Jadi mualaf, gini cara Angelina Sondakh ajarkan putranya puasa dan hapalkan Alquran


Angelina Sondakh memiliki cara sendiri agar anak semawata wayangnya, Keanu Massaid mengerti ajaran agama Islam. Pasalnya selama 10 tahun terakhir, wanita yang akrab disapa Angie tersebut harus mendekam di penjara karena kasus korupsi yang menjeratnya.

Saat masuk penjara, usia Keanu Massaid masih dua tahun. Setelah Angie bebas pada awal Maret 2022, putranya sudah berusia 12 tahun.

Sehingga, Angie belum begitu mengenal bagaimana karakter putranya itu. Lantas, bagaimana Angelina Sondakh mengajarkan agama ke Keanu Massaid? Simak ulasan berikut.

Angelina Sondakh belum mengenal Keanu Massaid
Hampir sebulan merasakan udara bebas, Angelina Sondakh memiliki banyak kegiatan. Terutama menghabiskan waktu dengan putra semata wayangnya, Keanu Massaid.

Pasalnya selama 10 tahun, Angie terpaksa harus menyerahkan perannya sebagai ibu kepada keluarga untuk menjaga Keanu. Sehingga, Angie merasa belum terlalu dekat dengan putranya saat ini.

Hal itu disampaikan langsung oleh Angie sendiri saat ziarah ke makam almarhum suaminya, Adjie Massaid sebelum bulan suci Ramadhan tiba.

“Banyak yang dirindukan ya, jadi karena mungkin terlalu lama juga di dalam penjara sehingga ketinggalannya ini banyak sekali ya. Terutama ketinggalan mengetahui karakternya Keanu,” kata Angelina Sondakh dilansir Hops.ID dari YouTube Seleb Oncam News pada Rabu, 30 Maret 2022.

“Karena mungkin beda dengan ibu-ibu yang lain yang bisa mendampingi anaknya di masa golden age Keanu untuk bertumbuh. Saya ketinggalannya jauh sekali,” sambung dia.

Tak hanya Angie, Keanu Massaid juga dinilai belum sepenuhnya mengenal sang ibu. Oleh karena itu, wanita pemilik nama lengkap Angelina Patricia Pingkan Sondakh tersebut masih harus melakukan pendekatan terhadap Keanu.

“Keanu juga mungkin belum mengenal saya, dan itu yang paling saya sesali. Akhirnya Keanu dan saya kalau orang bilang masih pendekatan, saya harus meraba Keanu mau bagaimana,” tuturnya.

Ajarkan anak puasa dan hapal Alquran
Begitu pun dengan menunaikan ibadah puasa. Kata Angie, dirinya masih berusaha mengajarkan nilai-nilai agama Islam kepada adik sambung Aaliyah Massaid tersebut.

“Zahwanya masih di New York jadi kurang lengkap. Mungkin sama Aaliyah, sama Keanu karena aku juga masih harus ngajarin adab-adabnya ke Keanu,” ungkap Angie.

Angie mengajarkan apa arti dan bagaimana menjalani ibadah puasa kepada putranya. “Bagaimana caranya berpuasa, artinya berpuasa karena dibangunin salat subuh aja Keanu masih agak sedikit berat,” ucapnya.

Lantaran masih saling mengenal, Angie menanamkan ajaran agama Islam kepada putranya dengan cara yang tidak terburu-buru.

“Jadi harus pelan-pelan diajak, aku harus ajarin Keanu untuk baca, untuk ngaji, aku ngajarin Keanu hapalkan Alquran, banyak yang harus aku tebus untuk Keanu. Mudah-mudahan Mas Adjie senang,” pungkas Angelina Sondakh. ***

Beda agama, toleransi ayah dan anak Angelina Sondakh saat makan bareng bikin kagum

Ayah Angelina Sondakh, Lucky mengunggah momen kebersamaan dengan sang cucu, Keanu Massaid saat mereka makan bersama di Hari Minggu.

Meski beda agama, keluarga Angelina Sondakh tetap mengedepankan sikap toleransi sebagai umat beragama. Termasuk sang ayah dan anaknya.

Momen itu pun membuat kagum para penggemar. Seperti apa penjelasan lengkapnya? Simak ulasan berikut.

Ayah dan anak Angelina Sondakh beda agama
Seteleh bebas dari kasus korupsi yang menjeratnya, Angelina Sondakh banyak menghabiskan waktu dengan keluarganya.

Wanita yang akrab disapa Angie tersebut kerap membagikan momen kedekatan dengan kedua orang tua dan anak semata wayangnya, Keanu Massaid di media sosial.

Seperti video kebersamaan saat mereka sarapan bersama di Hari Minggu. Terlihat, Keanu mengajak Angie untuk bergabung bersama dirinya dan kakek neneknya di meja makan.

“Ayo mamih makan yuk mam,” kata Keanu Massaid dilansir Hops.ID dari Instagram @luckyswsondakh pada Minggu, 13 Maret 2022.

“Oke duluan, bentar mamih ganti baju,” jawab Angelina Sondakh.

Lucky Sondakh memimpin doa sebelum makan. Dalam doanya, Lucky mengucap terima kasih kepada Tuhan karena telah diberkati makanan hingga kesehatan.

“Ini masakan Angie nih, tapi sebelum makan kita berdoa dulu ya. Ini Hari Minggu Tuhan berkati kesehatan, berkati makanan ini yang dibuat oleh anak kami yang tercinta Angie dan cucu yang hebat, Keanu,Tuhan berkati aamiin,” tutur Lucky.

Di akhir video, Keanu Massaid juga mengucap doa sebelum makan sebagai seorang Muslim.

“Allahumma bariklana fiima razaqtana waqina adza bannar,” ujar Keanu.

Unggahan itu kemudian dipenuhi dengan komentar kagum dari para pengguna Instagram.

“God Bless opa & oma dan keluarga,” tulis warganet.

“Indahnya kebersamaan,” kata yang lainnya.

“Sehat, kalian semua,” ujar netter.

Sempat kecewa Angie mualaf
Sebelumnya, Lucky Sondakh mengaku kecewa atas keputusan mualaf yang diambil oleh istri mendiang Adjie Massaid tersebut.

Hal itu karena sang ayah merupakan pendeta sementara Lucky adalah pemimpin gereja.

“Waktu dia menjadi mualaf saya dicemooh, terutama oleh saudara-saudara saya. Karena apa? Papah saya pendeta, dan saya memimpin gereja 15 tahun, dan menjadi tokoh petinggi,” ungkap Lucky di YouTube Keema Entertainment sebelum Angie bebas.

Bahkan, Lucky mengatakan saudaranya menginginkan Angie dikucilkan karena pindah agama.

“Saya bicara kebenaran (saudaranya bilang) ‘Dia sudah permalukan nama keluarga besar kita’, itu saya dongkol,” ujarnya.

Meski demikian, Lucky tetap menerima Angie sebagai putrinya. Hal itu lah yang membuat artis 44 tahun tersebut merasa terharu.

“Angie sudah mendengarkan komentar daddy di YouTube, dan itu bikin Angie malah lebih sedih lagi karena walaupun daddy kecewa, walaupun Angie sudah mempermalukan keluarga besar tapi daddy masih menerima Angie sebagai anak,” pungkas Angelina Sondakh sambil menangis di depan sang ayah. ***

Jadi mualaf disebut mempermalukan keluarga besar, Angelina Sondakh: Mudah-mudahan Allah…

Angelina Sondakh tak berhenti menangis saat menyampaikan perasaan haru kepada sang ayah, Lucky yang tetap menerima dirinya meski sudah mempermalukan keluarga besar.

Hal tersebut berkaitan dengan keputusan Angelina Sondakh menjadi seorang mualaf sebelum resmi menikah dengan almarhum Adjie Massaid.

Lucky Sondakh yang ada di depan Angelina pun tak kuasa menahan air matanya saat mendengarkan curahan hati sang putri. Seperti apa? Simak ulasan berikut.

Angelina Sondakh menangis
Setelah bebas dari kehidupan di balik jeruji besi, Angelina Sondakh menyampaikan permintaan maaf kepada orang tua tercinta.

Lewat kanal YouTube Keema Entertainment, wanita yang akrab disapa Angie tersebut menyampaikan keinginannya saat masih di penjara, yakni berharap kedua orang tuanya terus dalam keadaan sehat.

“Saya hanya berdoa ‘ya Allah izinkanlah saya bertemu dengan orang tua saya ketika saya bebas nanti dalam keadaan sehat wal afiat’ saya ingin bertemu dengan mami, daddy saya ingin minta maaf,” kata Angelina Sondakh dilansir Hops.ID pada Rabu, 9 Maret 2022.

“Saya ingin membahagiakan mereka, dan setiap kali doa jamaah, pasti saya selalu mendoakan agar supaya orang tua saya dalam keadaan sehat walafiat,” sambung dia.

Apalagi selama 10 tahun berada di penjara, hanya kedua orang tuanya lah yang setia menjenguk Angie.

Angie memaklumi jika banyak temannya yang tiba-tiba meninggalkan dirinya karena kesibukan masing-masing.

“Berat sebenarnya karena saya menyaksikan ayah saya dari yang masih kuat ke lapas, gendong Keanu sampai ke sini ke sininya daddy sudah sedikit tertatih berjalannya tapi masih setia,” tuturnya.

Oleh karena itu, emosi Angie begitu terkuras ketika menyampaikan perasaan haru atas pengorbanan sang ayah kepada dirinya selama ini.

“Terima kasih untuk kesetiannya, benar daddy hanya orang tua yang setia yang tidak malu ketika saya dalam kondisi yang paling buruk. Dan saya bersyukur daddy masih mau menerima saya,” ujarnya.

Terlebih saat sang ayah masih menerima dan mendoakan Angelina Sondakh meski dinilai sudah mempermalukan keluarga besar.

“Angie sudah mendengarkan komentar daddy di YouTube, dan itu bikin Angie malah lebih sedih lagi karena walaupun daddy kecewa, walaupun Angie sudah mempermalukan keluarga besar tapi daddy masih menerima Angie sebagai anak,” ucap Angie.

Kini, wanita bernama lengkap Angelina Patricia Pinkan Sondakh tersebut berharap bisa membahagiakan kedua orang tuanya.

“Masih mau mendoakan, mudah-mudahan papih makin panjang umur dan mudah-mudahan Allah memberikan rezeki kepada Angie supaya bisa membahagiakan mamih dan papih,” tuturnya.

Ayah sebut Angie mualaf bikin malu keluarga besar
Diketahui sebelumnya, Lucky Sondakh sempat mengutarakan tiga hal yang membuatnya kecewa terhadap Angie. Salah satunya saat sang putri memutuskan untuk menjadi seorang mualaf.

Lucky mengaku belum menerima keputusan itu sepenuh hati. Pasalnya, ayah artis 44 tahun tersebut mendapat hujatan dari keluarga besar.

Hal tersebut karena Lucky adalah pemimpin gereja selama belasan tahun sementara sang ayah merupakan seorang pendeta.

“Waktu dia menjadi mualaf saya dicemooh, terutama oleh saudara-saudara saya. Karena apa? Papah saya pendeta, dan saya memimpin gereja 15 tahun, dan menjadi tokoh petinggi,” ungkap Lucky saat Angie belum bebas.

Sehingga, Lucky memaklumi mengapa saudara-saudaranya bersikap seperti itu atas keputusan pindah agama Angelina Sondakh.

“Wajar dong kalau mereka marah ke saya, termasuk saudara-saudara saya. Lalu saudara-saudara saya sebagian mengatakan ‘kucilkan saja dia, jangan lagi anggap dia saudara kita’,” ujarnya.

Bahkan, tak sedikit juga anggota keluarga besar yang lain meminta Lucky untuk mengucilkan putrinya. Lucky pun merasa geram.

“Ya ini benar, saya bicara kebenaran ‘Dia sudah permalukan nama keluarga besar kita’, itu saya dongkol,” pungkas Lucky, ayah Angelina Sondakh. ***