Inilah Pengorbanan Istri yang Sering Tidak Dihargai Suami. Nomor 2 Paling Sering


Terkadang suatu hal yang sangat sulit dan membutuhkan banyak pengorbanan bagi istri, ternyata di mata suami hal yang biasa saja.

Bahkan dianggap memang sudah seharusnya, sehingga tidak ada penghargaan layak untuk istri.

Suami perlu menyadari beberapa pengorbanan berikut ini agar bisa lebih mencintai dan menyayangi istri, serta memahami mengapa sering kali istri begitu sensitif, banyak tuntutan, dan gampang ngambek.

Inilah beberapa pengorbanan istri yang sering tidak dihargai suami:

1. Seharian di Rumah Saja

Bagi orang yang senang di rumah saja, mungkin tak merasa terlalu berat. Akan tetapi ada beberapa tipe wanita yang sebenarnya tidak betahan di rumah.

Lebih suka main dan bersilaturahim, traveling ke sana ke mari.

Lalu ketika menikah dan memiliki anak, seorang wanita harus berkonsentrasi dengan tanggungjawabnya di rumah. Tidakkah suami menyadari bahwa hal ini memerlukan pengorbanan luar biasa?

Ada yang mengacuhkan gelar sarjananya untuk mengabdi pada suami dan anak, tidak sedikit yang mendapat hinaan dari keluarga dekat: “Sudah disekolahin tinggi malah kerja di rumah doang”

Tapi yang menyesakkan adalah, istri tidak mendapatkan apresiasi selayaknya dari suami.

Wahai suami, bersyukurlah jika istri bersedia menantimu di rumah. Mungkin ia sering menangis tanpa diketahui.

Mungkin ia sering memendam rasa tidak tahannya sendirian. Namun jika mendapat ucapan terimakasih dan pengertian dari suami, itu sudah sangat melegakan.

2. Bentuk Badan Berubah

Pengorbanan lainnya adalah perubahan bentuk badan yang signifikan sehabis melahirkan.

Ada beberapa wanita yang tidak bisa mengembalikan bentuk badannya seperti semula karena faktor hormonal.

Bagi seorang pria, menjadi gemuk adalah suatu hal yang biasa saja. Namun bagi wanita, bisa jadi mengurangi rasa percaya dirinya.

Apalagi jika suami ikutan meledek perutnya yang maju, badannya yang bertambah besar, tentu pengorbanan seorang istri terasa menyakitkan.

Terutama ketika suami mencari wanita lain dengan alasan istri sudah tidak menarik seperti sebelumnya.

Suami sering kali menganggap perubahan bentuk badan istri adalah kesalahan istri yang tak pandai menjaga berat badan.

Sudah pernahkah berterimakasih pada istri karena ia bersedia badannya berubah untuk melahirkan sang buah hati?

3. Menyusui Anak

Pekerjaan menyusui bukanlah hal yang mudah, dan seorang ibu melakukannya selama kurang lebih 2 tahun tanpa mengeluh.

Saat menyusui, badan akan terasa pegal, lelah, mungkin juga bosan menunggu sang buah hati sampai merasa kenyang dan terlelap.

Wahai suami, betapa banyak wanita yang menolak menyusui anaknya sendiri, sudahkah Anda bersyukur dan berterimakasih pada istri yang bersedia menyusui buah hati Anda?

Apakah Anda berpikir menyusui bayi begitu mudah dan tidak perlu Anda apresiasi?

Maka cobalah sendiri memberi minum sambil menggendong bayi berjam-jam, lakukan itu sehari lebih dari 10 jam dan terus lakukan hingga 2 tahun!

Sungguh, menyusui anak merupakan pengorbanan seorang istri dan ibu yang luar biasa.

Baru 3 hal saja pengorbanan seorang istri yang disampaikan pada tulisan ini, semoga telah bisa menyampaikan kebenaran yang perlu diketahui para suami.

Semoga suami dan istri yang saling bersyukur akan Allah tambahkan nikmat dalam rumah tangga dan juga cinta di antara pasutri.

======

Inilah 6 Manfaat Minuman Herbal untuk Kesehatan

Manfaat minuman herbal untuk kesehatan tubuh telah dipercaya sejak lama. Minuman yang terbuat dari seduhan rempah dan tanaman herba ini juga kerap digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Selain itu, masih banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi minuman herbal.

Indonesia dikenal kaya akan rempah dan tanaman obatnya. Bahan-bahan tersebut sering kali diolah menjadi minuman herbal yang kaya akan manfaat dan baik untuk kesehatan tubuh.

Bahan-Bahan Minuman Herbal dan Cara Membuatnya

Minuman herbal sering disebut juga minuman sehat karena bahan-bahan yang digunakan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa jenis rempah atau tanaman herba yang umum digunakan dalam pembuatan minuman herbal:

  • Rimpang, seperti jahe, kunyit, kencur, dan temulawak
  • Daun, seperti daun sirih dan lidah buaya
  • Batang, seperti sereh
  • Kulit kayu, seperti kayu manis
  • Bunga, seperti bunga krisan (chrysanthemum)
  • Madu

Cara membuat minuman herbal pun cukup mudah. Anda dapat menyeduh salah satu atau mencampur beberapa bahan di atas.

Misalnya, bila ingin membuat minuman herbal yang berkhasiat untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh, Anda dapat menyiapkan 2 ruas jahe merah, 1 buah jeruk nipis, 3 batang kayu manis, gula merah, dan 3 cangkir air.

Berikut ini adalah cara pembuatannya:

  • Cuci bersih semua bahan.
  • Tumbuk jahe merah hingga pipih.
  • Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan semua bahan dan rebus selama 15 menit.
  • Setelah hasil rebusan agak dingin, angkat bahan-bahannya dan saring air rebusan untuk diminum. Anda dapat menikmati minuman herbal ini 1½ cangkir per harinya.

Selain ramuan jahe merah, beras kencur juga diketahui dapat memperkuat imunitas tubuh. Anda cukup menyiapkan 50 gram kencur, 100 gram beras, 3 lembar daun pandan, gula aren, dan air.

Berikut ini adalah cara pembuatannya:

  • Sangrai beras hingga kekuningan, lalu haluskan.
  • Haluskan kencur dan gula, lalu masukkan bersama beras yang telah dihaluskan tadi ke dalam air. Tambahkan daun pandan, kemudian rebus hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, dinginkan, lalu saring. Anda dapat mengonsumsi beras kencur ini sebanyak 2 kali sehari.

Manfaat Minuman Herbal untuk Kesehatan

Berkat bahan-bahan yang digunakan, minuman herbal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Minuman herbal yang mengandung jahe atau temulawak dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini karena sifat antiinflamasi dan minyak esensial yang terkandung di dalamnya dapat melawan bakteri dan meredakan peradangan di dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Minuman herbal yang mengandung lidah buaya, jahe, atau daun sirih berkhasiat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya dapat meredakan gejala radang usus, seperti kram perut dan diare berdarah, sedangkan daun sirih dapat mengatasi gangguan pencernaan.

3. Mencegah diabetes

Ada beberapa bahan dalam minuman herbal yang diketahui bermanfaat untuk mencegah diabetes, seperti kayu manis, bunga krisan (chrysanthemum), kunyit, kencur, dan jahe.

Selain itu, bahan-bahan herba ini juga dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita kencing manis.

4. Meredakan keluhan datang bulan

Bagi sebagian wanita, premenstrual syndrome (PMS) atau sindrom pramenstruasi terasa cukup mengganggu, bahkan bisa sampai memengaruhi aktivitas sehari-hari. Minuman herbal yang mengandung kunyit diketahui dapat meredakan nyeri dan gangguan mood yang disebabkan PMS.

5. Mencegah kanker

Radikal bebas berlebih di dalam tubuh dapat menyebabkan kanker. Nah, bahan-bahan yang terkandung dalam minuman herbal, seperti kunyit, kencur, temulawak, dan jahe, umumnya kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

6. Meredakan batuk

Tambahan madu dalam minuman herbal dapat meredakan batuk. Anda juga dapat membuat minuman herbal dari daun sirih untuk mengatasi batuk dan pilek.

Masih ada banyak manfaat minuman herbal lainnya, termasuk menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan hati, dan mencegah penyakit kronis. Hal ini karena minuman herbal yang mengandung rempah-rempah dan tanaman herba mengandung banyak zat antioksidan, terutama flavonoid dan polifenol.

Namun, dalam membuat minuman herbal, Anda perlu memperhatikan jenis dan komposisi bahan yang digunakan, serta takarannya. Pengolahan dan penyajiannya juga harus dilakukan dengan benar agar manfaat minuman herbal bisa maksimal.

Selain itu, minuman herbal yang Anda buat sebaiknya langsung dihabiskan dan jangan disimpan terlalu lama.

Jika tidak yakin atau tidak memiliki waktu untuk membuat minuman herbal sendiri, Anda dapat membeli minuman herbal kemasan atau jamu modern yang dijual di pasaran. Namun, pastikan untuk membeli produk yang sudah terdaftar di BPOM agar keamanannya terjamin.

Pilihlah produk yang terbuat dari bahan-bahan alami, tanpa bahan pengawet, tanpa endapan, serta diproses secara higienis agar mutu, keamanan, dan manfaatnya terjaga.

Meski ada banyak manfaat minuman herbal bagi kesehatan, perlu diingat bahwa minuman ini tidak bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi penyakit. Konsultasikanlah dulu ke dokter sebelum mengonsumsi minuman herbal jika Anda sedang menggunakan obat-obatan dari dokter, memiliki kondisi medis tertentu, sedang hamil, atau sedang menyusui.

======

Intip Beragam Manfaat Berhenti Merokok bagi Kesehatan

Berhenti merokok bisa menjadi tantangan yang sangat sulit, apalagi bagi perokok berat. Kendati tidak mudah, berhenti merokok tetap perlu dilakukan. Hal ini karena ada banyak manfaat berhenti merokok bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan setelah terbebas dari kebiasaan buruk ini.

Merokok bisa membahayakan kesehatan tubuh. Pasalnya, dalam satu batang rokok tembakau setidaknya terkandung lebih dari 7000 bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan beragam jenis penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan kanker.

Ini yang Terjadi pada Tubuh ketika Berhenti Merokok
Hingga saat ini, berbagai studi telah membuktikan bahwa merokok, baik rokok elektrik atau rokok tembakau, memiliki dampak yang jauh lebih buruk bagi kesehatan jika dibandingkan manfaatnya.

Karena lebih banyak hal negatif yang bisa didapatkan, para perokok sangat dianjurkan untuk berhenti merokok tembakau atau rokok jenis apa pun agar kesehatan tubuh terjaga dengan baik.

Berhenti merokok memang membutuhkan kesabaran dan konsistensi dalam melakukannya. Apalagi bila kamu sudah sangat ketagihan pada rokok. Berikut adalah beberapa perubahan yang bisa kamu dapatkan dari berhenti merokok:

  • 8−12 jam setelah berhenti merokok
    Detak jantung akan lebih teratur, tekanan darah bisa kembali stabil dan lebih terkontrol, kadar karbon monoksida dalam darah menurun dan oksigen dalam darah mulai meningkat.
  • 24 jam setelah berhenti merokok
    Kadar nikotin dalam darah akan menurun drastis. Nikotin merupakan zat yang dapat menimbulkan efek candu pada rokok tembakau.
  • 48 jam setelah berhenti merokok
    Kemampuan untuk mencium aroma dan mengecap akan meningkat. Ini karena saraf-saraf indera perasa dan penciuman yang fungsinya terganggu karena rokok akan kembali pulih dan dapat berfungsi dengan baik.
  • 2 minggu hingga 3 bulan setelah berhenti merokok
    Organ-organ di dalam tubuh akan berangsur pulih dan risiko kamu untuk terkena penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke, akan menurun.
  • 1−9 bulan setelah berhenti merokok
    Batuk, sesak napas, dan hidung tersumbat yang disebabkan oleh rokok akan mulai berkurang. Kamu pun akan lebih energik dibandingkan sebelum berhenti merokok.
  • 1−5 tahun setelah berhenti merokok
    Risiko kamu untuk terkena penyakit, misalnya serangan jantung dan stroke akan berkurang sebanyak sekitar 50 persen, jika dibandingkan saat kamu aktif sebagai perokok.
  • 10 tahun setelah berhenti merokok
    Risiko untuk mengalami kanker paru-paru akan berkurang. Risiko ini dianggap sama dengan seseorang yang tidak pernah merokok sebelumnya. Risiko terkena penyakit kanker lainnya pun akan semakin menurun.
  • 15 tahun setelah berhenti merokok
    Risiko kamu untuk terkena penyakit jantung sama rendahnya dengan orang yang tidak pernah merokok. Selain itu, kamu juga akan memiliki kadar kolesterol dan tekanan darah yang lebih stabil. Risiko terjadinya penggumpalan darah atau darah kental juga menurun drastis.
  • 20 tahun setelah berhenti merokok
    Risiko kamu untuk mengalami kanker mulut, kanker pankreas, kanker tenggorokan, dan kanker pita suara sama rendahnya dengan orang yang tidak pernah merokok. Bahkan pada wanita, 20 tahun setelah berhenti merokok bisa menurunkan risiko terjadinya kanker serviks.

Manfaat Berhenti Merokok bagi Kesehatan

Selain perubahan di atas, setelah memutuskan untuk tidak merokok lagi, ada beberapa manfaat berhenti merokok bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan, antara lain:

1. Menghilangkan kecanduan

Kandungan nikotin pada rokok bisa menyebabkan kamu kecanduan dan menjadi ingin terus merokok, Nah, salah satu manfaat berhenti merokok adalah menghilangkan rasa kecanduan tersebut.

Setelah berhenti merokok, reseptor nikotin yang ada pada otakmu akan kembali normal, sehingga kamu pun mulai berangsur tidak kecanduan pada rokok lagi.

Meski demikian, tidak semua perokok bisa berhenti merokok dan mengatasi kecanduan nikotin dengan mudah. Ini dikarenakan orang yang berhenti merokok bisa mengalami gejala nicotine withdrawal, seperti sakit kepala, perubahan mood, gelisah, susah tidur, batuk-batuk, lemas, sembelit, dan peningkatan berat badan.

Apabila kamu sulit berhenti merokok karena mengalami gejala tersebut, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

2. Memperkuat sistem imun

Kamu perlu tahu bahwa merokok bisa merusak sistem kekebalan tubuhmu. Alhasil, pertahanan tubuh pun jadi lebih lemah melawan berbagai macam kuman dan virus penyebab penyakit, sehingga kamu bisa mudah jatuh sakit.

Agar daya tahan tubuhmu tetap kuat, kamu perlu menjalani gaya hidup sehat yang salah satunya adalah dengan menjauhi tembakau.

3. Melancarkan sirkulasi darah

Rokok tembakau atau rokok yang mengandung produk berbahan tembakau, termasuk vape dan shisha, mengandung beragam zat yang berbahaya bagi kesehatan.

Paparan zat berbahaya dari tembakau, seperti tar, methanol, benzene, formaldehida, dan aseton, terbukti dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan dan sumbatan pembuluh darah (aterosklerosis), gangguan irama jantung, peningkatan tekanan darah, dan pengentalan darah.

Hal tersebut kemudian bisa membuat aliran darah kurang lancar dan memicu terjadinya penyakit kardiovaskular.

Oleh karena itu, untuk melancarkan aliran darah dan mencegah terjadinya penyakit berbahaya akibat tembakau, kamu dianjurkan untuk berhenti merokok dan menjauhi produk tembakau.

4. Menurunkan risiko terjadinya kanker

Kebiasaan merokok atau menggunakan produk tembakau diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya beragam jenis kanker, meliputi kanker paru-paru, kanker esofagus atau kerongkongan, kanker mulut, dan kanker pankreas.

Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit tersebut, kamu dianjurkan untuk berhenti merokok dan menjauhi asap rokok serta produk tembakau.

5. Meningkatkan kesuburan dan mengembalikan gairah s*ks

Merokok dapat mengganggu tingkat kesuburan pria dan wanita. Kandungan zat-zat beracun pada rokok tembakau bisa meningkatkan risiko terjadinya disfungsi er*ksi pada kaum Adam, serta menurunkan gairah s*ksual pada kaum Hawa.

Berhenti merokok dapat mengembalikan gairah s*ks, juga mengentalkan sperma, serta meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita, sehingga peluang kehamilan pun menjadi lebih tinggi.

6. Kesehatan gigi dan mulut terjaga

Rokok dan produk tembakau bisa menyebabkan gigi kuning dan aroma mulut menjadi tidak sedap. Selain itu, rokok bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi mulut, radang gusi, dan kanker di mulut atau lidah.

Untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut dan menjaga gigi dan mulut tetap bersih, kamu perlu rajin menggosok gigi dan berhenti merokok.

Berhenti merokok jelas akan membuat hidupmu jadi lebih sehat dan bugar. Hal tersebut juga termasuk salah satu bagian dari pola hidup sehat.

Walau bukan perkara yang gampang untuk dilakukan, kamu perlu tetap semangat dan ingat dengan berbagai manfaat berhenti merokok yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatanmu. Selain itu, hidup tanpa menghirup asap rokok tembakau juga bisa memperpanjang usiamu, lho.

Jika kamu merasa kesulitan untuk berhenti merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya, janganlah ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Tags: #manfaat berhenti merokok bagi kesehatan #manfaat minuman herbal untuk kesehatan #pengorbanan istri yang tidak di hargai suami