Jangan Didik Anakmu Menjadi Kaya, Namun Didiklah Ia Menjadi Bertakwa, Sehingga Ketika Dewasa Ia Tahu Bahwa Uang Bukan Segalanya


Jangan Didik Anakmu Menjadi Kaya, Namun Didiklah Ia Menjadi Bertakwa, Sehingga Ketika Dewasa Ia Tahu Bahwa Uang Bukan Segalanya

Ada tiga bekal yang perlu kita miliki dalam mengasuh anak-anak kita agar menjadi seorang anak yang bertaqwa.

Pertama, rasa takut terhadap masa depan mereka. Berbekal rasa takut, kita siapkan mereka agar tidak menjadi generasi yang lemah. Kita pantau perkembangan mereka kalau-kalau ada bagian dari hidup mereka saat ini yang menjadi penyebab datangnya kesulitan di masa mendatang.

Berbekal rasa takut, kita berusaha dengan sungguh-sungguh agar mereka memiliki bekal yang cukup untuk mengarungi kehidupan dengan kepala tegak dan iman kokoh.

Sesungguhnya di antara penyebab kelalaian kita menjaga mereka adalah rasa aman. Kita tidak mengkhawatiri mereka sedikit pun, sehingga mudah sekali kita mengizinkan mereka untuk asyik-masyuk dengan TV atau hiburan lainnya.

Kita lupa bahwa hiburan sesungguhnya dibutuhkan oleh mereka yang telah penat bekerja keras. Kita lupa bahwa hiburan hanyalah untuk menjaga agar tidak mengalami kejenuhan.

Kedua, taqwa kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Andaikata tak ada bekal pengetahuan yang kita miliki tentang bagaimana mengasuh anak-anak kita, maka sungguh cukuplah ketaqwaan itu mengendalikan diri kita.

Berbekal taqwa, ucapan kita akan terkendali dan tindakan kita tidak melampaui batas. Seorang yang pemarah dan mudah meledak emosinya, akan mudah luluh kalau jika ia bertaqwa. Ia luluh bukan karena lemahnya hati, tetapi ia amat takut kepada Allah Ta’ala. Ia menundukkan dirinya terhadap perintah Allah dan rasul-Nya seraya menjaga dirinya agar tidak melanggar larangan-larangan-Nya.

Ketiga, berbicara dengan perkataan yang benar (qaulan sadidan). Boleh jadi banyak kebiasaan yang masih mengenaskan dalam diri kita. Tetapi berbekal taqwa, berbicara dengan perkataan yang benar (qaulan sadidan) akan mendorong kita untuk terus berbenah.

Sebaliknya, tanpa dilandasi taqwa, berbicara dengan perkataan yang benar dapat menjadikan diri kita terbiasa mendengar perkara yang buruk dan pada akhirnya membuat kita lebih permisif terhadapnya. Kita lebih terbiasa terhadap hal-hal yang kurang patut.

Karenanya, dua hal ini harus kita perjuangkan agar melekat dalam diri kita. Dua perkara ini, taqwa dan berbicara dengan perkataan yang benar (qaulan sadidan) kita upayakan agar semakin meningkat dari waktu ke waktu. Sekiranya keduanya ada dalam diri kita, maka Allah akan baguskan diri kita dan amal-amal kita.

Hari ini, banyak orang berhibur bahkan ketika belum mengerjakan sesuatu yang produktif. Sama sekali!

======

Bisa Bikin Pendek Umur, Ternyata Ini 10 Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Bersamaan

Ahli gizi Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK., mengatakan kebiasaan mengonsumsi makanan secara bersamaan berbahaya untuk kesehatan.

Seperti mie instan misalnya, biasanya orang mengonsumsi mie instan dengan nasi putih.

Tentu itu tidak baik bagi kesehatan, meski membuat makanan terasa lebih nikmat.

Untuk itu, ini dia daftar makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersama-sama karena berdampak buruk untuk kesehatan.

Dua makanan tinggi protein

Makan daging sapi dan telur ayam atau ikan laut akan membutuhkan waktu lama untuk dicerna perut.

Disebabkan kedua makanan tersebut tinggi protein, untuk itu sebagai alternatif pilihlah makanan dengan protein lebih rendah atau pilih salah satunya saja.

Karbohidrat dan protein

Makan makanan tinggi karbohidrat dengan makanan berprotein menyebabkan gas, kembung dan perut terasa begah.

Kombinasi dua makanan ini juga butuh waktu lama untuk dicerna, semisal makan nasi dengan kentang.

Makan buah setelah menu utama

Buah-buahan ternyata tidak cocok dimakan dengan menu makanan berat.

Hal itu karena buah mengandung gula ringan yang tidak perlu waktu untuk mencerna dan tidak bertahan lama di dalam perut.

Sementara makanan tinggi lemak, protein dan pati juga membutuhkan waktu lama untuk dicerna.

Minum air mineral atau jus ketika makan

Minum ketika makan mungkin sering dilakukan banyak orang, padahal ini adalah kombinasi makanan paling berbahaya.

Hal ini dikarenakan air mengencerkan asam lambung dan mengurangi efektivitas tubuh untuk memecah protein, karbohidrat dan lemak.

Cara yang benar adalah minum air 10 menit setelah selesai makan.

Tomat dengan saus pasta keju

Makan pasta memang sangat lezat jika dihidangkan bersama tomat dan saus yang mengandung keju.

Namun, perlu diketahui bahwa tomat bersifat asam dan tidak disarankan dicampur dengan karbohidrat berpati seperti pasta karena dapat mengganggu sistem pencernaan dan membuat tubuh terasa cepat lelah.

Sereal dengan susu dan jus jeruk

Susu mengandung kasein dan jus jeruk memiliki asam.

Jika keduanya dikonsumsi bersama-sama dengan sereal tepung, maka bisa menghancurkan enzim yang ada dalam sereal.

Untuk menghindari kombinasi makanan yang buruk ini, minumlah jus buah satu jam sebelum atau sesudah makan sereal.

Kacang dan keju

Kacang dan keju ketika dimakan bersama dapat menyebabkan kembung, gas dan masalah pencernaan lainnya.

Sedangkan keju adalah produk susu, sehingga dapat menyebabkan gas di perut jika dikonsumsi bersama dengan kacang.

Pisang dan Susu

Kombinasi makanan ini ini juga tidak dianjurkan karena efektif membuat berat badan cepat bertambah dan memperlambat pikiran.

Namun untuk kamu yang memang gemar mengonsumsi milkshake pisang, jangan lupa tambahkan kapulaga untuk merangsang pencernaan.

Buah dengan yoghurt

Mencampur buah asam dengan yoghurt adalah kombinasi makanan yang buruk dan harus dihindari.

Ketika dikonsumsi bersamaan, keduanya akan menghasilkan racun dan bisa menyebabkan sinus tersumbat, dingin, batuk dan alergi.

Sebagai gantinya, tambahkan kismis, madu atau kayu manis dalam yoghurt.

Kentang, terong, mentimun dan tomat dalam salad

Jika kamu menyukai salad, pastikan untuk tidak mengombinasikan kentang, cabai, terung dan tomat dengan mentimun karena dapat menghambat proses pencernaan.

Sebaiknya sertakan bayam dalam salad dan gunakan minyak zaitun sebagai saus salad.

Nah, mana yang masih suka kamu lakukan?

======

Bahaya Menabur Bedak pada V*gina

Untuk membuat organ int*m tetap bersih dan wangi, masih ada sebagian wanita yang menaburkan bedak pada v*gina. Padahal, kebiasaan ini tidak baik untuk dilakukan karena bisa mengganggu kesehatan organ kewanitaan, lho.

Bedak merupakan salah satu produk perawatan kulit yang umum digunakan untuk menjaga kebersihan dan menyegarkan kulit. Namun, beberapa riset terkini menunjukkan bahwa produk ini berisko menimbulkan sejumlah masalah kesehatan.

Ini Bahaya Menabur Bedak pada V*gina

Tidak sedikit kaum hawa yang menaburkan bedak pada Miss V dengan alasan agar wangi, mencegah gesekan antara pakaian dalam dan selangkangan, atau meringankan rasa gatal. Jika kamu termasuk orang yang suka melakukan hal tersebut, mulai sekarang hentikan, ya.

Berikut adalah bahaya yang mengintai di balik kebiasaan menaburkan bedak pada v*gina:

Iritasi v*gina

Sebagian bedak ada yang mengandung zat kimia keras atau yang bersifat iritatif, sehingga dapat menyebabkan terjadinya iritasi iritasi vulva dan v*gina. Bahan-bahan tersebut antara lain triclosan, parfum, sodium sulfat, dan parabens.

Jika teriritasi, organ int*m kewanitaanmu bisa menjadi gatal, perih, bengkak, dan tampak kemerahan atau muncul ruam. Kondisi ini biasanya lebih mudah terjadi jika kamu memiliki kulit sensitif, riwayat alergi, atau eksim.

Kanker

Bedak umumnya terbuat dari bubuk talcum (magnesium silikat) atau tepung jagung. Namun, beberapa merek bedak ditemukan mengandung asbes, yaitu mineral alami yang umum digunakan untuk keperluan industri.

Nah, penggunaan bedak yang mengandung bahan tersebut pada area v*gina diketahui bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker, seperti kanker payudara dan dan kanker ovarium.

Suatu riset menyebutkan adanya peningkatan risiko terkena kanker ovarium sebesar 20–30% pada wanita yang sering menaburkan bedak di v*ginanya dibandingkan yang tidak melakukannya.

Namun, perlu diingat juga bahwa pemakaian bedak berkepanjangan bukanlah satu-satunya faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker ovarium. Faktor lainnya meliputi:

  • Usia
  • Faktor genetik atau riwayat kanker ovarium di keluarga
  • Efek samping terapi penggantian hormon estrogen
  • Menstruasi di usia yang terlalu dini
  • Menopause di usia yang terlalu tua
  • Riwayat kanker usus besar, kanker p*yudara, atau kanker r*him

Selain itu, kanker ovarium juga cenderung lebih berisiko terjadi pada wanita yang memiliki riwayat endometriosis, obesitas, sering terpapar radiasi, atau tidak pernah melahirkan sama sekali seumur hidupnya.

Cara Tepat Menjaga Kesehatan V*gina

Karena bisa mengganggu kesehatan organ kewanitaanmu, penggunaan bedak pada v*gina sebaiknya dihindari, ya. Daripada menaburkan bedak, kamu bisa melakukan cara berikut untuk menjaga kebersihan v*gina:

  • Bersihkan v*gina menggunakan air dengan cara membasuhnya dari arah depan ke anus, kemudian keringkan dengan tisu.
  • Gunakan sabun tanpa pewangi untuk membasuh area sekitar v*gina atau v*lva.
  • Gunakan celana dalam berbahan katun karena lebih nyaman dipakai, menyerap keringat dengan baik, dan memberi ruang organ intim untuk “bernapas”.
  • Ganti celana dalam secara rutin, terutama saat Miss V terasa lembap atau basah.

Itulah bahaya menabur bedak pada miss v yang penting untuk kamu ketahui. Jangan lupa juga untuk menerapkan tips yang telah dipaparkan di atas guna menjaga kesehatan organ int*m, ya.

Jika kamu mengalami masalah pada organ int*m atau mengalami keluhan tertentu setelah menaburkan bedak pada v*gina, seperti vagina terasa perih, gatal, bengkak, atau keputihan, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Tags: #bahaya menebar bedak pada vagina #jangan didik anakmu menjadi kaya #makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan