Kota di Filipina ini Melarang Warganya Bergosip, Bila Ketahuan Didenda Uang Tunai dan Bersihkan Sampah


Bergosip mungkin merupakan salah satu cara efektif ketika berkumpul bersama teman atau keluarga. Namun jangan harap Anda bisa melakukannya di kota Filipina ini. Pemerintah Binalonan, sebuah kota kecil sekitar 200 km di utara Manila, baru-baru ini menerbitkan peraturan yang melarang adanya gosip ketika warganya berkumpul. (foto cover: ilustrasi keramaian pasar)

Mengucapkan rumor tentang seseorang di Binalonan bisa membuat si pelaku mendapat hukuman denda dan kerja sosial berdasarkan peraturan yang baru. Dilansir Oddity Central Senin (6/5/2019), orang yang ketahuan bergosip untuk pertama kali bakal dijerat dengan denda hingga 200 peso, atau sekitar Rp 54.900, dan memungut sampah selama tiga jam.

Sementara jika dia kembali tertangkap karena bergunjing, selain dendanya meningkat jadi 1.040 peso, atau Rp 285.700, pelaku juga diharuskan kerja sosial selama delapan jam. Hukum itu tidak menyebut spesifik apa saja yang bisa dikategorikan gosip. Menurut Wali Kota Ramon Guico, menyebarkan rumor tentang hubungan atau masalah finansial orang bisa dihukum. Binalonan mendapatkan ide itu dari kota tetangga Moreno di mana warga di sana 500 peso, sekitar Rp 137.500, dan menghabiskan siang mengumpulkan sampah.

Walhasil, banyak warga di sana yang dilaporkan tidak kedapatan bergunjing lagi karena mereka tidak ingin tertangkap dan disebut sebagai biang gosip. Rumor maupun gosip dilaporkan menyebar paling banyak di musim panas. Sebabnya, warga setempat bakal berkumpul mengusir panas dan menggunjingkan seperti siapa yang berselingkuh atau terlibat utang.

“Perbuatan seperti itu benar-benar membuang waktu,” ujar Wali Kota Guico. “Melarang gosip merupakan cara kami meningkatkan kualitas hidup warga kami,” tegas dia. Kepada media lokal, wali kota 44 tahun itu menegaskan dia tidak melarang kebebasan berpendapat. Melainkan melindungi warganya dari terkena fitnah.

“Kami ingin menunjukkan bahwa Binalonan mempunyai warga yang baik selain tempatnya yang indah dan aman untuk dikunjungi,” ujar Guico kembali. “Karena itu, kami ingin mengingatkan mereka untuk bertanggung jawab dengan kata-katanya sebagai individu dan bagian dari masyarakat ini,” lanjutnya.

======

Perhatikan dan Waspadai, Inilah 20 Tanda Awal Kanker Mulai Berkembang di Tubuhmu!

Kanker dianggap sebagai salah satu penyakit yang menakutkan. Pasalnya, hingga kini kanker belum diketahui penyebabnya dengan jelas. Pengobatan dan perawatan kanker menghabiskan biaya sangat besar, sering kali menimbulkan stres pada pasien dan keluarganya.

Sebenarnya, ada beberapa gejala awal yang harus diperhatikan dan patut dicurigai munculnya kanker pada tubuh.

1. Sesak napas

Salah satu tanda pertama yang banyak diketahui pasien kanker paru adalah ketidakmampuan untuk menarik napas.

2. Batuk kronis atau nyeri dada

Beberapa jenis kanker, termasuk leukemia dan tumor paru-paru dapat menyebabkan gejala yang menyerupai batuk atau bronkitis. Beberapa pasien kanker paru melaporkan nyeri dada yang meluas hingga ke bahu atau ke bawah lengan.

3. Sering demam atau infeksi

Ini bisa menjadi tanda-tanda leukemia, kanker sel darah yang dimulai di sumsum tulang. Leukemia menyebabkan sumsum untuk menghasilkan sel darah putih yang abnormal, menguras kemampuan melawan infeksi tubuh Moms.

4. Kesulitan menelan

Masalah menelan paling sering dikaitkan dengan kanker esofagus atau tenggorokan, dan terkadang salah satu tanda pertama kanker paru-paru juga.

5. Pembengkakan kelenjar getah bening

Tejadi benjolan di leher, ketiak, atau selangkangan. Pembesaran kelenjar getah bening menunjukkan perubahan pada sistem limfatik yang bisa menjadi tanda kanker.

6. Memar yang berlebihan atau perdarahan yang tidak berhenti

Gejala ini biasanya menunjukkan sesuatu yang tidak normal terjadi dengan trombosit dan sel darah merah, yang dapat menjadi tanda leukemia.

Seiring waktu, sel-sel leukemia mendesak sel darah merah dan trombosit merusak kemampuan darah untuk membawa oksigen dan bekuan darah.

7. Lemah dan kelelahan

Lemah dan kelelahan adalah gejala dari begitu banyak jenis kanker. Yang Moms perlukan adalah melihatnya dalam kombinasi dengan gejala lain.

Tetapi setiap kali Moms merasa tiba-tiba lelah padahal sudah cukup istirahat, bicarakan dengan dokter Moms.

8. Peningkatan berat badan dan perut kembung

Perempuan yang didiagnosis dengan kanker ovarium akan sering mengalami perut kembung yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya, tiba-tiba dan terus berlanjut.

9. Merasa kenyang dan susah makan

Ini adalah gejaa lain dari kanker ovarium, yaitu tidak memiliki napsu makan dan bahkan belum makan selama beberapa waktu.

10. Nyeri panggul dan nyeri perut

Kram di panggul dan perut dapat menandakan kanker ovarium. Leukemia juga dapat menyebabkan sakit perut akibat limpa yang membesar.

11. Pendarahan rektal atau darah dalam tinja

Ini adalah gejala umum dari diagnosis kanker kolorektal. Darah di tinja adalah alasan untuk segera menemui dokter dan menjadwalkan kolonoskopi.

12. Penurunan berat badan yang tiba-tiba

Berat badan adalah tanda awal kolon dan kanker pencernaan lainnya. Ini juga merupakan tanda kanker yang menyebar ke hati, memengaruhi nafsu makan dan kemampuan tubuh Moms untuk membersihkan diri dari limbah.

13. Sakit perut

Kram perut atau sering sakit perut dapat menandakan kanker kolorektal.

14. Payudara merah, perih, atau bengkak

Gejala-gejala ini dapat mengindikasikan kanker payudara yang meradang. Segera hubungi dokter Moms tentang perubahan apa pun.

15. Perubahan puting

Salah satu perubahan paling umum yang perlu diwaspadai setiap perempuan sebelum didiagnosis kanker payudaraadalah puting yang tampak rata, terbalik, atau berbalik ke samping.

16. Menstruasi yang menyakitkan

Ini bisa jadi tanda awal kanker endometrium. Lakukan ultrasound transvaginal jika Moms mencurigai sesuatu yang lebih dari sakitnya menstruasi.

17. Pembengkakan wajah

Orang yang menderita kanker paru-paru akan mungalami pembengkakan dan kemerahan pada wajah. Sel kecil tumor paru-paru memblokir pembuluh darah di dada, mencegah darah mengalir bebas dari kepala dan wajah.

18. Sakit dan benjolan kulit yang tidak sembuh

Muncul benjolan yang sakit, menjadi berkerak atau mudah berdarah menjadi tanda kanker kulit, yaitu melanoma, karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa.

Waspadai pemeriksaan kulit diseluruh tubuh Moms untuk pertumbuhan atau bintik-bintik yang tampak aneh.

19. Perubahan kuku

Bercak cokelat atau hitam titik di bawah kuku dapat menandakan kanker kulit. Biasanya juga terjadi pembesaran ujung jari dengan kuku yang melengkung ke ujung bisa menjadi tanda kanker paru-paru.

Kuku pucat atau putih kadang-kadang bisa menjadi tanda kanker hati.

20. Nyeri di punggung atau sisi kanan bawah

Banyak pasien kanker mengatakan ini adalah tanda kanker hati.

Kanker payudara juga juga sering didiagnosis melalui sakit punggung, yang dapat terjadi saat tumor payudara menekan ke belakang dan dada atau saat kanker menyebar ke tulang belakang atau tulang rusuk.

Moms harus menjalankan gaya hidup sehat bahkan sebelum Moms merasakan gejala ini. Pencegahan adalah cara terbaik saat menghadapi kebanyakan penyakit kronis.

=====

Ciri-ciri Kelenjar Getah Bening yang Bisa Jadi Kanker, Jangan Sepelekan

Kelenjar getah bening merupakan organ tubuh yang berperan untuk menjaga imunitas atau daya tahan tubuh.
Dalam tubuh manusia, terdapat ratusan kelenjar getah bening yang tersebar dari kepala hingga ke kaki.
Kelenjar getah bening juga merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia yang bisa membantu melawan infeksi, baik disebabkan oleh bakteri, virus, atau lainnya.

Jika terjadi infeksi, kelenjar getah bening akan membengkak untuk memberikan tanda. Setelah infeksi mereda, kelenjar getah bening akan mengempis dengan sendirinya. Kelenjar getah bening memiliki fungsi untuk menyaring cairan limfatik yang menghentikan penyebaran bakteri ke seluruh tubuh.

Hal yang umum terjadi, kelenjar getah bening bisa mengalami pembengkakan. Biasanya pembengkakan ini disebabkan karena kamu sedang mengalami flu, sakit tenggorokan, infeksi gigi, maupun infeksi telinga. Namun, kamu harus waspadai jika ada gangguan pada kelenjar getah bening yang bisa menjadi petanda gejala kanker getah bening yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Ciri-ciri kelenjar getah bening yang bisa jadi tanda kamu menderita penyakit Kanker getah bening. Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening bisa sangat bermacam-macam. Hal tersebut tergantung lokasi kelenjar getah bening yang mengalami kanker.

Secara umum, gejala kanker kelenjar getah bening yang dapat dikenali adalah demam naik dan turun yang berkepanjangan, keringat yang berlebihan di malam hari, dan adanya penurunan berat badan yang drastis.
Lokasi kelenjar getah bening yang paling sering menjadi lokasi dimulainya kanker adalah kelenjar yang terdapat di leher. Gejalanya berupa timbulnya benjolan di leher yang makin lama makin besar.

Umumnya benjolan tersebut tidak menimbulkan rasa nyeri, sehingga sering kali penderita mengabaikan gejala tersebut.

Hal ini yang menyebabkan pengobatannya terlambat dan keberhasilan pengobatan menjadi lebih rendah.
Selain di leher, kelenjar getah bening di paru juga menjadi salah satu lokasi yang sering dipilih kanker untuk berkembang biak.

Hal ini bisa menimbulkan gejala batuk kronik atau sesak napas yang semakin lama semakin progresif.

Tak jarang, kanker kelenjar getah bening di paru menyebabkan penumpukan cairan di rongga paru. Kondisi ini bisa menyebabkan sesak napas yang berat, bahkan dapat menimbulkan kematian jika tak lekas diatasi.
Setelah timbul di leher atau paru, umumnya kanker kelenjar getah bening akan menyebar ke rongga perut, yaitu ke organ hati atau limpa.

Gejala di perut umumnya berupa perut yang makin membesar karena terisi cairan, terasa begah, diare, dan lemas.

Penyebab dan Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening

Penyebab kanker kelenjar getah beningPenyakit kelenjar getah bening ini biasanya disebabkan infeksi bakteri atau virus. Dua hal ini merupakan faktor yang paling sering menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening.

Ciri ciri kelenjar getah beningBeberapa contoh ciri-ciri kelenjar getah bening dengan infeksi ringan tersebut adalah demam kelenjar, pilek, infeksi tenggorokan, radang amandel, infeksi gigi, infeksi telinga, dan infeksi kulit (selulitis).

Pada kasus yang jarang terjadi, ciri-ciri kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti artritis reumatoid, lupus, campak, sarkoidosis, tuberkulosis, rubella, sifilis, kanker, HIV/AIDS, cytomegalovirus, dan kanker (seperti leukimia limfositik kronis dan limfoma non-Hodgkin).

Ciri-ciri kelenjar getah bening yang jadi penanda kanker adalah pembesaran kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan yang tidak terasa sakit.

Rasa sakit atau pembengkakan di perut serta merasa cepat kenyang meskipun cuman makan sedikit.
Nyeri atau perasaan tertekan di dada, sesak napas atau batuk, demam, penurunan berat badan yang tidak diketahui sebabnya, berkeringat di malam hari dan kelelahan yang ekstrimjuga menjadi ciri-ciri kelenjar getah bening yang menyebabkan kanker.

Pengobatan Jika Terjadi Pembengakakan Kelenjar Getah Bening

1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan alami yang terkenal mampu mengobati penyakit kelenjar getah bening. Sebab bawang putih memiliki sifat anti mikroba dan anti inflamasi yang bisa mengurangi pembengkakan.

2. Memijat Dengan Lembut

Gerakan memijat kelenjar yang sedang bengkak juga bermanfaat untuk mengobatinya. Sebab pijatan ini akan membuat kelenjar menjadi lebih tenang dan mengurangi pembengkakan.

3. Madu

Jika kamu berminat mengobati penyakit kelenjar getah bening dengan pijatan, jangan lupa pijatlah dengan madu.
Sebab madu memiliki sifat anti inflamasi yang bisa mengurangi peradangan.

4. Susu dan Kunyit

Susu dan kunyit merupakan kombinasi alami yang baik untuk meringankan peradangan karena bersifat anti inflamasi.

5. Dikompres Dengan Air Hangat

Selain dipijat, kamu juga bisa mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Suhu yang hangat akan meningkatkan sirkulasi darah di daerah yang bengkak serta mengurangi rasa sakit karena bengkak.

Tags: #ciri ciri kelenjar getah bening #filipina melarang warganya bergosip #hukuman bagi warganya yang bergosip #tanda awal kanker mulai berkembang di tubuhmu