Pantas Saja Rejeki Kita Tak Kunjung Datang Juga, Ternyata Perkara Ini Penyebabnya


Allah menjamin rezeki setiap makhluknya, bahkan kepada seekor semutpun. Maka jangan khawatirkan rezeki, sedikit atau banyak, semua datang dari Allah.

Semua itu terjamin, dan dijanjikan Allah di dalam Alquran yang diturunkannya melalui Nabi Muhammad.

Namun pernahkah kita merasa selama ini rezeki tak kunjung datang juga? Lalu pernahkah kita berpikir mengapa terasa amat susah sekali rezeki datang kepada kita?

Meski begitu yang harus kita pikirkan adalah bahwa ada perkara yang menyebabkan rezeki itu menjadi terhalang untuk datang.

Terkadang malah kita justru tidak sadar tentang penyebab itu, padahal justru diri kita sendiri yang menjadi penyebabnya. Bahaya kalau sudah begini, bukan?

Ternyata, salah satu diantara penghalang rezeki tersebut adalah TIDUR PAGI.

Di waktu pagi, Allah sedang membagi-bagikan rezekinya pada kita. Namun apa jadinya bila waktu pagi tersebut kita gunakan untuk tidur.

Sementara sudah ada waktu malam yang panjang untuk kita beristirahat.

Bila kita masih saja terlelap tidur di pagi hari dan berharap rezeki di hari itu akan mengalir, maka kita dianggap seperti punguk merindukan rembulan.

Bangunlah di pagi hari, dimana bila kita mengisi waktu tersebut dengan sebaik mungkin, seperti berdzikir, berdoa, maka pasti Allah akan memberikan kepada kita keutamaan yang amat besar.

Jangan sampai rezeki kita hari ini menjadi terhalang. Amatlah rugi.

Dan sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, pantaskah kita mendapatkan rezeki sementara diri selalu membiasakan tidur pagi dan malas-malasan? Lalu apalah gunanya hidup ini?

Jangan karena satu hal ini menyebabkan kehidupan kita menjadi hina, baik dimata manusia maupun dimata Sang Pencipta. Sumber: islamidia

Banyak Diabaikan, Ternyata Inilah 2 Penghalang Utama Pintu Rejeki

Di antara penghalang-penghalang rezeki tersebut, ada dua penghalang utama rezeki yang amat banyak diabaikan seperti dikutip dari islamidia.com:

Mas Eko berzikir di bawah langit mendung, memohon kepada Yang Maha Kuasa agar awan bergeser dan tidak hujan. Mas Eko mengatakan hujan atau tidak tetap merupakan kehendak-Nya.

1. Tidur di Pagi Hari

Banyak kaum Muslimin yang masih menyukai tidur di pagi hari. Sebagian di antara mereka sengaja tidur setelah shalat Subuh, sebagian lainnya bersikap acuh, tidak shalat Subuh dan tidak bersungguh-sungguh untuk memperbaiki diri.

Padahal, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal, “Tidur di pagi hari menghalagi datangnya rezeki.”

Hadits ini dikutip oleh Imam Ibnul Jauzi dalam kitab Shaidul Khatir.

Jika masih tidur pagi dan berharap rezeki mengalir, ia tak ubahnya punguk yang merindukan rembulan.

2. Dosa

Salah satu ketentuan Allah Ta’ala yang diberikan kepada orang-orang beriman ialah terhalangnya rezeki karena seorang hamba melakukan dosa.

Dosa menghalangi seorang hamba dari berbagai jenis rezeki, bukan hanya rezeki dalam bentuk materi berupa uang, benda, dan lain sebagainya.

Dosa juga bisa menghalangi seorang hamba dari mendapatkan rezeki ketaatan.

Dan ketaatan inilah sebaik-baiknya rezeki yang banyak diabaikan oleh sebagian kaum Muslimin.

“Seorang hamba tidak bisa memperoleh rezeki karena dosa yang dikerjakannya,”

Hadits yang dikutip oleh Imam Ibnul Jauzi dalam kitab Shaidul Khatir ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal, Imam Ibnu Majah, Imam Ibnu Hibban, Imam Al-Hakim, dan Imam Al-Baghawi Radhiyallahu ‘anhum ‘ajma’in.

Alangkah bahagianya menjadi seorang Muslim dan Mukmin. Hidup sudah diatur dengan sangat baik oleh Allah Ta’ala.

Dia sudah memberikan berbagai macam kaidah dan aturan yang jika dituruti hanya akan menghasilkan kebaikan.

Zikir Pembuka Pintu Rejeki

Lafadz Istighfar merupakan salah satu dzikir untuk memohon ampun kepada Allah.

Biasanya setelah salat, umat muslim tidak akan melewatkan untuk mengucapkan kalimat Astagfirullah Hal Adzim tersebut.

Harapannya, Istighfar mampu menghapuskan dosa-dosa yang diperbuat. Ternyata, tidak hanya untuk memohon ampunan, kalimat dzikir yang sering diucapkan Nabi Muhammad ini juga memiliki banyak keutamaan lain jika diamalkan.

Kalimah Itighfar ternyata menjadi salah satu pembuka kunci pintu rejeki.

Namun banyak kaum muslimin yang tidak mengetahuinya.

Dikutip dari ummi-online, disebutkan pada salah satu kutipan ayat al-qur’an berikut ini :

“Dan hendaklah kamu memohon ampunan kepada TuhanMu dan bertobat kepadaNya, niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik kepadamu sampai waktu yang telah ditentukan. Dan Dia akan memberikan karuniaNya kepada setiap orang yang berbuat baik. Dan jika kamu berpaling, maka sungguh, aku takut kamu akan ditimpa azab pada hari yang besar (Kiamat).” (Q.S. Hud ; 3 ).

Nah… membaca kutipan ayat di atas seolah kembali menegaskan, Allah memang berjanji akan memberi banyak kenikmatan saat kita tidak lupa beristighfar.

Sudah banyak juga yang membuktikannya, betapa dzikir istigfar memang mengundang banyak keajaiban di dalam hidup.

Namun sudahkah kita paham apa sih sebenarnya makna terbesar dari istigfar ini ? dan mengapa bisa mengundang banyak kenikmatan dan keajaiban? Atau adakah yang sudah rajin beristighfar namun keajaiban tidak juga datang, bisa jadi itu terjadi karena kita kurang paham makna istigfar yang sebenarnya, sehingga istigfar yang kita ucapkan menjadi kering tanpa penghayatan.

Kalau saja kita mau kembali merenungi ayat di atas, sebenarnya disamping ampunan atas dosa melalui zikir istigfar tersebut yang membuat Allah turunkan barokahnya, makna terdalam istighfar sendiri adalah diberinya kemampuan oleh Allah untuk sanggup melihat kesalahan sendiri.

Banyak sekali orang sangat jeli saat melihat kesalahan orang lain, namun sulit melihat dengan jelas kesalahannya sendiri, akibatnya proses perbaikan diri menjadi statis disaat kesalahan diri sendiri saja tidak paham.

Nah… dengan rutin melakukan istighfar, Allah akan membantu kita melihat dengan jelas kesalahan-kesalahan kita apa saja, lalu sesudah itu kita juga akan diberi kemudahan memperbaiki kesalahan tersebut sehingga saat diri kita terus meningkat secara kualitas, disitulah sebenarnya pemancing kenikmatannya sehingga keajaiban-keajaiban datang menghampiri kita.

Untuk memudahkan, mari simak analogi dibawah ini :

Saat orang melakukan sebuah proses ikhtiar (sebut saja buka wirausaha) lalu gagal, apa yang terjadi jika kegiatan wirausaha terus dilanjutkan dengan kesalahan yang sama ?? tentu saja hasilnya gagal lagi kan ?.

Lalu apa bedanya saat kesalahan dari prosedur wirausaha itu kita paham dengan persis titik kesalahannya dimana, tentu saja kita jadi paham juga kan apa saja yang harus diperbaiki, dan saat proses perbaikan yang dilakukan dengan didahului pengetahuan atas kesalahan kita, dijamin akan mendatangkan hasil yang berbeda, keberhasilan pasti akan menjadi miliki kita.

Nah… kelihatan sekarang yaa…ternyata pengetahuan atas kesalahan itu penting sekali agar proses perbaikan lebih terarah dan memiliki hasil yang lebih baik.

Begitulah kira-kira makna terdalam istighfar, karena masih sedikit orang yang sanggup dengan gagah berani mengakui kesalahannya, dimana pengakuannya juga tidak hanya sekedar pengakuan, tapi memang paham persis salahnya dimana.

Sehingga dia menjadi sangat fokus kesalahannya apa saja, untuk kemudian melakukan langkah perbaikan dengan arahan yang lebih jelas.

Karena tidak jarang juga kita temui orang yang kelihatannya seperti mengakui kesalahan, namun ujung-ujungnya malah terperosok dengan kondisi menyalahkan diri sendiri atau justru kebalikannya sibuk mencari-cari kesalahan orang, dimana sebenarnya dia sama sekali tidak mengerti kesalahannya apa.

Ibroh dari istighfar sebenarnya adalah alat untuk melihat dengan fokus apa saja kesalahan-kesalahan kita, untuk kemudian kita akan diberi keberanian untuk memperbaikinya.

Karena salah satu sumber kekuatan kita yaitu saat kita tahu persis apa kelemahan kita, dan itu hanya bisa kita raih saat kita sudah melakukan istigfar dengan segala kepahaman dan penghayatan.

Disamping itu, istighfar juga seolah memposisikan diri kita sebagai tempatnya salah dan khilaf, dimana untuk menjadi orang baik ternyata tidak mungkin datang begitu saja, namun dibantu penuh oleh Allah dalam mewujudkannya

======

Mengenal Frostbite dan Cara Menanganinya

Frostbite adalah kondisi ketika kulit dan jaringan di bawahnya rusak atau mati akibat paparan suhu yang sangat dingin. Frostbite bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, tetapi umumnya lebih sering muncul di area tangan, kaki, telinga, hidung, dan dagu.

Frostbite umumnya terjadi saat tubuh terpapar suhu yang terlalu dingin, baik dari cuaca, udara, atau kontak fisik langsung dengan benda yang bersuhu sangat dingin, misalnya nitrogen cair dan dry ice.

Selain paparan suhu dingin yang ekstrem, ada sejumlah faktor yang juga membuat seseorang lebih berisiko terkena frostbite, di antaranya:

  • Terlalu lama berada di daerah bersuhu dingin dan berangin
  • Pakaian yang kurang tebal atau tidak dapat menahan suhu dingin saat berada di tempat dingin, misalnya daerah bersalju
  • Kondisi tubuh lemah karena rasa lelah, lapar, atau dehidrasi
  • Kondisi medis tertentu, misalnya penyakit jantung, kelainan pembuluh darah, dan diabetes
  • Kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, atau penggunaan NAPZA
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, misalnya obat penghambat beta

Tak hanya itu, frostbite juga lebih berisiko terjadi pada anak-anak, lansia, dan orang yang mengalami hipotermia di lingkungan bersuhu dingin yang ekstrem.

Gejala Frostbite Berdasarkan Tingkat Keparahannya

Gejala frostbite bervariasi tergantung tingkat keparahannya. Berikut ini adalah gejala frostbite berdasarkan tingkat keparahannya dari yang ringan hingga berat:

Tingkat 1: Frostnip

Frostnip merupakan bentuk paling ringan dari frostbite. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan atau putih pucat dan terasa sangat dingin. Jika dibiarkan, lama-kelamaan kondisi ini bisa menyebabkan bagian tubuh yang mengalami frostnip menjadi mati rasa.

Saat mengalami frostnip, Anda perlu mulai segera mencari suhu hangat atau menjauhi suhu dingin. Ketika dihangatkan, bagian tubuh yang terkena frostnip akan terasa kesemutan dan nyeri seperti ditusuk-tusuk jarum. Sensasi ini akan mereda dengan sendirinya ketika tubuh sudah kembali ke suhu normal.

Tingkat 2: superficial frostbite

Superficial frostbite atau radang dingin dangkal ditandai dengan kulit yang membengkak dan berwarna pucat atau kebiruan. Pada tingkat ini, kristal es mulai terbentuk di jaringan kulit sehingga kulit terasa kasar dan keras. Kondisi ini terkadang juga dapat menimbulkan ice burn.

Saat dihangatkan, kulit akan terasa nyeri atau perih seperti terbakar dan mengelupas. Meski demikian, superficial frostbite umumnya dapat disembuhkan dan kulit akan pulih dalam waktu kurang lebih 6 bulan.

Tingkat 3: deep frostbite

Deep frostbite merupakan frostbite yang sudah parah. Kondisi ini ditandai dengan kulit yang mengalami mati rasa dan tampak kebiruan. Pada tingkat ini, kerusakan telah terjadi di seluruh lapisan jaringan kulit. Bahkan, otot dan sendi di sekitar area yang membeku pun menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Setelah dihangatkan, kulit akan melepuh dan berubah menjadi keras dan hitam. Hal ini menandakan bahwa jaringan tubuh telah mati (gangren).

Semakin lama seseorang terpapar suhu dingin yang ekstrem, akan semakin parah pula kondisi frostbite yang dialaminya. Frostbite bisa terjadi dalam waktu 30 menit pada suhu -28o Celcius. Sedangkan dalam suhu -35° Celcius, frostbite bisa terjadi hanya dalam waktu kurang lebih 10 menit.

Meski dapat terjadi dengan cepat, frostbite sering kali terlambat disadari akibat sensasi mati rasa yang menyertainya. Hal ini menyebabkan kondisi frostbite sering kali terlambat terdeteksi, sehingga semakin sulit ditangani.

Cara Menangani Frostbite

Penanganan frostbite dapat berbeda, tergantung pada tingkat keparahannya. Frostnip biasanya dapat diatasi sendiri dengan menggunakan air hangat atau menghangatkan tubuh di dekat perapian. Sementara itu, superficial frostbite dan deep frostbite membutuhkan pertolongan medis dengan cepat.

Berikut ini adalah langkah-langkah penanganan frostbite:

1. Menjauhi sumber dingin

Langkah pertama untuk menangani frostbite adalah dengan menjauhi sumber suhu dingin secepat mungkin. Anda bisa melindungi kulit dari paparan suhu dingin, misalnya dengan menyelipkan tangan ke ketiak atau menutupi wajah dengan kain yang kering. Hal ini penting dilakukan agar kerusakan kulit tidak semakin parah.

Selain itu, jangan menggosok area kulit yang terkena frostbite untuk membuatnya terasa hangat. Tindakan tersebut justru bisa semakin merusak jaringan kulit.

2. Menghangatkan area kulit yang terkena frostbite

Jika sudah berada di tempat yang hangat, segera ganti pakaian Anda dan gunakan selimut guna meningkatkan suhu tubuh. Setelah itu, rendam area kulit yang membeku ke dalam air hangat dengan suhu 40° Celsius selama 15–30 menit.

Setelah dihangatkan, area kulit tidak boleh terpapar dingin kembali dalam waktu dekat. Hal ini dikarenakan kulit bisa kembali membeku dan rusak, bahkan lebih parah dari sebelumnya.

3. Menggunakan obat-obatan

Jika mengalami gejala frostbite tingkat 2 dan 3, Anda disarankan untuk segera ke dokter. Proses penghangatan biasanya dapat menimbulkan rasa nyeri hebat sehingga dokter akan memberikan obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen.

Pada kasus yang parah, penderita frostbite juga perlu mendapatkan cairan infus guna mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena suhu dingin. Area kulit yang terkena frostbite juga perlu dibersihkan dan diperban untuk mencegah infeksi.

4. Melakukan operasi

Operasi umumnya perlu dilakukan pada kasus frostbite parah atau telah menyebabkan kematian jaringan tubuh. Kondisi ini menandakan bahwa jaringan tubuh telah rusak permanen dan tidak bisa diperbaiki, sehingga perlu dibuang.

Jika diperlukan, tindakan amputasi akan dilakukan dokter untuk mengangkat jaringan tubuh yang sudah mati.

Semakin cepat gejala frostbite terdeteksi, kerusakan jaringan tubuh pun semakin mudah diperbaiki. Namun, jika sudah terlalu parah atau paparan suhu dingin sudah berlangsung terlalu lama, frostbite biasanya akan semakin sulit ditangani.

Oleh karena itu, apabila Anda merasakan gejala frostbite, terutama jika sedang berada di tempat bersuhu sangat dingin, segera pergi ke dokter untuk mendapat penanganan sebelum kondisi yang Anda alami berkembang menjadi lebih parah.

Tags: #cara menangani frostbite #rezeki tak kunjung datang karena perkara ini