Inilah 7 Alasan Kenapa Ibu yang Melahirkan C*esar adalah Perempuan Tangguh


Melahirkan adalah sebuah anugerah bagi seorang perempuan. Pada sosoknya, keturunan akan muncul di dunia dan dibesarkan sepenuh hati. Hal ini sudah selayaknya orang-orang pahami, ketimbang hanya memperdebatkan mana yang melahirkan soal normal atau caesar. Toh tujuannya adalah sama-masa melahirkan buah hati yang selamat. Karena itulah pula, ibu yang melahirkan secara caesar juga sama hebatnya dengan ibu yang bersalin normal. Mau tahu kenapa? Inilah beberapa alasan kenapa ibu yang melahirkan caesar adalah perempuan tangguh! (foto cover: ilustrasi, sumber)

  • Mereka memilih operasi yang mungkin saja ditakuti & mengancam nyawa, tapi justru menyelamatkan buah hati

Tak sedikit orang yang punya kengerian terhadap operasi. Apalagi, kebanyakan operasi melibatkan metode invasif (pembedahan). Membayangkan tubuh yang dibelah dan terbuka saja, rasanya bikin mual. Pun, keberhasilan operasi bisa dipengaruhi macam-macam faktor. Potensi gagal juga ada.

Tapi apa pun akan ibu lakukan demi sang anak hidup. Yang terpenting, bayi bisa keluar dengan lancar dan merasakan kelahirannya di dunia.

  • Konon, rasa sakit pasca caesar lebih lama ketimbang persalinan normal. Tapi apa pun itu, ia memilih bayinya lebih dahulu lahir dengan lancar

Ada yang mengatakan kalau operasi caesar itu prosesnya gampang, tapi rasa sakit dan pemulihannya lebih lama. Sedangkan itu, persalinan normal itu terasa sangat melelahkan di awal. Tapi setelahnya, pemulihan cenderung cepat. Hal ini pun diamini oleh sebagian ibu.

Tapi, apakah ibu peduli pada rasa sakit tak tertahankan itu? Sepertinya tidak. Di setiap tarikan napasnya, ia cuma mau bayi yang dirawatnya sembilan bulan di perut, tetap selamat dan bisa ia peluk penuh sayang.

  • Gak cuma sakit yang diderita saat & setelah operasi, melahirkan caesar juga punya risiko gangguan kesehatan yang cukup serius lho!

Gangguan yang dimaksud adalah venous thromboembolism (VTE). Ibu yang menjalani persalinan caesar memiliki potensi empat kali lipat lebih besar mengalami gangguan ini. Hal ini dipicu oleh pembekuan darah yang kurang normal.

  • Tidak masalah tubuhnya jadi tak mulus lantaran jahitan & terluka. Yang penting, kelahiran bayinya harus mulus

Kita tahu, perempuan senang merawat dirinya agar terlihat menarik. Salah satunya adalah merawat kulitnya tetap mulus dan sehat. Tapi dengan menjalani operasi caesar, kulit mulus menjadi mustahil. Apalah arti kulit mulus, toh memiliki bayi yang sehat dan tak terluka adalah segalanya?

  • Berbeda dengan kelahiran normal yang bisa didampingi suami, persalinan caesar menuntut sang ibu untuk kuat & menghadapi sakitnya sendiri

Banyaknya jasa fotografi persalinan belakangan ini, bikin kamu bisa melihat momen-momen suami menemani istrinya. Dukungan suami memang nyata untuk kelancaran kelahiran. Tapi, lain halnya dengan caesar. Di saat yang segenting dan seserius ini, suami tidak boleh masuk ke ruang operasi.

Ibu tidak bisa mendapatkan genggaman tangan suaminya, apalagi sampai mencakar-cakar. Semua yang ia lihat adalah lampu operasi, dokter, perawat, dan ruangan yang sama sekali asing baginya.

  • Di antara luka yang masih belum mengering dan terasa nyerinya, mereka berjuang keras agar sang buah hati mau menyusui

Luka-luka bekas sayatan belum kering dan terasa nyeri saat tubuh bergerak. Sementara itu, ibu harus mencari posisi stabilnya untuk menyusui. Rasa-rasanya, yang belum pernah melahirkan tidak bisa membayangkan betapa rumitnya kegiatan menyusui ini. Tapi, si ibu terus berikhtiar sampai menemukan rumus posisi menyusui yang tepat.

  • Di antara waktu yang sempit & terbatas, ia telah memutuskan hal terbaik demi keselamatan bayinya

Bagi mereka yang harus menjalani operasi caesar tanpa rencana, tentunya informasi dari dokter menggemparkannya. Bagaimana tidak? Tadinya mereka ingin melahirkan secara normal agar dapat merasakan alaminya bersalin. Namun karena satu dan dua hal yang tidak diinginkan, keputusan menerima operasi caesar pun dilakukan agar tangis bayi yang sehat dapat segera didengarkan. Jangan pikir itu tidak melalui pengorbanan, ya!

Setelah mengetahui alasan kenapa ibu yang melahirkan caesar adalah perempuan tangguh, besar sekali ya pengorbanannya? Untuk semua ibu yang ada di dunia, terimakasih ya karena telah berjuang dengan gigih demi anak-anakmu.

======

Bisa Bikin Umur Pendek, Tolong Jangan Minum Kopi 5 Cangkir Sehari Kalau Masih Sayang Nyawa, Bahayanya di Luar Dugaan!

Kafein dalam kopi memang memiliki kelebihan, tetapi juga dapat menimbulkan masalah.

Jika terbiasa mengandalkan kopi untuk tetap semangat beraktivitas, tenang karena kamu tidak sendirian.

Ada jutaan orang yang juga mengandalkan kafein setiap hari untuk tetap waspada dan meningkatkan konsentrasi.

Akan tetapi, yang jadi masalah adalah berapa banyak kafein yang bisa kita konsumsi?

Dilanisr Grid.ID dari Mayo Clinic, hingga 400 miligram (mg) kafein sehari tampaknya aman untuk kebanyakan orang dewasa yang sehat.

Itu kira-kira jumlah kafein dalam empat cangkir kopi yang diseduh, 10 kaleng cola atau dua minuman “energi”.

Perlu diingat bahwa sebenarnya kandungan kafein dalam minuman juga sangat bervariasi, terutama di antara minuman berenergi.

Kadar kafein yang begitu tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan kemungkinan kematian.

Meskipun penggunaan kafein mungkin aman untuk orang dewasa, tapi itu bukan ide yang baik untuk anak-anak.

Remaja dan dewasa muda juga perlu diperingatkan tentang asupan kafein yang berlebihan dan pencampuran kafein dengan alkohol atau obat-obatan lainnya.

Wanita hamil, wanita yang mencoba untuk hamil, dan mereka yang sedang menyusui harus berbicara dengan dokter tentang penggunaan kafein kurang dari 200 mg setiap hari.

Kafein mungkin bukan pilihan baik untuk orang yang sangat sensitif terhadap efeknya.

Bahaya konsumsi kafein lebih dari empat cangkir:

Kita mungkin perlu mengurangi jika terbiasa minum lebih dari empat cangkir kopi berkafein setiap hari, karena bisa berakibat:

  • Sakit kepala
  • Insomnia
  • Gugup
  • Sifat lekas marah
  • Sering buang air kecil atau ketidakmampuan untuk mengontrol buang air kecil
  • Detak jantung cepat
  • Tremor otot

Beberapa orang lebih sensitif terhadap kafein daripada yang lain.

Tubuh bisa rentan terhadap efek kafein, bahkan jumlah kecil dapat menyebabkan efek yang tidak diinginkan, seperti kegelisahan dan masalah tidur.

Bagaimana tubuh bereaksi terhadap kafein dapat ditentukan oleh seberapa banyak kafein yang biasa diminum.

Orang yang tidak rutin minum kafein cenderung lebih sensitif terhadap efeknya.

Kemudian, minum kafein, bahkan di sore hari juga dapat mengganggu tidur.

Efeknya, sedikit kurang tidur dapat mengganggu kewaspadaan dan kinerja di siang hari.

Menggunakan kafein untuk melawan kurang tidur juga dapat menciptakan siklus yang tidak diinginkan.

Misalnya, kita mungkin minum minuman berkafein karena kesulitan untuk tetap terjaga di siang hari.

Tetapi kafein membuat tubuh tidak tertidur di malam hari hingga memperpendek durasi waktu tidur.

Jika kamu seperti kebanyakan orang dewasa yang mengandalkan kafein jadi rutinitas harian, biasanya itu tidak akan menimbulkan masalah kesehatan.

Tetapi tolong perhatikan kemungkinan efek samping kafein dan mulailah untuk menguranginya jika perlu.

======

Dijamin Berat Badan Turun dalam 5 Hari, Diet Pepaya yang Dinilai Ampuh Ini Patut Dicoba

Memiliki tubuh langsing umumnya menjadi dambaan setiap orang, terlebih kaum hawa.

Berbagai metode diet pun kini banyak tersebar dan memiliki cara berbeda-beda untuk menjalaninya.

Satu diet yang dipercaya efektif menurunkan berat badan yaitu diet pepaya.

Dikutip Grid.ID dari Cewekbanget.id, konon kalau kita menerapkan diet pepaya selama lima hari atau seminggu, maka berat badan kita bisa turun secara lebih efektif.

Pepaya termasuk dalam golongan makanan diet sehat yang bisa membantu turunkan berat badan bahkan hanya dalam 5 hari saja.

Selain membutuhkan pepaya, dalam diet ini juga memerlukan minyak zaitun, air, dan lemon sebagai bahan makanan.

Hari 1 – 2

Diet pepaya ini diawali dengan program selama 2 hari.

Dalam dua hari itu, kita harus mengonsumsi pepaya aja sepanjang hari.

Jika masih merasa lapar, kita hanya boleh makan pepaya lebih banyak lagi, tanpa makanan apapun.

Pepaya diketahui memiliki manfaat besar pada tubuh karena membantu menurunkan berat badan dengan cepat, membersihkan kotoran, menghilangkan parasit dan membuat jaringan lebih kuat berkat kandungan beta karoten yang tinggi.

Jika mengalami diare, sembelit atau sakit kepala saat menjalani diet ini, tak perlu khawatir.

Hal tersebut normal karena terjadi proses pengeluaran limbah yang menumpuk, racun, dan lainnya dalam tubuh.

Hari 3, 4 dan 5

Dalam 3 hari berikutnya, tak hanya pepaya yang dikonsumsi namun juga minyak zaitun dan lemon.

Setelah 30 menit menyantap pepaya, minyak zaitun dan lemon, kita bisa memakan yoghurt dengan biji-bijian utuh.

Di hari ke 3,4,5 kita harus terus makan pepaya dan atau sayuran mentah.

Sementara itu, dikutip Grid.ID dari Gridhealth.id, terdapat dua pantangan makanan selama menjalani diet pepaya ini.

Untuk menurunkan berat badan dalam 5 hari dengan diet ini harus menghindari makanan yang dihidangkan dengan tepung atau gula.

Hal itu karena diet harus didasarkan pada produk susu, sayuran, dan biji-bijian ke pepaya dapat menghapus semua yang terakumulasi dalam tubuh.

Meskipun diet pepaya ini bisa menurunkan berat badan secara singkat, namun cara yang aman untuk menurunkan berat badan adalah melakukannya perlahan, makan sehat dan olahraga secara teratur.

Oleh sebab itu, baiknya sebelum menjalankan diet sehat dengan mengonsumsi pepaya ini, lakukan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Tags: #alasan ibu melahirkan cesar adalah perempuan tangguh #berat badan turun dengan diet pepaya #minum kopi bisa bikin umur pendek