Nafkah itu HAK Istri, Jangan Malah Bilang “Bisanya Cuma Ngabisin Duit Aja”


Uang suami itu uang istri, kalau uang istri ya uangnya sendiri. Sesekali suami tanyalah pada istri apakah uang bulanan sudah habis. Uangnya itu juga dibuat keperluan sehari-hari lhoo…

Jika pernah atau bahkan sering, jangan marah sabar aja, ngabisin duit itu kan juga buat kebutuhan sehari-hari suami dan juga anak juga kan ya?​

Tapi biasanya suami tidak tau-menau dengan hal belanja-belanja, tau-tau uang bulanan udah habis, disangkanya istri ngabisin uang. Kalau ditanya harga cabai juga tak tahu, ya kan?

Kewajiban suami itu mencari dan memberi nafkah pada istri, dan diberi nafkah adalah hak istri. Maka janganlah suka mengatakan bahwa istri itu sukanya minta duit saja, karena memang itu sudah menjadi haknya.

Bila ada yang mengatakan bahwa jadi istri kok bisanya cuma menghabiskan duit suaminya saja, maka jawab saja dengan santai, “Memang sudah begitu kok. Kalau nyari duit itu tugasnya suami.”

Ingatlah, bahwa selepas ijab qabul pernikahan maka saat itu sudah terjadi perpindahan tanggung jawab seorang wanita. Dari kedua orang tuanya, kepada pundak suaminya.

Lantas apa itu nafkah? Apakah hanya uang semata?

Kerja keras suami mencari nafkah itu berpahala dan bermakna

Suami setiap pagi pergi keluar rumah, membanting tulang dan memeras otak, hanya demi mendapatkan uang untuk membelikan istri baju. Membeli kebutuhan makanan rumah. Atau untuk membeli susu anak-anaknya.

Itu bila dilakukan dengan ikhlas dan diniatkan beribadah, maka tentu akan mendapatkan pahala yang besar.

Sekali lagi, ingatlah sebuah hadits Rasulullah SAW betikut ini :

Artinya : “Sungguh tidaklah engkau menginfakkan nafkah (harta) dengan tujuan mengharapkan (melihat) wajah Allah (pada hari kiamat nanti) kecuali kamu akan mendapatkan ganjaran pahala (yang besar), sampai pun makanan yang kamu berikan kepada istrimu.” (HR. Bukhari no. 56).

Nah yang perlu diperhatikan adalah Imam Al Bukhari memasukkan hadits ini pada masalah ‘setiap amalan tergantung pada niat’.

Ini menunjukkan bahwa mencari nafkah bisa menuai pahala jika diniatkan dengan ikhlas untuk meraih wajah Allah.

Namun jika itu hanya aktivitas harian semata, atau yakin itu hanya sekedar kewajiban suami, belum tentu berbuah pahala.

Tidak hanya itu, tapi harta yang diberikan untuk menafkahi anak dan istri akan semakin barakah, dan bermakna dalam bagi kehidupan keluarga.

Walau begitu, istri janganlah meminta berlebihan hingga membebani suami. Ya, sebagai seorang istri yang baik maka harus pandai-pandai pula dalam mengajukan permintaan ke suami. Janganlah meminta sesuatu yang kira-kira bisa membebani suami.

Jangan pula meminta dengan cara yang tidak baik. Tapi mintalah dengan cara yang sopan dan baik. Tapi suami juga jangan pelit sama istri.

Apabila suami istri saling menjaga, saling memahami dan mengetahui hal itu maka hubungan harmonis pun akan tetap terjaga. Suami pun bakalan lebih tenang dalam mencari nafkah di luar. Ia juga lebih tenang mempercayakan rumah dan anak-anaknya pada istrinya. Kalau hati tenang, maka ia bisa bekerja dengan lebih giat.

Maka para suami, jangan lagi berkata bahwa istri kok bisanya cuma ngabisin duit saat ia meminta haknya pada suami. Dan para istri, juga jangan meminta sesuatu yang bisa membebani suami. Semoga dengan hal itu rumah tangga bisa sakinah ma waddah ra rahmah, hingga ke surga.

Demikian yang biasa kami sampaikan semoga anda sebagai istri juga tau apa saja yang diperuntukan dan hak anda sebagai istri dari suami, mudah-mudahan aja hikmah dari artikel diatas. Terimakasih

Menurut ahli, nafkah secara bahasa berarti sesuatu yang dibelanjakan sehingga habis tidak tersisa.

Sedangkah secara istilah artinya mencukupi kebutuhan siapapun yang ditanggungnya, baik berupa makanan, minuman pakaian, atau tempat tinggal.

Hai, suami, uang yang kau nafkahkan pada keluarga itu pahalanya lebih besar dari sedekah Jangan sampai lupa bahwa memberi nafkah keluarga itu diutamakan dari bersedekah.

Ingatlah kembali hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Muslim ini, bahwa :

Artinya : “Satu dinar yang engkau keluarkan di jalan Allah, lalu satu dinar yang engkau keluarkan untuk memerdekakan seorang budak, lalu satu dinar yang engkau yang engkau keluarkan untuk satu orang miskin, dibandingkan dengan satu dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu maka pahalanya lebih besar (dari amalan kebaikan yang disebutkan tadi, pen)” (HR. Muslim no. 995).

======

Harus Anda Kenali 5 Gejala Awal Penyakit Leukemia, Jangan Diabaikan!

Salah satu jenis kanker yang biasanya menyerang anak-anak yaitu leukemia.

Gejalanya memang sulit dikenali selain itu munculnya juga secara terus menerus. Sehingga penyakit ini jarang diketahu lebih awal.

Bagi penderita leukemia, sel darah baru bermutasi dan kemudian menjadi kenker selanjutnya menyebar kebagian tubuh yang lain.

Sebagai orang tua, tentunya sangat khawatir pada penyakit ini. Oleh sebab itu, kenali tanda-tanda anak menderita leukemia. Apa saja?

Berikut ulasannya:

Kulit Tampak Pucat

Ketika leukemia berkembang, sel-sel darah baru bisa dirusak oleh sel kanker. Fungsi sumsum tulang bisa diambil alih.

Nah aliran darah pun jadi berkurang drastis, akhirnya membuat kulit jadi lebih tampak pucat.

Gejala ini terjadi tidak sekali atau dua kali, meski anak terdiam atau beraktivitas, kulitnya tampak pucat dan wajahnya tidak terlihat segar.

Anak Sering Mengeluh Kelelahan

Anak leukemia cenderung tubuhnya sering lemas dan kekurangan energi.

Sepanjang waktu dia akan mengalami rasa lelah berlebihan dan tubuhnya terlihat lunglai.

Bisa Infeksi atau Demam

Sel-sel darah merah yaitu komponen penting dari sistem kekebalan tubuh Anda.

Jika tidak sehat, seperti pada penderita leukemia jadi sering sakit.

Sesak Napas

Seiring dengan masalah kekurangan energi, sesak napas bisa saja dialami oleh anak penderita leukemia.

Terutama selama mereka beraktivitas fisik. Ada perubahan yang tampak terjadi pada tubuhnya yang mudah dikenali.

Kulitnya Selalu Memar

Jika mengalami luka dan goresan di kulit susah sembuhnya. Kulit jadi sering memar dengan mudahnya.

Gejala tersebut paling jelas dialami penderita leukemia, sebabnya karena terjadi pergeseran sel darah merah yang tidak wajar. Kondisi ini dikenal dengan istilah petechiae.

======

D4r4h Tinggi Turun Drastis, Nyeri Sendi Teratasi Dengan 2 Sendok Sirup Alami Ini,Berikut Cara Membuatnya

Sirup bawang putih yang mempesona ini demikian praktis. sebagian bahan yang murah dan ada, dan mudah untuk mempersiapkan. Semua yang Anda butuhkan untuk obat rumah ini yakni cuka sari apel, bawang putih dan madu. Semasing bahan memiliki manfaat kesehatan yang mengagumkan. Saat mereka dikombinasi bersamaan mereka memiliki dampak yang lebih ku4t.

Mengapa saya harus minum sirup bawang putih ini?

sirup bawang putih ini akan tingkatkan sistem kekebalan tubuh, turunkan tekanan d4rah serta kolesterol jah4t. Dengan minum obat ini, Anda akan kurangi jumlah Anda dari flu dan infeksi, dan berguna mel4wan gout, arthr! tis, dan nyeri sendi.

Langkah buat sirup bawang putih?

Bahan :

  • 8 kupas dan mudah tumbuk siung bawang putih
  • 1 cup (200ml) cuka sari apel
  • 1 cup (200ml) madu.

Tips :

  1. Juice bawang putih, sampai jadi baik-baik saja
  2. Anda harus memberi madu dan cuka sari apel dan berbaur selama 10-15 detik dengan kecepatan tinggi.
  3. Terlebih dulu itu, tuangkan gabungan dalam botol kaca sealable.
  4. Simpan di kulkas selama lima hari. Anda harus mencampurkan gabungan keseharian. Setelah lima hari kombinasi siap.

Dosis :

Berikanlah 2 sdt sirup bawang putih dalam gelas tinggi air. Minum saat pagi hari, ketika perut kosong. Gabungan begitu ku4t, dan tidak harus diambil segera.

Bahan-bahan

  • Madu Bahan ini yakni anti-bakteri, anti-v!rus, dan anti-jamur. Hal sejenis ini sering digunakan untuk membantu memadamkan batuk yang buruk.
  • Apple Cider Vinegar – Hal sejenis ini sarat dengan fitonutrien yang berbeda yang membantu menghindar kanker dan kaki kram. Hal semacam ini bisa mempunyai k4ndungan asam sitrat, yang dapat membantu melarutkan batu ginjal.
  • Bawang putih – Memiliki ciri-ciri antibakteri dan antiv!rus. Bawang putih akan membantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh dan k4ndungan all! cin yang membuatnya satu di antara antibiotik alami yang paling ku4t di planet ini.

Hal terbaik tentang sirup bawang putih ini yakni bila Anda dapat minum secara teratur untuk menghindar penyakit dan melindungi kesehatan yang maksimal.

Tags: #cara alami turunkan darah tinggi secara drastis #gejala awal penyakit leukimia #nafkah itu hak istri