Jangan Buang Dulu Air Cucian Berasmu. Ternyata Ini Rahasianya Cewek Jepang!


Demi kulit wajah yang bening dan cerah, banyak cewek yang mencoba berbagai produk pemutih kulit dengan harga yang nggak murah. Padahal tahu nggak sih? Ada bahan alami yang bisa dengan mudah kamu dapatkan dan tentunya nggak perlu bayar mahal untuk bisa memiliki kulit mulus bersinar lo. Bukan lelucon, kamu bisa pakai air cucian beras!

Beras mengandung zat oryzanol yang bisa menangkal sinar ultraviolet masuk ke dalam kulit sehingga membantu merawat kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Sehingga kandungan air cucian beras pun sama bagusnya untuk kulit wajah.

Asal kamu tahu, cara ini jugalah yang jadi rahasia kulit bersih dan cantik ala cewek Jepang lo! Makanya, jangan dulu dibuang air cucian berasmu, karena beberapa manfaat air cucian beras untuk wajah inilah yang akan kamu dapatkan nantinya.

1. Membersihkan wajah setiap saat agar wajahmu yang bersih dan cantik maksimal

Air cucian beras bisa digunakan untuk membersihkan wajah. Jika kamu menyimpannya di udara terbuka, maka air cucian beras ini hanya akan bertahan satu hari. Tapi, jika disimpan dalam wadah tertutup dan dimasukkan ke kulkas, maka bisa bertahan sekitar satu minggu.

Cara 1:

  • Ambil satu cangkir beras, cucilah beras tersebut dengan cepat untuk menghilangkan debu dan kotoran, lalu buang airnya.
  • Tambahkan air bersih baru, aduk-aduk beras, lalu rendam beras selama 30 menit agar nutrisi yang terkandung pada beras mengalir ke dalam air.
  • Saring air dari beras, lalu basuh wajah dengan air tersebut sambil dipijat lembut dengan jari-jari selama sekitar 6 menit.
  • Terakhir, bilas wajah dengan air bersih, keringkan dengan handuk lembut dengan cara ditepuk-tepuk.

Cara 2:

Ambil bola kapas, celupkan ke dalam air cucian beras, lalu pijat ke wajah dengan gerakan memutar. Biarkan air di wajah mengering dengan sendirinya, lalu bilas wajah dengan air dingin segar.

2. Jika wajahmu selalu mengilap bak kilang minyak, air cucian beras bisa jadi solusinya

Manfaat air cucian beras untuk kulit wajah juga bisa mengontrol kelebihan minyaak, sama ampuhnya seperti halnya membersihkan wajah. Cara penggunannya pun sangat mudah, sisihkan saja air beras yang sudah bersih bekas mencuci beras untuk dimasak.

Cuci wajah terlebih dahulu dengan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Lalu, cuci kembali wajah dengan air beras yang sudah disiapkan. Diamkan air cucian beras di wajah sekitar 5-10 menit, lalu bilas dengan air bersih

3. Mengobati jerawat dan bekas jerawat membandel? Bisa juga dooong!

Air cucian beras bisa membantu mengontrol jerawat pada wajah dan juga membantu memudarkan bekas jerawat yang membandel. Air cucian beras ini juga bisa mengencangkan pori-pori, yang akhirnya akan mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat.

Siapkan air cucian beras yang sudah bersih. Endapkan air beras tersebut selama beberapa jam sampai bagian yang seperti tepung terkumpul di bawah. Selanjutnya, pisahkan air dari tepung beras tersebut dan ambil tepungnya yang masih basah. Balurkan tepung beras tadi ke seluruh bagian wajah yang terdapat jerawat atau bekas jerawat.

4. Memudarkan flek hitam dan bikin kulit bercahaya

Nggak semua orang cocok pakai kosmetik atau skincare demi mendapatkan kulit yang bercahaya dan menghilangkan flek hitam di wajah. Nah, jika kamu termasuk salah satunya, yang punya kulit sensitif dan nggak selalu cocok dengan kosmetik yang tersedia di pasaran, mencuci muka dengan air cucian beras bisa jadi solusinya. Lakukan saja cara seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Secara bertahap, kulit muka akan menjadi lebih bercahaya dan flek hitam pun akan semakin memudar. Karena nutrisi penting dan protein di dalam air beras dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

5. Air cucian beras punya bahan pemutih alami yang berkhasiat sebagai pencerah kulit

Untuk memutihkan kulit wajah dengan cepat, nggak perlu lah membeli krim-krim pemutih yang belum tentu cocok untuk wajahmu. Lakukan saja treatment ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Bukan hanya lebih cerah, kulitmu juga akan terasa jauh lebih halus dan lembut.

  • Cuci beras dengan air di dalam wadah, saring beras dan cuci kembali sampai air yang didapatkan benar-benar bersih.
  • Simpan air bekas saringan tersebut ke dalam wadah lain dan biarkan semalaman sampai bagian tepung beras mengendap dari airnya.
  • Esok paginya, pisahkan endapan maupun air dalam wadah berbeda. Gunakan endapan sebagai scrub di wajah kemudian bilas wajah menggunakan air beras, diamkan sampai kering lalu bilas dengan air bersih.
    Treatment ini nggak hanya bisa digunakan untuk wajah, tapi bisa untuk tubuh juga lo!

Untuk mendapatkan manfaat air cucian beras untuk wajah dan kulit, lakukan 5 treatment di atas secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan melakukannya rutin setiap hari, bisa mengembalikan elastisitas kulit dan menjaga kulit agar tetap lembut, bercahaya dan bersinar. Selain untuk wajah, manfaat air cucian beras untuk rambut hingga tanaman juga sering digunakan lo. Jadi, jangan buang dulu air cucian berasmu, ya!

=====

12 Cara Ampuh Mengusir Tikus Tanpa Racun atau Jebakan, Bisa Pakai Daun Mint!

Siapa sih yang nggak kesal dengan tikus yang sering mondar-mandir di sekitar rumah? Apalagi kalau tikusnya itu nggak cuma satu. Duh, risi banget nggak sih? Masalahnya, selain mencuri makanan dan merusak barang-barang, keberadaan tikus di rumah juga bisa menyebarkan kuman yang menyebabkan penyakit.

Hewan pengerat yang sering menganggu ini memiliki kecenderungan alamiah yang membuat mereka tertarik pada kenyamanan dan kehangatan rumah. Biasanya mereka akan berlindung di sekitar lemari dan sudut-sudut gelap di sekitar rumah. Selain pakai racun atau jebakan, berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengusir tikus agar menjauh dari rumah.

1. Karena tikus nggak suka dengan suara berisik, kamu bisa coba memelihara jangkrik supaya tikus di rumah pergi

Memelihara jangkrik bisa menjadi salah satu cara mengusir tikus yang cukup ampuh. Kamu bisa menaruh jangkrik di area yang sering dilalui oleh tikus. Dengan begitu, tikus nggak akan lagi mondar-mandir di area rumah.

2. Bau dari kulit durian dipercaya dapat membuat tikus menjauh dari rumah

Kamu bisa memotong kulit buah durian kemudian letakkan di tempat yang sering dilalui tikus. Selain memiliki duri yang tajam, aroma buah durian yang menyengat ampuh sebagai salah satu pengusir tikus.

3. Nggak hanya bermanfaat bagi tubuh, daun mint juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus l0!

Aroma daun mint yang tajam dipercaya dapat membuat tikus-tikus mabuk dan terkulai lemas. Kamu bisa mengusir tikus di rumah dengan cara membuat cairan dari daun mint.

Siapkan seikat daun mint dan ambil sarinya. Tambahkan sedikit air ke dalam sari daun mint tersebut. Setelah larut, semprotkan cairan mint ke area yang sering dilalui tikus.

4. Bubuk cabai dan deterjen bisa kamu campur untuk dipakai mengusir tikus

Bubuk cabai atau saus cabai bisa kamu campurkan dengan deterjen yang sudah dilarutkan air. Taruh campuran botol tadi ke dalam semprotan, kemudian semprotkan cairan tersebut ke wilayah yang sering dilalui tikus. Cairan ini efektif digunakan untuk mengusir tikus karena dapat membuat tikus panas dan lari.

5. Bau dari irisan bawang merah juga dipercaya ampuh untuk mengusir tikus

Tikus nggak suka dengan aroma bawang merah yang terasa pedas. Untuk mengusir tikus dengan bawang merah, cara yang harus kamu lakukan adalah meletakkan irisan bawang di tempat yang sering mereka datangi atau di tempat persembunyian mereka. Dijamin, tikus nggak akan betah berlama-lama di sana deh.

6. Senyawa piperin yang terkandung dalam lada bubuk akan membuat tikus pergi dengan sendirinya

Kamu hanya perlu menaruh sedikit lada bubuk di tempat persembunyian atau tempat yang sering tikus datangi di area rumahmu. Diamkan saja beberapa saat, maka tikus akan merasa terganggu dan nggak balik lagi ke tempat itu.

7. Bau menyengat dari cuka merupakan satu hal yang nggak disukai oleh tikus

Cara mengusir tikus dengan menggunakan cuka terbilang cukup mudah. Ambil kapas lalu celupkan dengan cuka. Lalu, letakkan kapas tersebut di tempat yang sering dilalui tikus, ya! Pastikan kamu menggunakan pelindung atau sarung tangan supaya tanganmu nggak perih.

8. Kamu yang hobi minum teh bisa memanfaatkan kantongnya untuk mengusir tikus

Teh biasanya memiliki senyawa pepermin yang membuat tikus terganggu dan merasa nggak betah jika berada di sekitar kantong teh tersebut.

Letakkan kantong teh di tempat yang sering dilalui tikus. Pastikan kantong teh masih lembap sehingga aromanya masih cukup kuat untuk mengusir tikus, ya!

9. Wangi khas dari cengkeh juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat tikus kabur dari rumahmu

Untuk mengusir tikus dengan cengkeh, cara terbaiknya adalah kamu perlu kain kasa sebagai tempatnya. Masukkan beberapa potong cengkeh ke dalam kain kasa, tunggu beberapa hari supaya cengkeh benar-benar kering. Kemudian letakkan cengkeh yang kering di tempat yang sering dilalui tikus, ya! Semakin kering cengkeh yang digunakan, maka semakin tajam pula aromanya, sehingga makin efektif untuk digunakan mengusir tikus.

10. Daun salam yang sering digunakan untuk memasak juga bisa kamu manfaatkan untuk mengusir tikus

Potong daun salam kecil-kecil dan letakkan di seluruh area yang sering disinggahi tikus. Aroma yang kuat dan menyengat dari daun salam membuat tikus malas untuk datang lagi. Bahkan, jika daun salam ini dimakan oleh tikus, ia bisa langsung mati setelah beberapa saat lo!

11. Mengkudu yang sering digunakan untuk ramuan kesehatan juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus

Cara mengusir tikus menggunakan buah mengkudu juga bisa kamu praktikkan, nih, SoHip. Kamu hanya perlu memotong buah mengkudu dan meletakkannya di tempat yang sering sering dilalui tikus. Namun, kamu harus mengganti buah mengkudu jika ia sudah mulai mengering, ya!

12. Meski terkesan aneh, tikus bisa pergi ketika melihat banyak rambut manusia di lantai

Rambut manusia ini bisa digunakan untuk perangkap membunuh tikus. Kamu hanya perlu meletakkan beberapa helai rambut di lubang yang sering ditinggali oleh tikus. Nggak lama, tikus akan makan rambut tersebut dan ia akan mati. 😀

Nah, itu dia 12 cara mengusir tikus dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita tanpa menggunakan racun dan jebakan yang aman untuk dicoba. Untuk tahu mana yang paling ampuh, kamu bisa mencobanya sendiri nanti malam, ya!

Tags: #cara ampuh basmi tikus tanpa racun dan jebakan #jangan buang air bekas cucian berasmu #rahasia cewek jepang