Jangan Suka Mencari Istri yang Pintar CARI Uang, Ini Alasannya

485 views


Dalam sebuah ceramah sang ustad menghimbau, “Jangan cari istri yang pintar cari uang…”

Hal ini membuat riuh jemaah di majelis itu.

Ada seorang jemaah yang protes : “Pak Ustad, kalo istri kita pintar cari uang kan bisa bantu suaminya…”

“Begini penjelasannya, kalo istri kita pintar cari uang, dimanapun uang kita sembunyikan di laci, di peci, di mobil atau di tabungan, pasti ketemu… pasti ketemu, kan istri kita pintar cari uang…” kata sang ustad kalem.

Hadirin nelen karpet. haha…sekedar guyon yaa…jangan dianggap serius.. (foto cover: ilustrasi uang)

“Maukah aku beritahukan kepada kalian, istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata: “Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha,” (HR. An-Nasai dalam Isyratun Nisa no. 257).

Istri membantu nafkah keluarga

Berikut ini etika istri yang mencari nafkah:

1. Mendapat Izin dari Suami

Mematuhi suami merupakan ketaatan utama untuk sang istri setelah ketaatan terhadap Allah SWT dan rasulnya. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah disebutkan:

“Pernah ditanyakan kepada Rasulullah Saw “Siapakah yang paling baik?” Jawab beliau, “Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, menaati suami diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci.” (HR. An-Nasa’i).

2. Tidak Mengabaikan Urusan di Rumah

Seorang istri yang bekerja pun harus memastikan suami dan anak-anaknya tetap terurus, urusan di rumah tetap dijalankan. Merupakan kekeliruan yang besar ketika dia mementingkan pekerjaan, sementara suami dan anak-anaknya serta rumah tidak terabaikan. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi keharmonisan rumah tangga.

3. Menjaga Diri

Jika keluar rumah tentu harus berpakaian yang menutup aurat, sopan dan tidak berlebihan. Tidak berhias berlebihan, memakai wewangian yang dapat mengundang syahwat laki-laki yang bukan mahramnya serta menjaga pergaulannya dari pergaulan buruk.

Dalam sebuah hadits nabi menyebutkan:

“Jika seorang wanita menjaga sholat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad).

4. Tidak Ada yang Terdzolimi

Seorang istri yang bekerja apalagi yang keluar rumah, harus memastikan tidak mendzolimi seorang pun dengan dia bekerja. Seperti mendzolimi orang tuanya, dengan menitipkan anak-anaknya pada orang tuanya apabila orang tuanya telah sepuh apalagi sampai mempekerjakan mengurus rumahnya.

Dengan seorang istri bekerja , harus dipastikan juga tidak akan mendzolimi anaknya. Misalnya sang anak masih bayi, hanya bisa menyusu dari ibunya, maka jika dia bekerja, sang ibu harus memenuhi ASI anaknya terpenuhi.

======

4 Manfaat Daun Gedi bagi Kesehatan

Kebanyakan dari kita mungkin masih asing dengan daun gedi. Padahal, manfaat daun gedi bagi kesehatan tidaklah sedikit. Berkat kandungannya, daun ini banyak digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit.

Daun gedi (Abelmoschus manihot L.) adalah salah satu tanaman berkhasiat tinggi yang banyak tumbuh di wilayah Asia, terutama Tiongkok dan Indonesia. Selain sebagai bahan makanan, daun ini telah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional atau obat herbal.

Jenis daun gedi yang banyak tumbuh di Indonesia ada dua, yaitu daun gedi warna hijau dan merah. Keduanya sering ditemukan dalam berbagai menu makanan khas Sulawesi, seperti tinutuan (bubur Manado) atau tumis sayur gedi.

Kandungan Nutrisi Daun Gedi

Manfaat daun gedi tak terlepas dari beragam kandungan nutrisi di dalamnya, seperti:

  • Lemak
  • Protein
  • Asam amino
  • Vitamin, termasuk vitamin A, B1, B2, B3, C, dan E
  • Kalsium
  • Kalium
  • Tembaga
  • Zinc

Selain mengandung nutrisi di atas, daun gedi memiliki kadar air yang tinggi hingga mencapai 88% dan kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, nukleosida, polisakarida, asam organik, steroid, dan minyak atsiri.

Daun gedi juga diketahui memiliki sifat antidiabetik nefropati, antiinflamasi, antinyeri, antivirus, dan antikanker yang penting untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Gedi

Berikut adalah beberapa manfaat daun gedi bagi kesehatan tubuh:

1. Meredakan nyeri

Daun gedi sering digunakan sebagai pereda nyeri alami. Khasiat ini diduga ada berkat kandungan senyawa bioaktif di dalamnya yang memiliki efek antinyeri (analgesik). Jus daun gedi juga telah banyak dimanfaatkan sebagai obat alternatif untuk membantu mengatasi nyeri, terutama nyeri akibat keseleo.

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Daun gedi memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi. Meski perlu dikaji lebih lanjut, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi daun gedi secara rutin mampu menjaga kepadatan tulang, memperkuat tulang, menghambat pengeroposan tulang, sekaligus mencegah osteoporosis.

3. Meningkatkan fungsi ginjal

Ekstrak daun gedi juga diketahui berkhasiat dalam meningkatkan fungsi ginjal, khususnya pada penderita penyakit ginjal yang disebabkan oleh diabetes (nefropati diabetik).

Manfaat daun gedi yang satu ini telah didukung oleh beberapa penelitian yang menunjukkan perbaikan sel ginjal pada pasien cedera ginjal setelah pemberian ekstrak daun gedi selama sekitar 6 bulan.

4. Melawan sel kanker

Daun gedi diketahui mengandung senyawa yang memiliki efek antikanker, antioksidan, dan antiinflamasi.

Beberapa riset di laboratorium telah membuktikan bahwa ekstrak daun gedi bermanfaat dalam melawan sel kanker dan menghambat pertumbuhannya, misalnya kanker payudara, kanker lambung, dan kanker darah (multiple myeloma). Bahkan, daun gedi dinilai dapat berfungsi selayaknya obat anti-multiple myeloma.

Namun, sejauh ini, daun gedi belum terbukti memiliki efektivitas yang sama dengan operasi, kemoterapi, atau terapi radiasi untuk pengobatan kanker.

Kini, Anda sudah mengetahui apa saja manfaat daun gedi bagi kesehatan tubuh. Meski diyakini dapat mengobati berbagai penyakit, sebagian besar khasiat tersebut masih memerlukan lebih banyak penelitian.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan manfaat daun gedi dengan maksimal, pastikan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini penting, terutama jika Anda memiliki kondisi medis atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

======

Ketahui Cara Mengatasi BAB Berd*rah Saat Hamil

BAB berdarah saat hamil merupakan kondisi yang tidak boleh dianggap sepele. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Langkah penanganan perlu segera dilakukan untuk memastikan tidak ada masalah pada kehamilan dan janin.

Penyebab paling umum BAB berdarah saat hamil adalah wasir, fisura ani, dan sembelit. Darah yang keluar biasanya berwarna cerah dan jumlahnya pun hanya sedikit.

BAB Berdarah Saat Hamil

Wasir merupakan penyebab BAB berdarah saat hamil yang paling umum, terutama pada trimester akhir kehamilan dan beberapa minggu setelah persalinan. Wasir terjadi ketika pembuluh darah di bagian anus melebar dan tampak membengkak, sehingga menyerupai benjolan di anus.

Pembuluh darah yang bengkak tersebut dapat robek dan menimbulkan perdarahan, bila dilalui tinja yang keras atau mengejan terlalu kuat saat buang air besar. Selain itu, mengelap anus dengan tisu yang kasar juga dapat memicu perdarahan di pembuluh darah yang bengkak.

Selain wasir, penyebab lain BAB berdarah saat hamil adalah fisura ani. Kondisi ini terjadi ketika dinding anus mengalami robekan.

Fisura ani dapat menimbulkan keluhan nyeri pada anus. Hampir serupa dengan wasir, kondisi ini biasanya dipicu oleh tinja yang keras akibat konstipasi, yaitu kondisi yang cukup sering dialami oleh ibu hamil.

Cara Mengatasi BAB Berdarah saat Hamil

Pada umumnya, BAB berdarah saat hamil yang disebabkan oleh wasir akan membaik dengan sendirinya. Namun, Anda tetap perlu berkonsultasi ke dokter untuk memastikan penyebab perdarahan tersebut.

Untuk mencegah dan mengatasi BAB berdarah saat hamil, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh ibu hamil, antara lain:

  • Konsumsi makanan kaya serat, seperti sereal dan roti dari biji-bijian utuh serta sayur dan buah.
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh, dengan mengonsumsi setidaknya 8–10 gelas setiap harinya.
  • Jangan menunda ketika merasakan dorongan untuk BAB dan hindari mengejan terlalu kuat saat BAB.
  • Setelah BAB, biasakan membersihkan dari arah depan ke belakang atau dari vagina ke anus.
  • Hindari duduk atau berdiri terlalu lama.
  • Lakukan olahraga secara teratur dan pilihlah jenis olahraga, seperti berjalan, yoga, atau berenang, sesuai dengan kondisi kesehatan dan kehamilan Anda.
  • Tidurlah dengan posisi menyamping untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah di anus.
  • Konsumsi suplemen untuk ibu hamil sesuai anjuran dokter. Beberapa jenis vitamin prenatal mengandung zat besi yang dapat menimbulkan efek samping konstipasi.
  • Lakukan latihan Kegel secara rutin untuk memperkuat otot anus dan otot sekitar vagina yang dapat membantu pemulihan setelah melahirkan.
  • Gunakan kompres dingin untuk meredakan gejala wasir yang dapat memicu BAB berdarah saat hamil.
    Konsultasikan dengan dokter mengenai keamanan penggunaan salep atau obat wasir.

Waspadai Perubahan Warna Tinja

Jika saat BAB tampak hanya sedikit darah yang keluar dan segera berhenti, Anda tak perlu terlalu khawatir. Penanganan sederhana di rumah sudah cukup untuk mengatasi hal tersebut.

Meski demikian, Anda tetap perlu memperhatikan warna tinja. Tinja berwarna hitam atau gelap kemungkinan disebabkan perdarahan pada saluran cerna bagian atas, seperti lambung atau usus dua belas jari. Tinja berwarna hitam juga dapat terjadi karena konsumsi suplemen zat besi saat hamil.

Sementara itu, darah yang berwarna merah terang pada tinja, kemungkinan disebabkan oleh darah yang berasal dari saluran pencernaan bagian bawah atau sekitar anus.

Waspadai jika tinja berwarna kehitaman dan keras atau tinja tampak berwarna merah gelap dan terang. Selain itu, sakit perut yang disertai dengan keluarnya darah segar juga harus segera mendapat penanganan dokter.

Untuk memastikan penyebab BAB berdarah, dokter akan melakukan pemeriksaan melalui sampel tinja di laboratorium. Setelah diketahui penyebabnya, dokter akan melakukan penanganan sesuai dengan penyebab yang mendasari.

Meski umum terjadi, BAB berdarah saat hamil tetap harus diwaspadai dan tidak boleh dianggap sepele. Segera periksakan diri ke dokter jika keluhan BAB berdarah terus berlanjut atau bahkan terasa semakin parah.

Tags: #cara mengatasi BAB berdarah saat hamil #jangan suka mencari istri yang pintar cari uang #manfaat daun gedi bagi kesehatan