Pegawai Swalayan Bagikan Slip Gaji di Media Sosial, Hanya Terima Gaji Rp368 Ribu dari Gaji Rp1,5 Juta


Viral sebuah unggahan menunjukan slip gaji milik seorang pegawai yang bekerja di toko swalayan bikin warganet geram. Pegawai tersebut menceritakan tentang pendapatan yang dinilai warganet tidak masuk akal.

Dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari foto slip gaji milik seorang pegawai swalayan tersebut dibagikan oleh akun Twitter @ndagels, Minggu, 26 September 2021.

Foto slip gaji pegawai swalayan itu berawal dari unggahan akun facebook bernama Lisa Amelia. Ia merupakan seorang kasir di toko swalayan tersebut.

Dalam unggahannya itu terdapat foto rincian gaji pokok yang ia terima.

Gaji pokok yang diterima pegawai tersebut yakni Rp 1 juta dengan bonus Rp50 ribu, namun dalam rincian gaji tersebut ada beberapa pengurangan gaji hingga ia hanya menerima gaji Rp368 ribu.

Pengurangan gaji dalam slip gaji tersebut yakni cuti sakit Rp300 ribu.

Selanjutnya, keterlambatan 1 hari yakni dipotong Rp150 ribu.

Hingga kompensasi barang hilang Rp232 ribu.

Melihat gajinya yang sangat sedikit, ia pun merasa sedih karena gaji tersebut dinilai tidak cukup untuk kebutuhanya.

“Ya ampun udah gaji kecil, kena potongan segini banyak juga. Capek kerja nonstop sebulan cuman dihargai Rp368 ribu. Ini mah bayar kosan aja nggak cukup. Boro-boro makan,” ujarnya.

Warganet yang melihat slip gaji tersebut merasa pendapatan yang diterima pegawai swalayan tersebut tidak masuk akal.

“Telat potong 150rb, cuti sakit 100rb, ya sekalian ga masuk aja sih daripada telat :’) itu kalau telatnya 10 hari, doi yang ngegaji swalayannya di akhir bulan? Jahat banget,” kata @kevinpramudya.

“Ini kalau kita yang telat tiap hari selama 1 bulan kita jadi kita yang ngutang nih? Bukan main, serasa nyimpen saham. Semangat mbak nya, semoga diganti sama yang lebih,” ujar @siapip.

“Resign ae mbak, bosmu tidak bisa memanusiakan manusia,” kata @ChulianSheng.

======

6 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Manfaat rambutan untuk kesehatan cukup beragam. Buah yang rasanya manis ini baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan, mendukung kesehatan jantung, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Rambutan atau Nephelium lappaceum tumbuh subur di daerah beriklim tropis, seperti Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Sama seperti namanya, kulit buah ini memang dipenuhi oleh rambut.

Buah rambutan memiliki daging berwarna putih, terdapat biji di dalamnya, dan memiliki bentuk seperti bola kecil. Bila dikupas, buah ini mempunyai penampilan yang mirip dengan buah leci atau kelengkeng.

Buah rambutan ini memiliki rasa yang manis dan cocok dikonsumsi oleh siapa saja, tak terkecuali anak-anak dan ibu hamil.

Kandungan Gizi Buah Rambutan

Seperti buah lainnya, rambutan mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam 100 gram buah rambutan, terdapat sekitar 70 kalori serta:

  • 0,9 gram protein
  • 18 gram karbohidrat
  • 0,8–1 gram serat
  • 15 miligram kalsium
  • 15 miligram fosfor
  • 0,5 miligram zat besi
  • 15 miligram natrium
  • 110 miligram kalium
  • 60 miligram vitamin C

Selain nutrisi di atas, buah rambutan juga mengandung magnesium, folat, zinc, kolin, dan aneka vitamin lain, seperti vitam A dan vitamin B. Buah rambutan juga kaya akan aneka antioksidan, seperti anthocyanin, senyawa fenolik, dan flavonoid.

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Karena mengandung banyak nutrisi, tak heran jika buah rambutan dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, antara lain:

1. Melancarkan sistem cerna

Rambutan adalah salah satu jenis buah yang mengandung cukup banyak serat. Kandungan serat ini baik untuk melancarkan pencernaan dan proses pengeluaran tinja saat BAB. Dengan mencukupi asupan serat dari buah rambutan atau buah dan sayuran lainnya, kamu akan terhindar dari sembelit atau konstipasi.

2. Memperkuat daya tahan tubuh

Rambutan juga termasuk salah satu sumber vitamin C yang baik. Selain itu, buah ini mengandung vitamin A dan antioksidan. Kandungan tersebut menjadikan buah rambutan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan daya tahan tubuh yang lebih kuat, tubuhmu bisa melawan kuman dan virus penyebab penyakit dengan lebih baik. Hal ini baik untuk membuatmu tidak mudah jatuh sakit, lho.

3. Menjaga kesehatan jantung

Sama seperti beberapa jenis buah lainnya yang mengandung kalium, rambutan memiliki manfaat untuk mendukung kesehatan jantung. Kalium adalah salah satu jenis mineral yang berperan besar dalam menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil.

Selain itu, antioksidan pada buah rambutan juga memiliki peranan dalam mengurangi peradangan, sehingga mampu mengurangi risiko kamu untuk terkena penyakit jantung dan stroke.

4. Membantu penurunan berat badan

Asupan sayuran dan buah-buahan, termasuk buah rambutan, bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama sehingga bisa menurunkan nafsu makanmu. Hal ini sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan berlebih.

Selain mengonsumsi sayur dan buah, agar kamu bisa menurunkan berat badan, kamu pun dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat, tidak mengabaikan sarapan, mendapatkan cairan yang cukup, makan dalam porsi kecil namun sering, serta rutin berolahraga.

5. Menjaga kesehatan tulang

Seiring bertambahnya usia, kesehatan dan kekuatan tulang akan menurun. Namun, hal tersebut bisa dicegah bila kamu rutin mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan kalium, seperti buah rambutan, sayuran berdaun hijau, ikan, kacang-kacangan, susu, keju, dan yoghurt.

Selain mengonsumsi makanan tersebut, agar kesehatan tulang tetap terjaga dengan baik, kamu dianjurkan untuk tetap aktif berolahraga, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Jika dibutuhkan, kamu pun bisa mengonsumsi suplemen.

6. Menurunkan risiko munculnya kanker

Buah rambutan mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal efek radikal bebas dan kerusakan sel-sel tubuh. Kandungan antioksidan pada buah ini juga memiliki manfaat dalam menurunkan risiko kanker pada tubuhmu, lho.

Sejumlah penelitian juga mengungkapkan bahwa buah rambutan atau ekstrak buah ini memiliki sifat antikanker yang bisa mencegah terjadinya beberapa jenis kanker, seperti kanker kulit dan kanker usus besar.

Selain manfaat di atas, buah rambutan juga dipercaya bisa menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal. Akan tetapi, manfaat buah rambutan yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Mengingat manfaat buah rambutan untuk kesehatan ada banyak, mulai hari ini kamu bisa memasukkan buah rambutan ke dalam camilan sehatmu. Namun, karena memiliki rasa yang manis, kandungan gula pada buah ini bisa memicu kekambuhan gejala pada penderita irritable bowel syndrome.

Selain itu, buah rambutan juga mungkin bisa menyebabkan alergi pada sebagian orang. Jika kamu mengalami gejala alergi setelah mengonsumsi rambutan, seperti gatal-gatal, bibir bengkak, sakit perut, mual, atau muntah, segera hentikan konsumsinya dan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

======

4 Cara Mengencangkan Kulit Wajah secara Alami

Cara mengencangkan kulit wajah dapat dilakukan dengan bantuan obat-obatan maupun tindakan medis. Namun, ada juga beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan agar kulit wajah tetap terlihat kencang dan awet muda.

Kemampuan kulit untuk memperbaiki diri kian menurun seiring pertambahan usia. Hal ini karena produksi kolagen dalam tubuh semakin berkurang, sehingga kulit wajah akan tampak semakin kendur disertai dengan munculnya garis-garis halus di sekitar hidung, mulut, dan pipi.

Begini Cara Mengencangkan Kulit Wajah Anda

Jika Anda mulai resah dengan kulit wajah yang tampak kendur, ada beberapa cara mengencangkan kulit wajah secara alami yang dapat Anda lakukan, di antaranya:

1. Menggunakan masker wajah

Untuk mengencangkan kulit wajah dan mengurangi garis kerutan, Anda dapat memakai masker wajah dengan bahan alami, seperti alpukat, madu, dan cokelat bubuk.

Anda cukup mencampurkan 2 buah alpukat, 1 sendok makan madu, dan 2 sendok makan cokelat bubuk. Selanjutnya, oleskan masker tersebut ke wajah hingga merata. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Anda juga bisa menggunakan masker yang terbuat dari yoghurt untuk melembapkan kulit wajah.

2. Melakukan pijat wajah secara teratur

Cara mengencangkan kulit wajah lainnya adalah dengan memijat wajah secara rutin. Perawatan ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di wajah dan leher.

Anda dapat memijat wajah dengan gerakan memutar atau dari bawah ke atas guna mencegah munculnya keriput dan garis halus. Lakukan pijat wajah secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Anda juga dapat mencoba pijat akupresur pada wajah untuk meredakan ketegangan dan merelaksasi otot wajah. Walau cara ini belum terbukti secara ilmiah dapat mengencangkan kulit, pijatan pada wajah setidaknya dapat memberikan rasa nyaman dan rileks.

3. Mencukupi kebutuhan nutrisi

Tak hanya dipengaruhi oleh faktor dari luar tubuh, cara mengencangkan kulit wajah juga dapat dilakukan dari dalam tubuh. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Untuk menjaga kekencangan dan kesehatan kulit wajah, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, protein, dan asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6.

Makanan dengan kandungan antioksidan seperti polifenol dan flavonoid juga baik untuk kesehatan kulit, misalnya brokoli, bayam, apel, dan buah beri. Jangan lupa pula untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari.

4. Menerapkan pola hidup sehat

Hal yang juga tidak kalah penting untuk mengencangkan kulit wajah adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti:

  • Berolahraga secara teratur
  • Menghentikan kebiasaan merokok yang dapat mengganggu perkembangan sel kulit dan produksi kolagen
  • Menghindari paparan sinar matahari langsung
  • Menggunakan tabir surya, terutama saat beraktivitas di luar ruangan
  • Membersihkan make up sebelum tidur.

Meski demikian, perlu diperhatikan pula bahwa setiap orang bisa saja memperoleh hasil yang tidak sama karena perbedaan struktur jaringan pada wajah, termasuk tulang dan otot. Selain itu, hasilnya pun tidak dapat diperoleh secara instan sehingga Anda perlu sabar dan konsisten dalam menerapkannya.

Cara mengencangkan kulit wajah secara alami mudah dilakukan. Kendati demikian, Anda tetap disarankan untuk berhati-hati saat menggunakan bahan alami, terutama jika memiliki alergi. Begitu juga halnya ketika menerapkan diet atau olahraga tertentu.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan tindakan medis sebagai cara mengencangkan kulit wajah, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui tindakan atau perawatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit wajah Anda.

Tags: #cara mengencangkan kulit wajah secara alami #manfaat buah rambutan untuk kesehatan #pegawai swalayan bagikan slip gaji di media sosial