Janji Surga Bagi Ibu yang Mengalami Keguguran, Inilah Dalilnya Dan penjelasannya


Kabar kehamilan merupakan suatu hal yang sangat membahagiakan dan ditunggu-tunggu oleh orang yang sudah menikah. Setiap pasangan pasti mendambakan keturunan seiring banyaknya usaha yang dilakukan agar cepat dikaruniai momongan. (foto cover: ilustrasi)

Sayangnya, di beberapa kehamilan banyak terjadi halangan dan hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya keguguran.

Keguguran atau stillbirth merupakan kematian janin ketika dalam kandungan atau selama proses persalinan. Dalam ilmu fikih dikenal dengan istilah as-siqthu, yaitu meninggalnya anak selama dalam kandungan ibu sebelum waktunya lahir dan sudah jelas wujudnya. Bentuk yang gugur dari kandungan wanita menurut fikih ada beberapa macam yaitu, sperma, segumpal darah, segumpal daging dan janin mukholaq (janin yang sudah sempurna penciptaannya).

Keguguran tentunya membuat ibu dan orang tua dari calon bayi menjadi sedih, sebab bayi yang dinantikan meninggal sebelum sempat dilahirkan. Tapi, Allah Swt telah menyiapkan balasan bagi ibu yang bersabar menghadapi ujian kehilangan si buah hati dengan sebaik-baiknya ganjaran.

Berikut adalah beberapa bentuk pahala dari Allah pada orang yang mengalami keguguran.

1. Jaminan syafaat bagi kedua orang tuanya

Anak yang meninggal dalam kandungan ibunya akan menarik kedua orang tuanya dari neraka dan memasukkannya ke surga.

Dari Ali ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya bayi yang meninggal dalam kandungan ibunya akan marah kepada Rabb-nya jika Ia memasukkan kedua orang tuanya ke dalam neraka. Lalu dikatakan kepadanya, ‘Wahai bayi yang marah kepada Rabbnya, masukkanlah kedua orang tuamu ke dalam surga’. Maka ia menarik keduanya dengan tali pusarnya hingga masuk ke dalam surga.” (HR. Ibnu Hibban).

2. Dibuatkan rumah di Baitul Hamdi

Salah satu pahala yang dijanjikan untuk ibu yang keguguran calon buah hatinya adalah dibuatkan rumah di surga yang bernama Baitul Hamdi (rumah pujian).

Sebagaimana hadis nabi Muhammad saw yang diriwayatkan dari Abu Musa al-Asy’ari, bahwasannya Rasulullah saw bersabda:

Apabila meninggal anak dari seorang hamba, maka Allah berfirman kepada malaikat: “Kamu telah mencabut (nyawa) hamba-Ku?” Para malaikat menjawab: “Ya” Kemudian Allah berfirman, “Kamu telah mencabut (nyawa) buah hatinya?” Para malaikat menjawab: “Ya” Maka allah berfirman, “Apa yang dikatakan hamba-Ku?”. Para malaikat menjawab: “Ia memuji-Mu dan bersabar mengharapkan pahala-Mu”. Lalu Allah berfirman: “Bangunkanlah rumah di surga untuk hamba-Ku, dan berilah nama bait al-Hamdi.”(HR. Tirmidzi).

3. Menghalangi kedua orang tua dari siksaan neraka

Anak yang meninggal akan menghalangi kedua orang tuanya dari siksaan api neraka sebagaimana hadis riwayat Ibn Majah:

Dari Abdullah radhiyallahuanhu berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Barang siapa ditinggal mati tiga anak laki-laki yang belum balig, maka mereka akan menjadi benteng penghalang baginya dari siksa neraka.” Abu Dzar berkata, “Aku telah kehilangan dua orang anak.” Rasulullah bersabda, “Dan dua anak.” Ubay bin Ka’ab, ahli Al-Qur’an berkata, “Aku telah kehilangan satu anak.” Rasulullah bersabda, “Dan satu anak.”

4. Anak akan diasuh oleh nabi Ibrahim di Raudhah

Dalam perjalanan Isra Mikraj, Nabi Muhammad saw melihat anak kecil bersama nabi Ibrahim di Raudhah. Di sebuah kebun yang indah Nabi saw melihat banyak sekali anak-anak kecil yang diasuh oleh nabi Ibrahim as. Ditututrkan Rasul saw:

“Lalu kami mendatangi sebuah kebun yang secara merata berisi warna musim semi, di antara dua tepi kebun terdapat seseorang yang jangkung, yang nyaris aku belum pernah melihat manusia yang kepalanya memanjang di langit seperti itu, dan di sekitar orang itu terdapat banyak anak-anak kecil yang pernah aku lihat. Saya bertanya, ‘Apa ini sebenarnya, mereka ini siapa?’ Adapun laki-laki jangkung dalam taman, ia adalah Ibrahim ‘alaihissalam, adapun anak-anak di sekitarnya adalah bayi yang mati di atas fitrah.”

Lantas sebagian sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, juga anak orang-orang musyrik?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Juga anak-anak orang-orang musyrik!” (HR. Bukhari)

======

Tolong Hentikan Kebiasaan Ini Sebelum Menyesal! Tidur dengan Bantal Ditumpuk Dua Ternyata Bisa Datangkan Bahaya Kesehatan, Ahli Ungkap Penyebabnya

Tidur adalah sebuah kegiatan yang menyehatkan karena memiliki banyak fungsi.

Dengan tidur, tubuh dapat memperbaiki jaringan sel yang rusak dan dapat mengembalikan energi.

Meski menyehatkan, tak sedikit orang yang mengeluhkan beberapa hal setelah bangun tidur.

Di antaranya adalah leher yang terasa kaku atau nyeri dan bahkan bisa berlangsung seharian.

Melansir TribunSumsel.com, dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, dr. Jalalin, Sp.KFR, kondisi ini ternyata berkaitan dengan kebiasaan dan posisi tidur.

Kebiasaan ini salah satunya adalah tidur dengan bantal ditumpuk dua atau bantal terlalu tinggi.

Bagi sebagian orang posisi ini memang lebih nyaman karena membuat posisi kepala lebih tinggi dibandingkan badan.

Namun, menurut dr. Jalalin, Sp.KFR, posisi tidur yang seperti ini justru dapat membahayakan.

Selain membuat leher terasa kaku dan nyeri, otot di sekitar leher bisa tertarik atau bahkan syaraf terjepit.

“Bantal yang terlalu tinggi, dapat membuat posisi leher menjadi tegang sehingga membuat otot tertarik atau syaraf terjepit,” jelas dr. Jalalin.

Adapun posisi tidur yang direkomendasikan dr. Jalalin adalah bagian kepala dan leher yang sejajar dengan semua bagian tubuh.

“Posisi yang baik itu, bagian kepala dan kaki itu sejajar. Sehingga leher tidak dibuat kaku dan tidak menimbulkan nyeri nantinya,” paparnya.

Walau demikian, hal ini juga bukan berarti kita harus tidur tanpa bantal sama sekali.

Menurut dokter spesialis telinga, hidung, tenggorokan dan bedah kepala leher, dr. Arina Ikasari Muhtadi, Sp.THT-KL, bantal adalah suatu keharusan.

“Bantal suatu keharusan untuk tempat tidur. Tidak pernah dari sisi medis disarankan untuk tidur tanpa bantal,” ungkapnya yang dikutip dari Kompas.com

dr. Arina juga menyebutkan bahwa tidur menggunakan bantal penting bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti penderita refluks atau penyakit asam lambung.

Oleh karena itu, penting untuk memilih jenis bantal yang baik untuk mendukung tidur yang berkualitas.

Bantal yang terbuat dari memory foam adalah salah satu bantal yang direkomendasikan untuk tidur.

Pasalnya, bagian bawah bantal ini lebih tebal dan bagian tengahnya lebih tipis sehingga dapat menyangga leher dan membantunya tetap sejajar.

======

Bisa Bikin Mati Muda, Jangan Pernah Minum Air Kelapa Campur Jeruk Nipis Bila Kondisi Tubuh Seperti Ini, Hindari Segera

Sejumlah informasi campuran air kelapa dan jeruk nipis yang dipercaya mampu menangkal virus Covid-19 beredar di tengah masyarakat.

Memang, ramuan ini biasanya dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh, namun tidak bisa menangkal virus Covid-19.

Alih-alih menyehatkan, racikan air kelapa dicampur jeruk nipis ini ternyata malah bisa membahayakan kesehatan pada orang dengan kondisi tertentu.

Bebebera waktu lalu anjuran agar pasien Covid-19 mengonsumsi air kelapa campur jeruk nipis dan garam setiap hari.

Racikan air kelapa, jeruk nipis dan garam ini disebut-sebut ampuh melawan virus corona agar pasien bisa segera negatif dan sembuh.

Faktanya, racikan air kelapa dan jeruk nipis ini ternyata tidak terbukti secara ilmiah mampu membunuh virus Covid-19, loh!

Bahkan, bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu, racikan ini justru bisa menyebabkan nyawa melayang.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 PB IDI, Profesor Zubairi Djoerban menegaskan informasi air kelapa campur jeruk untuk membunuh virus corona ini hanya hoaks.

“Contoh WhatsApp tak bertanggung jawab. Tentang air kelapa yang diklaim bisa sembuhkan Covid-19. Ini klaim palsu,” jelas Prof Zubairi di Twitter, Rabu (21/7/2021).

Adapun Guru Besar Departemen Penyakit Dalam FKUI, dr Ari Fahrial Syam, memaparkan klaim campuran bahan-bahan tersebut belum terbukti secara medis dapat membunuh COVID-19 dan bisa menimbulkan efek samping bagi orang-orang yang memiliki masalah lambung.

“Kalau orang ada masalah dengan maag, itu bisa jadi problem. Jeruk nipis asam sama garam asin, maag-nya bisa kambuh.”

“Saya terus terang saja juga ada pasien-pasien dapat jeruk nipis, jadi maag-nya kambuh,” ujar dr Ari dilansir dari laman Satgas COVID-19.

Hal ini bisa menyebabkan mual, muntah, diar dan masalah saluran cerna lainnya.

Asam lambung yang naik secara tidak terkendali juga memperparah sesak nafas yang bisa membahayakan nyawa pasien Covid-19.

Maag dan asam lambung tinggi juga menyebabkan rasa tidak nyaman saat beraktifitas maupun beristirahat.

Padahal pasien Covid-19 diharapkan bisa mendapat waktu istirahat yang cukup agar tubuh bisa melawan virus.

Nah, Anda sebaiknya betul-betul paham dengan kondisi tubuh Anda.

Jika memiliki riwayat sakit maag atau asam lambung, jangan coba-coba minum racikan air kelapa dicampur jeruk nipis dan garam.

Bukan berarti air kelapa tidak ada manfaatnya ya!

Mengutip Tribunpalu, kandungan di dalam air kelapa memang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Akan tetapi jangan salah mengartikan bahwa hal ini berarti air kelapa bisa membuat tubuh terlepas dari berbagai penyakit.

Air kelapa hanya membantu agar terhindar dari dehidrasi.

Sebaiknya minum air kelapa murni, tanpa campuran jeruk nipis dan garam agar lambung terjaga dan maag tidak kambuh.

Imbangi pula dengan makan makanan bergizi, minum banyak air putih, istirahat dan cukup dan mengonsumsi vitamin tambahan agar tubuh lebih kuat melawan virus Covid-19.

Selain diminun, air kelapa juga bsia digunakan untuk perawatan kulti wajah dengan cara menggunakannya untuk cuci muka.

Nah berikut manfaat menakjubkan mencuci wajah dengan air kelapa muda melansir dari Boldsky:

1. Mencerahkan kulit

Jika anda setiap hari banyak melakukan aktivitas di luar dan berhadapan langsung dengan sinar matahari, maka disarankan untuk mencuci muka dengan air kelapa muda sebanyak dua kali dalam sehari.

Dengan begitu kulit anda bisa lebih sehat dan lebih cerah. Air kelapa juga mengandung sifat asam yang bermanfaat bagi wajah.

Sifat asam tersebut bisa membantu memperbaiki tekstur kulit. Selain itu juga bisa menghilangkan noda hitam pada wajah anda.

2. Menghilangkan wajah berjerawat

Air kelapa juga berperan sebagai anti racun dan peradangan. Sehungga bisa membantu dalam proses penyembuhan jerawat.

Basulah wajah dengan air kelapa muda sebanyak dua kali sehari. Cara ini juga bisa membuat wajah terbebas dari bekas jerawat.

Tags: #berbahaya bantal ditumpuk jadi dua #jangan minum air kelapa dengan jeruk nipis #janji surga bagi ibu yang mengalami keguguran