Istri yang Memiliki Suami Seperti Ini Harus Bersyukur

332 views


Salah satu kebahagiaan seorang wanita adalah ketika dia mendapatkan atau dititipi amanah sama Allah seorang laki-laki atau suami yang baik luar dalam, bukan yang kelihatan baik.

Ketika seorang wanita bersuamikan sosok dengan ciri-ciri seperti di bawah ini, seharusnya dia bersyukur. Apa saja?

1. Cemburu Demi Kebaikan Istrinya
Cemburu yang dimaksud di sini adalah cemburu pada tempatnya untuk menjaga kehormatan istri, misalnya tidak membiarkan istrinya melakukan sesuatu yang bisa mengundang fitnah (berduaan dengan laki-laki asing dengan modus apapun), mengingatkan istrinya ketika berpenampilan kurang syari di luar rumah, dan yang sejenis.

Di zaman serbabebas seperti ini makin banyak suami yang membolehkan istrinya berbuat apa saja. Tidak merasa cemburu ketika istrinya menjadi tontonan, bukan tuntunan.

Merasa biasa saja ketika istri berkhalwat dengan laki-laki asing dengan alasan kerja. Atauu, hal serupa.

Suami sejenis ini makin banyak jumlahnya. Justru suami pecemburu pada tempatnya yang jarang. Maka, berbahagialah dan bersyukurlah yang memiliki suami jenis kedua.

2. Pekerja Keras dan Bertanggung Jawab
Laki-laki akan semakin terlihat kelelakiannya jika ia pekerja keras. Mungkin ini yang dinamakan fitrah.

Laki-laki sejati tidak hanya bicara saja, tapi juga memberikan bukti salah satunya dengan bekerja keras (enggak malas-malasan).

3. Berinisiatif Memberikan “Uang Jajan” Jika Mampu, Selain Nafkah
Suami yang memiliki perasaan akan paham tanpa harus disodori ratusan artikel atau tanpa harus diminta istri atau di-mention istri di Facebook bahwa menjadi istri dan ibu tidaklah semudah yang dibayangkan.

Maka jika mampu, suami seperti ini akan memberikan uang jajan (selain nafkah) kepada istrinya. Bukan sebagai bayaran tentunya dan bukan masalah jumlahnya.

Tapi semata-mata sebagai bentuk betapa suami begitu menghargai dan menyayangi istri salah satunya dengan memberikan istri keleluasaan dalam hal finansial.

4. Adil, Tidak Heboh Sendiri Dengan Modus Pekerjaan Hingga Melupakan Keluarga
Ada suami yang saking cintanya sama pekerjaan atau ingin memastikan anak istrinya tidak telantar malah justru menelantarkan anak istri dengan cara lain, yakni terlalu sibuk dengan pekerjaan 24 jam enggak ada jeda. Padahal, anak istri juga butuh sentuhan emosi.

5. Tidak Suka Selfie
Laki-laki hobi selfie? Sesekali mungkin enggak apa-apa itupun kalau ramai-ramai dan terpaksa. Tapi kalau selfie dijadikan gaya hidup?

Ehm …. Wanita terlalu banyak selfie saja bikin risih, apalagi laki-laki. That’s why bersyukurlah yang memiliki suami tidak suka selfie.

6. Tidak Suka Pamer
Bersyukurlah yang memiliki suami tidak hobi pamer penderitaan seperti, “lembur, nih!” atau pamer kekuatan seperti, “alhamdulillah, bisa beliin rumah istri di kawasan elit,” atau semacamnya.

7. Menjaga Pergaulan
Suami yang menjaga pergaulan di zaman bebas seperti ini juga makin jarang. Apalagi, kalau laki-laki bisa berdalih, “Cuma temen kerja,” atau serupa.

Maka bersyukurlah yang memiliki suami tidak suka chatting jika tidak penting dengan wanita lain, tidak hobi nge-like foto akhwat cantik di Facebook, atau kegiatan serupa.

8. Menjaga Pandangan
Suami yang tahu diri akan menjaga pandangan karena dia sendiri juga enggak rela kalau istrinya dilihat dengan sebegitunya oleh laki-laki asing.

9. Tidak Membandingkan Istri Dengan Wanita Lain Termasuk Dengan Mantannya Karena Tidak Ada Gunanya

10. Mendukung Istrinya Melakukan Hal-hal yang Produktif
Suami yang baik tidak akan mendukung istrinya bergosip, tapi dia akan sangat mendukung ketika sang istri melakukan hal-hal positif misalnya mengikuti kelas online, mengajar online, berdagang barang-barang yang banyak manfaatnya, menulis sesuatu yang positif kemudian diterbitkan, atau yang serupa.

Sahabat Ummi, sebenarnya masih ada banyaakk sikap-sikap suami yang jika dia memilikinya patut kita syukuri. Kalau masalah seiman, sholat 5 waktu, puasa, & yang serupa itu sudah pasti ya. Kita sudah bisa menalarnya sendiri.

Sahabat Ummi, jika kita sudah memiliki suami dengan sikap-sikap seperti di atas, bersyukurlah. Dan, salah satu bentuk syukur tsb adalah dengan tidak terlalu mengekspos kebaikan suami di depan publik, media sosial misalnya, karena bisa membuat penyakit hati bagi yang lain.

Cukuplah kita saja yang merasakan. Lebih baik kita perbaiki diri setiap hari sebagai bentuk rasa syukur sudah dititipi Allah suami yang baik.

Menjaga Suami dari Godaan Wanita Lain di Sosial Media

Apa yang bisa kita lakukan sebagai seorang istri agar suami kita tidak tergoda aktivitas iseng namun membahayakan di sosial media itu? Apalagi bagi beberapa suami, akun sosial media atau telepon genggam adalah barang pribadi, sehingga mereka tidak suka berbagi password akunnya.

Sehingga kita tidak mungkin mengawasi pesan-pesan di akun sosial medianya. Namun kita juga tidak mau kecolongan seperti Arini atau Eliana. Beberapa tips berikut ini mungkin bisa berguna.

1. Buat Kesepakatan Dengan Suami Mengenai Aktivitas Chatting Dengan Lawan Jenis
Katakan kepada suami kalau kita tidak melarang mereka ngobrol atau berdiskusi dengan teman perempuannya. Tapi, ketika si teman perempuan mulai curhat masalah pribadinya sebaiknya segera dihentikan.

Sarankan untuk curhat pada teman perempuannya saja. Karena berawal dari curhat, akan datang rasa iba, lalu suami kita merasa tertantang untuk menjadi hero bagi perempuan itu.

2. Berteman Dengan Suami di Sosial Media
Ada beberapa istri yang merasa tidak perlu berteman dengan suaminya di sosial media, toh setiap hari juga ketemu di rumah, kalau mau berinteraksi ya tinggal langsung.

Biasanya begitu alasannya. Padahal dengan berteman di sosial media, kita akan tahu aktivitas suami; siapa saja temannya yang paling seri dikasih jempol atau komennya, bagaimana tingkat keakraban dia bersama temannya.

3. Chatting Dengan Suami di Sosial Media
Apalagi kalau suami sedang dinas di luar kota. Seringlah ajak suami chatting, baik untuk menanyakan keadaannya atau sekedar mengabarkan keadaan anak-anak dan situasi di rumah.

Kirimkan foto-foto atau video anak yang lucu-lucu sehingga suami kita merasa terhibur dan merasa dekat dengan keluarganya.

Jangan biarkan suami mengisi waktu luangnya ketika dinas di luar kota dengan chatting bersama wanita lain.

Bahkan ketika suami sedang di kantor, sapalah dia di saat-saat jam istirahatnya. Beri suami perasaan rindu ingin cepat pulang.

4. Kirimkan Pesan-pesan ‘Nakal’ Pada Suami
Sesekali kirimi suami dengan pesan-pesan yang nakal nan menggoda sehingga suami merasa ingin cepat-cepat pulang ke rumah bertemu kita.

Selain untuk menyegarkan dan menghangatkan hubungan, juga untuk mencegah suami pergi hang out sepulang kerja.

5. Tutup Peluang Selingkuh
Bila kita mendapati suami berkirim pesan mesra dengan wanita lain di sosial medianya, segera katakan pada suami kalau kita tidak suka. Bila si wanita masih terus menggoda, minta dengan tegas pada suami untuk memutuskan pertemanannya dengan perempuan tersebut.

6. Jangan Melakukan Hal yang Sama
Bila kita tidak suka suami berinteraksi mesra dengan perempuan lain di sosial media, maka kita juga jangan coba-coba melakukan hal yang sama.

Iseng chatting dengan teman pria lain atau memberikan komentar yang iseng namun menggoda di status teman pria kita.

Apalagi bila ada teman pria yang terang-terangan menggoda, segera putuskan pertemanan kalau perlu di-block.

7. Doa
Pada akhirnya doa adalah senjata terbaik kita. Memintalah pada Allah agar suami kita terhindar dari godaan wanita lain.

Karena sesungguhnya Allah yang menggenggam hati suami kita, mintalah pada-Nya agar menjadikan suami kita suami yang setia, baik dan soleh, yang bisa menjadi imam bagi kita dan anak-anak.

Tags: #menjaga suami dari godaan wanita lain #sifat suami yang harus disyukuri istri