Kisah Nyata: Tak Setia Pada Istri, Pria Ini Dapat Balasan Menge rikan di Tanah Suci


Ibu W menceritakan kisah pahitnya di masa muda yang sering disakiti suaminya. Sebut saja A namanya.

Suami dari ibu yang kini berusia 54 tahun ini pernah bermain mata dengan perempuan lain. Menurut Bu W sudah terhitung berapa kali dirinya disakiti dengan perbuatan suaminya itu.

Namun demikian, Bu W tetap berusaha sabar dan menerima atas keadaan yang menimpanya. Dirinya bukan tak mampu membalas perbuatan suaminya itu dengan menggugat cerai.

Namun ibu yang kini tinggal di salah satu kota di Karawang ini ingat pesan yang disampaikan kiainya di kampung.

“Kalau kamu tetap bersabar saat suami menyakitimu, maka surga bagi kedua orangtuamu,” tutur ibu yang akrab disapa Waedah menirukan ucapan kiainya.

Bertahun-tahun ia disakiti suaminya, namun kesabarannya tetap tertata tidak goyah. Selain itu, Bu W juga ingat kebaikan suaminya yang pernah sabar merawatnya waktu dirinya terserang penyakit yang cukup parah.

Justru setelah Bu W sembuh dari sakitnya, suaminya mulai menunjukkan gelagat main perempuan.

Singkat cerita, Bu W dan suaminya mendapat kesempatan menunaikan ibadah haji bersama pada tahun 2006. Saat itu, menurut Bu W, suaminya masih genit dengan perempuan lain. Bahkan dirinya seringkali ditinggal di rumah sendirian.

“Saya juga bingung, sudah mau berangkat haji kok sikapnya belum berubah-ubah. Nanti jangan-jangan hajinya enggak diterima,” ungkap Bu W.

Namun Bu W berharap agar setelah pulang dari haji nanti suaminya akan berubah total dan perhatian pada dirinya. Saat beribadah, Bu W tiada hentinya memohon hal itu di setiap doanya.

Saat beribadah di tanah suci itu, suami Bu W seringkali tertinggal dari jemaah dan menyasar seakan kehilangan istrinya. Padahal saat itu Bu W sudah berkumpul bersama rombongan jemaah lainnya yang berangkat bersama mereka.

Menurut Bu W, suaminya mengalami hal aneh itu terjadi berulangkali, bukan hanya satu kali saja.

Dalam hati, Bu W pun bergumam, “Mungkin itu balasan dari Allah atas perbuatannya yang seringkali meninggalkan saya sendirian waktu di kampung.”

Namun Bu W hanya menyimpannya di dalam hati, tidak disampaikan kepada siapa pun pada waktu itu.

Setelah tiga kali seakan kehilangan istrinya di tanah suci itu, Pak A pun menyadari perbuatannya yang seringkali menyakiti istrinya saat masih berada di tanah air.

Karena itu, sambil menangis, Pak A pun meminta maaf pada istrinya, Bu W, berkali-kali.

“Nah, setelah kejadian di tanah suci itu, suami saya sudah tidak lagi main perempuan. Dia sadar terhadap perbuatannya,” pungkas Bu W.

======

Bahaya Minum Soda Diet terhadap Risiko Diabetes

Bahaya minum soda diet terhadap risiko diabetes penting untuk diketahui. Pasalnya, banyak orang yang menganggap soda diet aman dikonsumsi sehari-hari, termasuk oleh penderita diabetes, karena kandungan kalori dan pemanisnya lebih sedikit. Padahal, minuman ini tidak terbukti lebih sehat.

Soda diet awalnya dipasarkan pada tahun 1950-an untuk penderita diabetes, karena diklaim bebas gula dan kalori. Padahal, alih-alih gula alami, soda diet justru mengandung pemanis buatan, seperti aspartame, siklamat, sakarin, acesulfame-k, atau suclarose, yang justru jauh lebih manis daripada gula biasa.

Beberapa merek soda diet bahkan mengandung gula alami sekaligus pemanis buatan di dalam produknya. Hal ini tentu dapat menimbulkan masalah kesehatan, terutama bagi penderita diabetes.

Pengaruh Soda Diet terhadap Risiko Diabetes

Berbagai penelitian menunjukkan adanya peningkatan risiko terjadinya sindrom metabolik dan resistensi insulin pada orang yang sering mengonsumsi asupan yang manis, termasuk soda diet. Jika tidak terkontrol, kondisi ini lama-kelamaan bisa menyebabkan diabetes atau memperburuk penyakit diabetes yang sudah ada.

Konsumsi soda diet dalam jangka waktu lama, terlebih jika diikuti dengan pola makan tidak sehat, juga bisa menyebabkan peningkatan berat badan atau bahkan obesitas. Ini juga merupakan salah satu faktor risiko untuk terjadinya diabetes.

Tidak hanya itu, penelitian juga menyebutkan bahwa konsumsi 4 kaleng soda diet setiap minggunya bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami retinopati diabetik. Ini adalah komplikasi diabetes yang berbahaya karena bisa mengakibatkan gangguan penglihatan atau bahkan kebutaan.

Oleh sebab itu, walau awalnya diproduksi untuk para penderita diabetes, soda diet tetap tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan apalagi terus-menerus, terutama bagi penderita diabetes.

Alternatif Minuman untuk Penderita Diabetes

Mengingat banyaknya bahaya minum soda diet terhadap risiko diabetes, maka minuman yang paling aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes atau orang sehat yang ingin mengurangi risiko terkena diabetes adalah air putih.

Namun, jika Anda ingin mengonsumsi minuman dengan rasa, maka susu diabetes, jus buah murni, dan teh tanpa pemanis bisa menjadi alternatif. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengonsumsi infused water yang ditambahkan dengan buah dan rempah, seperti lemon, daun kemangi, dan daun mint.

Kemudian, jangan lupa juga konsumsi makanan bergizi seimbang yang rendah gula dan kalori, olahraga secara rutin, kelola stres dengan baik, dan hindari merokok. Dengan begitu, kadar gula darah Anda bisa terkontrol dengan baik.

Apabila masih memiliki pertanyaan terkait efek konsumsi soda diet terhadap risiko diabetes, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menganjurkan langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk mengontrol dan mencegah diabetes, termasuk makanan dan minuman yang perlu dihindari atau baik untuk dikonsumsi.

======

6 Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil

Manfaat pepaya untuk ibu hamil ada beragam, mulai dari memperkuat sistem imun hingga mampu meringankan keluhan kram kaki. Tak hanya itu, buah ini juga dapat memberikan beragam nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang janin, lho!

Buah pepaya atau Carica papaya adalah salah satu jenis buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Buah pepaya memiliki rasa yang manis dan tekstur yang cukup lembut ketika dimakan. Tak hanya bisa dikonsumsi langsung, buah papaya juga bisa diolah menjagi beragam hidangan, seperti jus, rujak, hingga es buah.

Pepaya mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin, yaitu:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Mineral, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, zinc, tembaga, mangan, dan selenium
  • Vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K

Tak hanya itu, papaya juga mengandung folat dan antioksidan, seperti lutein, likopen, dan kolin.

Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil

Selain rasanya yang nikmat, buah pepaya juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin, antara lain:

1. Meringankan keluhan kram kaki

Kram kaki saat hamil merupakan hal yang sering dikeluhkan oleh sebagian ibu hamil. Biasanya keluhan ini terjadi pada trimester kedua dan ketiga. Kendati bukan hal yang berbahaya, kram kaki tentu bisa membuat Bumil merasa tidak nyaman.

Guna mengatasinya, Bumil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalium, seperti buah pepaya. Mineral ini diketahui dapat mencegah dan membantu mengatasi keluhan kram otot selama hamil.

Selain dengan mengonsumsi buah papaya, Bumil juga dianjurkan untuk tetap aktif bergerak dan minum air yang cukup agar tetap fit dan terbebas dari kram kaki.

2. Memperkuat imunitas tubuh

Buah pepaya adalah sumber antioksidan dan beragam vitamin yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, Bumil tidak akan mudah jatuh sakit. Imunitas tubuh yang kuat juga penting untuk membentuk daya tahan tubuh janin, lho.

3. Melancarkan pencernaan

Selama hamil, Bumil akan mengalami perubahan hormon secara alami. Hal ini bisa membuat gerakan usus menjadi lebih lambat, sehingga Bumil bisa lebih mudah mengalami sembelit.

Untuk mencegah dan mengatasi masalah tersebut, Bumil dianjurkan untuk mengonsumsi banyak serat dan minum air putih yang cukup. Salah satu pilihan makanan yang mengandung banyak serat dan air adalah buah papaya. Inilah alasannya mengapa buah papaya terkenal baik untuk melancarkan pencernaandan mengatasi sembelit.

4. Mencukupi kebutuhan nutrisi harian

Karena mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap, seperti karbohidrat, serat, protein, serta aneka vitamin dan mineral, buah papaya baik dikonsumsi untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian Bumil dan janin.

Namun, selain makan buah pepaya, pastikan Bumil juga mengonsumsi beragam jenis makanan sehat lainnya, ya. Jangan lupa juga untuk rutin minum vitamin prenatal, agar tumbuh kembang janin terjaga dengan baik.

5. Membantu meringankan morning sickness

Buah papaya baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yang mengalami morning sickness. Beberapa riset menunjukkan bahwa kandungan vitamin B6 dan folat pada buah papaya dapat meredakan gejala mual saat hamil. Tak hanya itu, buah ini juga banyak mengandung air, sehingga bisa untuk mencegah dehidrasi.

6. Mendukung pembentukan mata janin

Agar mata janin dapat terbentuk dan berkembang dengan baik, dibutuhkan asupan nutrisi yang cukup selama kehamilan. Nah, di dalam buah papaya, terdapat beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan janin, yaitu vitamin A, folat, lutein, dan kolin.

Tak hanya baik untuk mata, kolin juga berperan penting untuk membentuk saraf dan otak janin.

Meski manfaat pepaya untuk ibu hamil ada banyak, Bumil harus cermat dalam memilih buah pepaya untuk dikonsumsi, ya. Pastikan Bumil hanya mengonsumsi pepaya yang benar-benar matang. Ini karena papaya yang belum matang mengandung getah atau lateks.

Jika terkonsumsi saat hamil, lateks bisa memicu kontraksi rahim dan dianggap bisa menyebabkan keguguran. Lateks juga sering kali bisa menimbulkan reaksi alergi, sehingga bisa membuat Bumil merasakan gejala alergi, seperti gatal-gatal, sakit perut, dan diare.

Selain itu, pastikan pula bahwa Bumil memilih pepaya yang tidak memiliki cacat pada bagian kulitnya, mencucinya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya, dan memakannya dalam jumlah yang tidak berlebihan, ya.

Itulah beragam manfaat dan tips mengonsumsi buah papaya untuk ibu hamil. Jika Bumil masih memiliki pertanyaan seputar asupan nutrisi saat hamil atau ingin tahu lebih banyak tentang manfaat buah papaya untuk ibu hamil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Tags: #bahaya minum soda diet terhadap resiko diabetes #manfaat pepaya untuk ibu hamil #suami mendapatkan balasan di tanah suci #tak setia dengan istri