Kekuatan Doa Seorang Istri, Salah Satunya Pembuka Pintu Rezeki Suami

228 views


Memiliki istri yang cantik dan salihah merupakan impian setiap kaum adam, karena istri merupakan teman disetiap suka cita hidup ini hingga akhir usia. Seuntai doa seorang istri yang salihah bisa menjadi kekuatan dan semangat bagi suami.

Itulah mengapa, keseimbangan antara suami dan istri harus selalu diperhatikan dalam kehidupan berumah tangga, suami dan istri mesti melakukan aktifitas sesuai dengan ketentuannya, seperti suami bekerja, istri mengurus rumah dan sebagainya.

Jangan sampai istri bersifat kufur terhadap Allah dan juga kufur terhadap suaminya karena hal itu akan mengantarkannya kepada siksa neraka, seperti yang disabdakan Rasulullah:

“Dan aku melihat neraka. Aku belum pernah sama sekali melihat pemandangan seperti hari ini. Dan aku lihat ternyata mayoritas penghuninya adalah para wanita.” Mereka bertanya, “Kenapa para wanita menjadi mayoritas penghuni neraka, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Disebabkan kekufuran mereka.” Ada yang bertanya kepada beliau, “Apakah para wanita itu kufur kepada Allah?” Beliau menjawab, “(Tidak, melainkan) mereka kufur kepada suami dan mengkufuri kebaikan (suami). Seandainya engkau berbuat baik kepada salah seorang istri kalian pada suatu waktu, kemudian suatu saat ia melihat darimu ada sesuatu (yang tidak berkenan di hatinya) niscaya ia akan berkata, ‘Aku sama sekali belum pernah melihat kebaikan darimu’.” (HR. Bukhari no. 5197 dan Muslim no. 907)

Maka dari itu seorang istri harus ta’dzim terhadap suami, salah satu bentuknya yaitu senantiasa mendoakan suaminya dalam keadaan apapun, baik dalam kelonggaran maupun kesempitan, dalam kebahagiaan maupun kesulitan.

Adapun berikut adalah 5 faedah doa istri untuk suami yaitu:

1. Doa istri sebagai wasilah rasa aman dari Allah

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.(QS Ar Rum; 21)

2. Doa istri sebagai semangat bagi suami.

Kelelahan yang dialami oleh suami ketika bekerja dapat terobati oleh doanya sang istri. Doa seorang istri bagaikan jamu yang isa menambah kekuatan dan juga dapat memberikan dorongan jiwa, sehingga ruhaniyah baik beruapa perasaan, mood, fikiran sang suami tetap terjaga.

3. Membuka pintu rezeki

Doa istri merupakan kunci yang pas untuk membuka pintu rezeki, ketika suami bekerja istri dirumah shalat dhuha dan bermunajat kepada, maka doa istri tidak akan tertolak oleh Allah SWT.

“Sesungguhnya doa yang segera dikabulkan adalah doa seorang istri kepada suaminya yang tidak berada di tempat yang sama atau saling berjauhan.” (HR. Tirmidzi).

4. Membuka rahmat Allah SWT.

“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”(QS Al Mukmin: 60)

5. Doa seorang istri sebagai dorongan kesuksesan suami.

Tentu pepatah ini tidak asing lagi ditelinga kita bahwa dibalik laki-laki yang sukses ada perempuan hebat dibelakangnya. Hal itu memang benar adanya.

Itulah 5 dari sekian banyak faedah doa seorang istri untuk suaminya. Dalam rumah tangga tentu yang diharapkan adalah sakinah, mawadah dan rahmah. Untuk mencapainya harus ada kiat-kiat seperti berusaha, berdoa dan sabar. Tanpa usaha, doa dan kesabaran tentu SAMAWA akan susah atau bahkan tidak akan dapat diraih dalam berumah tangga. Wallahua’lam.

======

Ini Sumber Asam Lemak Omega-3 untuk Ibu Hamil

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi beragam jenis makanan bernutrisi guna mendukung tumbuh kembang janin. Salah satu nutrisi yang perlu dicukupi adalah asam lemak omega-3. Sumber asam lemak omega-3 bisa Bumil temukan di berbagai jenis makanan. Apa saja, ya? Yuk, simak di sini!

Asam lemak omega-3 merupakan jenis lemak sehat yang berperan penting dalam membantu perkembangan saraf tubuh, otak, dan mata janin di dalam kandungan. Ibu hamil yang mengonsumsi cukup omega-3 juga berpeluang lebih besar untuk melahirkan bayi dengan sistem kekebalan tubuh yang baik.

Lebih dari itu, mencukupi asupan omega-3 terbukti dapat meningkatkan suasana hati ibu hamil yang umumnya sering naik turun, mencegah depresi pascapersalinan, mencegah persalinan prematur, dan melancarkan proses persalinan.

Sumber Asam Lemak Omega-3 untuk Ibu Hamil

Asam lemak omega-3 terbagi menjadi tiga jenis, yaitu asam dokosaheksaenoat (DHA), asam eikosapentanoat (EPA), dan asam alfa-linolenat (ALA). Ketiga jenis omega-3 inilah yang memiliki fungsi penting untuk kesehatan Bumil dan perkembangan janin.

Ada banyak sumber asam lemak omega-3 yang bisa Bumil konsumsi. Berikut adalah daftarnya:

1. Ikan dan makanan laut

Ikan merupakan salah satu sumber omega-3, terutama DHA, yang baik untuk Bumil konsumsi. Pilihlah ikan yang rendah merkuri, seperti ikan salmon, haring, sarden, teri, dan lele. Selain ikan, Bumil juga bisa mendapatkan DHA dari makanan laut yang rendah merkuri, seperti udang, cumi-cumi, scallop, tiram, atau lobster.

Waspadai bahaya ikan tinggi merkuri, ya, Bumil. Kelebihan merkuri justru dapat mengganggu perkembangan otak dan sistem saraf, serta meningkatkan risiko terjadinya gangguan penglihatan, pendengaran, pernapasan dan pertumbuhan. Contoh ikan yang tinggi merkuri adalah ikan tuna, makarel, marlin, hiu, dan tilefish.

2. Telur omega 3

Para ahli menyarakan ibu hamil mengonsumsi telur omega-3 sebagai sumber DHA. Sebenarnya kuning telur memang sudah mengandung omega-3. Akan tetapi, jumlahnya tidak begitu tinggi sehingga belum bisa dikategorikan sebagai makanan sumber omega-3. Jadi, Bumil sebaiknya memilih telur berlabel omega-3, ya.

3. Kacang kenari

Kacang kenari (walnut) merupakan pilihan camilan lezat yang kaya akan omega-3. Kacang ini bahkan mengandung lebih banyak ALA dibanding jenis kacang lainnya. Di dalam tubuh, ALA dapat menurunkan peradangan yang diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya preeklamsia dan diabetes gestasional.

4. Chia seed

Superfood yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Selain kaya akan omega-3, chia seed mengandung nutrisi yang dapat mendukung pembentukan tulang dan gigi janin, serta mencegah Bumil mengalami sembelit dan anemia.

Namun, pastikan konsumsi chia seed selama hamil dalam jumlah yang cukup. Jika dikonsumsi secara berlebihan, chia seed justru dapat membuat perut Bumil tidak nyaman atau bahkan menyebabkan diare.

5. Biji rami

Sumber omega-3 lainnya yang bisa Bumil konsumsi adalah biji rami (flaxseed). Selain omega-3, makanan ini juga mengandung beragam nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh Bumil secara keseluruhan, misalnya serat yang dapat melancarkan pencernaan dan menurunkan kolesterol darah.

Biji rami tidak bisa dikonsumsi dalam bentuk utuh. Bumil bisa mengonsumsi biji rami yang sudah berbentuk bubuk dengan menambahkannya pada yoghurt, kue, dan roti. Selain itu, omega-3 dari biji rami juga bisa didapatkan dalam bentuk minyak hasil ekstraksi.

Itulah beragam makanan dengan kandungan omega-3 yang bisa Bumil konsumsi. Selain makanan-makanan di atas, Bumil juga bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan untuk membantu memenuhi asupan omega-3. Pastikan suplemen yang Bumil pilih mengandung minimal 300 mg DHA.

Di samping omega-3, Bumil perlu mencukupi asupan nutrisi dari makanan sehat lainnya. Jika Bumil masih memiliki pertanyaan terkait makanan beromega-3 atau sumber nutrisi lain yang perlu dikonsumsi selama kehamilan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

======

Dampak Depresi bagi Tubuh yang Harus Diwaspadai

Selain berdampak negatif bagi kondisi mental, depresi juga berpengaruh pada kesehatan fisik penderitanya. Efek negatif yang muncul bisa bermacam-macam, mulai dari masalah pencernaan hingga penyakit jantung.

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang dapat memengaruhi emosi, cara berpikir, dan perilaku penderitanya. Orang yang mengalami depresi cenderung tidak semangat dalam menjalani hidup, merasa sedih terus menerus, putus asa, hingga berpikir untuk bunuh diri.

Dampak Depresi pada Tubuh

Dampak negatif depresi terhadap penderitanya sangatlah besar. Tak hanya merusak mental, kondisi kejiwaan ini juga bisa menyebabkan keluhan fisik, di antaranya:

1. Masalah pada sistem pencernaan

Depresi berkaitan erat dengan masalah sistem pencernaan. Penderita depresi biasanya mengalami peningkatan atau penurunan nafsu makan. Takaran dan nutrisi makanan yang dikonsumsi pun juga tidak diperhatikan.

Akibatnya, penderita depresi rentan mengalami berbagai masalah pencernaan, seperti sakit atau kram perut, sembelit, irritable bowel syndrome, serta kolitis ulseratif. Mereka juga akan berisiko mengalami obesitas, malnutrisi, dan pada kondisi yang parah dapat mengalami anoreksia geriatrik.

2. Penurunan gairah s*ksual

Depresi juga dapat merusak kehidupan s*ksual, lho. Orang yang depresi rentan mengalami penurunan lib*do, sehingga ia merasa enggan untuk melakukan aktivitas s*ksual atau bahkan tidak merasakan kesenangan saat berhubungan s*ks.

Selain itu, depresi juga dapat menyebabkan anorgasmia atau kesulitan mencapai org*sme serta disfungsi er*ksi.

3. Gangguan fungsi otak

Beberapa bagian otak tertentu, meliputi hipokampus dan korteks prefrontal dapat menyusut ketika seseorang mengalami depresi. Dampak dari penyusutan bagian otak ini adalah menurunnya kemampuan mengingat, menyimpan memori, membuat keputusan, dan mengolah emosi.

Selain itu, depresi juga dapat menyebabkan bagian otak bernama amigdala bekerja berlebihan. Perubahan pada amigdala ini berdampak pada pola tidur dan aktivitas penderita depresi. Nah, gangguan tidur pada penderita depresi, misalnya insomnia, dapat berujung pula pada masalah kesehatan lainnya.

4. Masalah pada jantung

Hormon stres yang dilepaskan ketika seseorang mengalami depresi dapat membuat jantung berdegup lebih cepat dan kencang. Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, kondisi ini meningkatkan risiko penyakit jantung. Salah satunya adalah penyakit jantung koroner yang bisa berakibat fatal.

5. Imunitas tubuh melemah

Depresi bisa menurunkan motivasi seseorang untuk menjalani gaya hidup sehat. Hal ini akan membuat tubuh kekurangan energi serta mengalami penurunan imunitas. Ketika imunitas tubuh melemah, tubuh tidak akan mampu melawan virus dan bakteri sehingga lebih rentan terserang penyakit.

Selain masalah kesehatan di atas, depresi juga dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala, pegal-pegal atau rasa lemas, dan nyeri yang berlangsung lama dan tidak membaik dengan pengobatan.

Dari penjelasan di atas, penting untuk kamu ingat bahwa depresi bukan masalah kesehatan yang bisa dianggap remeh dan harus segera diobati dengan tepat. Jika diabaikan, kualitas hidup penderita depresi akan semakin memburuk, baik secara mental maupun fisik.

Jika kamu mengalami gejala depresi, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater. Jalani upaya mengatasi depresi yang telah dianjurkan, sehingga perlahan-lahan kamu bisa menjalani hidup dengan lebih sehat dan bahagia.

Tags: #dampak depresi tubuh yang harus diwaspadai #doa istri pembuka pintu rezeki suami #sumber asam lemak omega untuk ibu hamil