Perjuangan Mpok Atiek Buang Silikon, Rela Operasi Lebih dari 21 Kali

401 views


Mpok Atiek membawa kabar baru. Dulu, sang komedian senior itu sempat terbuai dengan hasil cantik dari implan silikon. Bukan hanya itu saja, Mpok Atiek juga menjelaskan soal tidak perlu membayar ketika melakukan implan itu.

“Bukan endorse, tapi teman yang ngajakin. Kan awalnya itu ngelihat teman dari yang mukanya rata-rata kok tahu-tahu jadi cantik banget. Di situ nanya dong, singkat cerita disuntik silikon mau dong, tapi gue nggak punya ginian (uang), udah tenang gue bayarin. Awalnya ketagihan namanya dibayarin,” pungkas Mpok Atiek saat ditemui di kawasan Trans TV, Mampang, Jakarta Selatan.

Tapi ternyata saat ini, Mpok Atiek mengatakan sangat benar-benar menyesal dengan keputusan yang pernah diambilnya berpuluh-puluh tahun lalu itu.

Ia tidak pernah menyangka jika hasil dari implan akan seperti ini sekarang. Menurutnya jika kondisinya sedang tidak enak badan, makan benjolan efek adanya implan silikon itu akan tumbuh.

Hal tersebut pun sangat menyiksa Mpok Atiek secara penampilan. Ia pun tidak ingin hal tersebut terus menerus ada di wajahnya dan harus melakukan operasi untuk membuangnya.

“Jadi kita mengusahakan supaya sehat terus, soalnya kalau sakit nanti dia nongol segede kacang tanah. Dan ini tuh sudah diangkat berpuluh-puluh kali,” ungkap Mpok Atiek.

Sampai saat ini, Mpok Atiek sudah menjalani operasi pengangkatan silikon lebih dari 21 kali. Bahkan menurutnya, operasi ini tidak bisa dilakukan hanya 21 kali.

“Lebih dari 21 kali, jadi kalau nggak enak badan ya numbuh. Kayaknya juga bakalan lebih sih dari 21 kali,” tutur Mpok Atiek.

Mpok Atiek pun mengaku sangat menyesal karena sudah melakukan implan silikon. Ia pun menganjurkan untuk semua orang jangan melakukan hal ini.

Lantas apakah Mpok Atiek menjalani operasi plastik di bagian tubuh lainnya?

“Ya Allah. Alhamdulillah, astagfirullah, nggak (ada operasi plastik),” kata Mpok Atiek lagi.

Mpok Atiek pun menjalankan pengangkatan silikon ini supaya terhindar dari kanker kulit.

“Cuma membuang (silikon) ini juga bukan operasi plastik untuk mempercantik, tapi membuang silikon yang ada di muka. Karena kalau nggak akan bisa kena kanker katanya,” ungkapnya.

======

Ketahui Cara Mencegah Kanker sejak Dini

Kanker masih merupakan salah satu momok terbesar bagi masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan ini bisa menyerang siapa saja tanpa padang bulu. Meski begitu, kanker merupakan penyakit yang bisa dicegah.

Pada tahun 2018, jumlah penderita kanker di Indonesia naik dari 1,4% menjadi 1,8%. Peningkatan ini menempatkan Indonesia di urutan ke-8 dengan kasus kanker terbanyak di Asia Tenggara, dan peringkat ke-23 se-Asia. Kabar baiknya, sekitar 30–50% dari seluruh jenis penyakit kanker bisa dicegah.

Cara Mencegah Kanker sejak Dini

Pencegahan kanker harus dilakukan sejak dini dan dimulai dari sekarang. Pasalnya, ada beberapa jenis kanker yang bisa terjadi tanpa menimbulkan gejala awal sama sekali.

Umumnya, kanker bisa terjadi ketika sel tubuh mengalami kelainan dalam materi genetiknya, sehingga sel tersebut membelah diri tanpa kendali. Jadi untuk mencegah kanker, kita harus memastikan sel tubuh kita dalam keadaan yang sehat. Langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kanker adalah:

1. Mengonsumsi makanan sehat

Agar terhindar dari kanker, Anda perlu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Perbanyaklah konsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, serta kacang-kacangan, agar tubuh mendapatkan nutrisi baik yang dibutuhkan dan daya tahan tubuh pun meningkat.

Selain itu, batasi juga konsumsi makanan olahan yang cenderung tinggi kalori, lemak tak sehat, dan gula tambahan, serta dapat meningkatkan penumpukan lemak. Hal ini diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker. Contoh makanan olahan adalah nugget, sosis, mie instan, serta buah, dan sayuran kaleng.

2. Rutin berolahraga

Menjaga berat badan ideal merupakan kunci untuk mencegah kanker. Selain dengan konsumsi makanan sehat, menjaga berat badan juga dapat ditempuh dengan rutin berolahraga.

Dalam sebuah penelitian juga dinyatakan bahwa aktif secara fisik dapat menurunkan risiko kanker sebanyak 10–20%. Anda boleh melakukan olahraga apa pun yang disukai. Namun, pastikan untuk melakukannya dengan rutin, minimal selama 30 menit dalam sehari.

3. Menghindari asap rokok dan minuman beralkohol

Rokok merupakan salah satu faktor risiko terbesar terjadinya kanker. Selain kanker paru-paru, merokok juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker kerongkongan, tenggorokan, mulut, ginjal, kandung kemih, pankreas, perut, dan leher rahim.

Dampak merokok tidak hanya berlaku bagi perokok aktif. Perokok pasif pun berisiko terkena kanker. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok dan hindari menghirup asap rokok bebas mulai sekarang.

Selain merokok, sering mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan risiko Anda untuk mengalami kanker. Hal ini dikarenakan alkohol memiliki sifat karsinogen yang bisa merusak sel-sel tubuh dan memicu munculnya penyakit kanker.

4. Melakukan deteksi dini

Pada stadium awal, kanker sering kali tidak menimbulkan gejala. Gejala biasanya baru dirasakan setelah kanker berada di stadium lanjut. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan deteksi kanker sejak dini sebagai salah satu cara untuk mencegah penyakit ini.

Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan awal atau skrining secara berkala, terutama bagi Anda yang berisiko tinggi menderita penyakit kanker tertentu.

5. Melindungi diri dengan asuransi

Asuransi kesehatan merupakan bentuk perlindungan diri yang penting dimiliki oleh setiap orang. Memiliki asuransi akan memudahkan dan meringankan beban Anda dalam menjalani pemeriksaan dan pengobatan, khususnya untuk penyakit kanker yang biasanya akan menghabiskan banyak biaya.

Anda tidak boleh asal dalam memilih asuransi kesehatan. Pilih asuransi kesehatan yang mudah cara mendaftarnya. Jadi, Anda tidak perlu dipusingkan dengan banyak syarat pendaftaran. Pilih juga asuransi yang menyediakan pilihan nominal pembayaran premi agar dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Selain itu, pastikan asuransi kesehatan yang Anda pilih memberikan 100% pertanggungan jika Anda terdiagnosis kanker. Terakhir, pastikan juga proses pengajuan klaim asuransi tersebut mudah dan cepat sehingga tidak akan merepotkan Anda.

Lindungi Anda dan keluarga dari kanker dengan melakukan pencegahan kanker sejak dini dengan cara-cara di atas. Selain itu, perkuat perlindungan diri Anda dengan memiliki asuransi kesehatan, karena kanker bisa saja tetap terjadi meskipun segala upaya pencegahan sudah dilakukan.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar cara mencegah kanker atau risiko kanker pada diri Anda dan anggota keluarga Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

======

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Hazelnut bagi Tubuh

Hazelnut adalah kacang yang dipanen dari pohon Hazel. Di balik rasanya yang manis dan gurih, hazelnut juga kaya akan nutrisi yang membawa banyak manfaat bagi kesehatan.

Meski masih cenderung jarang, hazelnut bisa ditemukan di beberapa supermarket di Indonesia. Kacang bebentuk bulat ini bisa langsung Anda konsumsi sebagai pilihan camilan sehat atau bisa juga dicampur dengan berbagai macam hidangan.

Makanan yang biasa dihidangkan dengan hazelnut antara lain kue, roti, muffins, brownies, pasta, salad, dan sup.

Kandungan Nutrisi Hazelnut

Hazelnut termasuk makanan yang tinggi kalori. Sepuluh biji hazelnut saja mengandung sekitar 90 kalori. Meski begitu, kacang ini juga kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan, seperti:

  • Lemak sehat, seperti omega-3, omega-6, dan omega-9
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Vitamin, seperti vitamin E, vitamin B1, vitamin B6, dan folat.
  • Mineral, seperti magnesium, mangan, kalium, zinc, fosfor, dan zat besi.

Selain nutrisi di atas, hazelnut juga kaya akan antioksidan, yakni senyawa fenol dan proanthocyanidins.

Manfaat Kesehatan Hazelnut

Berikut ini adalah beragam manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi hazelnut:

1. Melawan radikal bebas berlebih

Hazelnut kaya akan senyawa fenol, yakni antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari stres oksidatif akibat penumpukan radikal bebas berlebih. Stres oksidatif dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko seseorang untuk menderita berbagai penyakit kronis.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi hazelnut secara rutin dapat secara signifikan menurunkan stres oksidatif. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung.

2. Mencegah penyakit kanker

Konsumsi hazelnut secara rutin juga bisa mencegah Anda menderita penyakit kanker. Pasalnya, kandungan proantocyanidins, vitamin E, dan mangan yang ada di dalam hazelnut mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat meningkatkan risiko tumbuhnya sel kanker.

3. Menurunkan kadar gula darah

Hazelnut juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Asam oleat yang terkandung dalam hazelnut mampu meningkatkan kepekaan sel-sel tubuh terhadap hormon insulin, sehingga tubuh dapat menyerap gula dengan lebih maksimal. Dengan begitu, risiko Anda untuk mengalami diabetes akan berkurang.

4. Mengurangi peradangan dalam tubuh

Peradangan yang terjadi dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti obesitas dan penyakit jantung. Akan tetapi, hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi hazelnut secara rutin. Konsentrasi lemak sehat yang tinggi pada hazelnut mampu mencegah dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat hazelnut lainnya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kandungan senyawa fenol yang ada pada hazelnut dapat menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari penyakit kardiovaskular, seperti stroke.

Itu dia nutrisi dan manfaat hazelnut yang bisa Anda dapatkan. Namun, mengingat hazelnut mengandung kalori yang tinggi, porsi konsumsinya harus diperhatikan. Alih-alih membawa manfaat, konsumsi hazelnut berlebihan justru bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati jika memiliki alergi terhadap kacang-kacangan, seperti kacang tanah, karena kemungkinan besar Anda juga memiliki alergi terhadap hazelnut.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan, misalnya terkait konsumsi hazelnut dan kondisi kesehatan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter agar bisa diketahui apakah kacang ini aman untuk Anda konsumsi atau tidak.

Tags: #buang silikon rela operasi 21 kali #manfaat hazelnut bagi tubuh #mencegah kanker sejak dini