Jadi Yatim Piatu Sejak Kecil Cewek Ini Curhat Tak Punya Foto Bareng Orangtua Saat Wisuda, Aksi Editor Sampai Membuat Warganet Terharu


Wisuda bukan hanya menjadi momen puncak perayaan bagi mahasiswa/mahasiswi, namun juga menjadi momen untuk berkumpul keluarga. Ya, dalam kesempatan yang berbahagia ini, anggota keluarga turut dihadirkan untuk mengabadikan kebersamaan.

Terlebih dengan hadirnya kedua orangtua, yang menjadi sosok spesial bagi anak. Tapi malang, tak semua bisa melakukannya karena dunia yang sudah berbeda.

Kondisi memilukan ini pula yang dialami seorang wanita yang tak disebutkan namanya. Di momen wisudanya, ia hanya berfoto seorang diri karena ayahnya sudah meninggal dunia sejak dia kelas IV SD, dan ibunya menyusul kepergian sang ayah pada saat dia sedang mempersiapkan untuk masuk universitas, dilansir nasional.okezone.com.

“Di tengah karantina bimbel itu, aku dikabarin kalau ibu sudah enggak ada. Akhirnya aku pulang sebagai penghormatan terakhir kepada beliau,” curhat dia.

Namun tak berlarut sedih, wanita ini lantas meminta bantuan pada akun Twitter @pantungalimar atau yang biasa disapa Gal, pengguna yang dikenal sering mengedit foto sesuai permintaan followernya.

“Alhamduliah kuliahku sudah selesai, bang. Aku pengen ibu dan bapak hadir. Aku enggak punya foto bareng sama mereka. Tolong ya bang,” pinta sang wanita kepada Gal.

Gal pun langsung merespons. Tapi tak seperti biasa, yang mengedit foto di luar permintaan followersnya, kali ini Gal mengedit secara serius sesuai permintaan sang wanita.

Para warganet pun langsung dibuat haru atas keberhasilan editan Gal. Mereka bahkan mengucapkan terima kasih kepadanya.

“Sekeren itu Tuhan ngasih kemampuan editor buat bahagiain orang2 bang. Terima kasih sudah bersedia berbagi kebahagiaan untuk orang2 sekitar bang,” tulis komentar @anamarli_ana pada postingan foto yang mendapat ‘like’ 49 ribu dan diretweet 6 ribu kali.

======

Mengenal Manfaat Buah Naga untuk Diet dan Cara Mengonsumsinya

Ada banyak manfaat buah naga untuk kesehatan dan salah satunya adalah menurunkan berat badan. Manfaat buah naga untuk diet ini tentu tak lepas dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah yang berasal dari tanaman kaktus ini memiliki kulit bersisik dengan warna merah muda atau merah keunguan.

Berdasarkan warna dagingnya, buah naga terdiri dari dua jenis, yaitu buah naga merah dan buah naga putih.

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Buah naga memiliki kandungan nutrisi yang melimpah. Beberapa nutrisi yang terkandung di buah naga meliputi:

  • Serat
  • Protein
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Flavonoid
  • Polifenol

Berkat kandungannya tersebut, buah naga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk menurunkan berat badan.

Manfaat Buah Naga untuk Diet

Ada beberapa alasan yang membuat buah naga baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan, di antaranya:

1. Mengurangi nafsu makan

Buah naga adalah salah satu jenis buah yang tinggi serat, sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan demikian, Anda tidak mudah merasa lapar dan keinginan untuk ngemil atau makan lebih banyak pun bisa berkurang.

2. Mengurangi asupan kalori

Salah satu kunci diet sehat adalah mengurangi asupan kalori sekaligus memperbanyak aktivitas fisik agar tubuh dapat memecah lemak untuk dijadikan energi.

Namun, mengurangi asupan kalori dengan mengonsumsi makanan rendah kalori sering kali membuat seseorang mudah merasa lapar, sehingga tergoda untuk makan secara berlebihan.

Meski termasuk dalam jenis buah yang rendah kalori, buah naga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dengan mengonsumsinya Anda tetap dapat mengurangi asupan kalori tanpa rasa lapar berlebih.

3. Mengurangi penumpukan lemak perut

Serat di dalam buah naga memiliki sifat prebiotik. Jenis serat ini berfungsi sebagai asupan makanan untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa keberadaan bakteri baik di dalam usus dapat mencegah dan mengurangi penumpukan lemak perut yang menyebabkan perut terlihat buncit. Meski demikian, studi tersebut masih terbatas pada uji laboratorium, sehingga perlu diteliti lebih lanjut.

Cara Sehat Mengonsumsi Buah Naga untuk Diet

Buah naga memang dapat membantu diet untuk menurunkan berat badan, sehingga sering menjadi pilihan saat menjalani diet buah. Meski demikian, Anda tetap harus memperhatikan kebersihan dan cara mengolahnya.

Pilihlah buah naga yang kondisinya masih baik dan tidak terlihat busuk. Jangan lupa juga untuk mencuci buah naga terlebih dahulu sebelum Anda memotong dan mengonsumsinya.

Anda dapat mengonsumsi buah naga dengan berbagai cara, misalnya dimakan langsung, diolah menjadi jus, atau dicampur sebagai isian salad buah. Namun, sebaiknya jangan mengolah buah naga dengan tambahan gula.

Buah naga memiliki kandungan gula alami yang membuatnya terasa manis. Menambahkan gula atau pemanis lain, seperti sirop, ke dalam olahan buah naga justru akan menjadikannya tinggi kalori, sehingga dapat menghambat program diet Anda.

Selain mengonsumsi buah naga, tentunya Anda juga perlu berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan bergizi, serta menghindari makanan berlemak dan tinggi kalori untuk menurunkan berat badan.

Jika ingin mengetahui lebih jauh efektivitas atau manfaat buah naga untuk diet, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter juga dapat memberi tahu cara yang tepat untuk menurunkan berat badan sesuai kondisi kesehatan Anda.

======

7 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan yang Sayang Bila Dilewatkan

Tak hanya manis dan menyegarkan, manfaat buah naga juga tidaklah sedikit. Beragam nutrisi di dalam buah yang sering digunakan sebagai campuran es buah ini baik untuk kesehatan, mulai dari menyehatkan saluran cerna hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di negara tropis, termasuk Indonesia. Ada beragam jenis buah naga, tetapi yang paling umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah buah naga merah dan buah naga putih.

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Di dalam 100 gram buah naga, terkandung sekitar 60 kalori. Buah naga juga mengandung beragam nutrisi berikut:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Gula
  • Kalsium
  • Vitamin A, C, dan E

Tak hanya itu, buah naga juga mengandung magnesium, zat besi, serta berbagai jenis antioksidan, seperti flavonoid, karotenoid, dan polifenol.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya yang beragam, ada sejumlah manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi buah naga. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan:

1. Menyehatkan saluran cerna

Buah naga merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan serat. Kandungan ini diketahui baik untuk melancarkan buang air besar dan menyehatkan saluran pencernaan.

Tak hanya itu, serat prebiotik dalam buah naga juga dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus dan mencegah masalah kesehatan pada saluran cerna, seperti diare dan konstipasi.

2. Mengatasi kolesterol tinggi

Tak hanya menyehatkan saluran pencernaan, kandungan serat dalam buah naga juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol, sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Selain itu, buah naga juga mengandung betalain, salah satu jenis antioksidan yang membuat daging buah ini berwarna merah. Antioksidan betalain diketahui mampu menjaga kolesterol baik (HDL) dalam tubuh agar kadarnya tetap normal.

3. Mengontrol gula darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah naga dapat mengendalikan gula darah dengan cara memperbaiki sel-sel pankreas yang rusak, sehingga produksi hormon insulin pun meningkat.

Meski demikian, penelitian tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas buah naga untuk mengontrol gula darah masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Manfaat buah naga lainnya adalah menjaga tekanan darah tetap stabil. Buah naga kaya akan kandungan serat, kalium, dan antioksidan yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. Dengan demikian, buah naga baik dikonsumsi oleh orang yang menderita hipertensi.

5. Menjaga kesehatan jantung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah naga mampu menurunkan tekanan darah, mengatasi kolesterol tinggi, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Kombinasi manfaat tersebut menjadikan buah naga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

6. Menangkal efek radikal bebas

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan antioksidan. Kandungan ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi sel tubuh dari efek paparan radikal bebas yang dapat memicu beragam penyakit, seperti kanker dan penyakit degeneratif.

Kandungan antioksidan dalam buah naga juga bermanfaat untuk meredakan peradangan, mencegah penuaan dini, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

7. Menjaga berat badan

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang rendah kalori dan bebas lemak, sehingga baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani diet.

Tak hanya itu, buah naga juga tinggi serat sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan demikian, Anda pun dapat lebih mudah menurunkan berat badan tanpa rasa lapar berlebih.

Namun, tak hanya dengan mengonsumsi buah naga, Anda juga perlu berolahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari untuk menjaga atau menurunkan berat badan.

Meski manfaat buah naga sangat banyak, Anda tetap harus memperhatikan kebersihan dan cara mengolahnya. Pilihlah buah naga yang kondisinya masih baik dan terlihat segar. Jangan lupa juga untuk mencuci buah naga terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Anda dapat mengonsumsi buah naga secara langsung, mengolahnya menjadi jus, mencampurnya dengan salad buah atau es buah.

Selain itu, untuk melengkapi kebutuhan nutrisi sehari-hari, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat lainnya, seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan berprotein tinggi.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat buah naga atau pola makan sehat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Tags: #cewek curhat tak punya foto bareng orang tua saat wisuda #manfaat buah naga untuk diet #manfaat buah naga untuk kesehatan