Mertua Suka Membedakan-bedakan Menantu?, ini 16 Jurus Menghadapi Mertua Suka Pilih Kasih


Menghadapi mertua yang pilih kasih. Ada mertua, kita sedang kesusahan minta pertolongan tidak diberikan, sedangkan menantu lainnya mengalami hal sama dan meminta bantuan tanpa basa-basi langsung diberi, nyesekkan rasanya? atau mertua punya apa yang dikasih menantu lainnya, sedangkan kita enggak, gimana harus menghadapi mertua seperti ini?

Disaat kita berusaha untuk membangun sebuah keluarga dengan cara membina rumah tangga bahagia bersama orang yang kita cintai untuk mengarungi bahtera rumah tangga, tentunya kita juga sudah siap dengan semua latar belakang dari sang kekasih.

Dan kita juga harus siap untuk menerima semua bentuk sikap dari keluarganya yang mungkin saja ada yang tidak menyukai kita.

Terlebih lagi jika mertua kita bersikap pilih kasih kepada yang satu dibanding yang lainnya, ini akan membuat kita merasa sedih dan seperti tidak dianggap.

Untuk menyikapi hal ini kita bisa mencoba tips menjaga hubungan dengan mertua seperti dibawah ini agar mertua tak lagi membeda-bedakan menantunya.

1. Hadapi dengan sabar

Bagaimana pun juga mertua adalah orang tua dari pasangan kita yang berarti orang tua kita juga yang harus kita hormati.

Meski sang mertua bersikap tidak adil pada kita, cobalah untuk tetap bersabar sebagai menantu. Mungkin mertua kita belum melihat kelebihan yang kita miliki.

2. Cari tahu alasan kenapa mertua bersikap pilih kasih

Mertua kita bersikap tidak adil mungkin ada alasannya, apakah pernikahan kita dulu direstui? Atau mungkin kita pernah membuat kesalahan yang sangat mengecewakannya?

Atau mungkin menantu yang lain memiliki kelebihan yang tidak ada pada kita? Atau masih ada hal yang lainnya yang harus kita temukan jawabannya.

Dengan demikian kita bisa intropeksi diri kita sendiri untuk menjadi lebih baik lagi di mata mertua.

3. Pererat hubungan silaturahmi dengan mertua.

Mungkin saja salah satu penyebab mertua pilih kasih karena kita yang tinggal jauh dari mereka, sehingga komunikasi kurang lancar dan mertua merasa lebih dekat dengan menantu yang lainnya yang lebih dekat dengan mereka.

Coba untuk lebih mendekatkan diri kepada mertua dengan lebih sering berkunjung ke rumahnya atau bisa melalui media komunikasi lainnya sehingga tetap bisa bertukar kabar meski berjauhan.

4. Berikan perhatian pada mertua.

Kesibukan terkadang membuat kita lupa waktu dan lupa untuk berkumpul bersama keluarga besar.

Luangkanlah waktu di akhir pekan untuk berkumpul bersama keluarga dan berikan perhatian kepada mertua yang mungkin selama ini terabaikan sehingga membuat hubungan kita dan mertua menjadi renggang di banding menantu yang lainnya.

5. Perlihatkan kelebihan kita pada mertua.

Apa kelebihan yang ada pada diri kita, coba perlihatkan kepada mertua. Mungkin kita punya kasih sayang untuk mereka, coba perlihatkan agar mereka pun bisa merasakan kasih sayang dari kita.

6. Penuhi keinginan mertua.

Mungkin mertua kita punya keinginan yang belum kesampaian, penuhilah jika keadaan kita memang mampu untuk memenuhinya.

Dengan cara membahagiakan mertua seperti ini akan membuat mereka merasa sangat senang dan akan berterima kasih pada kita.

7. Jangan membantah perkataan mertua.

Meskipun sang mertua sering pilih kasih dan membeda-bedakan, bukan berarti kita boleh membalasnya dengan cara apapun.

Termasuk membantah perkataannya, ini akan membuat mertua kita semakin tidak menyukai kita.

8. Tetap hormati mertua.

Jangan biarkan sikap mertua yang pilih kasih membuat kita tidak menghormatinya lagi, ini hanya akan memperburuk hubungan antara kita dan mertua. Dan akan membuat mertua semakin berlaku tidak adil pada kita.

9. Coba minta maaf kepada mertua.

Coba ingat kembali, apakah kita dahulunya punya kesalahan pada mertua? Atau sikap kita yang kurang baik padanya?

Apa kita memang lupa atau tidak cobalah untuk meminta maaf pada mertua. Mungkin saja ada kesalahan yang kita lupa sehingga membuat mertua tidak enak hati pada kita hingga saat ini.

10. Berikan mertua hadiah-hadiah dan kejutan kecil.

Memberikan hadiah dan surprise kepada seseorang akan membuatnya merasa bahagia, begitu juga dengan mertua.

Ia akan merasa sangat senang menerima hadiah dari menantunya, karena dengan demikian ia akan merasa disayang dan diperhatikan.

11. Bersikap baik dan santun.

Selalu bersikap sopan santun kepada mertua, ini bisa menyadarkan mertua untuk berlaku adil pada kita. Jika kita tetap baik kepada mertua, lama kelamaan akan membuat mertua menyadari kebaikan kita yang selama ini telah diabaikannya.

12. Perlakukan orang tua dan mertua dengan adil.

Sebagai anak kita memang diwajibkan untuk peduli dan perhatian pada orang tua walaupun kita sudah punya keluarga sendiri.

Begitu juga pada mertua, kita juga harus bersikap adil. Mungkin saja selama ini kita hanya peduli dengan orang tua sendiri sehingga mertua kita merasa terabaikan.

13. Rajin membantu mertua.

Jika kita rajin membantu mertua yang sedang membutuhkan pertolongan dan selalu ada saat dibutuhkan, ini dapat merubah pikiran negatif mertua tentang kita sehingga ia merasa mulai bisa menerima kita.

14. Hindari berdebat dengan mertua.

Ada saatnya dimana pendapat kita dan mertua itu berbeda yang dapat mengundang perdebatan. Hindari situasi ini terjadi, lebih baik kita mengalah dengan mengiyakan saja pendapat mertua meskipun tidak akan kita terima dari pada terus berdebat yang hanya membuat image kita makin buruk di mata mertua.

15. Komunikasikan dengan pasangan kita.

Pasangan kita adalah tempat terbaik untuk mengutarakan isi hati karena ia adalah pendamoing hidup kita.

Mintalah pendapat pasangan kita mengenai sikap orang tuanya yang pilih kasih pada kita dan kita bisa memecahkan masalah ini bersama pasangan.

16. Jangan di masukkan ke hati.

Bagaimana pun sikap mertua pada kita di maklumi saja, tidak usah di ambil hati karena lama kelamaan malah akan menimbukan rasa benci.
Semoga cara menghadapi mertua yang pilih kasih di atas dapat membantu kita untuk lebih bisa dekat dengan mertua, selain itu kita juga harus tahu cara mengambil hati mertua agar mertua pun sadar dan akan berlaku adil pada kita.

Inilah 10 Tanda Kelelahan Istri yang Jarang Diketahui Suami

Jangan anggap remeh kelelahan. Sejumlah penyakit bisa menyerang saat tubuh terus menerus kekelahan. Bahkan pada sejumlah kasus, kekerasan ibu pada anak dipicu oleh kelelahan yang ia alami. (foto cover; ilustrasi, sumber)

Sayangnya, banyak wanita yang ketika kelelahan, ia tidak mau menyampaikan kepada suaminya. Pada kondisi demikian, sang suami perlu peka.

Agar hal-hal negatif dan berbahaya tidak terjadi, para suami perlu mengetahui ciri-ciri kelelahan istri, lalu mengambil peran untuk mengurangi atau menghilangkan kelelahan itu.

1. Kurang Keseimbangan

Jika suami melihat gula atau kopi berceceran, cobalah amati istri Anda. Jangan-jangan ia kehilangan keseimbangan yang dulu. Jika iya, ketahuilah itu ciri kelelahan.

2. Uring-uringan

Jika istri uring-uringan, mungkin ia sedang kelelahan. Suami perlu peka dan berupaya mendekatinya dan memberikan bantuan.

3. Mendadak Pemarah

Misalnya anak habis main tidak mau merapikan, istri marah. Anak terlambat pulang sekolah, istri marah. Padahal biasanya dia wanita yang sabar.

4. Mendadak Jadi Pelupa

Biasanya istri ingatannya tajam. Tapi belakangan ini menaruh dompet lupa, menaruh kunci motor lupa. Bisa jadi itu tanda kelelahan.

Dulu ia adalah seorang yang bening dan ceria. Tapi akhir-akhir ini wajahnya kusut, penampilannya agak lusuh. Mungkin ia kelelahan sehingga tak ada waktu untuk melakukan perawatan.

6. Tak Bisa Konsentrasi

Diajak bicara kurang nyambung, ditanya anak tidak menjawab. Ini juga tanda kelelahan.

7. Mudah Tertidur

Suami mengajak istrinya berhubungan. Eh, tahu-tahu waktu suami sedang bersih-bersih diri untuk persiapan, istri sudah ketiduran. Ini juga ciri kelelahan.

8. Gelisah, Tidak Tenang

Jika istri terlihat tiba-tiba diam, sikapnya tidak tenang, bisa jadi ia kelelahan. Kelelahan memicu stres dan tanda-tanda awalnya adalah gelisah.

9. Suhu Tubuh Sering Panas

Jika istri sering panas, coba evaluasi akatifitasnya. Mungkin terlalu padat dan berat sehingga ia kelelahan.

10. Kesehatan Menurun

Ciri umum kelelahan adalah kondisi fisik menurun. Selain panas, ia mudah flu dan batuk. Itu gejala awal yang tak boleh diremehkan.

Jika suami melihat 10 tanda ini, ia perlu melakukan instrospeksi. Mungkin tugas istri terlalu berat, aktifitasnya terlalu padat. Suami perlu memastikan istri cukup istirahat.

Ia juga perlu melakukan evaluasi dengan membantu istrinya berbagi pekerjaan rumah tangga. Jika kemampuan finansial mencukupi, ia perlu mencarikan khadimat alias asisten rumah tangga.

Tags: #istri kelelahan #istri kelelahan jarang diketahui suami #mertua suka membedakan menantu #tanda istri kelelahan