Irfan Hakim Sampai Jatuh Dengar Penghasilan Remaja Ini, Ternak Lele Rp1,2 Miliar Disedekahkan Semua, Masya Alloh … !!!


Raja, remaja yang kerap menyambut orang-orang datang ke masjid di Subang, Jawa Barat berhasil membuat Irfan Hakim melongo. Soalnya, ia sempat bersedekah dalam jumlah fantastis.

Saat usianya masih 10 tahun, Raja sudah terjun ke dunia bisnis milik keluarga. Ia memiliki ternak lele. Raja pernah mendapat penghasilan hingga Rp1,2 miliar. Semua penghasilannya ia sedekahkan.

Hal tersebut diketahui dalam video di saluran YouTube deHakims Story dengan judul ‘Suka Beresin Sendal dan Bersih-bersih di Masjid, Ternyata Ini Sultan!’ yang tayang 5 Oktober 2021.

Budidaya Lele Belanda

Awalnya, Mat Peci mengungkap bahwa Raja memiliki bisnis lele bersama keluarganya. Lele berukuran sangat besar itu diekspor ke Belanda.

“Raja punya ternak lele Belanda, budidaya di sini terus ekspor keluar dikirim ke Belanda,” kata Raja.

“(Bisnis dari) Umur 10 tahun? Omsetnya berapa?,” tanya Irfan penasaran.

Omset Rp1,2 Miliar

Raja sebenarnya tak bicara soal omset, namun Mat Peci membeberkannya. Kata Mat Peci, ia pernah berbincang dengan Raja dan keluarga membahas bisnis tersebut.

“(Omset) 1,2 miliar (rupiah). Dia malu mau ngomongnya,” kata Mat Peci.

“Umur 10 tahun punya 1,2 M?,” tanya Irfan.

Disedekahkan

Yang tak kalah mengejutkan lagi, semua penghasilan dari bisnis lele itu disedekahkan oleh Raja. Mendengar hal tersebut, Irfan terkejut sampai jatuh ke lantai.

“Ada yang bikin kaget lagi. 1,2 M (rupiah) itu disedekahkan,” kata Mat Peci.

“Ya Allah,” kata Irfan dan terjatuh ke lantai membuat Raja tersenyum.

======

Lebih Sehat dari Gula, Inilah 5 Manfaat Sirup Maple untuk Kesehatan

Sirup maple merupakan pemanis alami yang biasa digunakan sebagai siraman pancake. Manfaat sirup maple untuk kesehatan juga beragam, tetapi batasi konsumsinya karena dalam sirup ini terkandung gula yang tinggi.

Sirup maple terbuat dari getah pohon maple yang direbus hingga mengental menjadi sirup. Sirup maple diklaim lebih sehat dan bergizi dibandingkan gula karena mengandung nutrisi penting, seperti kalsium, kalium, mangan, zinc, dan zat besi.

Manfaat Sirup Maple

Manfaat sirup maple untuk kesehatan dapat diperoleh berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat sirup maple untuk kesehatan:

1. Menangkal radikal bebas

Studi menunjukkan bahwa sirup maple mengandung 24 jenis zat antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa penting yang bermanfaat dalam melawan radikal bebas dan mengurangi kerusakan oksidatif yang memicu terjadinya beragam penyakit.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat sirup maple selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini dapat diperoleh karena sirup maple memiliki kemampuan untuk melawan bakteri berbahaya bahkan dalam jumlah yang banyak.

Selain itu, sirup maple juga mengandung zinc yang diketahui berperan cukup penting dalam sistem imun tubuh. Kekurangan zinc dikaitkan dengan risiko peradangan, alergi, dan penurunan jumlah sel imun.

3. Meningkatkan kesehatan otak

Konsumsi sirup maple secukupnya juga diyakini dapat membantu menjaga kesehatan otak. Dugaan ini berasal dari penemuan bahwa senyawa antioksidan dalam sirup maple mampu mencegah penggumpalan protein tertentu di otak yang berkaitan dengan penyakit Alzheimer.

Selain itu, kadar mangan dalam sirup maple juga tinggi. Manfaat mangan untuk kesehatan ada beragam. Salah satunya adalah mendukung sistem saraf dan fungsi otak yang sehat.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Dalam penelitian yang dilakukan pada hewan, sirup maple terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu, sirup maple juga berpotensi mencegah peradangan hati. Namun, tentunya masih diperlukan penelitian dan uji klinis lebih lanjut mengenai manfaat sirup maple yang satu ini.

5. Mendukung kesehatan tulang

Kandungan mangan dalam sirup maple juga dapat mendukung perkembangan dan pemeliharaan tulang yang sehat. Selain itu, mineral ini juga bermanfaat dalam mengurangi peradangan, mengatur kadar gula darah, dan menjaga metabolisme nutrisi.

Meski manfaat sirup maple beragam, perlu diingat bahwa sirup ini mengandung sangat banyak gula, sehingga konsumsinya harus dibatasi. Jika tidak, Anda akan berisiko mengalami masalah kesehatan, seperti gigi berlubang, obesitas, dan diabetes.

Jika Anda ingin memasukkan sirup maple sebagai pemanis di dalam makanan atau minuman, pilihlah sirup maple murni yang tidak mengandung tambahan gula. Untuk mengetahui batasan konsumsi sirup maple, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter, karena setiap orang memiliki batasan yang berbeda-beda.

======

Inilah Manfaat Selenium dan Takaran yang Disarankan

Meski hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil, manfaat selenium untuk kesehatan ada beragam. Mineral ini berperan besar dalam proses pertumbuhan jaringan tubuh yang sehat, sistem imun tubuh yang kuat, serta fungsi kelenjar tiroid yang baik.

Selenium merupakan mineral penting yang terkandung dalam makanan dan tersedia pula dalam bentuk suplemen. Pada makanan, selenium dapat dijumpai dalam kacang, ikan tuna, kakap merah, scallop, daging sapi, daging ayam, telur, susu, raspberry, jamur portobello, dan juga biji-bijian.

Beragam Manfaat Selenium

Berikut adalah berbagai manfaat selenium bagi kesehatan yang penting untuk Anda ketahui:

1. Menangkal radikal bebas

Di dalam tubuh, selenium akan berikatan dengan protein dan membentuk selenoprotein. Protein ini bekerja sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan pemicu stres oksidatif yang dapat membahayakan tubuh karena dapat merusak sel dan memicu terjadinya beragam penyakit.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat selenium selanjutnya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Karena sifat antioksidannya yang kuat, selenium mampu mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel imun dari kerusakan. Selenium juga diketahui dapat meningkatkan respons imun dalam melawan infeksi.

Penelitian juga menunjukkan bahwa pemberian suplemen selenium kepada penderita HIV, influenza, tuberkulosis dan hepatitis C terbukti efektif untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga menurunkan risiko komplikasi dan kematian.

3. Mendukung kesehatan dan fungsi tiroid

Jaringan kelenjar tiroid mengandung lebih banyak selenium dibandingkan dengan organ tubuh lainnya. Mineral ini berperan penting dalam melindungi tiroid dari kerusakan oksidatif dan juga dibutuhkan untuk memproduksi hormon tiroid.

Kehadiran selenium juga diduga dapat mengurangi risiko terjadinya peradangan kelenjar tiroid akibat proses autoimun dan hipotiroidisme. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa pemberian suplemen selenium dapat mengurangi gejala penyakit Hashimoto yang merupakan salah satu gangguan tiroid karena autoimun.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kekurangan selenium dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, sementara kebutuhan selenium yang tercukupi mampu menunjang kesehatan jantung Anda. Hal ini karena selenium dapat mengurangi peradangan pada tubuh yang diketahui merupakan salah satu faktor pemicu utama penyakit jantung.

5. Mengurangi gejala asma

Kemampuan selenium dalam mengurangi peradangan juga mampu membantu mengurangi gejala asma, seperti mengi, sesak napas, dan batuk.

Penelitian bahkan menunjukkan bahwa penderita asma dengan kadar selenium darah yang lebih tinggi cenderung memiliki fungsi paru yang lebih baik dibandingkan penderita asma dengan kadar seleniumnya rendah.

Selain yang telah disebutkan, selenium juga diyakini memiliki manfaat lain seperti menjaga kesehatan reproduksi, mengurangi risiko terkena penyakit kanker tertentu, dan meningkatkan memori penderita Alzheimer.

Cukupi Kebutuhan Selenium Harian Anda

Untuk mendapatkan manfaat selenium, Anda harus mencukupi kebutuhan akan mineral ini. Kebutuhan selenium harian setiap orang berbeda. Berikut adalah rinciannya:

  • Anak berusia 1–8 tahun membutuhkan selenium sekitar 20–30 mcg/hari.
  • Anak berusia 9–18 tahun ke atas membutuhkan selenium sekitar 40–55 mcg/hari.
  • Orang berusia 19–50 tahun ke atas membutuhkan selenium sekitar 55 mcg/hari.
  • Wanita hamil membutuhkan asupan selenium sekitar 60 mcg/hari.
  • Wanita menyusui membutuhkan asupan selenium sekitar 70 mcg/hari.

Memerhatikan kebutuhan selenium harian penting untuk dilakukan. Pasalnya, seperti dua sisi mata pedang, kelebihan asupan selenium juga tidak baik untuk kesehatan karena bisa menyebabkan keracunan.

Gejalanya bisa berupa rambut rontok, pusing, mual, muntah, nyeri otot, hingga tremor. Dalam kasus yang serius, keracunan selenium dapat menyebabkan serangan jantung, gagal ginjal, dan kematian.

Manfaat selenium bisa Anda dapatkan dari makanan tertentu. Namun, layaknya semua makanan, makanan sumber selenium juga harus dikonsumsi dalam batas yang wajar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, jika Anda ingin mengonsumsi suplemen yang mengandung selenium, sebaiknya konsultasikan kepada dokter mengenai dosis dan aturan minumnya, agar Anda bisa menyeimbangkan asupan selenium dari suplemen dan makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.