Kecanduan Ponsel, Bocah 2 Tahun Ini Harus Jalani Operasi Mata, Peringatan untuk Orang Tua!


Di zaman sekarang, hampir semua orang menggunakan ponsel. Namun bukan berarti anak-anak termasuk. Kisah di bawah ini bisa menjadi contoh bahayanya jika anak-anak menggunakan ponsel. Dilansir dari elitereaders.net pada Mingu (23/12/2018), seorang ayah asal Thailand mengunggah cerita di Facebook mengenainya putrinya masih yang masih berusia 2 tahun pada 2 November 2018. Dachar Nuysticker Chuayduang, nama ayah tersebut, menceritakan bahwa ia mengenalkan putrinya pada ponsel dan iPad pada usia 2 tahun. meskipun peristiwa ini telah terjadi beberapa waktu lalu, namun bisa kita ambil hikmah dan pelajarannya.

Akibatnya si anak menjadi kecanduan bermain ponsel. Jika ponselnya diambil darinya, ia akan kesal, marah, hingga menjerit. Jadi, agar putrinya tidak lagi berteriak atau menangis, akhirnya Dachar membiarkan putrinya menggunakan ponsel.

Hanya saja kebiasaan ini membuat kesehatan mata si anak menjadi semakin buruk. Akibatnya ia harus menggunakan kacamata.

Sayangnya kacamata tidak cukup. Karena penglihatan si anak terus mengalami penurunan.

Agar ia dapat memulihkan penglihatannya, dokter menyarankan ia harus menjalani operasi mata. Ini bertujuan agar si anak tidak buta.

Menurut diagnosis dokter, gadis ini menderita mata malas dengan salah satu mata juling. Ini adalah salah satu komplikasi paling serius dari miopi dan astigmatisme.

Jika terus dilakukan, mata si anak tidak akan pernah bisa disembuhkan. Menurut dokter, umumnya penyebab mata malas adalah kelainan refraksi seperti rabun jauh, rabun dekat, astigmatisme, dan pembiasan terdistorsi.

Tapi melihat ponsel atau tablet dalam jarak dekat dan dilakukan sering kali juga bisa menjadi penyebab masalah mata ini.

Amblyopia atau mata malas terjadi ketika salah satu mata tidak berkembang dengan benar, misalnya salah satu mata rabun jauh dan yang lainnya tidak.

Dalam kondisi ini, otak akan terus memiliki 2 gambar yang akan membingungkan yakni gambar yang buram dan jelas.

Ketika mata mengalami kondisi ‘mata malas’, mata tidak bisa melihat suatu obyek dengan jelas. Akibatnya, ia membuat otak bekerja keras untuk melihatnya.

Jika dibiarkan, mereka yang mengalami kondisi ini, terutama anak-anak, bisa mengalami gangguan penglihatan permanen saat memasuki usia 6 hingga 1- tahun.

Sebuah penelitian di Korea Selatan menyatakan bahwa anak-anak yang sering menggunakan ponsel beresiko mengalami mata juling sementara.

Balik ke kasus putri Dachar, setelah dokter melakukan operasi, dokter meminta agar si anak tidak menggunakan ponsel selama beberapa waktu.

Selain ponsel, anak juga dilarang terkena cahaya layar televisi terlalu sering. Ini bisa membahayakan matanya juga.

Belum lagi fakta bahwa ponsel membuat si anak sulit untuk fokus belajar.

Dengan kasus putrinya ini, Dachar ingin memperingatkan seluruh orangtua lainnya agar tidak membiarkan anak mereka bermain ponsel.

Jika anak remel dan menangis, bermainlah bersama mereka. Jangan memberikan ponsel agar mereka diam dan tidak rewel. Ponsel dan tablet tidak hanya memengaruhi penglihatannya, tetapi juga membuatnya sulit untuk fokus belajar.

======

Kenapa Bayi/Balita Tak Suka Diselimuti Saat Tidur Meski Dingin? Ini Penyebabnya

Dulu sebelum melahirkan, asumsi saya bayi lebih mudah kedinginan di ruang ber-AC jadi harus dikasih selimut yang agak tebal.

Ternyata, saya salah bunda… Bayi ternyata lebih tahan pada suhu dingin dibanding orang dewasa.

Mengapa bisa begitu?

Karena bayi punya Jaringan Lemak Coklat (Brown Adipose Tissue) yang lebih banyak, terutama pada bayi yang lahir cukup bulan dan terbatas hanya di jaringan bawah kulit leher dan punggung.

Jaringan ini akan makin berkurang dan menyusut pada anak yang lebih besar dan hanya tertinggal sedikit pada orang dewasa.

Dalam sel jaringan lemak coklat, cadangan energi dirubah menjadi panas.

Keistimewaan lain dari jaringan ini adalah selnya dapat menyimpan sampai dengan 40% dari lemak bayi.

Kenaikan suhu tubuh oleh jaringan ini dapat sampai 3 kali lipat dibandingkan dengan kenaikan suhu akibat berolahraga.

Kenaikan suhu oleh produksi panas sel lemak jaringan lemak coklat ini adalah penyesuaian terhadap suhu udara yang dingin dan akibat makan berlebihan,

tanpa melibatkan kegiatan otot (dalam keadaan istirahat). Jadi, ini menjadikan bayi tidak mudah kedinginan bahkan sebaliknya mudah kepanasan.

Dibandingkan dengan orang dewasa muda, perbedaan daya tahan bayi terhadap udara dingin adalah sekitar 5 derajat Celcius dan sebaliknya terhadap udara panas.

Jadi, jika orang dewasa pada suhu udara 20 derajat Celcius sudah kedinginan, bayi belum merasakan kedinginan karena untuk bayi, suhu udara 20 derajat Celcius terasa hanya 25 derajat Celcius.

Sebaliknya, jika orang dewasa pada suhu udara 25 derajat Celcius merasa cukup dingin, bayi sudah kepanasan karena terasa sama dengan suhu udara 30 derajat Celcius.

Jadi wajar kalo bayi ngak suka diselimutin.

======

1x Sebarkan ini Insya Allah Dapet Pahala, Cukuр Dіdіhkаn Kelapa Hіjаu Sеbеlum Tіdur Dan Mіnumlаh Aіrnуа, Kеnсіng Bаtu dan Batu Gіnjаl Insya Allah Sembuh

Kеlара bakar? tеrnуаtа berbeda ѕеkаlі rаѕаnуа dеngаn rаѕа kеlара muda. Rаѕа hаngаt аіr kеlара bаkаr dipercaya untuk mеnіngkаtkаn daya tаhаn tubuh dan mеnguѕіr аngіn, selain іtu kеlара bаkаr bisa jugа mеluruhkаn kеnсіng batu dan batu gіnjаl.

Kelapa Bakar Aраkаhg benarkah khаѕіаt kеlара bаkаr bеgіtu hеbаt? Tak hаnуа сіtа rаѕаnуа уаng khas, tарі аіr kelapa mеruраkаn саіrаn уаng mеmрunуаі kandungan gіzі, tеrutаmа mіnеrаl, уаng sangat baik untuk tubuh manusia. Secara khuѕuѕ, аіr kеlара kауа potasium (kаlіum). Selain mіnеrаl, аіr kelapa jugа mеngаndung gulа (bervariasi antara 1,7 ѕаmраі 2,6 persen) dan рrоtеіn (0,07-0,55 persen).

Tіnggіnуа mineral bеruра роtаѕіum dalam аіr kеlара, mampu mеnеkаn risiko terkena stroke bаgі реngіdар tеkаnаn darah tіnggі. Hаѕіl реnеlіtіаn Dr. Eugеnіо Macalalag, ahli urоlоgі dari Chinese Gеnеrаl Hоѕріtаl dаn Nаtіоnаl Kіdnеу Institut,Filipina, menunjukkan bahwa terapi air kelapa ѕаngаt еfеktіf mеlаrutkаn bаtu gіnjаl. Nаmun, tеrnуаtа penelitian tеntаng beragam manfaat itu baru dіlаkukаn pada аіr kelapa yang ѕеgаr, bukan yang ѕudаh dіbаkаr.

Sауаng, sejauh ini belum ada penelitian tentang аіr kelapa уаng ѕudаh dіbаkаr. Sереrtі hаlnуа mаkаnаn, kelapa bakar rentan аkаn rusaknya zаt-zаt mineral уаng tеrkаndung di dаlаm buаh kеlара ѕааt dі bаkаr. Mеnurut Dr. Eugenio Mасаlаlаg, ѕааt pemanasan kеlара аkаn mengubah zat-zat реntіng yang tеrkаdung dі dаlаm kеlара bakar tеrѕеbut.

Wаlаuрun belum аdа penelitiannya, kеlара bаkаr benar-benar аmрuh untuk mеluruhkаn kencing bаtu dan batu gіnjаl. іtu semuanya tеrlаh terbukti оlеh kаkаk ѕерuрu saya yang hаmріr duа tаhun mеngаlаmі kencing bаtu. Dеngаn minum kеlара bаkаr rutin 2 kаlі sehari раgі dаn mаlаm ѕеbеlum tidur mеmbuаt batu gіnjаlnуа kеluаr dеngаn ѕеndіrіnуа tаnра mеngаlаmі ореrаѕі ѕаmа sekali.

Kаdаr kеmаnіѕаn kelapa muda bаkаr atau rеbuѕ akan mеnіngkаt 1-2% brіx. Kelapa bakar mеngеluаrkаn аrоmа wаngі уаng lеbіh kuаt dаrіраdа yang dіrеbuѕ. Dаgіng buah mudаh dikelupas, hаnуа dіtаrіk dengan jari tanpa реrlu раkаі ѕеndоk. Tеkѕtur daging menjadi lеbіh lеmbut, empuk, gurih dan beraroma khas. Ingіn mеnсоbаnуа?

======

Begini Cara Menyembuhkan Asam Lambung Secara Total dengan Bahan Alami tanpa Resiko! Semuanya Pasti ada di Dapur

Ternyata ada cara menyembuhkan asam lambung secara total dengan bahan alami ini, lo.

Bahkan cara menyembuhkan asam lambung secara total ini juga tanpa resiko. Ya, asam lambung jadi penyakit yang paling sulit disembuhkan. Rasanya, penyakit satu ini sangat bandel sehingga bisa hilang dan muncul berulang kali dalam tubuh.

Nah, pada dasarnya asam lambung untuk membantu mencerna makanan. Tapi parahnya, jika seseorang yang mengalami penyakit asam lambung bisa menyebabkan sakit yang teramat pada perut. Asam lambung yang meningkat akan menyebabkan sakit yang teramat pada perut, asam lambung yang meningkat secera terus menerus akan menyebabkan suatu masalah kesehatan.

Beberapa obat alami bisa mengatasi ketidakstabilan kadar asam lambung. Meski pun tidak instan, namun obat alami ini dipercaya ampuh redakan gejalamaag atau naiknya asam lambung. Beberapa di antaranya bisa ditemukan di pekarangan rumah.

Berikut 6 obat alami untuk menjaga kestabilan kadar asam lambung:

1. Lidah buaya

Tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati asam lambung kronis. Caranya dengan mengolahnya menjadi jus. Menurut penelitian, mengonsumsi rutin selama empat minggu akan membuat kadar asam lambung menjadi normal.

2. Madu

Bahan maknan yang diproduksi lebah ini ternyata bisa atasi gejala maag. Caranya dengan mengonsumsi satu sendok teh madu setiap harinya. Bisa juga dengan mencampurkan madu bersama segelas air hangat atau teh.

3. Teh Herbal

Minuman pertama yang ampuh mengurangi gejala nyeri akibat asam lambung adalah teh herbal. Teh herbal dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan meredakan rasa mual. Pilihlah teh herbal yang bebas kafein, seperti teh chamomile atau licorice. Chamomile memang lebih dikenal sebagai bunga cantik dengan perpaduan warna putih dan kuningnya.

Akan tetapi, tanaman ini bisa diolah menjadi teh untuk membantu meredakan perut yang bermasalah karena gangguan pencernaan. Namun, tidak semua jenis teh herbal boleh dikonsumsi bagi pengidap asam lambung atau maag. Hindari teh peppermint karena dapat memicu refluks asam lambung bagi beberapa orang yang sistem pencernaannya cenderung sensitif.

4. Jahe Hangat

Jahe dikenal baik untuk mengobati berbagai masalah pencernaan. Salah satu tanaman apotek hidup ini punya segudang manfaat salah satunya membantu mengurangi dan menetralisir kadar asam lambung. Selain itu, jahe juga merangsang produksi air liur dan membersihkan asam yang berada di kerongkongan.

Cara untuk membuat minuman hangat nan sehat dari jahe ini cukup mudah. Agar aromanya keluar maksimal, bakar dahulu jahe, kemudian digeprak dan diseduh dengan air panas.

5. Jus Buah

Jus buah-buahan dapat juga mengatasi rasa tidak nyaman akibat asam lambung. Namun, hindari mengonsumsi jus dari buah yang memiliki rasa asam seperti jeruk dan nanas, kandungan asam pada buah tersebut bukannya meredakan nyeri, malah menambah asam lambung jadi naik.

Pilihlah buah atau sayur yang lebih rendah kandungan asamnya seperti buah bit, semangka, pisang, dan buah pir. Selain buah, kreasikan pula dengan sayuran seperti wortel, bayam, mentimun, atau lidah buaya.

6. Susu Rendah Lemak

Minumlah susu rendah lemak yang lebih bersahabat dengan sistem pencernaan. Selain susu rendah lemak, susu nabati juga bisa jadi pilihan tepat bagi pengidap asam lambung, seperti susu almond atau susu kedelai.

Tags: #anak kecanduan ponsel alami kerusakan mata #manfaat kelapa untuk batu ginjal #menyembuhkan asam lambung dengan bahan alami #penyebab bayi tidak suka diselimuti