Meski Lelah Tapi Bahagia, Ternyata Profesi Ini Adalah Profesi Terberat Dibanding Pekerjaan Lainnya


Menjadi Ibu rumah tangga adalah profesi yang mulia namun kerap dipandang sebelah mata. Padahal, menjadi ibu rumah tangga butuh kesabaran dan perjuangan yang luar biasa.

Menjadi ibu rumah tangga merupakan sebenar-benarnya profesi penuh waktu. Menurut riset, tugas ibu rumah tangga memerlukan waktu setidaknya 98 jam kerja seminggu. ini 2,5 kali lipat lebih besar dari profesi lainnya.

Temuan tersebut didapatkan dari hasil survei terhadap 2000 ibu rumah tangga di Amerika yang memiliki anak-anak berusia 5 sampai 12 tahun. Survei tersebut juga menunjukan bahwa biasanya para ibu rumah tangga bekerja mulai pukul 06.23 pagi hingga pukul 8.31 malam setiap harinya.

Jumlah jam kerja tersebut lebih panjang 14 jam daripada profesi lainnya. Dilansir dari laman The independent, riset ini dilakukan oleh sebuah perusahaan jus yang bernama Welch’s dari Amerika.

Periset juga menemukan bahwa rata-rata para ibu rumah tangga hanya memiliki 1 jam 7 menit untuk dirinya sendiri setiap harinya. Riset mengungkapkan bahwa 40 persen ibu merasa hidupnya didominasi oleh hal yang tidak pernah berakhir.

Menurut Casey Lewis selaku pemimpin kesehatan dan gizi di Welch’s, hasil survei itu menyoroti bahwa permintaan peran dan tugas para ibu tak pernah ada hentinya.

“ibu rumah tangga bukan hanya memiliki beban kerja yang ketat tapi juga kebutuhan konstan untuk memberi makan keluarga, minggu demi minggu,” ucapnya.

Ketika diminta menyebutkan barang-barang yang mereka andalkan untuk meringankan tugas, para ibu dalam riset tersebut berkata bahwa persediaan kopi dan tidur siang yang konstan adalah hal yang bisa membuat tugas mereka terasa ringan.

Selain itu, menonton film, tisu basah, mainan dan iPads adalah ‘penolong’ lain yang bisa membuat tugas mereka terasa ringan.

Ini bukan penelitian pertama yang mengungkapkan sejauh mana beratnya tugas para ibu. Sebuah riset tahun 2013 yang dilakukan oleh ahli optik Jul_eye menemukan bahwa daftar tugas ibu rata-rata terdiri dari 26 tugas yang mencakup mengorganisir makanan ringan, membuat sarapan, membersihkan rumah, hingga mengingat tanggal-tanggal penting.

Maka menjadi seorang ibu bukan hanya pekerjaan terhebat di dunia, tetapi barangkali juga yang terberat.

======

Rahasia Perawatan Kulit Awet Muda dan Sehat yang Perlu Diketahui

Setiap orang pasti mendambakan kulit yang sehat dan awet muda. Untuk mewujudkannya, ada rahasia perawatan kulit awet muda yang dapat Anda coba lakukan. Cara ini sangatlah mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya perawatan kulit yang mahal.

Memiliki kulit yang halus, lembut, kencang, dan bercahaya adalah impian hampir setiap orang. Oleh karena itu, perawatan kulit penting untuk dilakukan sejak dini. Selain menjaga kesehatan kulit, melakukan perawatan kulit secara rutin juga dapat menunda proses alami penuaan kulit.

Tips Merawat Kulit agar Awet Muda dan Tetap Sehat

Tidak ada kata terlambat bagi Anda untuk mendapatkan kulit sehat dan awet muda, meski belum pernah melakukan perawatan kulit atau tidak memiliki banyak waktu untuk merawat kulit. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda coba lakukan:

1. Menghindari paparan sinar matahari berlebih

Orang yang tinggal di daerah tropis, termasuk Indonesia, umumnya akan lebih rentan terpapar sinar matahari. Hal ini bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit, mulai dari memicu kerusakan kulit dan penuaan dini, menyebabkan munculnya keriput, hingga meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit.

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan kulit dan merawat kulit agar bisa awet muda, Anda perlu membatasi paparan sinar matahari dan selalu melindungi kulit dari paparan radiasi sinar ultraviolet.

Hindari paparan sinar matahari antara jam 10 pagi dan 4 sore, saat matahari sedang pada puncak teriknya. Selain itu, kenakan pakaian panjang yang nyaman dan topi bertepi lebar untuk menutupi kulit saat beraktivitas di luar rumah.

2. Menggunakan tabir surya

Saat Anda sedang beraktivitas di luar ruangan atau di bawah terik sinar matahari, selalu gunakan tabir surya setiap 2 jam sekali. Anda bisa memilih tabir surya setidaknya SPF 15 untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UVA dan UVB).

3. Menjaga kelembapan kulit

Terlalu sering mandi bisa menghilangkan lemak alami kulit dan membuat kulit kering, apalagi jika Anda gemar mandi menggunakan air panas atau terlalu lama berendam. Selain mandi, penggunaan sabun berbahan kimia keras juga bisa membuat kulit kering.

Untuk mencegah dan mengatasi kulit kering, jagalah kelembapan kulit Anda dengan cara berikut ini:

  • Memilih sabun berbahan kimia lembut atau berlabel hypoallergenic
  • Menghindari kebiasaan mandi dengan air panas atau mandi terlalu lama, dan membatasi waktu mandi paling lama 15 menit
  • Mengeringkan badan setelah mandi menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk, bukan digosok
  • Menggunakan pelembap untuk kulit kering, misalnya humektan, emolien, petroleum jelly, setiap habis mandi atau mencuci tangan dan kaki. Kandungan pelembap tersebut sangat berpengaruh pada keefektifannya dalam mengatasi kulit kering.

4. Menghentikan kebiasaan merokok

Salah satu rahasia perawatan kulit awet muda adalah tidak merokok dan menjauhi asap rokok. Merokok dapat merusak kolagen dan elastin, yaitu protein yang berfungsi untuk memberikan kekuatan dan elastisitas bagi kulit.

Merokok juga dapat mengurangi aliran darah ke kulit sehingga membuat kulit kekurangan nutrisi dan oksigen. Ini sebabnya merokok bisa membuat kulit Anda tampak kusam, tua, dan keriput.

5. Mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi

Batasi konsumsi makanan cepat saji dan perbanyak konsumsi makanan bernutrisi yang mengandung omega-3, lemak tak jenuh, protein, zinc, selenium, serta berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Tak hanya membuat kulit awet muda, berbagai asupan nutrisi tersebut juga dapat mengurangi risiko munculnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker. Jangan lupa pula untuk rutin minum air putih minimal 8 gelas setiap hari untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kelembapan alami kulit.

6. Berolahraga secara rutin dan mencukupi waktu istirahat

Pola hidup sehat, termasuk berolahraga secara rutin dan mencukupi waktu istirahat, juga berdampak positif bagi kulit. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi dan aliran nutrisi untuk kulit, sedangkan tidur bisa mengoptimalkan hormon pertumbuhan yang memicu pergantian sel dan produksi kolagen.

7. Mengelola stres

Rahasia perawatan kulit awet muda yang tidak kalah penting adalah mengelola stres. Tak hanya baik untuk menjaga kulit agar awet muda, langkah ini juga bisa menjauhkan Anda dari berbagai gangguan kesehatan mental, seperti depresi dan gangguan cemas.

Untuk mengurangi stres, cobalah untuk melakukan relaksasi dengan mendengarkan musik, menonton film yang menghibur, atau sekadar menjalani hobi atau aktivitas yang Anda sukai.

Anda bisa memperoleh atau mempertahankan kulit yang sehat dengan mulai menerapkan rahasia perawatan kulit awet muda di atas. Jika masih memiliki pertanyaan seputar cara merawat kulit agar awet muda atau memiliki keluhan tertentu pada kulit, Anda bisa berkonsultasi ke dokter.

======

Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Memiliki kulit wajah yang sehat, tentu menjadi idaman bagi semua orang. Sayangnya, ada banyak hal yang tanpa disadari justru bisa merusak kulit wajah, mulai dari faktor lingkungan hingga kebiasan buruk. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu merawat kulit wajah secara rutin.

Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda. Ada yang normal, sensitif, kering, berminyak, dan kombinasi. Apa pun jenis kulit wajah yang Anda miliki, rutinitas merawat kulir wajah tidak boleh dilewatkan. Selain kulit wajah jadi sehat, wajah Anda juga akan nampak lebih cerah, bersih, dan merona.

Inilah Alasan Mengapa Kesehatan Kulit Wajah Perlu Dijaga

Pentingnya menjaga kesehatan kulit bukan tanpa alasan, lho. Aktivitas yang padat membuat Anda sering berhadapan dengan sinar matahari dan polusi udara, seperti asap rokok, asap kendaraan, serta limbah udara pabrik.

Sinar matahari berlebihan bisa membuat kulit wajah Anda mengalami sunburn. Ditambah lagi, paparan berbagai polusi dan asap juga diketahui dapat merusak kekencangan kulit serta memicu berbagai penyakit kulit, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

Sebagian besar orang mengakali hal ini dengan masker. Penggunaan masker saat beraktivitas memang bisa mengurangi paparan sinar matahari dan polusi udara sehingga berdampak baik pada kulit Anda. Namun, penggunaan masker yang tidak tepat juga bisa berdampak buruk pada kulit wajah.

Masker bedah yang dipakai berulang kali atau masker kain yang tidak dicuci dengan tepat bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan virus. Selain itu, memakai masker di tengah panasnya kota juga bisa membuat wajah berkeringat, sehingga kulit menjadi lebih lembap dan hangat.

Kondisi kulit seperti ini ideal untuk pertumbuhan bakteri, jamur, bahkan parasit. Jika kesehatan dan kebersihan kulit Anda tidak dijaga, hal ini tentu dapat membuat Anda lebih berisiko mengalami masalah pada kulit wajah, seperti jerawat, rosacea, dan selulitis.

Belum lagi jika Anda termasuk orang yang sering menyentuh wajah. Sebuah studi mengatakan bahwa rata-rata orang bisa menyentuh pipi, dagu, atau dahinya bisa mencapai 13 kali dalam 1 jam. Kebiasaan ini akan membuat wajah terpapar kuman atau kotoran dari tangan.

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Agar terhindar dari masalah-masalah kesehatan di atas, penting bagi Anda untuk merawat kulit wajah dengan mengikuti beberapa panduan berikut ini:

  • Cuci muka 2 kali sehari, yaitu pagi hari dan sebelum tidur. Pastikan Anda menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Gunakan pembersih wajah antibakteri untuk membunuh kuman yang mungkin sudah seharian menempel pada kulit wajah Anda.
  • Gunakan serum yang mengandung vitamin C atau E untuk menutrisi kulit dan melawan radikal bebas.
  • Gunakan pelembap yang mengandung antioksidan agar kulit wajah tetap terhidrasi, sekaligus bebas kusam dan tampak sehat sepanjang hari.
  • Gunakan tabir surya khusus wajah dengan kadar SPF 30 atau lebih saat beraktivitas di luar rumah pada siang hari. Pakai selalu tabir surya meski cuaca sedang mendung sekalipun dan ulang pemakaiannya tiap 2 jam.
  • Terapkan pola hidup sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat, memenuhi asupan cairan, beristirahat yang cukup, rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, serta berhenti merokok.

Alasan Pentingnya Menggunakan Pembersih Wajah Antibakteri

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, penggunakan masker yang tidak tepat dan kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan membuat kulit wajah terpapar banyak bakteri sehingga bisa menimbulkan berbagai masalah kulit. Nah, untuk mencegah ini terjadi, Anda bisa menggunakan pembersih wajah antibakteri.

Pilihlah pembersih wajah yang mengandung ekstrak daun neem. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak daun ini dapat membunuh bakteri yang menempel pada kulit secara efektif. Selain itu, pilih juga pembersih wajah yang mengandung kaolin, yaitu lumpur mineral (clay) yang dapat menyerap minyak berlebih, kotoran, dan sisa makeup pada kulit.

Kulit wajah yang sehat dan bersih tentu akan membuat Anda tampil lebih menawan dan percaya diri. Jadi, pastikan Anda merawat kulit wajah secara konsisten dan gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Jika Anda memiliki masalah dengan kulit wajah, misalnya berjerawat parah, sebaiknya konsultasikan kepada dokter, ya. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan perawatan atau pengobatan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Tags: #menjaga kesehatan kulit wajah #profesi terberat dibandingkan profesi lainnya #rahasia perawatan kulit awet muda