Penuh Semangat Melly Goeslaw Jalani Operasi Bariatric, Buat Apa?

77 views


Unggahan Melly Goeslaw di Instagram pada Minggu, 17 Juni 2022 menjadi sorotan. Penyanyi juga pencipta lagu ini berbagi video, berada di ranjang sebuah rumah sakit dan sang suami memberikan kecupan serta pelukan. Ada apa? Lewat unggahannya itu, Melly Goeslaw memberikan kabar yang dikatakannya sebagai momen bahagia. Ia mengaku melakukan langkah besar di hidupnya yang ternyata sangat menyenangkan. Apakah itu?

Melly mengaku melakukan Bariatric, sebuah operasi yang bakal dijalaninya. Ia berjanji, akan memberikan kabar tentang hasilnya.

“Aku melakukan ‘BARIATRIC’ temen2 silahkan di browsing ya apa itu Bariatric. Aku pasti akan share juga nanti operasinya, dan semua perjalanan ke depannya mencapai tubuh ideal dan sehat pastinya,” tulis Melly di akun @melly_goeslaw.

Melly mengaku bersyukur bisa bertemu dengan dokter bedah bariatric yang membuatnya bersemangat melakukan operasi tersebut. Bahkan, Melly mengaku tak sabar ingin segera membagikan seperti apa nanti hasilnya setelah operasi dijalani.

“Gak sabar deh aku pengen share hasilnya,” kata Melly yang juga mengucapkan terimakasih pada sang suami Anto Hoed yang selalu memberikan dukungan untuknya.

Dikutip laman Alodokter, Operasi bariatrik adalah pembedahan yang dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan. Prosedur ini biasanya dilakukan pada penderita obesitas yang sulit diatasi hanya dengan diet dan olahraga. Melihat postingan Melly, warganet dan sejumlah selebriti tanah air turut mendoakan dan mendukung Melly.

“Semangat tetehku sayang, aku doakan lancar sukses amin ya Allah,” tulis Inul Daratista.

“Lancar ya mii,” tulis Yuni Shara.

“Teteh sayang, lancar sehat,” tulis Wanda Hara.

“Lancar semuanya teh, sehat deui, amin,” tulis Cakra Khan.

Sejumlah selebriti lainnya yang ikut memberikan doa dan dukungan untuk Melly Goeslaw termasuk juga Titi Kamal, Iis Dahlia, dr Tompi, Dewi Yull, Zaskia Sungkar dan masih banyak lagi.

Kenali Operasi Bariatric yang Dijalani Melly Goeslaw, Ini Dampaknya

Penyanyi senior Melly Goeslaw baru saja menjalani operasi bariatrik guna memperoleh tubuh yang ideal dan sehat. Kabar tersebut dibagikan secara langsung dalam unggahan di Instagram pada Minggu, 17 Juli 2022. Dalam unggahannya itu, Melly Goeslaw tampak duduk di tempat tidur rumah sakit sambil dipeluk sang suami, Anto Head, untuk memberikan dukungan.

“Bismillah aku mau membagikan momen bahagiaku, salah satu langkah besar di hidupku, yang ternyata sangat menyenangkan . Aku melakukan ” BARIATRIC ” , temen2 silahkan di browsing ya apa itu Bariatric , aku pasti akan share juga nanti operasinya , dan semua perjalanan kedepannya mencapai tubuh ideal dan sehat pastinya,” tulis Melly.

Nah, berikut ulasan selengkapnya tentang operasi bariatric yang dirangkum VIVA dari laman Mayoclinic dan sumber lain.

Apa Itu Operasi Bariatric?

Operasi bariatric merupakan sebuah tindakan pembedahan untuk mengecilkan lambung dengan tujuan menurunkan berat badan. Tindakan ini juga sekaligus menangani permasalahan metabolik seperti diabetes, hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi di dalam darah), dan obstructive sleep apnea syndrome (OSAS) – terganggunya pernapasan saat tidur.

Prosedur Operasi Bariatric

Operasi bariatric ini berupa pengecilan lambung dengan cara laparoskopik (teknik melihat ke dalam perut seseorang tanpa melakukan pembedahan besar). Hal ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan sampai 5-13.5 kilogram per minggu. Sementara menurut laman RS EMC Alam Sutera, ada beberapa kriteria pasien untuk melakukan hal itu.

Mereka yang hendak melakukan operasi bariatric memakai tolak ukur: Index Massa Tubuh (IMT) lebih dari 40. IMT >40 memperlihatkan kelebihan 45 kg di atas berat badan ideal bagi pria dan kelebihan 36 kg di atas berat badan ideal untuk wanita. Operasi pengurangan berat badan ini bisa menjadi solusi untuk seseorang yang mempunyai IMT lebih dari 35.

Apalagi bila mereka juga mempunyai beberapa masalah kesehatan yang lain seperti diabetes, tekanan darah tinggi, gangguan pernapasan, dan kolesterol tinggi. Harus dipahami bahwa kesuksesan seseorang dalam melakukan operasi penurunan berat badan ini bergantung dengan pengetahuan, motivasi, dan lifestyle masing-masing.

Weight Loss Surgery atau operasi bariatric ini membutuhkan tanggung jawab individu, perubahan gaya hidup, dan juga asupan vitamin. Kekurangan olahraga, diet tidak seimbang, makan terlalu banyak karbohidrat, dan juga minuman bersoda adalah salah satu faktor kegagalan dalam prosedur operasi bariatric.

Apa Manfaat Operasi Bariatric?

Operasi bariatric ini dilakukan saat diet dan olahraga seseorang tak berhasil menurunkan berat badan atau saat mempunyai masalah kesehatan yang serius lantaran berat badan berlebih. Setelah melakukan bedah bariatrik, salah satu manfaat adalah menurunkan berat badan. Tapi, tidak instan, melainkan dibarengi dengan diet sehat dan berolahraga.

“Sedangkan operasi bariatrik bisa menawarkan banyak manfaat, semua bentuk operasi penurunan berat badan adalah prosedur yang bisa menimbulkan risiko dan efek samping yang serius. Pun harus diiringi perubahan hidup sehat permanen dan berolahraga secara teratur, memastikan keberhasilan operasi bariatrik jangka panjang,” demikian dikutip Mayoclinic.

Risiko Operasi Bariatric

Operasi bariatrik juga bisa menimbulkan potensi risiko kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Ada beberapa risiko yang bisa terjadi saat melakukan operasi tersebut antara lain pendarahan berlebihan, reaksi yang merugikan terhadap anestesi, gumpalan darah, kebocoran pada sistem pencernaan, dan obstruksi usus.

Bobot sudah mentok meski diet, Melly Goeslaw pilih operasi bariatrik: Cuma bisa minum air putih tapi gak lapar

Punya badan berisi enggak menghentikan Melly Goeslaw eksplorasi gaya fashion. Bahkan musisi yang satu ini selalu tampil dengan gaya unik.

Demi membuat tubuhnya lebih ideal, Melly Goeslaw menjalani operasi bariatric. Kabar tersebut disampaikannya melalui unggahan Instagram, 16 Juli 2022.

“Bismillah aku mau membagikan momen bahagiaku, salah satu langkah besar di hidupku, yang ternyata sangat menyenangkan. Aku melakukan ” BARIATRIC,” tulis Melly Goeslaw sambil membagikan video sedang berada di kamar perawatan RS.

Dikutip dari alodokter.com, Operasi bariatrik bertujuan menurunkan berat badan dengan membatasi jumlah makanan yang bisa ditampung oleh lambung, mengubah proses penyerapan makanan, atau kombinasi keduanya. Prosedur operasi umumnya menggunakan teknik operasi minimal invasif yaitu operasi lubang kunci atau laparaskopi.

Kondisi terbaru Melly Goeslaw setelah jalani operasi bariatrik

Setelah menjalani operasi bariatrik, dia membagikan kabar terbarunya melalui Instagram. “Alhamdulillah berkat ridho dan izin Allah SWT , dan pastinya doa dari semua teman2, operasi Bariatric aku berjalan lancar,” tulis istri Anto Hoed itu pada Senin, 18 Juli 2022.

Dia bercerita akhirnya memutuskan operasi karena sudah mencoba diet tapi hasilnya belum maksimal. “Makanya aku mengambil langkah Bariatric ini krn emang setelah program diet dan turun 25 kg lebih, aku tetep obes 35kg, dan mentok gak bisa turun2 lagi.”

Selain itu, nafsu makannya masih besar karena tingkat gula darah. “Sementara rupanya gula darahku juga jd tinggi, saat gula darah tinggi nafsu makan jd makan gede kan, jadi gak kelar2.”

Setelah mendapat saran dari Tompi, Melly Goeslaw memutuskan menjalani operasi bariatic. Setelah operasi, dia belum diperbolehkan konsumsi macam-macam makanan dan minuman. Tapi uniknya, Melly enggak merasa lapar.

“Skrg aku sudah segar walau hanya bisa minum air putih, teh tawar dan susu Fresubin selama 2 minggu, tp Alhamdulillah gak lapar, tubuhnya lagi beradaptasi.”

Dia meminta doa ke netizen agar melewati masa pemulihan dengan lancar. Menurutnya, punya badan langsing memang idaman. Tapi lebih penting lagi, punya tubuh yang sehat.

“Doakan aku bisa kuat jalaninnya yaa, langsing adalah impian setiap wanita , tp untuk seusia aku skrg yg penting sehat.”

Pelantun Bagaikan Langit itu masih ingin berkarya di dunia musick “Masih bisa produktif berkarya dan hidup bahagia sama suami dan anak2. Tidak minum obat diet apa pun lagi,” ungkap Melly Goeslaw. ***