Pasutri Berhati Mulia, Adopsi Sembilan Bayi Tak Mampu dan Siapkan Bisnis Buat Masa Depannya


Pasangan suami istri Monica dan Hariyanto kini tengah ramai menjadi perbincangan publik. Bagaimana tidak, keduanya ini diketahui memiliki banyak bayi yang diasuhnya di dalam tembok rumah mewah nan elegan.

Tak hanya merawatnya lengkap dengan masing-masing pengasuh, namun keduanya pun juga diketahui telah mempersiapkan sejumlah bisnis yang kelak akan menjadi tumpuan masa depan bagi bayi-bayi tersebut.

Merasa Iba

Dirangkum dari unggahan video Sandiaga Uno pada laman Instagram miliknya, Monica dan suami menceritakan awal kisahnya hingga saat ini memutuskan untuk merawat banyak bayi. Rupanya, hal ini berawal dari rasa iba Monica yang melihat banyak kondisi mengenaskan mengenai banyak bayi yang dibuang.

Saat itu di kebetulan saya lihat di TV, media online, terus di surat kabar itu banyak sekali bayi dibuang, Terus bayi yang ditemukan meninggal. Saya cerita lah ke suami saya ‘Sayang, boleh enggak. Daripada dibuang kenapa enggak dikasih aja ke kita’ itu sebetulnya,” paparnya.

Persiapkan Bisnis

Tak hanya sampai di situ saja, perempuan berparas anggun beserta sang suami pun juga telah mempersiapkan beberapa rencana untuk kehidupan kesembilan bayi yang dirawatnya tersebut. Di antaranya yakni mempersiapkan bisnis bagi mereka sejak saat ini.

Dan hebatnya, guys. Ini kopi yang saya minum ini adalah kopi yang dimulai oleh Pak Hari untuk tiap-tiap anak jadi punya usaha. Itu nanti anaknya sudah besar, sudah punya usaha,” kata Sandiaga Uno.

Awal Mula Rawat Bayi

Rupanya, hal ini tak serta merta terjadi begitu saja. Ada kisah di balik wanita cantik tersebut memutuskan untuk merawat banyak bayi di rumah mewahnya. Awalnya, ia merasa iba hingga terketuk hatinya untuk membuka pintu bagi para ibu hamil yang tak sanggup membiayai hidup bayinya kelak.

“Memang rencana yang pada mau buang-buang itu menghubungi ke saya. Terus saya baiayai mereka dari 7 bulan dalam kandungan sampai dengan lahir terus anaknya dikasih ke aku. Bukan diadopsi tapi dititipi,” jelasnya.

Rela Jemput ke Luar Kota

Untuk mendapatkan bayi yang dititipkan sang orangtua pada pasangan suami istri ini, Monica pun sampai rela menjemput bayi hingga ke luar kota. Saat itu, wanita cantik ini mengaku pernah menjemput anak asuhnya hingga ke Surabaya.

Ada Keinginan Buat Panti Asuhan

Monica pun membeberkan bahwa dirinya memang telah memiliki niat untuk membentuk sebuah panti asuhan sejak dahulu. Kini, niatan mulianya tersebut tampaknya berjalan mulus sesuai dengan mimpinya.

“Sebenarnya sih keinginan saya dari dulu pengen punya Panti Asuhan, niat dari dulu. Mungkin sama Allah dimudahkan semuanya,” terangnya.

Banjir Doa

Unggahan video Sandiaga ini pun lantas dibanjiri kekaguman dari warganet. Tak hanya itu, mereka juga tak lupa memanjatkan doa dan harapan terbaik bagi pasangan suami istri yang berhati mulia tersebut.

“Barakallahu fii kum. Insha Allah Ibu Monica dan bapak selalu diberikan kesehatan dan lindungan dari Allah SWT. Aamiin,” tulis rohayati47.

“Masya Allah sungguh mulia hati kalian berdua. Semoga Ibu Monica dan Pak Hari sekeluarga selalu diberi kesehatan dan umur panjang,” kata mariahsiti81.

“Mulia sekali hatinya. Patut ditiru orang yang kelebihan uangnya bisa disalurkan untuk membantu sesama. Ini yang lebih berkah,” tulis sabbatdesy.

“Semoga barokah untuk Ibu dan Bapak. Tambah rejekinya, sehat selalu, dan bahagia dunia akhirat,” tulis stkhadijah19.

Nama Monica Soraya yang disebut-sebut sebagai Crazy Rich Jakarta ramai diperbincangkan karena mengadopsi 13 bayi. Dalam kanal YouTube Boy William, Monica Soraya menceritakan bagaimana awalnya bisa mengadopsi bayi. Monica Soraya juga mengungkapkan bagaimana nasib ke-13 bayi tersebut di masa mendatang. Berikut rangkuman Kompas.com.

Kisah awal Monica Soraya mengisahkan, suatu hari ada orang tidak dikenal yang kesulitan ekonomi menghubunginya. Kata Monica, orang tersebut meminta bantuan agar kandungan yang berusia delapan bulan dapat diperiksa oleh dokter. Walau tidak mengenal, Monica Soraya merasa iba dan langsung mentransfer sejumlah dana.

“Nah akhirnya saya biayakan mereka. Saya biayakan ibu ini, bukan hanya mereka untuk ke dokter tapi biaya hidupnya juga saya tanggung karena kan dia makan saja susah,” ujar Monica Soraya seperti dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Boy William, Rabu (23/6/2021).

Setelah kandungan perempuan tersebut sudah berusia sembilan bulan, orang itu ke Jakarta karena tidak ingin melahirkan di kampung halamannya. “Dia mau melahirkan di sini dan mau didampingi saya. Datanglah ke sini, melahirkan, anaknya ditinggal dan dia pulang,” ucap Monica Soraya.

Kebetulan pada saat itu, Monica Soraya menginginkan sekali memiliki seorang bayi. Kini, Monica Soraya sudah mengadopsi 13 anak dan memiliki empat anak kandung dari buah pernikahannya.

Monica Soraya mengatakan, ia bakal kebingungan ketika ke-13 anaknya itu bertanya soal asal usul mereka. Kendati demikian, Monica Soraya bakal menjelaskan semuanya dan tidak ada satupun yang dia tutupi. “Buat saya pribadi, menjelaskan ke mereka itu kan bingung.

Tapi saya harus jelaskan dengan jujur,” kata Monica Soraya. Namun, Monica tidak ingin anak-anak itu jadi membenci orangtua kandung mereka.

Tanya soal Orangtua Kandung Tanggung jawab raih kesukaan Sementara itu, Monica Soraya tidak mempermasalahkan apabila salah satu dari anak angkatnya itu menginginkan tinggal bersama orangtua kandung di masa mendatang.

Walau sedih, Monica Soraya menegaskan, ia tetap mendukung apapun keputusan anak-anaknya ketika dewasa kelak.

Hanya saja, menurut Monica Soraya, yang terpenting adalah mengantarkan dan membimbing anak-anak tersebut ke gerbang kesuksesan.

“Yang pasti buat saya, tanggung jawab saya ke ibunya dan kepada Tuhan adalah saya harus membawa mereka sampai sukses,” ucap Monica Soraya.

Jangan Takut Uang Habis Jika Diberikan Pada Istri Sendiri, Karena Istri Adalah Penyebab Dimudahkannya Rezeki Suami

“Satu dinar yang kau belanjakan di jalan Allah SWT dan satu dinar untuk istrimu. Maka yang paling besar pahalanya adalah yang engkau berikan pada istrimu.” (HR. Bukhari Muslim)

Hadits di atas menjelaskan bahwa harta yang diberikan kepada keluarga lebih utama daripada menafkahkan harta untuk perjuangan Islam.

Jangan Takut Uang Habis Jika Diberikan Pada Istri Sendiri, Karena Istri Adalah Penyebab Dimudahkannya Rezeki Suami

Lalu bagaimana dengan seorang lelaki yang punya istri namun sering ditinggalkan dakwah. Sedangkan kondisi anak-anak serta istrinya tidak terurus?

Rasulullah SAW sebagai Nabi pembawa Risalah dan berjuang menegakkan Islam, namun beliau tidak pernah mengabaikan kebutuhan lahir dan batin istri-istrinya.
Rasulullah SAW sangat memperhatikan hak-hak kaum hawa sehingga Nabi SAW mengajarkan kaum Adam cara-cara memuliakan wanita. Beliau sangat tidak rela melihat seorang istri yang menderita akibat ulah suami yang sangat pelit dan menelantarkan istrinya.

Para suami sebaiknya tahu bahwa nafkah yang dia berikan pada keluarganya tidak bernilai sia-sia di depan Allah SWT. Bahkan, nafkah bisa terhitung sebagai sedekahnya. Sebagaimana bunyi hadits di bawah ini:

“Apabila seorang muslim memberikan nafkah pada keluarganya dan dia mengharapkan pahala dengannya maka nafkah tadi dianggap sebagai sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Satu suapan yang diberikan oleh suami kepada sang istri dianggap amalan sedekah oleh sang suami.

“Dan apapun yang engkau berikan maka itu dianggap sebagai sedekah bagimu sampai suapan yang kamu berikan ke mulut istrimu.” (HR. AlBukhari)

Begitu tinggi penghormatan Rasulullah kepada kaum hawa sehingga beliau tidak senang dengan sikap seorang suami yang tak bertanggung jawab kepadanya. Beruntung sekali istri yang punya suami yang dermawan.
Rasulullah merupakan suami yang sangat dermawan kepada para istri. Selain itu, beliau juga dermawan terhadap sahabat, kerabat, dan tetangganya.

Kedermawanan Rasululllah ini menjadikan sang istri mencintai dan sayang kepadanya. Sehingga istri merasa bahwa suaminya adalah yang paling sempurna di dunia ini.