Penelitian Buktikan Ibu yang Doyan Ngomel Anaknya Sukses di Masa Depan

755 views


Mendapat omelan dari orangtua tentu tidak menyenangkan. Biasanya orangtua mengomel karena kesal melihat sang anak terus-terusan menatap layar gadget-nya seharian. Namun ternyata omelan tersebut memiliki manfaat bagi anak, terutama untuk sukses di masa depan.

Seperti yang dikutip dari Reader’s Digest, sebuah studi di University of Essex telah melacak pengalaman 15.000 gadis di Inggris yang berusia dari 13 tahun hingga 14 tahun selama 6 tahun. Hasil riset membuktikan bahwa orangtua yang memiliki ekspetasi tinggi kepada anaknya membuat sang anak memiliki peluang lebih besar untuk sukses.

Bahkan, ketika orangtua (biasanya ibu) menetapkan standar yang tinggi untuk pendidikan anak perempuan mereka, anak-anak itu lebih memiliki pendidikan yang baik, memiliki pekerjaan dengan gaji yang besar, dan terhindar dari kehamilan di masa remaja.Mendapat omelan dari orangtua tentu tidak menyenangkan. Biasanya orangtua mengomel karena kesal melihat sang anak terus-terusan menatap layar gadget-nya seharian. Namun ternyata omelan tersebut memiliki manfaat bagi anak, terutama untuk sukses di masa depan.

Para ahli mengatakan bahwa mengomunikasikan harapan yang tinggi kepada anak akan membuat mereka cenderung bisa memenuhi standar tersebut. Di sisi lain, jika orangtua tidak memperhatikan kinerja mereka, mereka lebih cenderung pesimis.

“Dalam banyak kasus, kami berhasil melakukan apa yang kami yakini lebih nyaman bagi kami, bahkan ketika ini bertentangan dengan kehendak orangtua kami,” kata Dr. Ericka Rascon-Ramirez, pemimpin penelitian tersebut.

“Tetapi, tak peduli seberapa kerasnya kita berusaha menghindari nasihat orangtua kita, kemungkinan mereka akhirnya bisa memengaruhi, dengan cara yang lebih halus, melalui pilihan-pilihan yang kita anggap sangat pribadi,” tambahnya.

Studi lain di Pediatri menemukan hasil yang serupa, meskipun tidak spesifik. Terdapat berbagai faktor, termasuk harapan orangtua, dapat mempengaruhi tingkat sukses atau keberhasilan anak-anak. Dari studi tersebut hasilnya, 96 persen siswa berprestasi tinggi memiliki orangtua yang mengharapkan mereka untuk kuliah dan hanya 57 persen siswa yang memiliki nilai rendah memiliki orangtua yang mengharapkan hal yang sama.

Salah satu peneliti, Neal Halfon, mengatakan, orangtua yang menginginkan anaknya mengenyam pendidikan tinggi tampaknya mendidik anak-anak mereka untuk meraih sebuah tujuan, terlepas dari penghasilan dan aset lain yang mereka miliki.

Tentu saja, nilai akademik yang tinggi dan mengenyam pendidikan yang bagus, tidak menjamin anak-anak menjadi eksekutif startup setelah mereka lulus. Tetapi membuat ekspektasi mengenai kesuksesan anak tampaknya bisa menyiapkan jalan mereka menuju kesuksesan.

Tanpa disadari, mengomel telah menjadi salah satu cara untuk mendidik anak dengan baik. Namun, bagaimanapun juga mengomel kepada anak memiliki dampak yang negatif.

“Ada perbedaan antara terus-menerus mengomel dengan menerapkan aturan, menetapkan pedoman, nilai-nilai pendidikan dan menetapkan tujuan,” kata Dr. Sanam Hafeez, seorang neuropsikolog Kota New York.

“Ketika orangtua terlalu banyak mengomel, anak-anak akan berpikir mereka tidak dapat melakukan sesuatu dengan benar sehingga mereka mungkin juga berhenti berusaha. “ tambahnya.

Hafeez mengatakan bahwa anak-anak dan remaja akan selalu membuat kesalahan. Jika memang harus mengomel, mengomellah dengan bijak.

======

4 Buah untuk Diet Khusus Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program menurunkan berat badan, ada beberapa buah untuk diet yang dapat dikonsumsi. Buah-buahan tersebut dikenal sebagai sumber serat, vitamin, dan mineral, sehingga baik untuk dijadikan makanan atau camilan selama diet.

Ada tiga kelebihan buah untuk diet yang berperan penting dalam mendukung program penurunan berat badan, yaitu mengandung tinggi serat, rendah kalori dan lemak, serta mengandung beragam vitamin dan mineral.

Kandungan serat yang tinggi bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga dapat menekan nafsu makan, sedangkan kandungan vitamin dan mineral dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda selama menjalani diet.

Aneka Pilihan Buah untuk Diet

Guna mendukung program menurunkan berat badan, ada beberapa jenis buah untuk diet yang dapat Anda konsumsi, di antaranya:

1. Apel

Buah apel dikenal sebagai camilan tepat bagi siapa pun yang sedang menjalani program menurunkan berat badan. Buah apel mengandung 85 persen air dan 5 gram serat. Kandungan air dan serat inilah yang dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil dan membuat Anda tidak cepat lapar.

Kelebihan lain yang dimiliki apel sebagai buah untuk diet adalah kandungan flavonoid bernama quercetin. Kandungan yang bersifat antioksidan ini juga diduga dapat melawan berbagai jenis kanker, mencegah kerusakan sel, serta menjaga fungsi paru-paru dan jantung.

2. Grapefruit

Buah untuk diet yang satu ini lebih umum dikenal dengan nama jeruk bali atau pomelo. Buah ini dapat menurunkan berat badan dengan memberikan efek kenyang lebih lama, terutama bagi mereka yang berisiko terkena penyakit diabetes.

Konsumsi buah grapefruit sebelum makan secara rutin selama tiga bulan, diduga dapat mengurangi berat badan hingga 1,5 kg. Buah ini juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah berhati-hatilah saat mengonsumsi buah ini bila sedang menjalani pengobatan. Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah buah ini dapat memengaruhi efek obat yang sedang dikonsumsi.

3. Alpukat

Alpukat mengandung lemak baik berupa asam oleat yang merupakan lemak tidak jenuh tunggal. Banyaknya kandungan lemak baik dalam buah ini bermanfaat untuk menunda lapar.

Selain dapat memberikan efek kenyang lebih lama, alpukat juga dapat mengontrol kadar gula darah. Lemak baik dalam alpukat baik bagi kesehatan jantung serta mampu menurunkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL).

Alpukat kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Dalam 100 gram alpukat, terkandung sekitar 7 gram serat, 15 gram lemak baik, folat, dan vitamin B6.

4. Pisang

Pisang direkomendasikan sebagai buah untuk diet, karena bisa menunda rasa lapar sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, pisang adalah buah yang bebas lemak, kolesterol, dan rendah natrium, tetapi kaya akan vitamin dan mineral.

Bagi siapa pun yang sedang menjalani program menurunkan berat badan, cobalah konsumsi berbagai jenis buah untuk diet di atas.

Selain konsumsi buah untuk diet, Anda pun perlu mengonsumsi makanan bernutrisi dan menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga secara rutin, menghentikan kebiasaan merokok, dan membatasi konsumsi minuman beralkohol guna menunjang keberhasilan diet.

Untuk mengetahui lebih banyak pilihan buah untuk diet atau jenis diet yang sesuai kondisi kesehatan Anda, konsultasikan ke dokter. Dengan demikian, berat badan ideal pun dapat Anda peroleh dan kesehatan tubuh bisa tetap terjaga.

======

5 Manfaat Alpukat untuk Wajah yang Sayang Dilewatkan

Selain rasanya yang lezat, alpukat memiliki segudang manfaat, termasuk untuk wajah. Manfaat alpukat untuk wajah tidak hanya sekedar untuk melembapkan, tapi juga dapat mengurangi munculnya jerawat.

Ada banyak manfaat alpukat untuk wajah, karena buah ini banyak mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, lemak sehat, antioksidan, dan mineral penting yang baik untuk kesehatan kulit, termasuk selenium dan zinc.

Manfaat alpukat untuk kesehatan kulit wajah bisa diperoleh dengan cara mengonsumsi buah ini secara rutin atau menjadikannya sebagai masker dan pembersih wajah.

Kenali Manfaat Alpukat untuk Wajah

Berikut adalah beberapa manfaat alpukat untuk wajah yang bisa Anda peroleh:

1. Melembapkan kulit

Alpukat mampu melembapkan kulit, karena buah ini kaya akan lemak, air, serta vitamin dan mineral. Berkat kandungan tersebut, alpukat bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah kulit kering atau pecah-pecah.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalam alpukat dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat masalah tertentu, seperti eksim dan jerawat.

2. Meningkatkan elastisitas kulit

Manfaat alpukat untuk wajah selanjutnya adalah meningkatkan elastisitas kulit wajah. Manfaat ini dapat diperoleh karena dalam alpukat terkandung mangan dan vitamin C, yaitu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitasnya.

Selain itu, ada juga riset yang menunjukkan bahwa kandungan lemak sehat pada alpukat dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi kerutan wajah.

3. Mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit

Alpukat mengandung nutrisi dan zat yang dapat mengurangi peradangan di kulit, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan antioksidan. Bahkan, ada riset yang menyebutkan bahwa kelima nutrisi tersebut dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

4. Mengurangi hiperpigmentasi kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin E dalam alpukat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penggelapan kulit atau hiperpigmentasi kulit. Ini karena vitamin tersebut dapat membantu mengurangi peradangan di kulit dan menurunkan produksi melanin, yang memicu munculnya bercak hitam pada kulit.

5. Mencegah munculnya jerawat

Manfaat alpukat untuk wajah selanjutnya adalah mengurangi munculnya jerawat. Hal ini karena kandungan vitamin C dan omega 3 pada alpukat dapat mengurangi peradangan pada kulit, sehingga mampu mengurangi kemunculan jerawat.

Selain vitamin C dan omega 3, alpukat yang sudah diolah menjadi minyak alpukat juga mengandung antimikroba, sehingga penggunaannya juga dapat mengurangi jerawat di wajah.

Cara Mendapatkan Manfaat Alpukat untuk Wajah

Seperti yang telah disebutkan di atas, guna mendapatkan manfaat alpukat untuk wajah, Anda dapat mengonsumsi alpukat matang secara langsung atau menjadikannya sebagai masker dan pembersih wajah.

Bila ingin menjadikan alpukat sebagai pembersih wajah, Anda dapat memanfaatkan minyak alpukat. Caranya adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak alpukat ke bola kapas, lalu usapkan ke wajah dan leher. Lakukan sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sementara itu, bila Anda ingin mendapatkan manfaat dari masker alpukat, berikut adalah panduannya:

Bahan untuk membuat masker alpukat

  • ½ buah alpukat matang
  • 1 sendok teh minyak kelapa (masukkan ke dalam kulkas agar mengental)
  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok teh air

Cara membuat masker alpukat

  • Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk.
  • Haluskan hingga menjadi pasta dan tercampur sempurna.

Cara menggunakan masker alpukat

  • Bersihkan wajah Anda menggunakan handuk hangat selama 20 menit. Penggunaan handuk hangat bermanfaat untuk membuka pori-pori wajah.
  • Setelahnya, oleskan masker ke wajah menggunakan jari atau kuas Oleskan secara merata, namun jangan aplikasikan masker ke area mata.
  • Diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat, keringkan, lalu oleskan pelembap ke wajah.

Alpukat umumnya aman untuk dikonsumsi dan digunakan sebagai bahan perawatan wajah alami. Namun, sebagian orang mungkin bisa mengalami reaksi alergi setelah mengoleskan produk berbahan alpukat ke kulit atau mengonsumsi alpukat. Untuk mencegahnya, lakukanlah tes alergi atau uji tempel ke kulit terlebih dahulu.

Caranya, oleskan sedikit buah alpukat atau produk berbahan buah ini ke pergelangan tangan. Jika setelah beberapa jam kulit Anda terasa gatal, kemerahan, dan bengkak, ini artinya Anda tidak cocok. Namun, jika tidak terjadi reaksi apa pun, Anda bisa menggunakannya dengan aman.

Karena ada banyak manfaat alpukat untuk wajah, kini Anda bisa mulai menjadikan buah ini sebagai skincare alami Anda sehari-hari. Namun, ingat. Tak hanya dengan alpukat, Anda juga perlu merawat kulit wajah dengan cara lain, seperti rutin mencuci muka, menghindari tidur dengan riasan wajah, serta rutin memakai tabir surya.

Jika pengggunaan alpukat tidak efektif untuk mengatasi permasalahan kulit Anda, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tags: #buah khusus untuk diet #ibu doyan ngomel anak jadi sukses #manfaat alpukat untuk wajah