Kutu Kasur atau Tungau Sangat Mengganggu? Ini 7 Cara Menghilangkannya

449 views


Pernahkah Moms memiliki luka seperti digigit binatang setelah bangun tidur? Wah, bisa jadi Moms digigit oleh kutu kasur atau tungau Moms. Kutu kasur sangat kecil dan hampir tak kasat oleh mata. Nah, perkembangan kutu kasur ini disebabkan oleh kondisi kasur Moms yang nggak bersih atau lembap. Sebelum tubuh Moms lebih banyak bekas luka karena hewan kecil ini, yuk simak cara menghilangkan kutu kasur di bawah ini!

1. Jemur Kasur

Moms, cara tradisional ini memiliki segudang manfaat lho. Selain menghilangkan bau apek pada kasur, dengan menjemur kasur Moms dapat membuat telur-telur tungau mati dan tungaunya pergi. Sering-seringlah menjemur kasur maupun selimut di tempat yang panas; lalu pukul-pukul dengan pemukul kasur atau sapu lidi. Setidaknya, lakukan selama dua hingga tiga jam ya Moms. Cara ini akan memaksa kutu kasur tidak nyaman dan akhirnya keluar dari tempat persembunyiannya.

2. Cuci Sprei dan Sarung Bantal dengan Air Panas dan Detergen

Coba mulailah untuk mengubah gaya hidup Moms dan keluarga. Kebiasaan untuk mengganti seprai harus sering dilakukan agar telur-telur tungau di balik sprei dapat mati dengan segera. Tahu nggak Moms, satu hari tungau bisa menelurkan hingga 5 butir sehari. Waktu hidup tungau ini pun lama lho. Maka, jika Moms semakin lama untuk bertindak, tungau ini semakin banyak. Duh, seram!

Cara untuk membasti tungau di seprai gampang kok, cukup rendam sprei, sarung bantal dan selimut di dalam air panas dan detergen hingga air kembali dingin. Setelah itu cuci bersih dan jemur di bawah teriknya matahari ya.

3. Silika Gel

Silika gel adalah pengawet barang yang berupa kaca berbetuk kristal-kristal berpori. Cara membersihkan kutu kasur dengan benda ini adalah, giling sejumlah kristal gel silika lalu menaburkannya di sudut-sudut kamar tidur. Ini bisa dengan menaburkannya sebagian di kasur, sekitar kasur, dan sepanjang dinding.

Adapun gel silika ini diyakini mampu menempel pada tubuh kutu kasur dan tidak akan bisa lepas, sehingga secara perlahan dapat membuat kutu kasur dehidrasi lalu mati. Tapi, Moms harus hati-hati ya, karena gel silika ini dapat terhirup juga oleh Moms dan keluarga. Jadi, usahakan untuk membersihkan kembali sisa gel silika sebelum tidur ya.

4. Kapur Ajaib

Cara lainnya yaitu dengan menggunakan kapur ajaib. Kapur ini ampuh untuk membunuh serangga-serangga jahat lho. Cara menggunakannya pun gampang. Pertama cukup oleskan kapur ajaib pada tempat-tempat yang dipercaya sebagai sarang kutu kasur seperti tempat tidur; lipatan-lipatan kasur, bawah kasur, dan sudut-sudut lain. Namun, jangan sering-sering menggunakan cara ini. Alih-alih membasmi kutu kasur, serbuk kapur ajaib justru akan mengenai Moms.

5. Garam

Kandungan garam memang tidak disukai oleh serangga termasuk kutu kasur. Hal ini dikarenakan garam memiliki tekstur yang kasar sehingga berbahaya untuk hewan tersebut. Cara membuat racikannya pun mudah. Moms hanya perlu mencampurkan garam dan air yang dimasukkan ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan air garam tersebut ke sarang tungau atau lipatan-lipatan kasur.

6. Kulit Durian

Moms cukup meletakkan kulit durian di empat sisi tempat tidur Moms. Jangan sepelekan kulit durian Moms. Memang, terdengar aneh jika kulit durian ini dapat mengusir mahkluk tungau. Namun, durian sendiri diyakini mengeluarkan bau yang khas dan tidak disukai oleh kutu kasur, sehingga setidaknya dalam waktu dua hari, akan “memaksa” mereka keluar dan “minggat” dari tempat persembunyiannya. Wah, berarti bukan cuma manusia aja ya yang nggak suka dengan durian.

7. Tembakau

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan tembakau. Moms cukup campurkan tembakau dengan air, lalu kocok sebentar hingga larut. Semprotkan larutan tadi ke kasur dan aera kamar. Nah, untuk hasil yang maksimal, Moms bisa menaburkan beberapa genggam tembakau di bawah kasur ya. Jangan lupa untuk mengganti tembakau ini dengan yang baru setelah beberapa hari.

Moms, jangan lupa untuk mencoba semuanya ya. Semoga dengan usaha yang telah Moms lakukan, tungau-tungau tersebut dapat hilang dengan segera!

Turunkan Kolesterol dengan Teh Kunyit, Begini Cara Pembuatannya!

Kolesterol adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Namun bila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Nah, jika Moms memiliki masalah kolesterol, Moms bisa mencoba menurunkan kadarnya dengan rajin mengonsumsi teh kunyit. Berbeda dengan teh pada umumnya, Teh kunyit adalah minuman populer di seluruh Asia dan dikenal oleh beberapa orang sebagai “emas cair”. Manfaat kunyit terutama karena senyawa aktif yang terkandung di dalamnya yang disebut curcumin. Nah, curcumin dalam kunyit mampu meningkatkan sistem imun sehingga mampu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat).

Manfaat Teh Kunyit

Moms, teh kunyit mengandung curcumin atau lebih sering dikenal dengan komponen warna kuning pada kunyit, ternyata curcumin ini berfungsi sebagai penetral kolesterol sehingga kadarnya tidak melebihi batasan normal.

Bukan hanya itu, curcumin bersifat anti inflamasi sehingga sangat baik menjaga peredaran darah lancar serta menjaga pembuluh darah yang sehat. Dalam penelitian yang sama, curcumin bahkan diklaim mampu menurunkan gejala arthritis, asma, alergi, diabetes hingga mencegah kanker.

Namun tidak hanya itu, Moms. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol, ternyata teh kunyit juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan. Apa saja?

Meringankan Gejala Radang Sendi

Khasiat anti-inflamasi teh kunyit yang kuat dapat membantu meredakan peradangan dan pembengkakan pada penderita artritis. Ini mengurangi gejala yang menyakitkan. Dari beberapa penelitian menemukan bahwa senyawa aktif dalam kunyit, yang disebut curcumin, efektif dalam mengurangi rasa sakit pada pasien dengan osteoarthritis.

Membantu Mencegah Kanker

Banyak sifat obat teh kunyit, termasuk antioksidan dan anti-inflamasi, dapat berkontribusi untuk pencegahan kanker. National Cancer Institute telah mengakui curcumin sebagai anticarcinogen yang efektif, atau zat yang membantu mencegah kanker layaknya bahan alami untuk mengobati kanker serviks ataupun bahan alami untuk mengobati kanker payudara.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sifat obat dalam kunyit mungkin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bahkan pada orang dengan gangguan kekebalan tubuh. Para peneliti juga berteori bahwa kunyit dapat memoderasi sistem kekebalan tubuh.

Dapat Membantu Mengobati Uveitis

Uveitis adalah peradangan iris. Beberapa penelitian awal telah mengindikasikan bahwa curcumin yang ditemukan dalam kunyit sebenarnya sama efektifnya dengan kortikosteroid, tetapi tanpa efek samping.

Resep Teh Kunyit

Nah, sekarang Moms sudah mengetahui manfaat teh kunyit, kan. Kalau begitu, mengutip Tastemade, berikut ini resep cara membuat teh kunyit. Catat ya, Moms.

Bahan:

  • 500 ml santan
  • 1 sdt. bubuk kunyit
  • 1/2 tsp. bubuk kayu manis
  • 1 sdt. madu
  • 1/8 sdt. lada hitam
  • 1/4 sdt. jahe parut

Cara Membuat:

  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan
  2. Saring menggunakan saringan dapur, atau kain katun tipis.
  3. Tuang adonan ke dalam panci di atas api sedang sampai panas, tapi tidak mendidih, kira-kira. Sekitar 4-6 menit.
  4. Sajikan segera.

Mudah kan, Moms, cara membuat teh kunyit. Selamat mencoba di rumah.

Bisa Bikin Langsing! Detoks Tubuh dengan 5 Minuman Berkhasiat Ini Sebelum Tidur

Memiliki tubuh sehat merupakan impian bagi semua orang.

Agar menjaga tubuh tetap sehat sebaiknya selalu terapkan pola hidup sehat, konsumsi makanan bergizi dan hindari dari hal-hal yang negatif.

Namun tak kalah penting yang harus Moms perhatikan yaitu menjaga kesehatan organ hati.

Sebab, hati memiliki fungsi penting dalam tubuh kita secara keseluruhan guna menghilangkan akumulasi limbah dan racun dari tubuh.

Akan tetapi fungsi hati juga bisa terganggu akibat beberapa hal.

Untuk mendetoksifikasi hati, ada 5 minuman yang bisa Moms coba dan dikonsumsi di malam hari.

Tak hanya efektif membersihkan hati, tapi juga ampuh menurunkan berat badan.

Melansir laman Healthy Food House, berikut diantaranya:

Air Lemon

Air lemon sangat baik diminum sebelum tidur.

Selain membersihkan hati, air lemon juga dapat memberi energi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Cukup peras lemon dan tambahkan air panas.

Agar rasanya lebih manis, Moms bisa menambahkan madu ke dalamnya.

Lemon dan Jahe

Tentu Moms sudah tahu kalau jahe dan lemon kaya akan vitamin C serta antioksidannya yang dapat mencegah berbagai penyakit.

Moms bisa minum campuran lemon dan jahe untuk membersihkan hati dan usus besar.

Juga guna meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi perut kembung.

Cara buatnya rebus air dan masukkan setengah lemon serta irisan jahe.

Rebus hingga mendidih dan minumlah sebelum tidur.

Oatmeal dan Kayu Manis

Hampir semua orang menyukai oatmeal.

Selain kaya serat, mineral dan vitamin juga bisa membuat tubuh lebih rileks.

Manfaat lainnya, bisa digunakan untuk mendetoksifikasi hati dan membuat pencernaan tetap lancar.

Rebus air lalu masukkan oat ke dalamnya, tunggu selama 7 jam.

Jika sudah, saring dan beri tambahan satu sendok teh kayu manis.

Teh Peppermint

Rasanya yang segar membuat teh ini disukai banyak orang.

Daunnya kaya akan kandungan minyak atsiri, yang bisa digunakan untuk mendetoksifikasi hati dan usus besar.

Cobalah tambahkan 2 sendok makan daun peppermint ke dalam air, dan rebus selama 2 menit.

Kemudian angkat dan minum 30 menit sebelum tidur.

Teh Chamomile

Minum teh chamomile sebelum tidur bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak.

Stres juga berkurang dan membuat Moms menjadi tenang.

Hal ini karena chamomile memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat menenangkan jaringan dan otot yang meradang.

Cara buatnya cukup mudah, rebus air dan tambahkan satu sendok makan chamomile ke dalamnya.

Jika sudah, diamkan selama 10 menit hingga dingin.

Tags: #cara menghilangkan kutu kasur #cara menurunkan kolesterol #menghilangkan kutu kasur #minuman bisa bikin langsing