Klarifikasi Ustaz Yusuf Mansur soal Tuduhan Penipu

137 views


Ustaz Yusuf Mansur tengah jadi sorotan gara-gara tudingan penipuan. Melalui akun Instagram, ia pun memberikan klarifikasi.

Kasus ini berawal dari beredarnya keluhan dari salah satu netizen yang mengaku nasabah Ustaz Yusuf Mansur. Netizen tersebut mengaku tidak bisa menarik uang investasinya yang dititipkan pada Ustaz Yusuf Mansur sejak 2013.

“Sekarang aku sudah pindah ke Boyolali. Jadi kalau kudu ke rumahnya, jauh banget,” tutur salah satu netizen tersebut.

Melalui akun Instagram-nya, Ustaz Yusuf Mansur menegaskan tidak masalah kalau mereka yang merasa ditipu ingin melaporkannya ke kepolisian. Ia mengaku terima disebut penipu dan meminta doa dari publik.

“Dan saya udah persilahkan jauh2 hari, ke polisi aja. Ke hukum. Biar tau siapa sih yang nipu… Siapa sih yang sbnrnya bermain. Mangga. Adapun saya mah lah, siapa sih… Masih untung cuma disebut penipu. Alhamdulillaah,” tulis Ustaz Yusuf Mansur.

“Mangga ya. Silahkan naekkan sesukanya. Ga usah ada kode etik jurnalistik, khususnya di urusan saya. Sebab saya udah nerima disebut penipu. Tinggal minta didoain ajah,” lanjutnya.

Ustaz Yusuf Mansur bahkan mengaku tidak akan lari jika suatu saat dipanggil oleh kepolisian soal permasalahan ini. Ia berjanji akan mengikuti proses hukum.

“Buat yang merasa ditipu, baiknya bener-bener ke polisi aja. Seperti selama ini, bertahun2. Dan saya sebagai warga negara yang mencoba taat hukum, ga akan menghindar, ga akan lari, ga akan meninggalkan pesantren saya, kampung saya, kota saya, negeri saya,” tambah Ustaz Yusuf Mansur.

Di akhir pernyataannya, Ustaz Yusuf Mansur bahkan mempersilahkan bagi siapa pun yang ingin menghujatnya.

“Oh ya… Saya juga socmedan aja, tiap hari. Bahkan suka LIVE tiap hari, hehehe. Silahkan hujat saya saat live, dan hadirkan bukti ini bukti itu saat saya LIVE. Tunjukkan saya bener2 yang nipu. Ikhlas banget,” pungkasnya.

Ustaz Yusuf Mansur Dicibir Terus Meski Sudah Beri Penjelasan soal Penipu

Ustaz Yusuf Mansur akhirnya memberikan penjelasan panjang lebar mengenai tudingan penipu yang dilontarkan kepadanya. Hal itu disampaikan dalam Instagram miliknya.
Tapi sayang penjelasan berdurasi 26 menit itu kembali menuai cibiran. Banyak yang mengatakan sang ustaz hanya mencari simpati dari banyak orang.

Hal tersebut banyak terlihat di kolom komentar milik Instagram Yusuf Mansur. Banyak dari mereka yang tetap menyerang Ustaz Yusuf Mansur.

“Mohon maaf… Ini klarifikasi, playing fiktim atau sekedar cari simPATI? Sekali lagi mohon maaf kasus anda terlalu banyak. Mungkin aja anda menang di pengadilan tapi itu bukan ukuran kebenaran karena di awal jamaah terlalu percaya pada anda hingga mereka tidak berpikir panjang bagaimana prosedur investasi. Mohon maaf Pak mansur lebih baik anda hadapi semua dengan Gentleman. Insya ALLAH… ALLAH SWT akan memaafkan segala salah dan dosa anda. Aamiin yaa Robbal Alamiin…,” kata akun sarton***.

“Sedekah emas, uang, mobil, motor dll itu di kemanakan ustad? Harus jelas diberikan kepada siapa dan mesti di audit hal tersebut. Para korban Investor yg dijanjikan oleh ustad dan uangnya gak di kembalikan, Apa memang benar ustad seperti itu?” lanjut akun hay****.

“kalo ada korban sebanyak itu dan meyuarakan keluh kesahnya, masih dibilang “ada orang yg hasad iri dan dengki.. dan hasad hasut” heleh,” ungkap akun 18***.

“Ustad sedekah atau ngerampok?ko kaya sales MLM, gue pernah tuh diajak sales MLM begitu nah caranya beginibedanya kalo MLM berkedok dpt hadiah besar jalur invetasi, kalo ini berkedok dpt uang lebih besar jalur sedekah #BukanMaen,” papar akun keir****.

“gamungkin nipu gimana stadz?korban ustadz udh banyak loh hahaha,mantap ustadz,” ungkap akun lainnya.

Dalam penjelasannya, Ustaz Yusuf Mansur mengatakan jika dirinya benar-benar sudah mengembalikan dana umat sebanyak 2.500 orang. Dana itu pun disebut oleh Ustaz Yusuf Mansur tidak sedikit.

“Gimana saya mau nipu sih? Nggaklah itu semua ada kok datanya ayo kalau mau deh semuanya sini saya kasih unjuk,” tuturnya dalam Instagram tersebut.

Ustaz Yusuf Mansur pun menjelaskan soal dirinya yang dilaporkan beberapa oknum di Pengadilan Negeri Tangerang. Ia merasa ini semua karena ada orang yang dendam dan iri dengannya.

Ustaz Yusuf Mansur Dituding Cari Pembenaran Usai Disebut Penipu

Ustaz Yusuf Mansur belum lama ini dituding menjadi penipu. Hal tersebut sudah dijawab di Instagram miliknya. Ia pun konsisten tidak mau bicara langsung dengan media.
Tapi Ustaz Yusuf Mansur tetap menjawab pertanyaan melalui Instagram miliknya. Seperti yang terlihat dalam Instagram miliknya kali ini.

Ada salah satu netizen yang kembali menanyakan soal penipuan yang dituding berkedok investasi. Ada salah satu netizen yang meminta Ustaz Yusuf Mansur untuk memberikan penjelasan.

“Ustadz..di tiktok lg rame bgt banyak video ustadz yg nyuruh sedekah..ustadz ngambilin uang dr jemaah bahkan ada emas jg,,gmn tanggapan ustadz dgn video2 lama yg skrg beredar,” tanya akun des****.

Ustaz Yusuf Mansur pun menjawab pertanyaan dari netizen tersebut.

“bagus itu. Semoga ada yg ngeshare video lengkapnya.. Ga ada yg jelek. Bagus2 semua. Di dunia ini, asli ga ada yg jelek. 1 pun ga ada yg jelek. Bagus semua. Sebab trjadinya Sekehendak, Seizin, SeRidha, Allah. Jadi, ya mana ada yg jelek… Tar kita geber lagi ceramah2 ttg sedekah. Good ini. The best. Dunia perlu cerita2 ttg Keajaiban Sedekah, ttg materi2, ilmu, ttg sedekah… Bismillaah…,” jawab Ustaz Yusuf Mansur.

Menjawab pertanyaan itu, Ustaz Yusuf Mansur justru dituding mencari pembelaan.

“Pak ustad maafkan.. apakah tidak capek pembenaran terus?” kata akun pars****.

“kok ya kayak cari pembelaan terus sih,” ungkap akun jeur****.

Sebelumnya, Ustaz Yusuf Mansur mengaku tidak masalah disebut sebagai penipu. Ia pun mengaku ikhlas dengan sebutan tersebut.

“Buat kwn2 media… Ga usah konfirmasi ke saya… Hehehe. Lsg aja muat apa adanya menurut versi beliau2 dan mereka2. Kalau perlu, wawancara beliau2 dan mereka2 saja. Demikian ya. Biar saya ga jawab wa satu demi satu,” buka Ustaz Yusuf Mansur.

“Dan saya udah persilahkan jauh2 hari, ke polisi aja. Ke hukum. Biar tau siapa sih yang nipu… Siapa sih yang sbnrnya bermain. Mangga. Adapun saya mah lah, siapa sih… Masih untung cuma disebut penipu. Alhamdulillaah,” sambungnya lagi.