya kembali dengan cara cara yang licik dan dosa yang nyata? Bagaimana kalian akan mengambilnya kembali,sedangkan kalian satu dengan lainnya sudah saling bercampur (sebagai suami istri) dan mereka ( istri istri kalian) telah membuat perjanjian yang kokoh dngan kalian,” (QS. an-Nisaa’(4):20-21).

6. Melanggar Persyaratan Istri

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَوْفُوا بِالْعُقُودِ …

“Hai orang orang yang beriman, penuhilah janji janji kalian …” (QS. Al-Maaidah(5):1).

Dari Uqbah bin Amir RA, ia berkata, “Rasulullah bersabda, ‘Syarat yang palling berhak untuk kalian penuhi ialah syarat yang menjadikan kalian halal bersenggama dengan istri kalian’,” (HR. Bukhari no 2520, Muslim, Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad dan Darimi).

7. Mengabaikan Kebutuhan S*ksual Istri

Dari Anas, Nabi bersabda, ”Jika seseorang diantara kalian bers*nggama dengan istrinya, hendaklah ia melakukannya dengan penuh kesungguhan. Selanjutnya, bila ia telah menyelesaikan kebutuhannya (mendapat kep*asan) sebelum istrinya mendapatkan kep*asan, janganlah ia buru buru sampai istrinya menemukan kep*asan,” (HR.’Abdur Razzaq dan Abu Ya’la, Jami’ Kabir II/19/1233).

8. M*nyenggamai Istri Saat Haidh

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

“Mereka bertanya kepadamu tentang haidh, katakanlah:’ haidh itu adalah suatu kotoran.’ Oleh karena itu,hendaklah kalian menjauhkan dirindari wanita pada waktu haidh dan janganlah kalian mendekati mereka sebelum mereka bersuci. Apabila mereka telah suci,campurilah mereka ditempat yang diperintahkan Allah kepada kalian. Sesungguhnya Allah menyukai orang orang yang bertaubat dan menyukai orang orang yang menyucikan diri,” (QS Al-Baqarah(2):222).

9. M*nyenggamai Istri Lewat D*burnya

Dari Ibnu Abbas, ia berkata, ”’Umar (Ibnu Khaththa) datang kepada Rasulullah, ia bertanya, ’Ya Rasullullah, saya telah binasa.’ Beliau bertanya, ‘Apa yang menyebabkan kamu binasa?’ Ia menjawab, ‘Semalam saya telah membalik posisi istriku.’ Akan tetapi beliau tidak menjawab sedikitpun, lalu turun kepada Rosulullah saw ayat.’ Istri kalian adalah lading bagi kalian, maka datangilah ladang kalian di mana dan kapan saja kalian kehendaki.’ Selanjutnya beliau bersabda, ‘Datangilah dari depan atau belakang, tetapi jauhilah dubur dan ketika haidh’,” ( HR Tarmidzi no.2906).

10. Menyebarkan Rahasia H*bungan dengan Istri

H*bungan suami istri haruslah dilakukan di tempat yang tidak terlihat orang lain, bahkan suaranya pun tak boleh terdengar orang lain.

Suami istri wajib menjaga kehormatan masing masing apalagi di hadapan orang lain. Suami yang menyebarkan rahasia diri dan istrinya ketika bersenggama berarti telah melakukan perbuatan durhaka terhadap istri.

11. Menuduh Istri Berz*na

وَالَّذِينَ يَرْمُونَ أَزْوَاجَهُمْ وَلَمْ يَكُن لَّهُمْ شُهَدَاءُ إِلَّا أَنفُسُهُمْ فَشَهَادَةُ أَحَدِهِمْ أَرْبَعُ شَهَادَاتٍ بِاللَّهِ ۙ إِنَّهُ لَمِنَ الصَّادِقِينَ () وَالْخَامِسَةُ أَنَّ لَعْنَتَ اللَّهِ عَلَيْهِ إِن كَانَ مِنَ الْكَاذِبِينَ

“Dan orang orang yang menuduh istri mereka berzina,padahal mereka tidak mempunyai saksi saksi selain diri mereka sendiri, maka kesaksian satu orang dari meeka adalah bersumpah empat kalli dengan nama Allah bahwa sesungguhnya dia adalah termasuk orang orang yang benar(dalam tuduhannya). Dan kelima kalinya (ia mengucapkan) bahwa laknat Allah akan menimpa dirinya jika ternyata ia tergolong orang orang yang berdusta,” (QS. An-Nuur (24):6-7).

12. Memeras Istri

“Dan janganlah kalian menerukan ikatan pernikahan dengan mereka (istri-istri) guna menyusahkan mereka. Barang siapa berbuat demikian, maka sungguh dia telah menganiaya dirinya sendiri,” (QS. al-Baqarah(2):231).

13. Merusak Martabat Istri

Dari mu’awiyah Al-Qusrayiri, ia berkata, ”Saya pernah datang kepada Rosulullah.’ Ia berkata lagi, ’Saya lalu bertanya, ’Ya Rasulullah, apa saja yang engkau perintahkan (untuk kami perbuat) terhadap istri-istri kami?’ Beliau bersabda, ’Janganlah kalian memukul dan janganlah kalian menjelek-jelekan mereka’,” (HR Abu Dawud no 1832).

14. Mem*kul (Tanpa Peringatan Terlebih Dahulu)

15. Menyenangkan Hati Istri dengan Melanggar Agama

16. Mengajak Istri Berbuat D*sa

17. Memadu Istri dengan Saudari Atau Bibinya

18. Berat Sebelah dalam Menggilir Istri

19. Menceraikan Istri Solehah

20. Mengusir Istri dari rumah

======

Jarang Diketahui, Inilah 5 Manfaat Beeswax untuk Kesehatan

Tidak hanya digunakan sebagai bahan untuk produk rumah tangga, manfaat beeswax bagi kesehatan juga sangatlah beragam. Salah satunya adalah menjaga kesehatan kulit. Nah, untuk mengetahui lebih jauh seputar manfaat beeswax untuk kesehatan, simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Lebah madu akan menghasilkan lilin alami dari kelenjar liurnya ketika membangun sarang. Lilin alami dari lebah madu inilah yang dinamakan beeswax. Lilin lebah atau beeswax biasanya berwarna putih, kuning atau kecokelatan. Warna ini dihasilkan dari percampuran minyak serbuk sari dan lilin di sarang lebah.

Selain untuk membangun sarang lebah, beeswax juga digunakan sejak zaman dahulu untuk pembuatan berbagai produk, seperti lilin, sabun, hingga produk perawatan kulit dan kosmetik.

Berbagai Manfaat Beeswax

Beeswax cukup umum digunakan untuk menjaga kesehatan kulit dan mengatasi berbagai masalah pada kulit. Berikut ini adalah beberapa manfaat beeswax yang penting untuk Anda ketahui:

1. Melembapkan kulit dan bibir

Beeswax mengandung minyak dan mineral alami yang dapat melapisi dan melindungi kulit serta menjaganya agar tetap lembap. Beeswax juga diketahui memiliki sifat humektan yang berarti dapat menyerap air dari udara dan menariknya ke permukaan kulit, sehingga kulit tetap terhidrasi.

2. Meredakan peradangan dan menyembuhkan luka pada kulit

Selain mengandung minyak dan mineral alami, beeswax juga mengandung madu. Sejak dahulu, madu dan beeswax sudah cukup umum digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah pada kulit, misalnya peradangan atau luka di kulit, eksim, dan luka bakar ringan.

Sejauh ini, berbagai studi juga telah menunjukkan bahwa beeswax dan madu mengandung sifat antiradang serta antibakteri. Oleh karena itu, beeswax bisa digunakan untuk membantu proses pemulihan alami kulit saat terjadi luka.

3. Meredakan gejala ruam popok

Ruam popok atau diaper rash adalah peradangan pada kulit di bagian paha, bokong, dan sekitar kemaluan bayi akibat jarang mengganti popok. Karena masih sensitif, kulit bayi akan mudah iritasi apabila popoknya jarang diganti.

Untuk mencegah dan mengatasi ruam popok pada bayi, usahakan untuk rutin mengganti popoknya setiap kali ia pipis atau buang air besar. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk khusus perawatan kulit bayi untuk ruam popok, misalnya krim atau pelembap bayi yang mengandung beeswax.

4. Menyuburkan rambut

Tak hanya untuk kulit, beeswax juga baik untuk menjaga kesehatan dan kilau alami rambut serta membuatnya lebih subur.

Hal ini diduga berkat kandungan propolis dan madu di dalam beeswax yang dapat memberi nutrisi untuk merangsang pertumbuhan rambut. Meski demikian, manfaat beeswax yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

5. Memperbaiki kulit yang pecah-pecah

Kulit yang kering dan pecah-pecah (xerosis), misalnya pada tangan atau kaki, tentu bisa terasa nyeri dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba menggunakan pelembap khusus kaki pecah-pecah yang mengandung beeswax.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beeswax dapat mengurangi peradangan dan mencegah infeksi pada kulit sekaligus melembapkan kulit. Efek ini menjadikan beeswax baik digunakan untuk memperbaiki kulit yang pecah-pecah.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menggunakan Beeswax

Beeswax umumnya berbahan dasar minyak sehingga bisa menyumbat pori-pori kulit dan berisiko menimbulkan komedo serta jerawat.

Oleh karena itu, bila Anda menggunakan produk kosmetik atau perawatan kulit yang mengandung beeswax, terutama di bagian wajah, pastikan untuk membersihkan area tersebut hingga bersih sempurna setelah menggunakannya.

Sebagai contoh, jika Anda menggunakan pelembap wajah yang mengandung beeswax di malam hari sebelum tidur, jangan lupa untuk mencuci wajah keesokan paginya.

Selain itu, sebelum Anda hendak menggunakan beeswax di kulit, cobalah lakukan tes alergi secara mandiri terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengoleskan beeswax atau produk yang mengandung beeswax ke bagian pergelangan tangan, lalu perhatikan apakah terjadi reaksi alergi dalam waktu beberapa menit atau jam.

Jika Anda mengalami reaksi alergi setelah menggunakan beeswax, misalnya kulit gatal, bentol, atau muncul ruam, ini berarti produk tersebut tidak cocok untuk Anda gunakan.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat beeswax atau justru mengalami reaksi iritasi atau alergi setelah menggunakan produk yang mengandung beeswax, sebaiknya konsultasikan hal tersebut ke dokter.

Tags: #manfaat beeswax bagi kesehatan #perilaku durhaka suami kepada istri