Otak Manusia Seperti Orang Sujud, Kamu Akan Lebih Rajin Sholat Setelah Baca Ini


Otak merupakan bagian yang sangat penting sebagai pusat syaraf tubuh. Bagian ini dikenal memiliki struktur yang kompleks dan memiliki banyak lekukan dan lipatan.

Namun ada hal menakjubkan dari organ yang selalu dibangga-banggakan ini. Ternyata jika diperhatikan dengan seksama, struktur otak manusia menyerupai orang yang sedang dalam kondisi sujud saat Shalat.

Allah SWT berfirman dalam kalam-Nya dan berkali-kali mengatakan bahwa disetiap makhluk ciptaan-Nya terdapat tanda-tanda kebesaran-Nya. Seperti dalam A-Qur’an ayat Adz Dzariyat: 20-21 dan QS. Al-Hajj: 18.

“Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang yakin. Dan juga pada dirimu sendiri, maka apakah kamu tidak memperhatikan?” (Adz Dzariyat: 20-21)

“Apakah kamu tiada mengetahui, bahawa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebahagian besar daripada manusia? ” [QS. Al-Hajj (22): 18].

Ayat di atas memperkuat bahwa struktur otak memang seperti orang yang sedang sujud. Ini menjadi tanda-tanda kekuasaan Allah bahwa setiap ciptaan-Nya sebenarnya selalu menyembah-Nya sebagai bentuk ketaatan.

Hikmah Sujud yang Mempunyai Hubungan Dengan Otak
Pada otak terdapat Prefrontal Cortex yang merupakan bagian yang bertanggungjawab dalam perencanaan, organisasi, pengendalian impuls dan belajar dari kesalahan.

Ketika manusia bersujud, posisi jantung akan menjadi lebih tinggi daripada otak, maka darah akan turun ke bagian ini.

Berdasarkan penelitian Seorang Doktor di Amerika, Dr. Fidelma, Ia menemukan bahwa darah tidak akan memasuki urat saraf di dalam otak dalam kondisi normal.

Namun berdasarkan penelitiannya, darah baru bisa masuk jika manusia dalam kondisi sujud. Dengan begitu darah akan masuk ke otak dan Prefrontal Cortex bisa berfungsi optimal dalam mengambil keputusan.

Itulah salah satu sebab mengapa salat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar. Karena pada saat salat dalam kondisi sujud, darah akan masuk ke otak dan Prefrontal Cortex menerima aliran darah Sehingga orang yang salat bisa membuat keputusan yang lebih bijak, serta bisa berfikir mana yang baik dan buruk.

Hal ini juga lah yang membuat kenapa salat dapat menenangkan hati ketika sedang stres. Saat stres hormon adrenalin akan dirembeskan dan kadar pengaliran darah ke prefrontal cortex akan berkurangan.

Dalam keadaan ini, manusia akan bertindak pantas tanpa berfikir. Namun ini akan mereda ketika kita melaksanakan salat. Dengan sujud, kita dapat membuka lebih ruang kapilari darah untuk ke prefrontal area ini.

Sujud memiliki makna bahwa manusia itu meletakkan wajahnya di tempat yang paling rendah di atas tanah ini. Hal Ini mengingatkan bahwa dirinya berasal dari tanah dan akan kembali ke tanah.

Jika manusia sanggup menempatkan dahinya ditempat yang hina, tentu saja manusia tidak akan bersikap sombong terhadap Allah yang menciptakan manusia dari tanah.

Dalam kondisi ini hati akan merasakan kebesaran Allah dan ketika itulah manusia dalam hatinya selalu ingin mensucikan Zat Allah Yang Maha Tinggi disamping lidah tidak bertulang dengan mengucapkan, “Subhana Rabbial-A’la wa-Bihamdih”.

Semoga informasi ini menjadi tambahan ilmu baru bagi anda dan terimakasih sudah membaca.

Perut Kram dan Sakit Saat Menstruasi? Coba Redakan Dengan 5 Cara Ini

Nggak bisa dipungkiri, kram perut menjadi salah satu masalah utama yang sering dihadapi oleh kamu yang sedang menstruasi.

Apalagi di hari pertama dan kedua menstruasi, pasti kamu sering banget merasakan hal yang satu ini, bahkan nggak jarang kamu sampai sulit untuk bangun dan beraktivitas.

Kram perut yang terjadi ini disebabkan karena rahim yang berkontraksi saat mengeluarkan darah haid, dan terdapatnya zat prostaglandin yang dapat menimbulkan infeksi pada rahim.

Semakin banyak zat ini maka akan semakin sakit pula kram perut yang dirasakan. Nah, untuk mengurangi rasa sakit tersebut, kamu bisa mencoba kelima cara ini loh.

1. Olahraga
Percaya nggak percaya, justru dengan berolahraga rasa kram pada perutmu akan berkurang dan bahkan hilang.

Karena, dengan berolahraga tentunya tubuh akan lebih rileks dan santai, hal ini akan membuat keram pada perut perlahan dapat berkurang.

Memang sulit untuk memulainya, kamu bisa memulainya dengan stretching perlahan yang dilanjutkan dengan jalan santai, lalu perlahan kamu bisa beralih ke lari atau melakukan aerobik.

2. Kompres Air Hangat
Cara tradisional dan klasik ini bisa dibilang memang mujarab banget. Pasalnya hanya dengan air hangat yang dimasukkan ke dalam botol kaca atau beling.

Lalu ditempelkan perlahan mengelilingi perut, secara perlahan perut kamu yang sedang keram akan rileks.

3. Konsumsi Makanan yang Dapat Mengurangi Rasa Sakit
Perbaiki pola makan juga menjadi salah satu cara yang dapat membantumu mengurangi rasa sakit, bahkan mencegah rasa sakit saat menstruasi.

Makanan yang disarankan untuk dapat mengatasi rasa sakit yaitu, makanan yang mengandung kalsium. Jahe, nasi merah, kacang-kacangan, serta sayuran hijau pun juga dapat mengurangi rasa sakit tersebut.

4. Menghindari Konsumsi Makanan Pemicu Kram Perut
Ketika kamu sudah mengkonsumi makanan yang dapat mengurangi rasa sakit pada perutmu, seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih.

Serta minuman yang mengandung kafein tinggi, dan beralkohol juga sebaiknya dihindari. Karena kandungan-kandungan tersebut hanya akan memperburuk rasa sakit pada perut.

5. Mengkonsumsi Obat Pereda Rasa Sakit
Cara ini boleh dilakukan ketika rasa sakitmu masih terus mengganggu dan tak kunjung hilang.

Meskipun boleh, pastikan jangan mengkonsumsinya berlebihan ya, karena hal ini akan membuat ketergantungan setiap kamu merasakan rasa sakit.

Jika rasa sakit belum juga reda setelah mengkonsumsi obat, ada baiknya untuk langsung mengkonsultasikan kram perutmu ke dokter ya.

Cara Alami Mengobati Kaki Tertusuk Paku

Jangan pernah sepelekan tertusuk paku, apalagi tertusuk oleh paku berkarat, bisa menyebabkan tetanus.

Segela ambil tindakan cepat dalam melakukan pengobatan, bila perlu bawa langsung kedokter terdekat Anda untuk mengatisipasi terkena tetanus.

Tetanus adalah penyakit infeksi akut dan fatal yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani yang memproduksi toksin (racun).

Racun ini yang kemudian menghasilkan gangguan saraf yang ditandai dengan meningkatnya tegangan dan kekejangan otot.

Jika Anda sedang terkena musibah seperti tertusuk atau menginjak paku, hal pertama yang Anda lakukan adalah dengan cara mengobatinya dengan benar-benar agar tidak terjadi pembengkakan atau malah terinfeksi dan dapat menyebabkan tetanus.

Sebenarnya dalam hal ini sudah banyak kejadian yang berujung pada kematian akibat menyepelekannya tertusuk paku yang berkarat.

Saking berbahayanya dampak dari tertusuk paku yang membahayakan keselamatan akibat tetanus, kami sarangkan Anda untuk melakukan pengobatan dengan cepat.

Cara Alami Mengobati Kaki Tertusuk Paku
Untuk mendiagnosis tetanus, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik. Termasuk pemeriksaan luka sambil menanyakan riwayat penyakit, vaksinasi yang pernah diterima, serta gejala dan tanda klinis yang dialami pasien.

Sementara langkah yang dilakukan untuk pengobatan tetanus bertujuan untuk memberikan terapi suportif seperti : memusnahkan spora, dan menghentikan perkembangan bakteri, seperti dengan melakukan cara-cara berikut ini, diantanya :

Membersihkan luka yang kotor
Bakteri ini dapat menginfeksi manusia melalui luka terbuka akibat tertusuk paku yang terpapar oleh tanah atau kotoran (paku berkarat) yang mengandung bakter Clostridium tetani.

Sehingga membersihkan luka dengan seksama adalah hal yang penting untuk mencegah terjadinya infeksi yang berujung pada pembengkakan.

Menghentikan produksi neurotoksin
Untuk mencegah berkembang biaknya bakteri tetanus ( Clostridium tetani ) sebaiknya segera memberikan obat penawar racun atau penangkal bakteri tetanus.

Agar pelepasan neurotoksin atau racun yang menyerang sistem saraf dalam tubuh ( kulit yang tertusuk paku ) tidak terjadi dan bisa dikendalikan.

Menetralkan neurotoksin yang belum menyerang saraf tubuh
Selanjutnya untuk menetralkan neorotoksin yang terjadi akibat racun biasanya Dokter akan menganjurkan untuk melakukan suntik vaksinasi tetanus jika pasien belum pernah divaksinasi.

Biasanya vaksinasi diberikan pada calon ibu sebagai pencegahan awal terhadap calon bayi agar tidak terserang penyakit yang sangat berbahaya (tetanus).

Mencegah komplikasi
Sebenarnya sudah jelas melakukan vaksinasi tetanus toxoid (TT) adalah vaksin yang direkomendasikan oleh WHO atau badan kesehatan dunia untuk diberikan kepada ibu hamil.

Tujuan dari pemberian vaksin ini pada ibu hamil adalah untuk mencegah terjadinya tetanus pada bayi baru lahir serta ibunya.

Terakhir, menangani komplikasi bila sudah terjadi
Jika luka yang disebabkan oleh tertusuk paku berkarat sudah membengkak ( sudah terjadi komplikasi ).

Penderita biasanya akan segera di larikan ke rumah sakit/dokter dan akan diberi pertolongan pertama dengan langsung mendapatkan perawatan intensif.

Metode penanganan intensif tersebut umumnya meliputi: Meredakan kejang yang terjadi, membersihkan luka dengan seksama, menetralisasi neurotoksin yang masih bebas, memberikan obat-obatan untuk menghentikan produksi neurotoksin, penggunaan alat bantu pernapasan atau ventilator, memberikan nutrisi melalui selang atau infus, melakukan tirah baring (bedrest) dalam ruang gelap dan tenang, dan yang terakhir memberikan vaksinasi Tetanus.

Tags: #cara alami mengobati kaki tertusuk paku #cara meredakan perut kram setelah menstruasi #hubungan sujud dengan bentuk otak #otak manusia seperti orang sujud #perut kram setelah mentruasi #perut sakit setelah menstruasi