Jika Punya Tanaman ini Dirumah Musnahkan, Kalau Tidak Ingin Memb*nuh Balita Anda


Memang menamam tanaman yang hijau dalam rumah akan terlihat segar. Selain itu masih banyak manfaatnya bagi kesehatan, contohnya adalah dapat membersihkan udara dalam rumah. Tapi jangan salah dengan tanaman hijau yang satu ini karena bisa menjadi pemicu kematian anak anda.

Jika Punya Tanaman ini Dirumah Musnahkan, Kalau Tidak Ingin Membunuh Balita Anda

Ada suatu tanaman yang telah diteliti oleh NASA, yaitu jenis ivy. Tanaman jenis ini menyehatkan, karena tanaman ini merupakan filter udara nomor satu karena sangat ampuh menyerap formaldehyde.

Selain itu masih banyak lagi fungi tanaman dalam rumah/ruangan. Karena itu hampir kebanyakan orang suka pada tanaman hijau yang indah, serta umumnya tanaman itu ditanam di depan rumah. Tetapi sayangnya, banyak yang tidak paham bila ada banyak tanaman yang memiliki efek buruk untuk kesejahteraan bahkan kesehatan keluarga kita.

Keadaan akan semakin jelek bila anak-anak Anda tak tahu bahaya yang mengintai apabila terkait segera dengan tanaman beracun ini.

Berikut ini yaitu saran dari seorang ibu, agar Anda lebih siaga apabila Anak atau keluarga Anda tengah ada di sekitaran tanaman yang beracun ini, apabila tidak ingin peroleh kerugian besar.

“Saya barusan kehilangan malaikat kecil saya yang baru berusia 3 th, ia menelan daun dari tanaman beracun ini, lidahnya membengkak serta membawanya ke kematian. Tanaman beracun ini telah menyambar putri saya, jadi saya memperingatkan pada umumnya orang, tak untuk menanam tanaman yang beracun di rumah.

Dieffenbachia yaitu tanaman yang demikian indah serta seringkali diketahui di rumah dan kantor. Warnanya yang hijau bisa berikan keindahan lingkungan dan jadi pemandangan yang mempesona. Tetapi sayangnya, tanaman ini memiliki efek yang demikian memiliki resiko.

Anak-anak dan hewan peliharaan yang kunyah dieffenbachia dapat mengakibatkan beberapa gejala, seperti mati rasa yang jalan dengan cara terus-menerus, iritasi mulut, air liur sangat berlebihan, dan pembengkakan di ruangan mulut. Bahkan yang paling fatal dapat menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidak menanam tanaman ini di rumah untuk bertindak mencegah. Dieffenbachia dapat memiliki efek yang kuat pada beberapa orang, bahkan walau Anda hanya mengkonsumsi dalam jumlah kecil.

Tanaman ini dapat menyebabkan kematian pada anak-anak hanya kurun saat satu menit, tengah pada orang dewasa bisa bereaksi dalam waktu 15 menit. Bahkan apabila Anda menyentuh tanaman ini lantas mengucek mata dengan tangan yang sama, hal itu dapat menyebabkan kebutaan permanen.

Tetapi, apabila Anda tetaplah inginkan menanamnya di lingkungan rumah Anda, jangan sampai lengah serta senantiasa awasi anak-anak serta hewan peliharaan Anda untuk mencegah banyak hal negatif berjalan pada beberapa orang yang Anda cintai.”

Begitu pesan seorang ibu, anda bisa mencari tahu seberapa bahaya tanaman ini. Karena memang getahnya yang beracun.

======

5 Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat buah pinang sangatlah beragam. Buah yang banyak diolah menjadi pewarna hingga makanan ringan ini memiliki beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan dan manfaatnya sayang jika dilewatkan.

Buah pinang kerap digunakan dalam tradisi menyirih oleh sebagian masyarakat Indonesia. Selain itu, buah pinang juga bisa diolah menjadi jus, kopi, jamu, atau dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

Buah pinang atau biji pinang merupakan tanaman yang termasuk ke dalam jenis palem-paleman. Buah ini telah sejak lama dikenal sebagai buah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut dikarenakan buah pinang memiliki beragam nutrisi, seperti:

  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat kompleks
  • Zat besi
  • Vitamin B kompleks
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Antioksidan, termasuk flavonoid dan polifenol

Beragam Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan

Meski memiliki ukuran yang kecil, buah pinang menyimpan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat buah pinang adalah:

1. Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut

Buah pinang diketahui bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut. Hal ini berkat kandungan zat antibakteri dalam buah pinang yang dapat membunuh bakteri jahat di rongga mulut serta gigi dan gusi.

Buah ini pun digunakan secara tradisional untuk membersihkan mulut dan mengatasi masalah pada gigi dan mulut, seperti mulut kering, gigi berlubang, dan karang gigi.

2. Menurunkan tekanan darah

Kandungan zat tannin dan kalium yang tinggi pada buah pinang bermanfaat untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Efek ini menjadikan buah pinang aman dan baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

3. Mencegah dan mengatasi anemia

Buah pinang juga mengandung zat besi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, buah pinang baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi kurang darah atau anemia.

Selain mengonsumsi buah pinang, anemia juga dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan lain yang kaya akan zat besi, seperti daging, hati, ikan, bayam, dan kacang kedelai.

4. Melancarkan pencernaan

Dalam pengobatan tradisional, buah pinang kerap digunakan untuk membunuh parasit, seperti cacing, di dalam saluran cerna. Buah pinang juga dapat merangsang pergerakan usus dan mengatasi masalah pencernaan, seperti perut kembung dan sembelit.

5. Menambah energi

Buah pinang mengandung senyawa alkaloid alami dan zat yang bersifat stimulan. Zat yang terkandung pada buah pinang tersebut bermanfaat untuk menambah energi dan stamina, serta meningkatkan daya konsentrasi.

Selain berbagai manfaat di atas, buah pinang juga disebut dapat meningkatkan nafsu makan, merangsang produksi air liur, dan mengobati penyakit mata, seperti glaukoma.

Meski demikian, belum ada riset yang menyebutkan bahwa buah pinang terbukti efektif dan aman dikonsumsi sebagai obat herba untuk mengatasi berbagai penyakit. Oleh karena itu, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu jika hendak menggunakan buah pinang sebagai pengobatan.

Beberapa Risiko Efek Samping Buah Pinang

Di balik beragam manfaat yang ditawarkan, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah pinang berpotensi menimbulkan efek samping berbahaya bagi kesehatan. Efek samping ini lebih berisiko muncul jika buah pinang dikonsumsi dengan cara-cara tertentu, misalnya bersamaan dengan tembakau.

Berikut ini adalah beberapa risiko dan efek samping buah pinang yang bisa saja terjadi:

Meningkatkan risiko kanker

Buah pinang diketahui mengandung zat karsinogen, yaitu zat yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Beberapa penelitian pun menyebutkan bahwa penggunaan buah pinang dalam jangka panjang dengan cara dikunyah (nyirih) dapat meningkatkan risiko kanker mulut, kanker kerongkongan, dan kanker tenggorokan.

Menimbulkan peradangan mulut

Kebiasaan mengunyah buah pinang diketahui dapat memicu peradangan di dalam mulut. Hal ini dapat memicu berbagai masalah pada mulut, misalnya terbentuknya jaringan parut di rongga mulut dan meningkatnya risiko kanker mulut.

Mengganggu kesehatan saraf dan otak

Buah pinang mengandung zat stimulan alami. Zat ini dapat merangsang kinerja dan aktivitas saraf otak. Namun, jika dikonsumsi dalam jangka panjang, buah pinang dapat mengganggu aktivitas saraf dan otak.

Buah pinang bahkan disebut dapat memicu efek halusinasi jika dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa riset pun menyebutkan bahwa konsumsi buah pinang dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko gangguan mental.

Membahayakan kehamilan dan janin

Hingga saat ini, buah pinang belum terbukti aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Bahkan, tak sedikit penelitian yang menyebutkan bahwa buah pinang berpotensi menimbulkan masalah pada kehamilan, misalnya berat badan janin rendah.

Secara umum, buah pinang memang masih terbilang baik dikonsumsi sebagai suplemen herba atau makanan sehat. Namun, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan atau dalam jangka panjang, karena buah ini belum terbukti aman sepenuhnya bagi kesehatan.

Meski jarang terjadi, buah pinang juga dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang. Reaksi tersebut dapat memicu gejala gatal-gatal, mual, diare, hingga sesak napas. Jika Anda mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi buah pinang, segeralah ke dokter atau kunjungi rumah sakit terdekat.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat buah pinang dan risikonya bagi kesehatan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan saran mengenai konsumsi buah pinang sesuai kondisi kesehatan Anda.

Tags: #manfaat buah pinang bagi kesehatan #tanaman harus dimusnahkan