Matamu Masih Jelalatan Memandang Wanita Suami Mengeluh Anda Tak Cantik Lagi, ‘Tampar’ Dengan Kisah Ini


Matamu masih jelalatan memandang wanita di luaran sana lebih cantik dari pada istri dirumah? Dan sering membandingkan seberapa cantik istrimu ketika pertama kali berkenalan hingga saat ini menjadi istrimu. Jika merasa istrimu kadar kecantikannya berkurang, maka kamu wajib menyimak kisah berikut ini.

Seorang suami mengadukan apa yang ia rasakan kepada seorang Syekh. Dia berkata:

“Ketika aku mengagumi calon istriku seolah-olah dalam pandanganku Allah tidak menciptakan perempuan yang lebih cantik darinya di dunia ini. Ketika aku sudah meminangnya, aku melihat banyak perempuan seperti dia. Ketika aku sudah menikahinya aku lihat banyak perempuan yang jauh lebih cantik dari dirinya. Ketika sudah berlalu beberapa tahun pernikahan kami, aku melihat seluruh perempuan lebih manis dari pada istriku.”

Syekh berkata:

ﺃﻓﺄﺧﺒﺮﻙ ﺑﻤﺎ ﻫﻮ ﺃﺩﻫﻰ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﻭﺃﻣﺮّ!؟

“Apakah engkau tahu, ada yang jauh lebih parah daripada yang engkau alami saat ini!?”
Laki-laki penanya: “Iya, mau.”

Syekh: “Sekalipun engkau mengawini seluruh perempuan yang ada di dunia ini, pasti anjing-anjing yang berkeliaran di jalanan itu lebih cantik dalam pandanganmu dari pada wanita manapun.”

Laki-laki penanya itu tersenyum masam, lalu ia berujar: “Kenapa tuan Syekh berkata demikian?”

Syekh itu melanjutkan:

ليس الأمر في عرسك ، وإنما هو في قلبك الطامع وبصرك الزائغ ، ولا يملأ عين ابن آدم الا التراب

“Masalah sesungguhnya bukan terletak pada istrimu, tapi terletak pada hati rakusmu dan mata keranjangmu. Mata manusia tidak akan pernah puas, kecuali jika sudah tertutup tanah kuburan.”

Rasulullah bersabda:

لَوْ أَنَّ لِابْنِ آدَمَ وَادِيًا مِنْ ذَهَبٍ أَحَبَّ أَنْ يَكُونَ لَهُ ثَانِيًا، وَلَنْ يَمْلأَ فَاهُ إِلا التُّرَابُ، وَيَتُوبُ اللَّهُ عَلَى مَنْ تَابَ

“Andaikan anak Adam itu memiliki lembah penuh berisi emas pasti ia akan menginkan lembah kedua, dan tidak akan ada yang bisa memenuhi mulutnya kecuali tanah. Dan Allah akan menerima taubat siapa yang mau bertaubat”.

Lalu Syekh itu bertanya, “Apakah engkau ingin istrimu kembali seperti dulu, menjadi wanita terindah di dunia ini?”

“Iya Syekh,” jawab lelaki itu dengan perasaan tak menentu.

Syekh:

فاغضض ﺑﺼﺮﻙ ، فإن من ارتضى بحلاله رزق الكمال فيه

“Pejamkanlah matamu dari hal-hal yang haram… Ketahuilah, orang yang merasa cukup dengan suatu yang halal, maka dia akan diberi kenikmatan yang sempurna di dalam barang halal tersebut”

Tetap bersyukur dengan apa yang kita miliki serta meninggalkan apa yang di larang oleh Allah SWT adalah kunci dari harmonisnya hubungan antara suami dan istri.

Semoga kisah diatas menjadi pelajaran bagi kehidupan rumah tangga kita agar selalu sakinah mawaddah warahmah, amin.

=======

Xeroderma Pigmentosum, Penyakit Kulit Sensitif terhadap Sinar Matahari

Xeroderma pigmentosum adalah kelainan genetik yang mengakibatkan penderitanya menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari. Xeroderma pigmentosum tergolong penyakit langka yang diperkirakan memengaruhi 1 dari 250.000 orang di seluruh dunia.

Karena merupakan kelainan genetik, gejala xeroderma pigmentosum dapat dilihat sejak bayi. Keluhan akan muncul dari daerah-daerah yang sering terkena sinar matahari, yaitu kulit dan mata. Jika tidak ditangani dengan baik, penderita xeroderma pigmentosum akan rentan mengalami kanker kulit dan kanker mata.

Penyebab Xeroderma Pigmentosum

Xeroderma pigmentosum umumnya disebabkan oleh mutasi pada gen yang menyebabkan terhambatnya aktivitas perbaikan DNA yang rusak. Adanya mutasi gen tersebut membuat tubuh tidak mampu memperbaiki atau menggantikan DNA yang rusak akibat paparan radiasi sinar matahari.

Setidaknya ada 8 jenis mutasi gen yang dapat menyebabkan xeroderma pigmentosum. Namun, yang paling banyak ditemukan adalah mutasi pada gen XPC, ERCC2, dan POLH.

Kelainan kulit langka ini biasanya diturunkan dari orang tua pada anak secara autosomal resesif. Artinya, meski orang tua tidak ada yang mengalami xeroderma pigmentosum, apabila keduanya memiliki mutasi pada gen di atas, risiko anak terkena penyakit ini adalah 25% pada setiap kehamilan.

Gejala Xeroderma Pigmentosum

Gejala xeroderma pigmentosum biasanya sudah dapat terdeteksi selama masa bayi atau di 3 tahun pertama kehidupan. Beberapa gejala xeroderma pigmentosum yang perlu diketahui adalah:

Gejala pada kulit

Kemunculan bintik-bintik pada area kulit bayi atau balita yang terkena sinar matahari merupakan tanda umum dari xeroderma pigmentosum. Tanda tersebut bisa meliputi wajah, leher, lengan, dan kaki.

Tanda lainnya yang juga dapat terjadi adalah perubahan pigmentasi yang menyebabkan timbulnya bercak kulit yang sangat gelap (hiperpigmentasi) atau bercak kulit yang sangat terang (hipopigmentasi) dibandingkan dengan warna kulit sekitarnya.

Selain itu, beberapa gejala xeroderma pigmentosum yang terjadi pada kulit adalah:

  • Kulit terbakar, kemerahan, nyeri, bahkan melepuh yang bisa berlangsung selama berminggu-minggu
  • Kulit tipis dan rapuh
  • Kulit penuh jaringan parut
  • Kulit nampak gurat-gurat pembuluh darah kecil (telangiektasis)

Gejala pada mata

Gejala paling umum dari xeroderma pigmentosum yang muncul pada mata adalah mata menjadi sensitif (fotofobia), nyeri, bahkan kemerahan saat melihat cahaya.

Selain itu, gejala lain yang bisa terjadi antara lain:

  • Radang pada kornea dan bagian putih mata (sklera)
  • Produksi air mata yang berlebih
  • Radang pada kelopak mata
  • Kelopak mata terlipat ke dalam (entropion) atau keluar (ectropion)
  • Lensa mata menjadi keruh

Jika tingkat kerusakan di mata dan kulit sekitarnya sudah parah, xeroderma pigmentosum bisa menyebabkan kebutaan.

Gejala pada sistem saraf

Sekitar 1 dari 4 penderita xeroderma pigmentosum mengalami masalah pada sistem saraf yang dapat memburuk seiring berjalannya waktu. Beberapa dampaknya malah sudah bisa terlihat jelas sejak lahir.

Berikut adalah gejala xeroderma pigmentosum yang diakibatkan oleh gangguan sistem saraf:

  • Ukuran kepala kecil (mikrosefalus)
  • Gerakan refleks yang lambat atau bahkan tidak ada
  • Keterampilan motorik yang buruk
  • Keterlambatan tumbuh kembang
  • Otot kaku atau lemah
  • Kontrol gerakan tubuh yang buruk (ataksia)
  • Gangguan pendengaran yang dapat berkembang menjadi ketulian

Tidak semua gejala yang disebutkan di atas dapat terjadi pada penderita xeroderma pigmentosum. Jadi, setiap penderita bisa saja menunjukkan gejala yang berbeda-beda.

Bisakah Xeroderma Pigmentosum Disembuhkan?

Hingga kini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit xeroderma pigmentosum. Berbagai pengobatan yang diberikan oleh dokter hanya bertujuan untuk mengurangi gejala dan mencegah terjadinya komplikasi.

Menjauhi paparan sinar matahari adalah langkah paling efektif. Namun, tak mungkin juga penderita xeroderma pigmentosum harus diam dalam ruangan setiap harinya. Oleh karena itu, pola hidup sehari-hari penderita harus dimodifikasi, agar aktivitasnya bisa berlanjut tanpa memperparah kondisinya.

Beberapa hal yang harus diterapkan antara lain:

  • Mengurangi aktivitas di luar ruangan pada siang hari, kecuali dalam keadaan terdesak, seperti mengunjungi rumah sakit
  • Menggunakan krim tabir surya atau pakaian yang menutupi seluruh tubuh setiap kali keluar rumah saat matahari bersinar
  • Menggunakan topi dan kacamata hitam setiap kali keluar rumah saat matahari masih bersinar
  • Menghindari paparan asap rokok karena dapat memperburuk kerusakan kulit

Selain itu, melakukan pemeriksaan kulit dan mata secara rutin juga merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan. Ini akan sangat membantu dalam mengobati gejala yang timbul, serta mengidentifikasi dan menghilangkan pertumbuhan kanker secara dini, baik di kulit maupun mata.

Dengan menjalani beragam tips seperti di atas, penderita xeroderma pigmentosum diharapkan tetap bisa mendapatkan kualitas hidup yang baik, meski ada beberapa keterbatasan.

Bila Anda atau anak Anda mengalami xeroderma pigmentosum dan membutuhkan penjelasan lebih lanjut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit guna mendapat saran pengobatan yang terbaik dalam mengendalikan penyakit ini.

Tags: #penyakit kulit sensitif terhadap sinar matahari #suami mengeluh istri tidak cantik lagi