Kenapa Orang Bermaksiat Rezekinya Ngalir Terus? Ternyata Ini “Rahasia” Dari Allah SWT


Mungkin Anda bertanya-tanya, ” orang itu hidupnya selalu maksiat, tapi kok banyak rezeki?”

Jangan pernah iri, apalagi sampai coba-coba melakukan maksiat.

Meskipun kelihatan enak, ternyata seperti ini alasan Allah melapangkan rezeki orang yang suka maksiat menurut Al-Quran dan Hadist.

Sungguh ngeriii!!!

Ketahuilah bahwa mendapatkan limpahan kekayaan seperti itu bukanlah suatu tanda kemuliaan, namun itu adalah istidraj.

Istidraj artinya suatu jebakan berupa kelapangan rezeki padahal yang diberi dalam keadaan terus menerus bermaksiat pada Allah.

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا رَأَيْتَ اللهَ تَعَالَى يُعْطِي الْعَبْدَ مِنَ الدُّنْيَا مَا يُحِبُّ وَهُوَ مُقِيمٌ عَلَى مَعَاصِيْهِ فَإِنَّمَا ذَلِكَ مِنهُ اسْتِدْرَاجٌ

 

“Bila kamu melihat Allah memberi pada hamba dari (perkara) dunia yang diinginkannya, padahal dia terus berada dalam kemaksiatan kepada-Nya, maka (ketahuilah) bahwa hal itu adalah istidraj (jebakan berupa nikmat yang disegerakan) dari Allah.” (HR. Ahmad 4: 145. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan dilihat dari jalur lain).

Allah Ta’ala berfirman,

فَلَمَّا نَسُوا مَا ذُكِّرُوا بِهِ فَتَحْنَا عَلَيْهِمْ أَبْوَابَ كُلِّ شَيْءٍ حَتَّى إِذَا فَرِحُوا بِمَا أُوتُوا أَخَذْنَاهُمْ بَغْتَةً فَإِذَا هُمْ مُبْلِسُونَ

 

“Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kamipun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa.” (QS. Al An’am: 44)

Dalam Tafsir Al Jalalain (hal. 141) disebutkan, “Ketika mereka meninggalkan peringatan yang diberikan pada mereka, tidak mau mengindahkan peringatan tersebut, Allah buka pada mereka segala pintu nikmat sebagai bentuk istidraj pada mereka. Sampai mereka berbangga akan hal itu dengan sombongnya. Kemudian kami siksa mereka dengan tiba-tiba. Lantas mereka pun terdiam dari segala kebaikan.”, seperti dilansir dari rumaysho.com.

Syaikh As Sa’di menyatakan, “Ketika mereka melupakan peringatan Allah yang diberikan pada mereka, maka dibukakanlah berbagi pintu dunia dan kelezatannya, mereka pun lalai. Sampai mereka bergembira dengan apa yang diberikan pada mereka, akhirnya Allah menyiksa mereka dengan tiba-tiba. Mereka pun berputus asa dari berbagai kebaikan. Seperti itu lebih berat siksanya. Mereka terbuai, lalai, dan tenang dengan keadaan dunia mereka. Namun itu sebenarnya lebih berat hukumannya dan jadi musibah yang besar.” (Tafsir As Sa’di, hal. 260).

Disebutkan dalam surat al-Qalam kisah pemilik kebun berikut ini,
“Sesungguhnya Kami telah mencobai mereka (musyrikin Mekah) sebagaimana Kami telah mencobai pemilik-pemilik kebun, ketika mereka bersumpah bahwa mereka sungguh-sungguh akan memetik (hasil)-nya di pagi hari, dan mereka tidak menyisihkan (hak fakir miskin).

Lalu kebun itu diliputi malapetaka (yang datang) dari Rabbmu ketika mereka sedang tidur, maka jadilah kebun itu hitam seperti malam yang gelap gulita.

Lalu mereka panggil memanggil di pagi hari: “Pergilah di waktu pagi (ini) ke kebunmu jika kamu hendak memetik buahnya.”

Maka pergilah mereka saling berbisik-bisik, “Pada hari ini janganlah ada seorang miskin pun masuk ke dalam kebunmu.”

Dan berangkatlah mereka di pagi hari dengan niat menghalangi (orang-orang miskin) padahal mereka (menolongnya).

Tatkala mereka melihat kebun itu, mereka berkata: “Sesungguhnya kita benar-benar orang-orang yang sesat (jalan), bahkan kita dihalangi (dari memperoleh hasilnya)”

Berkatalah seorang yang paling baik pikirannya di antara mereka: “Bukankah aku telah mengatakan kepadamu, hendaklah kamu bertasbih (kepada Tuhanmu)”

Mereka mengucapkan: “Maha Suci Rabb kami, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang zalim.”

Lalu sebahagian mereka menghadapi sebahagian yang lain seraya cela mencela. Mereka berkata: “Aduhai celakalah kita; sesungguhnya kita ini adalah orang-orang yang melampaui batas.”

Mudah-mudahan Rabb kita memberikan ganti kepada kita dengan (kebun) yang lebih baik daripada itu; sesungguhnya kita mengharapkan ampunan dari Rabb kita.

Seperti itulah azab (dunia). Dan sesungguhnya azab akhirat lebih besar jika mereka mengetahui.” (QS. Al Qalam: 17-33).

Syaikh As Sa’di rahimahullah menerangkan, “Kisah di atas menunjukkan bagaimanakah akhir keadaan orang-orang yang mendustakan kebaikan. Mereka telah diberi harta, anak, umur yang panjang serta berbagai nikmat yang mereka inginkan. Semua itu diberikan bukan karena mereka memang mulia. Namun diberikan sebagai bentuk istidraj tanpa mereka sadari.“ (Tafsir As Sa’di, hal. 928)

Semoga segala nikmat yang Allah beri pada kita bukanlah istidraj. Marilah kita berusaha menjauhi maksiat dengan jujur hingga kelak kita akan dijauhkan dari siksa pedih akibat ujian kenikmatan dunia.

======

Menakjubkan, Inilah Manfaat Luar Biasa Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Kalau Anda Minum Dipagi Hari

Mendengar Namanya Pastinya anda sudah membayangkan rasa dari jeruk nipis ini pastinya sangat kecut/asam.

Tapi tahukah anda bahwa dengan mengkonsumsi jeruk nipis dipagi hari sangat baik bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat mengkonsumsi jeruk nipis.

Dapat Mencegah Kanker dan Penuaan Dini

Jeruk nipis dapat membantu tubuh untuk melawan kanker karena zat antioksidan yang terkandung di dalamnya. Selain itu, antioksidan juga akan mencegah penuaan dini dan mengurangi resiko tubuh dalam memproduksi sel kanker.

Jeruk nipis juga berperan sebagai penetralisir yang membantu tubuhmu untuk menyeimbangkan kadar asam yang biasanya mempengaruhi pertumbuhan sel kanker.

Mengatur Emosi Agar Tidak Naik Turun

Jeruk nipis banyak memiliki manfaat bagi tubuh, maka energi akan meningkat. Tingginya konsentrasi vitamin C pada tubuh juga akan membantu untuk menyingkirkan kelelahan dan mengurangi stres yang berlebihan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Segala jenis jeruk mengandung vitamin C tinggi dan terbukti sebagai sumber terbaik vitamin C. Terutama jeruk nipis karena dapat berfungsi sebagai anti-inflammatory yang membantu tubuh untuk meregenerasi sel sehingga dapat sembuh lebih cepat.

Merangsang Otak Agar Dapat Bekerja Lebih Optimal

Dalam Jeruk nipis terkandung magnesium dan potasium tinggi, Apabila rutin mengonsumsi air jeruk nipis maka sistem otak akan berfungsi maksimal. Jeruk nipis juga dapat membantu mencegah dehidrasi sehingga akan mampu fokus lebih baik lagi karena memiliki energi yang cukup.

Membantu Sistem Limpa Dalam Tubuh

Limpa berkaitan dengan memproduksi limfosit, yang merupakan jenis sel darah putih. Jadi, limpa merupakan bagian integral dari sistem kekebalan tubuh manusia.

Sebagaimana limfosit bertanggung jawab untuk memproduksi antibodi untuk melawan penjajah asing. dengan mengonsumsi air jeruk nipis setiap pagi, maka sistem limpamu akan lebih baik. Karena seperti yang kita tahu bahwa air jeruk nipis juga bisa mengganti cairan tubuh yang berkurang saat kita tidur semalaman.

Mampu Menetralkan kadar PH Dalam Tubuh

Terlepas dari betapa asamnya jeruk nipis, jeruk nipis juga dikenal sebagai makanan yang mengandung alkaline. Ketika jeruk nipis dicampur dengan air, maka akan membantu memproduksi molekul dalam tubuhmu yang nantinya akan berfungsi sebagai penyeimbang kadar pH.

Membantu Mencerahkan Kulit

Menurut Organic Facts, air jeruk nipis adalah antiseptik alami. Kamu bisa mengaplikasikan jeruk nipis pada luka bakar atau sengatan lebah untuk mengurangi bengkak dan sakit.

Sebagai tambahan, kandungan antioksidan dalam jeruk nipis juga mengurangi jerawat dan komedo sehingga kulit akan lebih sehat.

Dapat Membantu Melancarkan Pencernaan

Air jeruk nipis hangat setiap pagi akan membantu sistem diuretikmu kembali normal. Sebab jeruk nipis membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dari hati melalui enzim detoksifikasi yang ada dalam hati.

Air jeruk nipis akan membantu organ hatimu lebih aktif di pagi hari sehingga pencernaanmu juga akan semakin baik.

Tags: #bermaksiat rezeki mengalir terus #manfaat luar biasa jeruk nipis