MasyaAllah, Santriwati Asal Garut Mampu Hafal 30 Juz Selama 1,5 Bulan

688 views


Air mata santriwati Pondok Pesantren Darussalam, Garut, Jawa Barat bernama Imelda Fitriani tak kuasa jatuh saking bahagianya. Imelda baru saja merayakan wisuda menjadi seorang hafizah. (foto cover: ilustrasi, sumber)

Istimewanya, gadis berusia 16 tahun itu mampu menghafal Alquran 30 juz hanya dalam waktu 1,5 bulan. Imelda menceritakan, berbagai persiapan dilakukan sebelum masuk pesantren dan kelas khusus menghafal Alquran.

” Persiapannya yang pertama jelas niatkan pada harkatnya harus karena Allah. Niat kita untuk menjadi lebih baik bisa mengamalkan,” ujar Imelda dikutip dari Merdeka.com.

Imelda mengatakan, para santriwati yang sudah kelas 10 SMA itu wajib masuk kelas khusus menghafal Alquran selama 2 bulan. Pada periode ini, mereka tidak diwajibkan untuk mengikuti kegiatan pondok.

” Selama dua bulan kita dikhususkan untuk masuk kelas khusus, tidak mengikuti kegiatan pondok selama dua bulan,” ucap dia.

Setiap minggunya, kata dia, para santriwati akan memberikan setoran hafalan Alquran.

Gadis yang bercita-cita ingin menjadi dokter itu pun menceritakan ada berbagai godaan lahir maupun batin.

Momen Haru Putri Wisuda Hafalan 30 Juz Cegah Ibunda Cium Kakinya

” Alhamdulillah Allah selalu mendorong saya untuk menghafal Alquran, akhirnya saya bisa menghatamkan Alquran,” kata dia.

Dalam waktu 1,5 bulan, Imelda akhirnya mampu menghafal 30 juz bersama 137 rekan wisuda lainnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam, KH Asep Solahuddin mengatakan, proses menjadi seorang penghafal Alquran itu tidak mudah.

” Kita lakukan pembinaan kepada seluruh santri sejak mulai masuk pondok dari tajwid dan tahsinnya dulu. Dan wisuda ini adalah gelombang pertama. Nanti empat tahun ke depan kita akan lakukan wisuda hafidz dan hafidzah di gelombang kedua,” kata Asep. (sumber: dream)

Cerita Siti Nurfarahdini, Hafal 30 Juz Alquran dalam 40 Hari

Berniat karena Allah SWT dan senantiasa berdoa menjadi rahasia wanita berusia 21 tahun ini yang berhasil menghafal Alquran hanya dalam tempo 40 hari.

Siti Nurfarahdini Mohd Zawawi mengatakan niat menjadi syarat paling penting karena itu merupakan inti segala bentuk ibadah yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

” Jika niat hanya karena ingin gelar Hafizah atau mau membanggakan ibu bapa dan orang sekeliling, saya tangguhkan niat itu terlebih dahulu karena semua ibadah yang kita buat hendaklah karena Allah, untuk syurga dan akhirat.

” Sekiranya niat kita itu betul dan tepat, Insya Allah usaha kita akan membuahkan hasil. Tapi kalau niat untuk manusia maka tidak berumur lama,” kata gadis Malaysia ini.

Cerita Hafizah Bisa Hafal 30 Juz Hanya dalam Tempoh 40 Hari

Bercerita mengenai keberhasilannya itu, Siti Nurfarahdini mengatakan dia mulai menghafal Alquran setelah lulus ujian Sijil Pelajaran Malaysia (semacam SBMPTN) pada 2017.

Jadi, sambil menunggu pengumuman kelulusan diterima di universitas yang dia inginkan, Siti Nurfarahdini meluangkan waktu untuk menghafal Alquran.

Masya Allah, Ustaz Abdul Somad Kenalkan Hafidzah Berusia 104 Tahun

Selama menunggu pengumuman itu, gadis kelahiran Sabak Bernam, Selangor ini, berhasil menghafal beberapa juz.

Proses Hafalan Sempat Tertunda

Namun proses itu tertunda setelah dia diterima di jurusan ilmu terapan di Universiti Teknologi Mara (UiTM) cabang Tapah, Perak.

” Rencananya saya mau menghafal 30 juz sebelum masuk universitas. Namun Allah berkehendak lain untuk saya ketika itu.

” Alhamdulillah meski hanya menghafal beberapa juz di sebuah pusat tahfiz dekat rumah, hasrat untuk menyelesaikan hafalan tidak pernah padam sejak itu,” kata anak pasangan Mohd Zawawi Parlan dan Rafiah Fadzli ini.

Berhasil Hafal 30 Juz dalam Tempoh 40 Hari

Maka pada Ramadan lalu, Siti Nurfarahdini mengikuti Kem Huffaz Profesional Promax yang digelar Annur Quranic Centre selama empat minggu dan berhasil menghafal dalam tempoh 40 hari.

” Dua minggu pertama saya mengikuti program itu di Annur Qurani Centre sementara sisanya secara online bersama 10 peserta lain yang diselia oleh seorang ustazah karena adanya PKP (semacam PPKM Darurat).

” Alhamdulillah berkat doa keluarga, ustazah yang membimbing dan dukungan teman-teman lain dalam program itu, saya berhasil menghafal 30 juz… tiada kata dapat saya gambarkan selain bersyukur kepada Allah,” katanya.

Rahasia Hafal Alquran dalam Waktu Singkat

Berbagi keberhasilannya, Siti Nurfarahdini mengatakan dia tidak mempunyai rahasia tertentu. Dia hanya berpegang pada niat, doa, usaha dan tawakal. Itulah resep keberhasilannya menghafal Alquran dalam waktu 40 hari.

Kata Siti Nurfarahdini, program yang dibuat Annur Qurani Centre juga banyak membantunya dalam menghafal lebih baik.

Dalam program itu, peserta akan menghafal dalam lima sesi yaitu setelah Subuh, Dhuha, Zuhur, Asar dan malam hingga pukul 12 tengah malam.

” Namun ketika menghafal secara online, saya lebih nyaman sendirian, terutama sebelum masuk sholat Subuh karena ketika itu otak lebih segar.

” Setelah selesai menghafal, saya biasanya akan kasih tahu ustazah dan kami akan bertemu dalam Google Meet untuk memeriksa hafalan saya,” kata anak ketiga dari empat bersaudara ini.

Baca Alquran sejak Usia 5 Tahun, Khatam Setiap Tahun

Bercerita mengenai cintanya terhadap Alquran, Siti Nurfarahdini mengatakan dia bersyukur dan menganggap dirinya beruntung karena sejak kecil telah ditunjukkan keindahan kitab suci itu dalam kehidupan sehari-harinya.

Malah dia mulai membaca Alquran ketika usianya lima tahun, dan berhasil khatam buat kali pertama ketika dia kelas tiga Sekolah Dasar.

” Alhamdulillah meskipun bukan datang dari keluarga Hafizah, tetapi ibu bapa dan saudara lainnya aktif dalam Tilawah Alquran.

” Sejak kecil ibu yang juga seorang guru mengajar saya mengaji, dan Alhamdulillah saya berhasil khatam Alquran sekurang-kurangnya setahun sekali,” kenangnya.

Jadikan Alquran sebagai Sahabat Terbaik

Siti Nurfarahdini mengatakan dia menjadikan Alquran sebagai sahabat baik karena tujuan hidupnya ingin mendapat ridha Allah selain ingin tinggal syurga-Nya.

” Kita bukan saja menghafal tetapi hidup yang singkat ini perlu berlandaskan Alquran.

” Itu yang selalu saya ingatkan pada diri saya karena apabila kita betul-betul paham isi kandungannya, ia bukan saja membuat kita merasa kerdil dan insaf tetapi mendapat nikmat luar biasa,” pungkasnya.

======

Benjolan di Leher Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Benjolan di leher bisa terasa nyeri, namun bisa juga tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali ketika dipegang. Meski pada umumnya tidak berbahaya, tapi benjolan di leher dapat menandakan gangguan kondisi kesehatan yang serius.

Jika Anda memiliki benjolan di leher, baik terasa sakit atau tidak sakit, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat dan aman.

Penyebab Benjolan di Leher

Kelenjar getah bening yang membesar adalah penyebab paling umum dari benjolan di leher. Kelenjar getah bening mengandung sel-sel yang membantu tubuh Anda melawan infeksi dan menyerang sel-sel ganas (kanker). Saat Anda sakit, kelenjar getah bening Anda bisa membesar untuk membantu melawan infeksi.

Pembengkakan kelenjar getah bening biasanya terjadi ketika tubuh mengalami infeksi, antara lain infeksi tenggorokan, infeksi gigi, campak, TBC, lupus dan sifilis. Benjolan dapat kempis dengan sendirinya ketika kondisi kesehatan Anda mulai membaik.

Selain itu, beragam penyebab benjolan di leher lainnya adalah sebagai berikut:

  • Pembengkakan kelenjar tiroid 

Kelenjar yang bentuknya mirip kupu-kupu ini berada di leher dan tepat di depan tenggorokan Anda. Kelenjar tiroid biasanya tidak terlihat, tapi karena beberapa sebab, kelenjar dapat membengkak dan menimbulkan benjolan di leher yang kerap disebut gondok. Pembengkakan ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti kekurangan yodium, kelenjar terlalu atau kurang aktif, dan kanker tiroid.

  • Batu di kelenjar ludah. 

Bahan kimia yang terdapat dalam air liur terkadang dapat mengendap dan membentuk batu kecil. Batu tersebut bisa menyumbat aliran air liur ke dalam mulut Anda. Kondisi ini dapat menyebabkan benjolan di leher.

  • Kanker

Sebagian besar benjolan di leher bersifat jinak. Akan tetapi, kemungkinan benjolan leher merupakan keganasan akan semakin besar risikonya di atas umur 50 tahun. Anda juga berisiko tinggi mengalami benjolan di leher yang bersifat kanker jika menjalani gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Selain itu, benjolan di leher juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda menderita leukimia (kanker darah putih), kanker payudara, limfoma Hodgkin, limfoma non Hodgkin, serta kanker paru-paru.

  • Skin tag atau pertumbuhan kulit berlebih

Skin tag dapat timbul ketika kulit sering bergesekan dengan kulit di sekitarnya. Hal ini menyebabkan daging kecil berwarna kecokelatan mirip kutil yang disebut skin tag. Kondisi ini umum terjadi, tidak menimbulkan rasa sakit, dan tidak berbahaya. Terkadang, skin tag dapat terpuntir dan putus akibat kehilangan pasokan darah. Siapa saja dapat mengalaminya, terutama penderita diabetes tipe 2, obesitas, wanita hamil dan orang tua.

Mengenali Gejala yang Dirasakan

Untuk mengetahui apakah benjolan yang Anda miliki berbahaya atau tidak, Anda bisa mengenali benjolan tersebut dengan kriteria sebagai berikut:

  • Tidak kunjung mengecil hingga lebih dari sebulan.
  • Terlihat terus.
  • Terasa mengeras atau tidak bergerak ketika disentuh.
  • Diiringi oleh demam, sesak napas, nyeri dan sulit menelan, penurunan berat badan, peningkatan denyut jantung, suara serak, adanya darah pada air liur, atau perubahan kulit di sekitar benjolan.

Jika Anda mengalami benjolan di leher seperti di atas, sebaiknya kunjungi dokter untuk mengetahui penyebab munculnya benjolan tersebut. Beberapa tes yang mungkin akan Anda jalani adalah tes darah, Rontgen, USG, MRI serta biopsi. Setelah mengetahui penyebabnya, dokter bisa memberikan pengobatan yang tepat untuk benjolan di leher Anda.

Pada umumnya benjolan di leher tidak berbahaya. Namun tidak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter jika ada kejanggalan pada benjolan tersebut. Deteksi dini bisa mencegah Anda dari bahaya benjolan yang mematikan.

Tags: #benjolan di leher tanda penyakit serius #hafal 30 juz dalam waktu singkat