Ketika Istri Sedang Lelah MANJAKANLAH DIA. Karena Istri Itu Bukan Pembantu Tapi Pendamping Hidup


Sahabat, Di Subuh yang dingin hari yang cerah ini, saya jumpai Ibu yang tengah repot memasak di dapur. Ketika Istri Sedang Lelah Karena Pekerjaan di Rumah Manjakan Dia, Karena Istri Itu Bukan Pembantu Tapi Pendamping Hidup! Share Jika Kamu Setuju… (foto cover: ilustrasi)

“Ibu masak apa? Bisa saya tolong? ” “Ini masak ikan goreng. Sama sambal tomato kegemaran Bapak ” sahutnya.

Alhamdulillah.. mantap tentu.. Eh Bu.. calon isteriku terlihat seperti tidak bisa masak… ”

“Iya selalu mengapa..? ” Sahut Ibu.

“Bukan apa Bu.. hanya narasi saja, agar Ibu tidak kecewa, hehehe ”

“Apa anda fikir yang memasak, bersihkan, menyapu, mengemas tempat tinggal dan beda lain itu keharusan seseorang istri? ”

Saya melihat Ibu dengan tidak faham.

Lalu beliau melanjutkan, “Ketahuilah Nak, itu semuanya yaitu kewajipan Lelaki. Keharusan anda nantinya apabila sudah beristri. ” ujarnya.

“Bukankah Ibu sehari-hari mengerjakannya? ”

Saya tetap masih tidak Faham juga.

Kewajipan Istri adalah taat dan mencari ridhanya Suami. ” pungkas Ibu.

karna ayahmu mungkin saja tidak bisa mengurusi tempat tinggal, jadi Ibu bantu mengaturi semua.

Bukanlah atas nama kewajipan, tetapi sebagai bentuk cinta dan bentuk Isteri yang mencari redha Suaminya”

Saya makin bingung Bu.

“Baik, anandaku sayang. Ini pengetahuan buat kamu yang menginginkan menikah. ”

Beliau berbalik melihat mataku.

“Menurutmu, pengertian nafkah apa itu? Tidakkah Lelaki mesti berikan nafkah pada Isteri? ” Bertanya Ibu.

“Iya pastinya Bu.. ”

“Baju yang bersih itu nafkah. Sampai membersihkan yaitu kewajipan Suami. Makanan itu nafkah. Jadi apabila tetap masih berupa beras, itu masih tetap 1/2 nafkah. Kerana belum juga bisa dikonsumsi. Sampai memasak yaitu kewajiban Suami. Lalu menyiapkan rumah yaitu kewajipan Suami. Sampai kebersihan tempat tinggal itu kewajipan Suami. ”

Mataku membelalak mendengar kalimat Ibuku ini.

“Waaaaah.. hingga demikian bu..? Lantas apabila itu semuanya keharusan Suami. Kenapa Ibu selalu kerjakan itu semua tanpa ada memohon dari Bapak? ”

“Sudah tentu untuk mencari ridha. ” Karna surga untuk seseorang istri yaitu ridha suami

Sahabat, Muliakan istrimu karna meskipun bukanlah keharusan memasak, istri dengan ikhlas mengerjakannya.

======

Mengenal Manfaat Kunyit untuk Asam Lambung

Manfaat kunyit untuk asam lambung telah dikenal sejak dulu. Tanaman rempah yang satu ini diketahui mengandung senyawa antiradang dan antioksidan yang dapat meredakan berbagai gejala asam lambung.

Penyakit asam lambung adalah kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan yang menimbulkan sensasi terbakar di dada. Penyakit yang juga dikenal dengan sebutan GERD ini disebabkan oleh melemahnya otot bagian bawah kerongkongan atau lower esopagheal sphincter (LES).

Selain itu, penyakit asam lambung juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti:

  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Hamil
  • Kebiasaan merokok
  • Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan
  • Faktor usia

Beberapa jenis obat-obatan juga diketahui dapat menyebabkan otot LES melemah, sehingga asam lambung pun mudah naik ke kerongkongan.

Kondisi naiknya asam lambung ini memang menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab ada berbagai cara untuk mengatasinya dan salah satunya adalah dengan menggunakan kunyit.

Manfaat Kunyit untuk Asam Lambung

Kunyit diketahui mengandung kurkumin, yaitu senyawa pemberi warna kuning pada kunyit yang berperan sebagai antioksidan, antiradang, antibakteri, dan antikanker. Berkat senyawa ini, kunyit diketahui dapat meredakan gejala asam lambung dengan mengurangi jumlah dan keasaman cairan di lambung.

Kandungan antioksidan polifenol di dalam kunyit juga dapat mencegah peradangan pada kerongkongan yang dapat memicu terjadinya asam lambung dan mengatasi gastritis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh luka pada lambung. Penyakit ini dapat menimbulkan gejala berupa mual, kembung, dan muntah.

Selain beberapa gangguan pada lambung di atas, kunyit juga telah digunakan sejak dulu untuk meredakan nyeri akibat radang sendi, melancarkan menstruasi, meningkatkan fungsi pencernaan, dan memelihara fungsi hati.

Cara Memanfaatkan Kunyit untuk Asam Lambung

Selain digunakan sebagai campuran bahan masakan, Anda juga bisa memanfaatkan kunyit dengan cara lain untuk meredakan asam lambung, yaitu:

1. Mengambil sari kunyit

Cara ini dapat dilakukan dengan memarut kunyit yang telah dibersihkan, kemudian diperas hingga tersisa airnya saja. Air kunyit tersebut bisa Anda minum pada pagi hari setelah bangun tidur atau malam hari sebelum tidur dalam keadaan perut kosong.

Jika Anda memilih untuk mengonsumsinya di pagi hari, berikan jeda waktu sekitar 30 menit sebelum sarapan atau mengonsumsi minuman lain. Lakukan selama 3–7 hari hingga perut terasa lebih nyaman.

2. Membuat teh kunyit

Saat ini, kunyit telah banyak diolah menjadi teh dan dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran. Sama seperti olahan kunyit lainnya, teh kunyit juga mengandung antioksidan dan antiradang yang baik untuk mengatasi masalah asam lambung.

3. Mengonsumsi suplemen kunyit

Anda pun dapat mengonsumsi suplemen kunyit yang saat ini juga sudah banyak dijual secara bebas. Bahkan, suplemen tersebut biasanya telah dilengkapi dengan kandungan piperine, yaitu senyawa yang dapat membantu penyerapan kurkumin dalam tubuh.

Meski demikian, Anda tetap dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan suplemen kunyit guna memastikan efektivitas dan keamanannya.

Jika Anda berencana menggunakan kunyit sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi penyakit asam lambung, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter. Dokter akan memeriksa riwayat penyakit Anda serta memberikan informasi mengenai efektivitas dan keamanan penggunaan kunyit untuk kondisi Anda.

======

Fakta Seputar Manfaat Jahe untuk Asam Lambung

Penggunaan jahe untuk asam lambung hingga kini masih menjadi perdebatan. Sebagian orang menilai hal ini hanyalah mitos, tetapi banyak juga orang yang mengklaim bahwa jahe efektif untuk mengatasi asam lambung. Jadi, manakah yang benar?

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) terjadi ketika cairan asam lambung naik ke kerongkongan. Padahal, setelah makan, cairan ini harusnya berada di dalam lambung untuk mencerna makanan dan minuman.

Penyakit asam lambung bisa dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Gejalanya pun beragam, mulai dari rasa perih atau nyeri di dada dan ulu hati (heartburn), mual, muntah, sakit tenggorokan, hingga suara serak

Selain minum antasida, ada cara lain yang diklaim mampu meredakan asam lambung. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi tanaman herbal, seperti jahe.

Fakta Medis terkait Penggunaan Jahe untuk Asam Lambung

Jahe telah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Pendapat yang menyatakan bahwa jahe untuk asam lambung terbilang ampuh bukan tanpa alasan.

Hal ini didukung oleh sejumlah riset menunjukkan bahwa jahe dapat meredakan mual, muntah, sakit tenggorokan, sakit perut, dan nyeri ulu hati akibat asam lambung. Bahkan, manfaat jahe untuk asam lambung dikatakan tidak kalah dengan khasiat obat-obatan GERD.

Berikut adalah cara kerja jahe dalam mengatasi penyakit asam lambung:

Mengurangi peradangan di lambung

Asam lambung bisa meningkat saat lambung mengalami peradangan. Ketika hal ini terjadi, lambung bisa mengalami iritasi dan timbulah gejala. Beberapa studi menemukan bahwa jahe memiliki sifat antioksidan dan antiradang sehingga dapat meredakan peradangan di lambung dan mengurangi produksi asam lambung.

Mengurangi asam lambung naik ke tenggorokan

Zat antioksidan yang terdapat pada jahe, seperti fenolik dan flavonoid, diketahui bisa membuat otot-otot di dinding lambung menjadi lebih rileks. Berkat efeknya yang satu ini, jahe dapat mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Jadi, manfaat jahe untuk asam lambung ternyata bukan sekadar mitos, ya. Anda bisa mencoba menggunakan tanaman rimpang ini sebagai salah satu obat herbal untuk mengatasi GERD dan sakit maag.

Namun, ingat. Ketika gejala GERD kambuh, Anda juga perlu merubah pola makan dan menghindari makanan pemicu asam lambung, berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, makan teratur, dan kurangi stres, untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Jika masih memiliki pertanyaan terkait penggunaan jahe untuk asam lambung, Anda bisa berkonsutasi dengan dokter. Selain itu, apabila gejala penyakit asam lambung atau maag yang Anda alami tidak kunjung membaik meski sudah diatasi dengan jahe, periksakan diri dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Tags: #manfaat jahe untuk asam lambung #manfaat kunyit untuk asam lambung #manjakanlah istri saat sedang lelah