Kisah Haru.. Curhat Sang Menantu Tinggal Bareng Mertua, Disindirin Terus Dan Pasrah Saat Dijelekin di Depan Suami.


Seorang istri curhat di media sosial tentang kondisinya yang sering dijelek-jelekan mertua di depan suaminya. Hal ini terjadi lantaran, setelah menikah tinggal di rumah mertua.

Kreator TikTok Amelia Kusuma dalam videonya seolah curhat mengenai perasaannya menjadi menantu yang hidup di rumah mertua. Amel biasa dia disapa mengungkapkan, beberapa bulan setelah menikah ikut suami tinggal di rumah mertua.

“Wangi menantunya awal-awal aja bund,” tulis Amel membuka ceritanya.

Amel yang juga bekerja membantu suaminya, selalu merapikan pekerjaan rumah selepas bekerja. Dia selalu merapikan rumah mertuanya sepulang bekerja di kantor.

“Pulang kerja langsung ngerjain kerjaan rumah tangga. Suami belum pulang kerja di rumah cuman ada mertua dan kaka ipar perempuan,” tuturnya.

“Ketika semua kerjaan udah kelar, pengen banget rebahan di kamar. Tapi pas suami pulang semua beda,” sambung Amel.

Video ini sudah ditonton lebih dari 9,3 juta kali. Lalu, Amel coba membuat video lanjutannya saat sang suami pulang dan dirinya baru saja rebahan sebentar selesai beres-beres rumah mertua.

Saat mendengar suara mobil suaminya, Amel bergegas keluar kamar. Namun, saat hendak membuka pintu kamar dia mendengar mertua bilang ke suaminya kalau dia di rumah hanya tidur-tiduran dan main HP saja kerjaanya.

“Gak lama denger suara mobil suami pulang, seneng banget. Tapi..Pas sampe pintu aku denger mertua ku ngomong ke suami ku kalo aku cuman bisanya tiduran dan main HP,” ucap Amel sedih.

Amel pun merasa sedih dan ingin sekali mengadu ke ibunya untuk menceritakan masalah ini. Namun, dia masih coba kuat karena bagaimanapun itu adalah mertuanya.

“Rasanya pengen ngadu ke ibu masalah ini, cuman aku inget bagaimanapun dia tetap mertuaku,” ungkap Amel.

Video kedua Amel ini pun viral dan sudah ditonton lebih dari 5,2 juta kali. Netizen pun ramai mengomentari curhatan Amel tentang hidup di rumah mertua.

“Salah satu alasanku tidak mau tinggal serumah dengan mertua. Ya Allah semoga calon suamiku kelak bisa mengerti hal ini,” komentar Winda Kurnia.

“Jangan pernah tinggal sama mertua, mending ngontrak rumah kecil yang penting damai,” sahut Fitfirliaa.

“Alhamdulillah aku sama mantu sayang, karena dulu di posisi seperti itu. Jadi buat cerminan diri ku jangan sampai membenci mantu ku,” timpal Ike Lindawati.

Sukses Berumah Tangga Berawal Dari Kesetiaan, Setia Saling Percaya, Saling Terbuka Dan Saling Memperingati.

Kesetiaan dalam berumah tangga itu memang sangat istimewa, sebab menjaga kesetiaan itu bukan sesuatu hal yang mudah. Maka jika ada pasangan suami istri yang bisa menjunjung kesetiaan, ia merupakan pencapaian yang luar biasa.

Karena hubungan dalam berumah tangga ini banyak ujiannya, jika tidak didasari dengan kesetian antara satu sama lain, maka pernikahan tidak akan langgeng sampai maut memisahkan.

Karena dengan setia yang menjadi salah satu pondasi kuat dalam berumah tangga akan menjadikan semua hal sulit yang menghampiri akan lebih mudah.

Dengan kesetiaan kita bisa saling mendukung, saling menghibur ketika bosan, saling menaruh rasa kepercayaan, saling melakukan keterbukaan untuk ajang koreksi diri, dan saling memperingati ketika melakukan kesalahan diantara keduanya.

Oleh karena itu lah mengapa setia itu begitu istimewa, karena dengan setia kita bisa membangun pondasi-pondasi rumah tangga yang akan terus sakinah mawaddah warahmah. Karena setia berarti kita mampu berjanji pada diri sendiri dan kepada pasangan, ntah itu berjamji untuk saling percaya, terbuka, memperingati ataupun saling menyayangi.
Kesetiaan Itu Teramat Mahal, Hanya Orang Yang Mau Berusaha Yang Bisa Melakukannya

Kesetiaan memang sangatlah mahal, pantas saja jika hanya sebagian orang yang mampu untuk melakukannya. Karena memang yang biasa melakukan kesetian hanyalah orang-orang yamg mampu untuk selalu berusaha, yang mempunyai keinginan untuk menata kehidupan rumah tangga yang lebih baik.
Kesetiaan Itu Sulit Bagi Orang Yang Menganggap Hubungan Rumah Tangga Itu Beban

Kesetian itu memang amatlah sulit, tapi hal ini hanya berlaku untuk orang-orang yang menganggap hubungan dalam rumah tangga itu beban.

Karena jika kita menganggap hubungan yang dibangun oleh sepasang suami dan istri merupakan suatu ibadah, maka menjaga kesetiaan itu adalah hal yang mudah. Sebab, kita akan berusaha untuk terus mempertahankan nilai ibadah yang kita yakini, tanpa sedikitpun mengeluh.
Kesetiaan Itu Teramat Mulia, Hanya Orang-Orang Yang Baik Yang Mampu Memuliakannya

Karena kesetiaan itu sangat mulia, maka tentu kita harus menjaga segenap kemuliaan yang terkandung didalamnya dengan penuh rasa bersyukur. Agar Allah tetap menjaga kesetian yang kita punya ini dengan posisi yang mulia.

Kesetiaan Itu Sungguh Tak Ternilai Harganya, Karena Harga Mati Dalam Sebuah Pernikahan Adalah Sebuah Kesetiaan

Kesetiaan sangatlah mahal harganya, maka sampai kapanpun tidak akan bisa tergantikan oleh apapun yang ada didunia ini. Namun, butuh keberanian dan juga tanggung jawab agar kesetiaan itu menjadi benteng dalam rumah tangga yang kita jalani.
Kesetiaan Itu Ibarat Pengikat Antara Suami Dan Istri, Karena Didalamnya Berisi Janji Suci Dihadapan Allah

Iya, kesetiaan itu ibarat pengikat antara suami dan istri, karena didalamnya telah berisi sebuah janji suci dihadapan Allah. Ingatkah ketika kamu berjaniji didalam lantunan ijab qabul yang menjadikanmu satu seumur hidup.

Maka jangan sampai kamu melupakan makna kesetian yang terkandung didalam kalimat sakral itu. Jika tidak, maka Allah akan mencabut keberkahan yang sudah kalian nikmati selama ini.
Kesetiaan Itu Berarti Keikhlasan Untuk Tetap Menyimpan Satu Nama Dalam Hati Yang Diwujudkan Dalam Kenyataan Tak Saling Mengkhianati

Dan kesetiaan itu berarti keikhlasan untuk selalu menyimpan satu nama dalam hati yang diwujudkan dalam kenyataan tak saling mengkhianati. Berjanji untuk tidak saling mengingkari hak dan kewajiban masing-masing, karena didalam kesetian suami dan istri terkandung sebuah hak dan kewajiban dalam membina rumah tangga yang penuh dengan berkah.

Jika hak dan kewajiban tetap terjaga sempurna maka tidak usah khawatir untuk melupakan kesetiaan yang ada diantara keduanya.

Untukmu yang bertahan Demi anak dan untukmu Yang berpura-pura Tegar padahal hatimu Rapuh

Istri adalah seorang wanita yang menjadi pendamping bagi suami yang sebelumnya telah di sahkan dalam sebuah ikatan pernikahan. Seorang istri erat dengan kewajibannya sebagai seseorang yang mengabdi, yakni yang melayani suami dalam segala keperluannya, menyediakan makanan untuk suami, serta menuruti perintah suami selama suami memerintah suatu urusan yang sesuai dengan syariat islam. Istri selalu berada pada peringkat kedua atau di bawah suami karena memang sudah menjadi kodratnya.

Dalam perjalanan rumah tangga terkadang ada suatu hal yang menguji keimanan dan kesabaran istri, misalnya tentang karakter atau perangai suami yang terkadang membuat dirinya merasa sakit hati atau merasa tidak mendapat hak sepenuhnya sebagai seseorang yang dihidupi dan dilindungi. Lantas apakah yang harus dilakukan istri dalam kondisi demikian?

Tentu saja istri harus bersabar dan menerima suaminya apa adanya sebab itulah yang menjadi niat awalnya ketika menikah yakni menjadi seseorang yang taat sehingga dapat menjadikan pernikahannya sebagai jalan menuju surga. Hal tersebut memiliki keistimewaan yang luar biasa yang penulis bahas pada artikel kali ini mengenai keutamaan istri yang sabar, yuk simak uraiannya.

1. Mendapat Pahala Seperti Asiyah (Istri Fir’aun)

Pada jaman dahulu Asiyah yang merupakan istri Fir’aun pernah dipaksa oleh suaminya untuk menyembahnya karena ia mengaku bahwa ia adalah Tuhan, Asiyah yang tidak mau melakukannya karena meyakini Tuhan semesta alam hanyalah Allah semata lalu mendapatkan perlakuan dan siksa bertubi tubi hingga kepalanya pernah dijatuhi sebuah batu yang sangat besar. Hingga akhirnya Asiyah meninggal dunia dan oleh Allah disebut sebagai salah satu wanita mulia yang dijamin surga baginya.

“Dan jika seorang istri bersabar menghadapi keburukan akhlak suaminya, maka Allah akan memberikan kepadanya pahala seperti yang diberikan kepada Aisyah istri Fir’aun”. (HR Muslim). seorang istri yang sabar dalam menghadapinya suaminya akan mendapatkan pahala seperti Asiyah yakni memiliki derajat yang mulia di mata Allah. Keutamaan Asiyah istri Fir’aun wajib dipelajari.

2. Jalan Masuk Surga

“Dan seorang istri yang taat pada suami nya, niscaya ia akan masuk surga dari pintu mana saja yang dikehendakinya”. (Hadist Hasan Shahih no.1296). istri yang sabar tentu selalu mentaati perintah suaminya dan tidak pernah menyakiti atau melawan suaminya. Hal tersebut akan menimbulkan keberkahan dan menjadikan sepanjang kehidupannya menjadi jalan ibadah hingga di akherat nanti ia diperbolehkan masuk surga dari pintu manapun yang ia sukai. keutamaan Khadijah istri Rasulullah juga menjadikan jalan masuk surga karena kesabarannya.

3. Merupakan Amalan yang Utama

“Seorang wanita tidak akan bisa menunaikan hak Allah sebelum ia menunaikan hak suaminya”. (Al Mawaarid no. 1290). Sebgai seorang istri yang menjadi pahala terbesarnya ialah cinta dan pengabdiannya pada suami. Hal itu adalah amalan yang utama bahkan lebih tinggi dari amalan sunnah atau amalan yang berhubungan dengan hak Allah. Sehingga istri yang sabar benar benar memilki amalan terbaik di seluruh jagad raya. keutamaan istri melayani suami ialah bagian dari kesabaran tersebut.

4. Ciri Istri yang Bertanggung Jawab

“Dan wanita adalah pelayan untuk suaminya, ia akan dimintai pertanggungjawaban”. (HR Bukhari Muslim). istri memang sudah kodratnya menjadi pelayan dan menurut pada suami, istri yang sabar ialah ciri istri yang bertanggung jawab sebagaimana ia berjanji pada dirinya dengan saksi agaa ketika pernikahan bahwa ia akan mengabdi pada suaminya. cara menyikapi cinta dalam islam akan menjadikan istri seorang yang bertanggung jawab.

5. Mendapat Ridho Allah

Istri yang sabar jelas akan mendapat ridho Allah, setiap detik kesabaran yang dilaluinya menjadi sebuah pahala besar yang membawanya kepada surga, ia akan mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan hidup di akherat nanti pada kehidupan yang kekal. “Istri yang meninggal dunia dan suaminya ridho terhadapnya maka ia masuk surga”. (HR Tirmidzi). tips menjadi orang sabar dalam islam wajib dipelajari dalam kehidupan rumah tangga agar dapat bersikap sabar pada suami.

6. Pahalanya Lebih Tingi dari Amalan Sunnah

“Hak suami merupakan kewajiban bagi istri. Melaksanakan kewajiban harus didahulukan daripada melaksanakan amalan sunnah”. (Fathul Baari). Sabar yang dilakukan istri dalam menghadapi suami memiliki pahala tinggi yang jauh lebih besar dari amalam sunnah sebab merupakan ciri wanita yang berhati sangat mulia.

7. Membahagiakan Suami

“Suami memiliki hak untuk bersenang senang dengan istrinya setiap hari sekaligus merupakan kewajiban seorang istri untuk melayani suaminya setiap saat”. (Syarah Shahih Muslim). suami tentu bahagia jika memiliki istri yang sabar dan penurut, suami yang bahagia akan memberikan ridho dan ketenangan hati pada istrinya karena suaminya merasa bahagia dan bersyukur memiliki istri sebaik dirinya.

8. Jauh dari Laknat Allah

Istri yang sabar tidak akan mendapat laknat Allah, contohnya ialah istri yang bersedia melayani suami kapan saja suaminya menghendaki maka ia akan jauh dari laknat Allah. “Apabila seorang suami mengajak istrinya untuk bersetubuh dan istri menolaknya hingga suaminya murka, maka si istri akan dilaknat oleh malaikat hingga waktu subuh”. (HR Muslim no.1436)

9. Mendapat kebahagiaan di Akherat

“Perhatikan bagaimana hubunganmu dengannya karena suami merupakan surgamu dan nerakamu”. (HR Ahmad). Istri yang baik pada suami kelak akan bahagia di akherat dan juga sebaliknya sebab itu dapat dilihat bagaimana gambaran kehidupan seorang istri di akherat adalah sesuai dengan gambaran perbuatan yang dilakukan pada suaminya.

10. Ciri Wanita Penyayang

“Wanita yang menjadi penghuni surga ialah yang penuh kasih sayang, banyak kembali kepada suaminya yang apabila suaminya marah ia mendatanginya dan meletakkan tangannya di atas tangan suaminya dan berkata : aku tidak dapat tidur nyenyak hingga engkau ridha”. (Mu’jamul Ausath no.5644). jelas dari hadist tersebut bahwa istri yang sabar ialah seorang wanita yang mulia karena memiliki sifat penyayang.

11. Ciri Wanita Mulia

“Seandainya aku boleh menyuruh seorang sujud kepada seseorang, maka aku akan perintahkan seorang wanita sujud kepada suaminya”. (HR Timidzi no. 1159). Wanita yang mulia dapat dilihat dari sikapnya terhadap suami, jika ia bersabar maka jelas bahwa ia memiliki hati yang mulia karena istri memang sudah kodratnya tunduk pada suami.

12. Menyempurnakan Hak Suami

“Suami itu pelindung bagi wanita (istri) karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki laki) di atas sebagian yang lain (wanita)”. (QS An Nisa : 34). Hak suami yang sempurna akan tercapai jika memiliki istri yang baik yang mau menuruti perintahnya, istri yang sabar merupakan cermin dari hal tersebut sehingga suami memiliki hak yang sempurna.

13. Menjadi Wanita Terbaik di Mata Allah

“Wanita terbaik yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelesihi sesuai pada diri dan hartanya. Serta melayani suami sebaik mungkin dan menjauhkan suami dari benci”. (HR Ahmad). Alalh sangat memuliakan istri yang sabar pada suaminya sehingga Allah memberi imbalan berupa surga.

14. Dikabulkan Doanya

“Wahai Tuhan bangunkanlah untukku sebuah rumah di surga di sisiMu dalam surga dan selamatkan daku dari Fir’aun dan perbuatannya dan selamatkan daku dari kaum yang zalim”. (QS At Tahrim : 11). Doa tersebut ialah doa yang diucapkan Aisyah ketika menghadapi kemarahan dan siksa dari suaminya, Allah pun mengabulkan doanya untuk mendapat rumah di surga di sisi Allah dan Allah menjadikannya sebagai salah satu wanita paling mulia di dunia.