Inilah Jenis Kelapa yang Ajaib, Segera Minum Jika Menemukannya

403 views


Jika Anda berada dalam cuaca yang panas dan ingin sesuatu yang segar untuk melepas dahaga, mungkin buah sehat yang satu ini bisa dijadikan santapan utama. Ya, buah melon! Buah melon termasuk dalam famili labu-labuan atau cucurbitaceae. Buah ini berasal dari Timur Tengah dan secara bertahap mengalami penyebaran hingga ke benua Eropa.

Bahkan menurut beberapa sumber, catatan tentang buah melon sudah ada sejak jaman Mesir Kuno, yang dibuktikan dengan beberapa tulisan pada piramida. Sekitar tahun 70’an, buah melon mulai masuk ke pasar Indonesia. Namun pada saat itu, buah ini digolongkan sebagai ‘buahnya orang kaya’ karena harganya yang sangat mahal. Kini seiring perkembangan jaman, buah melon sudah dibudidayakan secara luas di Indonesia, sehingga bisa didapatkan dengan harga terjangkau dan bisa dinikmati semua kalangan.

Kandungan Nutrisi Buah Melon

Selain memiliki rasa yang segar, buah melon juga mengandung segudang nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Dalam 100 gram daging buah melon terdapat zat gizi penting seperti, karbohidrat 14,8 gr, protein 1,55 gr, lemak 0,5 gr, potassium 546,9 mg, vitamin A 5.706,5 IU (mencukupi 64 persen kebutuhan vitmain A harian), dan vitamin C 74,7 mg (mencukupi 12 persen kebutuhan vitamin C harian).

Manfaat Kesehatan Buah Melon

Dengan kandungan nilai gizi yang cukup lengkap, maka tidak heran jika buah melon menjadi salah satu buah pilihan yang digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit, seperti:

Anti Kanker
Seperti halnya kemampuan buah-buahan segar yang lain, buah melon juga memiliki kemampuan untuk menangkal serangan kanker karena kandungan karotenoid. Karotenoid merupakan pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker payudara.

Cegah Serangan Jantung
Selain efektif mencegah serangan kanker, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Adenosine bekerja dengan cara melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga memperkecil risiko serangan jantung dan stroke.

Awet Muda
Anda pasti pernah mendengar istilah kolagen. Sebuah zat yang sering digunakan untuk mengurangi efek penuaan pada beberapa wanita di dunia agar terlihat awet muda. Nah, zat kolagen ternyata juga terdapat pada buah melon. Selain mencegah penuaan, kolagen juga berguna untuk mempercepat penyembuhan luka.

Menu Diet yang Menyegarkan
Lebih dari 90 persen kandungan buah melon adalah air yang bisa memberikan efek menyegarkan dan mencegah panas dalam. Buah ini sangat rendah kalori, bebas lemak dan kolesterol, sehingga cocok dikonsumsi saat Anda sedang berdiet.

Cegah Impotensi
Nah, bagi Anda yang bermasalah dengan kehidupan seks, sebaiknya Anda segera mengonsumsi buah segar yang satu ini. Menurut beberapa penelitian di Inggris, buah melon mengandung asam amino yang disebut dengan citrulline yang dapat memproduksi arginine. Arginine berguna dalam meningkatkan aliran darah, terutama aliran darah yang menuju organ seksual. Arginine bekerja sebagai stimulator yang memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah menuju organ seksual menjadi lancar dan terhindar dari disfungsi ereksi (impotensi).

Sehatkan Mata
Buah melon juga diperkaya dengan beta-karoten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan tubuh untuk memperbaiki fungsi mata, terutama dalam ruangaan dengan pencahayaan minim.

Nah, mulai sekarang jangan segan-segan untuk memasukkan buah melon ke dalam menu harian Anda.

Manfaat Buah dan Daun Jambu Biji untuk Kecantikan, Ampuh Atasi Komedo Sampai Wajah Glowing

Kabar gembira bagi moms yang gemar mengonsumsi jambu biji. Kandungan dalam buah tersebut nyatanya buat Moms awet muda. Apalagi ditambah dengan menjadikan daunnya sebagai masker alami. Dijamin jerawat dan komedo hilang. Yang ada hanya kulit kenyal, cerah serta kelembapannya terjaga.

Moms, Apakah Anda salah satu orang yang suka mengkonsumsi jambu biji? Jika iya, tetap lanjutkan ya. Buah yang banyak tumbuh di negara tropis ini mengandung vitamin A, C, dan mineral, seperti tembaga, mangan dan magnesium. Banyak mengkonsumsi jambu biji tak hanya baik untuk kesehatan tubuh tapi juga untuk kecantikan. Jambu biji dipercaya dapat membuat kulit lebih lembut dan bercahaya. Lantara kandungan anti-oksidan, karoten dan vitamin C nya yang cukup tinggi. Lebih tinggi dari pada buah jeruk. Selain buahnya daun jambu biji yang dikenal sebagai bahan pengobatan tradisional juga bisa menjadi bahan perawatan kulit yang wajib dicoba. Berikut ragam manfaat jambu biji dan daunnya untuk kecantikan.

1. Anti Aging
Kaya akan kandungan vitamin A, B, C dan potasium. Buah Jambu biji berkhasiat sebagai anti aging. Potasium sebagai anti oksidan yang baik untuk pendetoks tubuh. Kandungan tersebut juga dapat melawan radikal bebas. Sehingga bagi yang gemar mengkonsumsi jambu biji dapat terhindar dari tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus. Kandungan antioksidan juga banyak terkandung pada daun jambu biji. Untuk itu tak ada salahnya moms menjadikan daun ini sebagai salah satu bahan alami untuk perawatan kulit.

Caranya cukup mudah, yakni dengan menumbuk daun dan campurkan dengan yougurt. Setelah itu bisa diaplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air dingin. Keringkan dan tambahkan pelembab kulit untuk hasil lebih maksimal. Cara lainnya adalah dengan membasuh kulit dengan air rebusan jambu biji yang sudah tua. Moms bisa mengaplikasikan rebusan tersebut dalam keadaan dingin atau hangat. Setelah itu bisa dibilas kembali dengan air bersih.

2. Sebagai Toner Alami Untuk Atasi Jerawat dan Bintik Hitam
Jambu biji juga bisa digunakan sebagai toner alami lho, moms. Sstringen yang dikenal untuk menjaga lapisan kulit bebas dari noda dan jerawat. Buah ini juga dapat membantu mengencangkan otot-otot kulit, sehingga meningkatkan tekstur kulit dan mengembalikan elastisitas kulit yang hilang. Jika moms bukan orang yang gemar mengkonsumsi jambu biji, bisa beralih pada daunnya. Sebagai antiseptik dan anti inflamasi membuat daun jambu biji ampuh membunuh bakteri. Sehingga dapat membuat kulit selalu bersih setiap hari. Moms pun cukup menumbuk daun tersebut dan mengaplikasikan pada area wajah yang berjerawat.

3. Ampuh Atasi Komedo dan Gatal
Menghilangkan komedo secara paksa dengan menekan hidung menjadi kegiatan menyebalkan. Eits, sekarang tidak lagi. Karena untuk menghilangkan permasalahan kulit tersebut moms bisa menggunakan daun jambu biji. Moms juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Cukup dengan merebus beberapa helai daun jambu biji dan bubuk kunyit. Lalu secara perlahan aplikasikan pada area yang terdapat komedo. Gosok-gosok dengan ujung jari dan bilas dengan air bersih. Sedangkan untuk mengatasi kulit gatal, moms cukup menumbuk daun jambu biji dan mengaplikasikan pada area gatal. Kemudian bilas dengan air bersih.

4. Melembabkan Dan Mencerahkan Kulit
Kandungan air menjadi hal yang paling utama dalam sel-sel kulit kita. Sehingga jika tubuh kurang cairan akan berdampak buruk bagi kulit. Kulit bisa kering, bersisik dan lapisan kulit ini akan meningkatkan kerutan. Jambu biji kaya akan kandungan mineral agar tubuh terjaga dari dehidrasi. Dengan begitu kelembapan kulit tetap terjaga. Sel kulit yang terhidrasi diperlukan untuk perkembangan sel kulit baru.

Sementara itu untuk mencerahkan kulit Moms bisa menggunakan masker daun jambu biji. Moms bisa mencampurkan tumbukan daun jambu biji dengan sedikit bubuk kunyit dan air mawar. Setelah tercampur rata, masker siap untuk dioleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin seminggu sekali ya moms.

Tags: #jenis kelapa ajaib #kandungan kelapa yang bisa mengobati #manfaat buat dan daun jambu biji #segera minum bila menemukannya