Organ-organ Tubuh Ini Akan Hancur Ketika Kamu Sering Begadang

964 views


Tidur larut malam adalah faktor utama yang dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah untuk terserang penyakit. Selain itu, akan ada organ tubuh yang akan hancur setiap kali kamu begadang.

Organ Tubuh yang akan Hancur Setiap Kali Kamu Begadang

Beberapa waktu ini, dunia medis dicengangkan oleh sejumlah dokter di National Taiwan Hospital karena seorang dokter muda (37 tahun) yang menderita kanker hati sebanyak 10 cm. Padahal ia sangat mempercayai hasil kontrol hati (GOT, GPT) hingga saat ini. Banyak orang yang masih mempercayai hasil indeks kontrol manfaat hati. Mereka menganggap apabila hasil indeks menunjukkan angka normal maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang kesehatan hati. Bahkan masih banyak pula dokter-dokter spesialis yang meyakini kesalahpahaman ini.

Hal ini sangatlah mengagetkan, karena dokter-dokter yang seharusnya memberikan pengetahuan tentang kesehatan yang benar, justru mereka sendiri masih meyakini suatu hal yang salah. Seharusnya penyakit ini ditangani dengan metode yang tepat dan benar. Dokter Hsu Chin mengatakan bahwa untuk saat ini cara yang bisa dilakukan adalah mendeteksi sedini mungkin sehingga bisa segera dilakukan pengobatan.

Berikut adalah faktor utama penyebab rusaknya hati :

  1. Waktu tidur yang tidak teratur, yakni tidur terlalu malam atau bangun terlalu siang
  2. Pada pagi hari tidak buang air
  3. Pola makan yang tidak dijaga
  4. Tidak sarapan
  5. Terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan kimia
  6. Terlalu sering makan makanan yang mengandung pengawet, pewarna, penyedap rasa, dan pemanis buatan
  7. Komsumsi banyak makanan berminyak
  8. Makan makanan mentah atau terlalu matang

Faktor paling utama yang menyebabkan hati rusak adalah waktu tidur yang tidak teratur. Artinya tidur teralu malam atau bangun terlalu siang. akibat begadang bagi tubuh kita sangatlah merugikan. Pencegahan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Pencegahan ini dapat dilakukan dengan pengetahuan mengenai jadwal pembuangan serta penyerapan zat yang tidak bermanfaat.

Jadwal tubuh ketika akan membuang zat yang tidak bermanfaat bagi tubuh kita :

  • Pukul 21.00-23.00: terjadi pembuangan zat beracun di bagian kelenjar getah bening. Oleh karenanya, pada waktu tersebut haruslah dilewati dengan keadaan yang rileks. apabila di waktu itu seorang ibu masih melakukan aktivitas yang berat maka akan mengganggu kesehatannya. Itulah salah satu alasan bahaya begadang bagi tubuh kita.
  • Pukul 00.00-04.00: sumsung tulang belakang menghasilkan darah. Proses ini berlangsung dalam keadaan tidur.
  • Pukul 01.00-03.00: terjadi pengeluaran zat beracun di bagian empedu. Proses ini berlangsung dalam keadaan tidur. Untuk itu jangan begadang karena akan menghancurkan organ tubuh ini.
  • Pukul 03.00-05.00: pembersihan di bagian paru-paru. Proses ini akan mengakibatkan batuk yang cukup hebat karena de-toxin sudah mencapai saluran pernafasan. Sehingga batuk ini tidak perlu diobati agar tidak mengganggu proses de-toxin.
  • Pukul 05.00-07.00: proses de-toxin di bagian usus besar. Sehingga buang air diperlukan pada waktu itu.
  • Pukul 07.00-09.00: terjadi proses penyerapan nutrisi makanan di bagian usus kecil. Sehingga diperlukan makan pagi untuk melindungi kesehatan kita.

Sebagian besar proses penyerapan dan pengeluaran zat beracun terjadi saat tubuh dalam keadaan tidur. Hal tersebut membuktikan bahwa tidur merupakan hal yang penting untuk dijaga. Organ tubuh yang akan hancur setiap kali kamu begadang tidak hanya berkaitan dengan hati, tetapi usus besar, usus kecil, empedu dan masih banyak lagi. Kesadaran tentang bahaya begadang sangat diperlukan demi kesehatan tubuh. Untuk itu jagalah gaya hidup sehatmu.

Jadi jagalah kesehatanmu guys. Share ke semua orang yang anda sayangi, terutama untuk yang suka begdang. Menurut Dennis G West, pengarang buku Kesehatan Best Seller, banyak hal yang perlu di perhatikan seperti :

  • Menjawab telephone dengan telinga kiri.
  • Jangan minum obat dengan air dingin.
  • Jangan konsumsi makanan berat setelah jam 6 sore.
  • Minum lebih banyak air putih ketika pagi hari dan lebih sedikit malam hari.
  • Jam tidur yang paling baik adalah jam 10 malam hingga jam 5 pagi.
  • Jangan cepat berbaring setelah minum obat.
  • Saat baterai Hp dibawah 10% janganlah terima telephone karena radiasi meningkat 100 kali.

Semoga info singkat ini dapat bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Bantu share untuk kebaikan bersama.

======

Sakit Kepala Tak Kunjung Hilang? Mungkin Ini Penyebabnya

Kamu pasti pernah merasakan pusing yang begitu hebat. Namun, bagaimana jika yang dirasakan adalah pusing berkepanjangan? Apakah ini merupakan suatu indikasi dari penyakit yang berbahaya? Sakit kepala yang dirasakan bisa jadi sangat mengganggu, apalagi jika kondisi ini terjadi secara berkepanjangan.

Sakit kepala berkepanjangan juga disebut dengan sakit kepala kronis. Kondisi ini ditandai dengan sakit kepala yang berlangsung minimal 15 menit dalam satu bulan, dan terjadi selama tiga bulan berturut-turut. Kondisi ini dikelompokkan berdasarkan penyebabnya. Sakit kepala berkepanjangan ini dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Sakit kepala kronis primer, yaitu sakit kepala murni sebagai tanda adanya penyakit lain yang mendasari terjadinya sakit kepala.
  • Sakit kepala non-primer, yaitu sakit kepala kronis yang terjadi akibat dari penyakit lain yang mendasari.

Banyak kasus sakit kepala kronis primer yang tidak diketahui penyebabnya. Namun pada sakit kepala kronis non-primer, memiliki beberapa kemungkinan penyebab. Antara lain peradangan, infeksi, maupun gangguan pembuluh darah pada otak, cedera, tumor otak, dan gangguan tekanan pada otak. Berikut ini merupakan beberapa penyakit yang dapat memicu terjadinya sakit kepala kronis non-primer, antara lain:

Migrain Kronis
Migrain ini terjadi pada seseorang yang pernah mengalami migrain sebelumnya. Gejala dapat berupa sakit pada satu atau dua sisi kepala, kondisi ini dapat mengakibatkan sakit yang begitu luar biasa dengan sensasi berdenyut pada sisi kepala yang terkena migrain.

Hemicrania Continua
Kondisi ini ditandai dengan sakit kepala di salah satu sisi kepala, terjadi setiap hari dan secara terus-menerus dengan intensitas yang naik turun. Kondisi ini bisa diiringi dengan gejala mata merah atau berair pada salah satu sisi yang terasa sakit, hidung berair dan tersumbat, serta menurunnya kelopak mata atau pembesaran pupil mata.

Sakit Kepala yang Baru Timbul dan Terjadi Secara Terus-menerus
Sakit kepala jenis ini biasa muncul secara mendadak. Dengan gejala sakit kepala yang menekan atau kepala terasa mengencang. Rasa sakitnya mulai dari ringan hingga menengah, tanpa dipengaruhi oleh aktivitas tertentu.

Sakit Kepala Akibat Tekanan di Dalam Rongga Kepala
Kondisi ini dapat dipicu karena adanya tumor otak, kista, atau volume cairan otak yang meningkat, sehingga tekanan di kepala pun ikut meningkat. Gejala yang timbul dapat berupa sakit kepala yang muncul secara tiba-tiba, serta diiringi dengan gangguan saraf lain seperti muntah.

Kamu bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk menangani timbulnya pusing berkepanjangan yang kamu alami. Penanganan dapat berupa:

  1. Minimalisir stres.
  2. Batasi aktivitas fisik yang berat dan jangan terlalu lelah.
  3. Beristirahat dengan cukup, dan atur waktu tidur selama 7-9 jam setiap malam.
  4. Minum cukup air putih 2-3 liter sehari untuk mencegah dehidrasi.
  5. Hindari konsumsi kafein, alkohol, dan rokok.
  6. Makan secara teratur, karena terlambat makan dapat memicu terjadinya pusing.
  7. Berolahraga secara rutin.
  8. Hindari paparan sinar matahari terik yang berlebihan.

Bila kamu telah mengikuti cara di atas untuk menangani timbulnya pusing berkepanjangan yang kamu alami, tetapi keluhan terus berulang dan tidak kunjung sembuh, kamu disarankan untuk berdiskusi dengan dokter. Begitu pula bila Anda mengalami salah satu kondisi di bawah ini.

  • Sakit kepala yang berlangsung mendadak dan sangat parah
  • Sakit kepala disertai demam, leher kaku, kebingungan, kejang, penglihatan ganda, kelemahan, mati rasa, atau kesulitan berbicara
  • Sakit kepala setelah cedera kepala, terutama jika sakit kepala memburuk
  • Sakit kepala kronis yang memburuk setelah batuk, atau munculnya gerakan tiba-tiba.

Tags: #ketika kamu sering begadang #organ tubuh akan hancur #penyebab sakit kepala tak kunjung hilang #sakit kepala tak kunjung hilang