Pengorbanan Ayah yang Selama ini Jarang Kamu Sadari, tapi Mengharukan Sekali


Baru-baru ini sebuah foto yang memperlihatkan seorang ayah yang mengayuh sepedanya yang sudah reyot mengantarkan sang anak ke sekolah. Anaknya perempuan yang ia bonceng di belakang juga merasa nggak malu meski hanya diantar dengan sepeda tua. Melihat foto tersebut membuat banyak warganet menitikkan air mata dan terharu akan perjuangan dan pengorbanan sang ayah.

Itu hanyalah satu dari sekian potret perjuangan dan pengorbanan sang ayah kepada sang anak. Ia akan melakukan apapun demi anak-anak dan juga istrinya. Meski terlihat sederhana, tapi pengorbanan ayah seperti ini nggak jarang kamu lihat bahkan kamu rasakan sendiri.

1. Saat keinginanmu merantau untuk kuliah begitu kuat, ia mendukungmu meski artinya harus bekerja dua kali lipat

Menuntut ilmu jauh dari rumah seakan menjadi tantangan tersendiri. Apalagi perguruan tinggi yang populer. Rasanya ingin sekali kuliah di sana, meski harus menempuh perjalanan jauh. Ketika kamu mengutarakan keinginan itu, orang tuamu setuju dan mendukungmu. Tapi banyak di antara kita yang nggak menyadari satu hal. Bahwa terkadang tabungan pendidikanmu nggak sebanyak itu. Tapi orang tuamu lebih mengedepankan keinginanmu, meski artinya mereka harus bekerja lebuh keras, menghemat dua kali lipat, agar pendidikanmu bisa lancar di tanah perantauan.

2. Agar tak membuatmu khawatir, ayah selalu bilang ia baik-baik saja, meski ada penyakit yang disembunyikannya

Sebagai kepala keluarga, ia ingin terlihat tangguh di depan istri dan anak-anaknya. Ayah nggak ingin membuat keluarganya khawatir akan dirinya. Karena ia merasa memiliki tanggung jawab untuk membuat kehidupan keluarganya baik-baik saja. Meski terkadang harus berbohong. Ketika ia merasakan sakit, ia nggak ingin hal tersebut membuatmu atau ibumu khawatir. Ia lebih memilih untuk menyembunyikannya dan mengatakan kalau ia baik-baik saja. Pun kalau terlihat, ia hanya bilang sakitnya ringan, besok udah sembuh. Padahal mungkin saja ia menderita karena penyakit itu.

3. Diam-diam ia mencari pinjaman untuk memenuhi keinginanmu yang mau tak mau ingin ia wujudkan

Nggak semua kita seberuntung orang lain yang tinggal minta uang kapanpun dan berapapun akan langsung dikasih. Sebagian orang tua kita harus berusaha dulu, membanting tulang, sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidup. Justru di sanalah letak keberuntungan kita. Memiliki ayah yang mau mengusahakan agar kebutuhan anak istrinya terpenuhi. Bahkan ketika itu hanyalah keinginanmu, bukan kebutuhanmu. Agar tak membuatmu kecewa, ayah diam-diam mencari pinjaman dan mengabaikan malu atau gengsinya. Karena apa? Demi memenuhi keinginan yang terkadang kamu paksakan melebihi kemampuan.

4. Ayah lebih mengutamakan kamu memakai mantel saat hujan, meski ia harus basah kuyup menerobos jalanan

Masa-masa sekolah, apalagi saat momen penting seperti ujian, tak jarang ayah memberikan perhatian lebih padamu. Misalnya saja selalu mengantar jemputmu agar nggak terlambat dan bisa fokus pada ujian. Sebagian ada yang pakai mobil tapi nggak sedikit yang pakai motor. Keduanya sama-sama membuatmu sampai ke sekolah dengan aman. Tapi yang jadi masalah ketika hujan turun dengan derasnya. Apalagi turun ketika sudah di perjalanan. Agar anaknya nggak basah kuyup, ayahmu lebih mengutamakan anaknya yang menggunakan jas hujan, meski ia yang mengendarai motor dalam derasnya hujan. Meski terlihat sederhana dan biasa, ini adalah bukti bagaimana ayah menomorsatukanmu dibanding dirinya sendiri.

5. Masih menggunakan bajunya yang lusuh dan bolong agar kamu bisa beli baju baru yang kekinian

Pernah melakukan percakapan seperti itu dengan ayahmu? Apakah kamu percaya seratus persen kalau memang itu alasan kenapa ayahmu masih menggunakan bajunya yang lusuh? Itu semua bisa jadi karena ia lebih mementingkan memenuhi kebutuhanmu terlebih dahulu. Ia ingin anaknya tampil dengan baju yang bagus dan baru. Melihat anaknya yang senang karena bisa membeli baju yang ia inginkan udah cukup bikin ayahmu juga bahagia.

Meski pengorbanannya berbeda dengan ibu, tapi apa yang ayah usahakan untuk keluarganya juga sangat besar. Hanya saja, ayah lebih pintar menutupi pengorbanannya itu. Atau mungkin karena kita yang menganggap hal itu biasa. Dengan semua pengorbanannya itu, masihkah kamu membuat sedih atau bahkan menyakiti hati ayah?

======

Jenis Obat Vertigo Herbal yang Bisa Dicoba

Selain dengan obat-obatan medis, vertigo juga bisa diatasi dengan obat vertigo herbal. Namun, ini hanya berlaku untuk vertigo ringan, ya. Ada beragam jenis obat vertigo herbal yang mudah diperolah di sekitar Anda. Apa saja obat jenis obat herbal tersebut?

Vertigo bisa muncul secara tiba-tiba dan terjadi hanya sesekali, tetapi juga bisa sering kambuh. Timbulnya vertigo dapat ditandai dengan gejala pusing seperti sekeliling terlihat berputar yang membuat penderitanya kehilangan keseimbangan.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya vertigo, mulai dari gangguan kecemasan, efek samping obat-obatan tertentu, hingga penyakit, seperti beningn paroxysmal positional vertigo (BPPV), penyakit Meniere, infeksi telingan bagian dalam, dan migrain.

PIlihan Obat Vertigo Herbal

Dalam banyak kasus, vertigo ringan yang terjadi sesekali umumnya bisa ditangani secara mandiri di rumah dengan obat vertigo herbal. Berikut adalah beberapa pilihan obat vertigo herbal yang bisa Anda coba di rumah:

1. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba telah lama dikenal sebagai obat herbal untuk membantu mengatasi gejala pusing dan mual pada penderita vertigo. Ginko biloba mengandung antioksidan yang tinggi dan dapat melancarkan peredaran darah di organ vestibular atau sistem pengatur keseimbangan tubuh, yaitu otak kecil dan telinga dalam.

Tidak hanya bisa mengatasi vertigo, ginkgo biloba bahkan juga dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta mengurangi risiko terjadinya demensia dan penyakit Alzheimer.

2. Jahe

Jahe diketahui efektif digunakan sebagai obat sakit kepala alami. Tak hanya itu, tanaman herbal ini juga berguna untuk meredakan gejala pusing, mual, dan muntah pada penderita vertigo. Anda bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk air seduhan jahe atau teh jahe hangat.

3. Lemon balm

Lemon balm juga bisa menjadi salah satu obat vertigo herbal yang bisa Anda coba. Tanaman beraroma lemon dari keluarga mint ini cukup terkenal karena efeknya yang bisa membuat seseorang merasa lebih rileks, melemaskan otot-otot yang tegang, dan melancarkan aliran darah di kepala dan otak.

Efek ini menjadikan lemon balm kerap kali dijadikan sebagai teh herbal yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk mengatasi pusing dan sakit kepala akibat vertigo.

4. Minyak esensial

Beberapa riset menyebutkan bahwa minyak esensial yang terbuat dari jahe, peppermint, lemon balm, atau lavender dipercaya mampu bertindak sebagai aromaterapi yang dapat membantu meredakan gejala pusing, mual, sakit kepala pada penderita vertigo.

Untuk meredakan gejala vertigo, Anda bisa mengoleskan minyak esensial langsung ke dahi atau belakang leher sambil memijit secara perlahan. Cara lainnya adalah dengan menghirup minyak esensial yang sudah diteteskan ke dalam wadah air panas atau diffuser.

5. Teh chamomile

Teh chamomile merupakan salah satu teh herbal yang sudah digunakan secara tradisional untuk mengatasi pusing, mual, dan sakit kepala. Selain itu, teh ini juga bisa membuat Anda merasa lebih tenang dan tidur lebih pulas. Karena manfaatnya tersebut, teh chamomile bisa Anda konsumsi sebagai obat vertigo herbal.

Selain dengan obat herbal, Anda juga dianjurkan untuk mencukupi asupan kalsium dan vitamin D guna mengurangi gejala vertigo dan mencegah kekambuhannya. Hal ini penting karena kekurangan nutrisi tersebut dapat memperburuk gejala benign paroxysmal positional vertigo (BPPV).

Untuk mendapatkan asupan vitamin D dan kalsium yang cukup, Anda bisa rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi dan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi tersebut, seperti ikan, seafood, telur, kacang-kacangan, tahu, tempe, susu, keju, dan yoghurt. Jika perlu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan sesuai rekomendasi dokter.

Tak hanya itu, ada juga beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi vertigo secara mandiri selain dengan obat herbal, yaitu dengan melakukan manuver Epley, manuver Semont-Toupet, atau melakukan yoga atau tai chi.

Nah, itulah beberapa pilihan obat vertigo herbal yang bisa Anda coba. Meski demikian, penting untuk diingat bahwa hingga saat ini belum ada riset ilmiah yang dapat membuktikan efektivitas dan keamanan obat vertigo herbal sebagai terapi vertigo.

Jika vertigo Anda sering kambuh atau tidak berhasil diatasi dengan obat vertigo herbal, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter, agar dokter dapat memberikan pengobatan vertigo yang tepat.

Tags: #jenis obat vertigo herbal yang mujarab #pengorbanan ayah yang jarang disadari