Kabar Tukul Arwana Sekarang, Begini Saat Pertama Kali Ditemukan Tak Berdaya: Dipanggil Enggak Nyahut


Setelah terkena pendarahan otak beberapa waktu lalu, ada kabar terkini mengenai Tukul Arwana.

Pelawak sekaligus presenter Tukul Arwana itu kini memang tengah menjalani perawatan.

Sebelumnya, Tukul Arwana dikabarkan dalam kondisi tak berdaya.

Ada momen pertama kalinya Tukul Arwana tak berdaya dan dilarikan ke rumah sakit.

Sosok yang pertama kali menemukan Tukul Arwana dalam kondisi tak berdaya adalah putra bungsunya, Wahyu Zhovan Utama.

Saat hadir menjadi bintang tamu di sebuah acara televisi, Zhovan menceritakan awal mula sang ayah sakit.

Hal itu disampaikan dalam video yang diunggah di kanal YouTube Indosiar, Senin (10/1/2022).

Zhovan mengaku kaget saat sampai di rumah, Tukul Arwana menunjukkan sikap yang tak biasa

Menurut Zhovan, ayahnya tidak merespons ucapannya di depan televisi.

Padahal biasanya, Tukul selalu memangilnya dan menciumnya saat bertemu.

Namun kalau itu komedian berusia 58 tahun ini hanya diam.

“Biasanya ayah yang manggil langsung. ‘Eh udah datang ya’ gitu di rumah terus ngajak cium tapi ini enggak,” ungkap Zhovan.

“Habis pulang keliling, langsung di rumah, ayah nggak ngomong-ngomong.”

“Aku langsung kaget ini kenapa ayah, terus aku manggil masih tiduran, nggak nyahut-nyahut,” paparnya.

Zhovan bahkan menangis mengetahui kondisi Tukul Arwana yang tak biasa itu.

“Langsung nangis karena nggak pernah lihat ayah begitu,” ucap Zhovan.

Curiga terjadi apa-apa, Zhovan lantas memanggil sang kakak.

Sementara itu, Novita Eka Afriana, anak kedua Tukul, menceritakan kronologi ketika pertama kali dia melihat ayahnya.

“Aku di rumah, lagi tiduran di kamar, ayah di depan tv, adik aku Zhovan manggil aku, ‘Kakak, kok ayah diem aja,'” kata Vita dikutip dari YouTube Indosiar.

“Udah tiduran di depan tv, kayak di bawah sofa,” lanjutnya.

Zhovan yang juga ada di sana, seperti sedang menahan tangis ketika menceritakan kembali kejadian hari itu.

“Kayak beda aja, biasanya ayah yang panggil, langsung ‘eh udah datang,’ terus ngajak cium, tapi ini enggak,” kata Zhovan terbata-bata.

“Aku langsung kaget, ini kenapa Ayah, aku manggil masih tiduran, enggak nyaut-nyaut,” lanjutnya.

Anak bungsu Tukul itu mengaku hanya bisa menangis melihat kondisi ayahnya yang sudah tidak merespons dirinya.

“Langsung nangis karena enggak pernah lihat ayah begitu,” ucapnya yang langsung memanggil kakaknya.

Tangis Zhovan akhirnya pecah usai menceritakan kondisi ayahnya saat itu.

Arwana Sementara itu, Vita yang menceritakan kronologinya, sempat berpikir ayahnya itu hanya sedang bercanda. “Aku pikir ayah becanda, soalnya dia diem aja,” kata Vita.

“Aku bilang,’Ayah kenapa,’ tapi enggak jawab. Akhirnya didudukin, aku kasih minum, pas aku kasih minum, udah enggak bisa minum,” lanjutnya

Namun saat itu ayahnya masih bisa merespons ketika ada air yang tumpah.

Tukul masih sempat mengelap air yang tumpah ke tubuhnya, hanya saja sudah tidak bisa berbicara.

Akhirnya Vita melarikan ayahnya ke rumah sakit terdekat, tapi karena rumah sakit itu khusus ibu dan anak, dokter di sana menyarankan mereka untuk membawa Tukul ke dua rumah sakit.

Salah satu rumah sakit yang kemudian mereka pilih adalah Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON), Cawang.

Dalam kondisi panik karena harus mengejar waktu, ditambah jalanan yang macet, kerabat mereka yang saat itu mengendarai mobil tersebut akhirnya meminta tolong pada polisi.

Dia langsung menggedor mobil polisi yang sedang patroli di tol.

“Sampai sekarang saya lupa namanya, ada dua polisi standby di pintu tol Tendean, saya langsung berhenti, saya gedor-gedor,” kata Kimon, kerabat mereka.

“Sampai polisinya mungkin pasti kaget, kayak gini (seperti akan ambil pistol), tahu-tahu ini ada orang, tiba-tiba mepet,” ucapnya memaklumi tindakan polisi saat itu yang terkejut.

Sambil berteriak minta tolong Kimon menceritakan kondisi Tukul yang perlu segera di bawa ke rumah sakit.

Kabar Tukul Arwana Sekarang

Bersyukur kondisi Tukul terus mengalami perkembangan.

Tukul dikabarkan sudah sadar dan responsif.

Diberitakan sebelumnya, Tukul Arwana diprediksi membutuhkan waktu hingga dua tahun untuk dapat sembuh secara total pasca operasi akibat pendarahan otak.

Pulang dari RS PON, Tukul Arwana masih harus menjalani perawatan intensif di rumah.

Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh manajer Tukul Arwana, Rizki Kimon.

“Ya mungkin menurut hitungan dokter dan orang awam bisa setahun dua tahun ya (pemulihan total),” kata Rizki Kimon, dikutip dari Tribunnews.com.

Kendati begitu, pihak keluarga tetap optimis.

Mereka berharap Tukul Arwana bisa sembul total dalam waktu dekat.

“Tapi pihak keluarga berharapnya sembuh cepet,” ucap Kimon.

“Kita sih penginnya bulan depan selesai ya, Mas Tukul udah lari, udah syuting, bisa eaa eaa lagi,” lanjutnya.

Pihak keluarga pun sempat memikirkan opsi pengobatan di luar negeri terkait kondisi kesehatan sang pelawak.

Namun, Rizki Kimon menegaskan jika Tukul tengah fokus menjalani fisioterapi.

“Untuk sekarang lebih fokus fisioterapi sama gizi nomer satu, kemudian yang paling penting ikhtiar dan dukungan,” terangnya, dikutip dari Tribunnews.com.

Kimon juga berujar bahwa ada banyak teman dan rekan kerja komedian itu yang menawarkan pengobatan di luar negeri.

Tetapi untuk saat ini, pihak keluarga masih memilih pengobatan di dalam negeri.

Sebab, mereka yakin kualitas pengobatan di Indonesia tak kalah bagus dengan luar negeri.

“Untuk itu kita sih masukan pasti banyak, cuman saat ini fokus di Indonesia aja dulu,” ujar Rizki Kimon.

“Di Indonesia itu bagus juga nggak kalah sama di luar. Apalagi pandemi pasti ribet kita yakin kualitasnya juga nggak kalah kok,” sambungnya.

Sedih, kondisi miris 3 artis senior yang sakit kronis: Tukul ditemukan tergeletak di lantai

Doa dari publik mengalir untuk kesembuhan tiga artis senior yang saat ini sedang sakit. Biasa tampil segar dan menghibur di layar kaca, kini kondisi fisik Tukul Arwana, Dorce Gamalama dan Pak Ogah melemah.

Di antara mereka bahkan ada kesulitan berjalan dan mulai linglung. Saat ini ketiganya sedang menjalani perawatan di rumah. Ada kondisinya mulai membaik meski belum mampu beraktivitas seperti biasa, salah satunya Tukul Arwana.

Tukul Arwana sempat tidak merespons

Kondisi Tukul Arwana saat mengalami pendarahan otak diceritakan oleh anaknya, Novita Eka Afriana. “Aku lagi di rumah, aku lagi tiduran di kamar, ayah itu lagi di depan TV, terus adik aku Zhovan manggil aku ‘kakak, kok ayah diam saja’ udah tiduran di bawah sofa gitu,” kata Novita, dikutip dari Youtube Indosiar, 11 Januari 2022.

Saat itu, kondisi Tukul sadar dan membuka mata tapi tidak mampu minum dan bicara. Dalam video yang beredar, tubuhnya terlihat kurus. Tukul juga sempat terlihat linglung.

Tapi kini kondisi kesehatannya berangsur membaik dan bisa beraktivitas ringan. “Dulu kan kalau duduk di kursi gini saja susah, masih duduk kadang ke kiri, kadang ke kanan. Sekarang dia bisa duduk, makan disuapin gitu, bisa,” kata Rizki Kimon, perwakilan keluarga.Tukul akan menjalani fisioterapi untuk mengembalikan kemampuan berbicara.

Pak Ogah semakin lemah

Kondisi Pak Ogah benar-benar memprihatinkan. Dia tidak memiliki uang untuk berobat makanya selalu menolak untuk menjalani perawatan. “Alasannya kasihan (keluarga), kan enggak punya duit. Biar duitnya buat makan saja,” kata Ibrahim, adik Pak Ogah, dikutip dari Suara.com, 12 Januari 2022.

Karena kondisi fisik yang melemah, Pak Ogah hanya bisa menghabiskan waktu di tempat tidur. “Sekarang sudah lebih parah. Kalau diajak ngomong, sudah makin enggak nyambung,” ujar Ibrahim.

Tubuhnya makin lemah karena Pak Ogah enggan makan. “Sekarang ini 5 hari nge-drop. Enggak bisa makan, enggak nafsu. Tapi jalan masih kuat. Makan saja yang enggak mau,” kata Yuyun, istri Pak Ogah.

Dorce tetap optimis

Artis senior yang saat ini sedang berjuang untuk sembuh selanjutnya adalah Dorce Gamalama. Ditemui Sule, Dorce masih terlihat ceria meski tubuhnya terlihat mengurus dan lemah di atas kursi roda.

Dia tetap bersyukur atas sakit yang diderita. “Sakit itu kan anugerah. Namanya orang sehat, sakit datang pada siapa saja. Kita minta sama Allah, kalau bisa dikasih umur panjang, mudah-mudahan lebih baik. Kalau memang sudah umurnya sampai, memang udah waktunya,” kata Dorce dalam kanal Youtube Sule Channel.

Dorce mengaku kondisinya berangsur membaik, terutama pada bagian kaki. “Soalnya Le, ini tinggal berapa langkah lagi, Ini udah mulai enak. Tadinya ngilu.”

Semoga ketiga artis senior di atas segera diberi kesembuhan, ya Hopers. Yuk, kita doakan mereka.